Cara Finishing Kayu Untuk Mebel Menggunakan Pernis

1351
Cara Finishing Kayu Untuk Mebel Menggunakan Pernis

Selama ini kita tahu jika finishing untuk kayu ada dua macam warna, yaitu warna transparan dan solid. Warna solid yaitu warna yang menutup rapat serat kayu sedangkan warna transparan adalah warna yang memperlihatkan serat alami dari kayu tersebut. Nah di sini kami akan membahas tentang finishing kayu menggunakan warna transparan atau sering disebut dengan istilah pernis. Pernis biasanya digunakan untuk para perajin mebel. Karena biasanya customer menyukai warna yang alami agar terlihat lebih mewah.

Cara Finishing Kayu Untuk Mebel Menggunakan PernisKayu jati paling cocok untuk difinishing dengan pernis. Salah satu pernis kayu jati terbaik yang aman dan ramah lingkungan adalah cat merk Biovarnish. Karena bahan campuran yang menggunakan air membuat pernis non toxic ini aman dan ramah lingkungan.  Pernis yang aman dan ramah lingkungan memang sangat dibutuhkan di jaman sekarang ini. Agar para pengguna kayu untuk furniture merasa aman karena cat yang digunakan human friendly dan eco friendly.

CS Biovarnish

Finishing menggunakan pernis ini sangat disukai oleh masyarakat karena efek yang ditimbulkan oleh pernis sangat menawan. Hasil yang transparan dan mengkilap biasanya sangat disukai oleh customer. Pengrajin mebel menggunakan pernis dengan hasil yang gloss untuk menonjolkan serat alami dari kayu tersebut dan terlihat mengkilap.

Biasanya untuk cat waterbased seperti Biovarnish ini tingkat glossy nya sekitar 80%. Karena memang bahan yang digunakan bukan bahan dari solvent atau sejenisnya untuk mengkilapkan. Dan juga finishing menggunakan solvent based akan menimbulkan efek brush mark dan bau yang sangat menyengat. Maka dari itu, pengrajin mebel lebih banyak menggunakan cat waterbased. Selain hasil akhir yang menawan, proses keringnya juga cepat karena cat dengan campuran air mudah menyerap ke dalam pori-pori kayu.

Cara Finishing Kayu Untuk Mebel Menggunakan PernisUntuk mendapatkan hasil finishing yang maksimal untuk mebel, selain bahan campuran yang perlu diperhatikan adalah merk cat, takaran yang pas, dan juga kuas ataupun spray untuk pewarnaan. Di industri besar biasanya menggunakan spray untuk hasil yang cepat dan memudahkan untuk pengerjaan bahan dengan banyaknya hasil produksi. Tetapi untuk industri kecil dan menegah bahkan individu biasanya menggunakan kuas. Untuk itu, cat kayu Biovarnish ini sangat cocok digunakan untuk berbagai produsen mebel industri besar maupun menengah, industri kecil bahkan end user.

Cara Aplikasi Biovarnish Untuk Finishing Mebel Kayu

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal pada furniture Anda, yuk simak langkah-langkah berikut ini.

  1. Pertama, siapkan desain untuk mebel yang akan Anda buat. Bahan-bahan seperti kayu jati, cat waterbased Biovarnish yang terdiri dari Biovarnish Wood Filler Jati – Biovarnish Wood Stain Walnut Brown –Biovarnish Clear Coat Gloss, air untuk campuran, amplas 400 dan 240, dan kuas spons.
  2. Langkah pertama untuk mengecat adalah pastikan kayu bersih dan mempunyai MC 12%. Campurkan Biovarnish wood filler jati dengan air secukupnya untuk mengencerkan. Oleskan ke permukaan kayu secara merata. Diamkan selama 20 menit. Setelah kering lalu diamplas habis hingga yang tersisa hanya yang ada di dalam pori-pori.
  3. Setelah halus, campurkan Biovarnish Wood Stain Walnut Brown menggunakan air dengan perbandingan 4 bahan: 1 air dan aduk hingga rata. Setelah itu kuaskan menggunakan kuas spons ke permukaan yang sudah halus searah serat kayu. Jika sudah merata diamkan kembali selama 60 menit. Jika sudah benar-benar kering, bisa lakukan amplas ambang menggunakan amplas nomor 400 secara merata.
  4. Untuk hasil akhir, campurkan Biovarnish Clear Coat Gloss dengan air perbandingan 4 bahan : 1 air, aduk merata. Oleskan menggunakan kuas spons searah serat kayu tipis-tipis. Tunggu mengering selama kurang lebih 60 menit. Setelah kering, silakan lihat hasil terbaiknya.

Nah itu dia finishing untuk mebel menggunakan plitur dari Biovarnish. Menarik dan mudah dicoba bukan? Kapan lagi bisa menggunakan plitur berbahan dasar air yang aman dan ramah lingkungan? Semoga membantu untuk Anda produsen mebel, maupun untuk Anda yang sekedar ingin mengganti warna cat lemari.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here