Tips Rustic Finishing Lebih Mudah Menggunakan Chalk Paint

78

Memberikan nuansa yang berbeda pasti selalu diinginkan oleh setiap orang, salah satunya adalah dengan furniture. Desain unik yang sering disukai oleh pecinta antik adalah tampilan rustic.

Furniture memiliki peran yang tidak kalah penting untuk menciptakan nuansa suatu hunian lebih hidup. Seiring dengan perkembangan desain interior maka tidak kalah pula furniture juga mengalami perkembangan. Dengan banyaknya konsep interior tentu saja akan ditentukan pula dengan furniture yang digunakan. Wajar saja jika furniture sudah menjadi bagian hidup manusia modern saat ini selaras dengan fungsinya.

Hingga saat ini, furniture yang banyak digunakan merupakan furniture dengan material kayu baik kayu solid ataupun kayu olahan. Nah, material kayu tersebut biasanya juga disesuaikan dengan konsep furniture yang akan ditampilkan. Jika digunakan untuk kesan modern, minimalis ataupun kontemporer, baik kayu solid atau pun kayu olahan dapat digunakan. Namun, jika menginginkan kesan tradisional seperi tampilan rustic pada umumnya menggunakan kayu solid.

CS Biovarnish

Rustic merupakan tampilan yang fokus pada lekukan atau serat pada kayu sehingga memberikan kesan yang natural dan menyatu dengan alam. Untuk menciptkan tampilan rustic harus melalui tahap finishing agar menghasilkan kesan yang benar-benar natural. Karena prosesnya yang cukup rumit, rustic finishing biasanya dilakukan oleh profesional. Faktanya, untuk menciptakan rustic pada furniture bisa dilakukan Anda sendiri di rumah. Yang Anda butuhkan adalah alat untuk menciptakan rustic tersebut.

Mengenal Kualitas Meja TV dengan Corak Harimau
Finishing Rustic Dengan BioDuco Chalk Paint

Jika berbicara tentang finishing maka rustic finishing juga membutuhkan lapisan cat untuk memberikan kesan yang senatural mungkin. Pada umumnya, untuk finishing rustic lebih menggunakan wood stain seperti plitur untuk memberikan kesan yang natural. Namun, sayangnya dari cat tersebut adalah proses pengeringannya yang cukup lama dan bergantung dengan sinar matahari sehingga memakan cukup banyak waktu.

Plitur dengan bahan solvent memang cenderung lebih lama untuk proses finishing yang dilakukan. Sebab, plitur tersebut mengandung minyak sehingga membutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk pengeringannya. Selain itu, efek buruk dari plitur solvent adalah cat tersebut mengeluarkan bau yang menyengat dan mengalami penguapan sehingga warna cat yang melapisi kayu akan lebih cepat memudar. Selain membutuhkan persiapan yang cukup lama yakni dengan pengamplasan yang sehalus mungkin, plitur solvent juga cukup rumit apabila cara pengaplkasiannya kurang tepat. Karena pasalnya terbuat dari minyak, ketika Anda melakukan kesalahan maka harus menghapusnya dengan thinner.

Dengan kemajuan teknologi dan latar belakang finishing yang cukup lama, kini telah hadir cat yang lebih sederhana dan mudah untuk diaplikasikan yakni chalk paint. Chalk paint merupakan primer coat dengan pigmen warna solid dan menghasilkan akhir finishing yang matte layaknya kapur. Apakah bisa digunakan untuk finishing rustic? Tentu saja bisa. Justru dengan chalk paint Anda akan mendapatkan tampilan yang terkesan lebih natural.

Sejak awal kali chalk paint dalam bidang finishing, tujuan utamanya adalah proses finishing yang tidak memerlukan persiapan yang banyak. Hanya dengan chalk paint maka Anda sudah mendapatkan tampilan yang unik dan berbeda dengan cat kayu pada umumnya. Maka dari itu, chalk paint telah populer dan menjadi daya tarik bagi aplikator sejak pertama kali muncul. Menariknya adalah karena chalk paint merupakan primer coat maka cat ini dapat menutup pori-pori kayu secara sempurna. Sedangkan apabila Anda menggunakan cat kayu pada umumnya, maka Anda harus menggunakan primer coat atau sanding sealer sebelum ditimpakan colouring.

Banyak macam yang bisa diciptakan jika menggunakan chalk paint. Sebab, chalk paint tidak fokus pada hasil yang sempurna melainkan pada hasil yang natural. Karena itu, chalk paint sangat cocok bagi Anda yang menginginkan hasil finishing antik, klasik ataupun rustic. Ciri khas dari chalk paint adalah lapisannya yang terkesan seperti kapur. Meskipun terkesan lapisan kapur, justru daya rkeat cat ini sangat kuat maka wajar saja jika chalk paint tanpa membutuhkan pengamplasan yang kuat atau sangat halus.

Untuk menciptakan tampilan rustic maka Anda harus fokus pada serat kayu yang Anda gunakan. Akan lebih baik jika tampilan serat terpadu dan rapi seperti kayu jati. Sebab, serat kayu tersebut akan terlihat sangat indah dan natural. Banyak orang lebih menyukai tampilan serat semacam ini karena menggambarkan kayu tersebut merupakan proses alamiah. Selain itu, dengan kayu semacam ini justru terlihat lebih eksotis dan berkelas seni tinggi.

Finishing Rustic Dengan Chalk Paint

Jika beberapa tahun terakhir ini Anda cukup kesulitan menggunakan chalk paint bahkan harus mengimpor merk dagang dari luar negeri. Kini Anda tidak perlu khawatir lagi karena telah hadir chalk paint di Indonesia dan harganya yang terjangkau. Chalk paint tersebut tidak kalah dengan kualitas merk dagang chalk paint luar negeri. Yakni BioDuco Chalk Paint yang notabene bahan-bahan diiformulasikan sesuai dengan standar regulasi internasional US-EPA (Enviromental Protection Agency) dan ECHA-Reach. Dengan disesuaikannya dengan standar regulasi diatas, BioDuco Chalk Paint sudah aman dari bahan kimia berbahaya dan VOC. Maka dari itu, chalk paint ini juga bisa digunakan untuk finishing mainan anak-anak. Terlebih BioDuco Chalk Paint memiliki 20 varian warna pastel yang pastinya disukai oleh anak-anak.

Bagaimana proses finishing rustic menggunakan BioDuco Chalk Paint? Sederhana. Daripada penasaran, berikut tahap finishing rustic menggunakan BioDuco Chalk Paint :

  • Pastikan media yang digunakan telah siap untuk difinishing yakni media tersebut memiliki MC 12% dan bersih dari berbagai kotoran. Sebab, kotoran seperti noda ataupun sisa minyak akan mengganggu tampilan akhir.
  • Gunakan mesin rustic atau sikat kawat untuk merustic permukaan kayu. Fokus pada serat kayu agar terlihat lebih menonjol. Anda dapat mengaplikasikannya searah serat atau arah memutar.
  • Jika sudah merustic permukaan kayu tersebut, amplas bagian permukaan kayu menggunakan kertas amplas kasar atau no. 320
  • Gunakan BioDuco Chalk Paint. Larutkan terlebih dahulu BioDuco Chalk Paint tersebut dengan air yakni dengan perbandingan 2 bahan: 1 air lalu aduk larutan tersebut hingga homogen. Tunggu hingga kering kurang lebih selama 1 jam. Kemudian amplas pertama dengan kertas amplas kasar no. 180 lalu dilanjutkan dengan pengamplasan kedua dengan kertas amplas lebih halus no. 320.
  • Gunakan BioDuco Topcoat untuk mengunci tampilan BioDuco Chalk Paint. Caranya, larutkan terlebih dahulu dengan air lalu diamkan hingga kering atau kurang lebih 30 menit.
  • Gunakan Biovarnish Glaze warna Brown untuk memberikan kesan rustic pada furniture. Larutkan dengan air terlebih dahulu yakni dengan perbandingan 1 bahan: 1 air lalu aduk hingga homogen. Kuaskan ke seluruh permukaan kayu lalu diamkan selama 5 menit. Apabila sudah 5 menit, lap dengan kain katun yang halus
  • Gunakan BioDuco Topcoat kembali untuk mengunci coating sebelumnya.
  • Anda dapat mengulangi prosedur finishing diatas jika dirasa belum mendapatkan tampilan yang diinginkan.

Setelah proses finishing diatas, furniture sudah dapat langsung Anda letakkan dalam ruangan. Sebab, cat tidak mengalami penguapan dan mengeluarkan zat kimia berbahaya sehingga tidak mengeluarkan bau yang menyengat serta beracun.

Nah, dimanakah bisa mendapatkan chalk paint dan berbagai produk finishing diatas? Anda bisa melakukan pembelian secara online atau offline. Untuk online, Anda dapat menghubungi kontak hotline yang tercantum pada website ini. Atau juga dapat menghubungi  via e-mai yakni [email protected]. Atau Anda juga dapat melakukan pembelian melalui marketplace yakni Tokopedia https://www.tokopedia.com/biopaint102 atau Bukalapak: https://www.bukalapak.com/catkayu

Sedangkan secara offline, Anda dapat mengunjungi kantor Bio serta cabangnya yakni

Bio Centre Office: Jl. Sidikan. No 94, Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta

Cabang Bio Office: Jl. Raya Kudus Km.9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah atau

Jl. Escot No. 42 Rt.014/Rw. 04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, jawa Barat.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here