Jangan Sembarangan Memilih Cat Dapur, Ini Akibatnya

134
Jangan Sembarangan Memilih Cat Dapur, Ini Akibatnya

Anda yang sedang ingin merenovasi rumah dapat menggunakan berbagai cara mulai dari mengganti furnitur hingga yang paling mudah adalah dengan menggunakan cat. Penggunaan cat untuk finishing ulang baik furnitur dan juga dinding adalah pilihan tepat bagi Anda yang ingin berhemat.

Ketika Anda memilih cat maka perlu diperhatikan pemilihan jenis cat yang tepat mulai dari aman dan awet. Nah jangan sampai Anda salah pilih karena akibatnya akan panjang. Memilih cat adalah hal yang utama sehingga Anda tidak boleh menyepelekan hal ini.

Apa saja akibatnya jika Anda tidak menggunakan jenis cat yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan dapur? Tentu saja ada beberapa akibiat yang buruk sehingga dapat  mengganggu aktivitas Anda di dapur.

CS Biovarnish

Apa saja akibatnya jika Anda salah memilih cat? Berikut ini ulasannya:

  1. Timbul bau menyengat

Pernahkan Anda mencium bau cat baru? Bau ini seringkali menusuk sehingga Anda tidak dapat lagi merasakan kenyamanan di dalam dapur. Hal ini bisa berlangsung lama atau tidak tergantung dengan jenis cat yang Anda gunakan.

Jangan Sembarangan Memilih Cat Dapur, Ini AkibatnyaAroma ini muncul karena Anda menggunakan jenis cat dengan kandungan formalin atau kandungan logam berat lain yang tinggi. Timbulnya bau ini menandakan sedang terjadi polusi udara akibat solvent yang menguap di dalam ruangan dapur Anda.

Sebaiknya hindari pemakaian cat solvent dan gunakan jenis cat water based yang lebih ramah lingkungan dengan rendah kandungan logam berat sepert formalin.

  1. Cat mudah mengelupas dan sulit dibersihkan

Cat pada dinding atau pada furnitur sulit dibersihkan dari noda ketika Anda selesai menggunakan dapur. Tentu saja noda yang tidak dapat dihilangkan akan membekas dan membuat dapur Anda menjadi kotor. Keluhan ini sering saja terjadi pada dapur sehingga menjadi salah satu alasan Anda ingin melakukan finishing ulang.

Masalah ini sering timbul karena Anda memilih sheen level atau tingkat kilap yang salah. Tingkat kilau akan membuat dapur tampak bersih dan mengkilap tak hanya itu sheen level yang tinggi juga akan membuat permukaan menjadi lebih mudah dibersihkan.

Sheen level yang tinggi dengan sebutan gloss atau semi gloss tidak hanya mengkilap namun juga membuat permukaan licin dengan lapisan film. Membuat semua noda yang menempel akan mudah dibersihkan seolah-olah permukaan berminyak.

Jangan Sembarangan Memilih Cat Dapur, Ini AkibatnyaJika Anda memilih sheen level yang rendah seperti matte atau bahkan doft permukaan yang licin tidak lagi dimiliki dan membuat noda yang menempel susah dibersihkan bahkan membuat lapisan cat mengelupas.

  1. Warna yang pudar

Tentu saja tidak hanya pilihan warna putih saja yang bisa Anda gunakan pada dinding. Anda bisa menggunakan jenis warna lain seperti merah, kuning, biru sesuai dengan selera Anda. Namun pemilihan cat yang salah akan membuat semua furnitur bahkan dinding memiliki warna yang cepat pudar.

Sehingga dalam kurun waktu kurang dari satu tahun warna memudar dan Anda perlu melakukan finishing ulang. Ketika warna cat memudar maka masalahnya ada pada penggunaan dapur yang sering dan jenis cat yang digunakan tidak tahan lama.

Solusinya adalah dengan memilih bahan cat yang memberikan garansi waktu lebih dari 3 tahun aau bahkan 5 tahun. Cat yang digunakan pada dapur tentu saja tidak akan terkena panas matahari langsung yang membuat cat mudah memudar.

Jadi Anda perlu mencermati merk cat yang dapat memberikan Anda garansi keawetannya selama 3 atau 5 tahun mendatang.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here