Aplikasi Cat Kayu Untuk Finishing Freestanding Kitchen Furniture

790

Freestanding kitchen furniture akan terlindungi dengan baik jika menggunakan cat kayu yang bagus dengan fitur tahan air serta daya rekat filmnya yang kuat.

Furniture dapur merupakan salah satu furniture yang sangat riskan terserang jamur karena tempatnya yang lembab serta selalu bersentuhan dengan air. Untuk menjaga freestanding kitchen furniture, maka pilih bahan finishing yang memiliki fitur tahan airnya yang bagus.

Dalam memilih cat kayu yang bagus maka gunakan cat kayu yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya sebab menggunakan cat kayu tersebut tidak berdampak buruk pada kesehatan ataupun lingkungan sekitar Anda.

Merapikan Dapur Dengan Cara Yang Benar

CS Biovarnish

Sebelum membahas lebih jauh mengenai finishing pada furniture dapur, tentu penasaran bukan dengan cara membersihkan dapur dengan benar. Pasalnya, dapur merupakan tempat yang mana mudah kotor dan tingkat kelembabannya pun lebih tinggi.

cat-kayu-untuk-freestanding-Kitchen

Oleh karena itu, bagian dapur cenderung lebih cepat berjamur sehingga membuat mikroorganisme mudah tumbuh di tempat tersebut. Berikut cara membersihkan dapur yang benar:

  1. Pastikan untuk selalu membersihkan dapur dari kotoran, cairan dan debu. Gunakan lap kering untuk membersihkan setiap tempat di dapur seperti perabotan dapur, meja, kaca, tembok dan bagian kitchenette lainnya.
  2. Untuk menghindari cairan mengendap di dapur maka sebaiknya segera lap bagian yang basah. Seperti halnya ketika mencuci piring, lap segera piring-piring atau perabotan yang masih basah tersebut sehingga air tidak menetes di tempat lain.
  3. Bersihkan kompor dan area sekitarnya menggunakan cairan khusus atau tissue kompor. Nah, tissue kompor dapat Anda beli di marketplace atau olshop lainnya
  4. Poleskan wax kayu foodgrade pada perabotan yang menggunakan serat alam. Pasalnya, bahan serat alam seperti kayu sangat mudah berjamur dan justru tidak higienis ketika digunakan. Untuk mencegah hal tersebut, oleshkan wax kayu secara rutin yakni sebulan sekali. Selain melindungi kayu dan lebih higienis, wax kayu akan meremajakan tampilan perabotan kayu tersebut.
  5. Pel secara rutin lantai dapur agar tidak licin. Sebab, bagian dapur lebih sering tertumpah cairan seperti air atau minyak. Jika tidak segera dibersihkan akan membuat lantai menjadi licin dan menimbulkan kecelakaan

Sangat penting menjaga kebersihan area dapur, bukan hanya memberikan kenyamanan seorang istri/ibu untuk melakukan aktivitas rumah tangga di tempat tersebut melainkan area dapur menjadi lebih higienis.

Jika dapur bersih dan higienis maka minuman dan makanan yang tersimpan di dapur lebih terjaga kualitasnya. Oleh karena itu, jaga kebersihan dapur secara rutin untuk menjaga kawasan dapur tetap sehat.

Cat Kayu Yang bagus Untuk Finishing Freestanding Kitchen Furniture

Dapur terdiri dari berbagai elemen yang digunakan diantaranya adalah furniture. Banyak macam furniture yang dapat digunakan seperti meja, rak atau lemari, kitchenette dan lain sebagainya.

Furniture dapur seperti freestanding kitchen adalah salah satu yang digunakan di area dapur. Umumnya, freestanding kitchen ini diterapkan pada dapur dengan luas yang disesuaikan.

Meskipun pada area dapur yang sempit, freestanding kitchen masih dapat diterapkan. Nah, untuk menjaga fleksibilitas seseorang ketika di dapur maka Anda harus memberikan ruang di tempat tersebut.

Untuk furniture yang menggunakan material serat alam seperti kayu maka memerlukan lapisan cat yang khusus dengan daya rekat film yang kuat serta tahan air. Karena furniture tersebut merupakan jenis furniture interior akan jauh lebih bagus menggunakan cat kayu water based.

Cat water based merupakan cat kayu yang bagus untuk finishing interior karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya dan rendah VOC. Seperti Biovarnish, cat tersebut menggunakan bahan finishing yang diformulasikan khusus untuk menggantikan cat solvent based. Sehingga sangat bagus jika digunakan untuk finishing dengan tampilan natural kayu, adapun teknik finishing sebagai berikut:

  • Untuk tahap finishing pertama, perhatikan media finishing yang digunakan. Jika masih terdapat lubang, permukaan kasar dan kotoran maka ampelas terlebih dahulu permukaan kayu tersebut agar lebih rata dan halus sehingga akan memudahkan cat melekat dengan sempurna
  • Apabila terdapat lubang atau pun pori-pori kayu besar maka aplikasikan Biovarnish Wood Filler. Dempul ini tidak hanya bertujuan untuk menutup cacat pada kayu saja melainkan juga digunakan untuk menutup pori-pori. Dengan demikian, cat akan lebih cepat mengeluarkan tampilan warnanya dan terkesan lebih tajam. Setelah diaplikasikan dan permukaannya kering, ampelas dengan grid 320 hingga serat kayu terlihat dan permukaan sama rata.
  • Gunakan Biovarnish Liquid Stain untuk menciptakan pigmen warna kayu. Tersedia 20 warna yang dapat Anda sesuaikan dengan selera Anda. Aplikasikan secara merata dan kemudian diamkan selama 60 menit hingga cat kering sentuh. Apabila sudah kering sentuh, ampelas ambang menggunakan kerat ampelas grid 400
  • Gunakan Biovarnish Sanding Sealer untuk menciptakan lapisan coating yang halus dan tampilan warna kayu semakin tajam. Semprotkan Biovarnish Sanding sealer yang sudah dilarutkan dengan air kemudian aplikasikan secara menyeluruh ke permukaan kayu. Diamkan selama 60 menit dan ampelas ambang menggunakan grid 400 apabila sudah kering sentuh.
  • Untuk tahap akhir, pilih tampilan akhir yang diinginkan yakni matte atau gloss. Gunakan Biovarnish Clear Coat untuk menciptakan tampilan akhir serta mengunci warna. Setelah dilarutkan air, aplikasikan ke seluruh permukaan kayu secara merata. Jika sudah diaplikasikan ke seluruh kayu, diamkan selama 24 jam.
  • Setelah didiamkan selama 24 jam dan sekiranya cat sudah kering dengan sempurna maka furniture tersebut sudah dapat digunakan.

Proses finishing di atas tidak membutuhkan waktu yang lama karena setiap cat yang melapisi kayu lebih cepat kering. Selain itu, proses pengeringan tidak bergantung dengan adanya sinar matahari sehingga Anda akan lebih efisien. Anda hanya cukup mengeringkan cat dengan cara mendiamkan saja dalam suhu ruangan maka cat akan kering dengan sendirinya.

Cat kayu ini sangat cocok digunakan oleh semua kalangan, mulai dari seorang pemula, pengrajin hingga profesional. Karena cat kayu ini sangat mudah diaplikasikan dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Bagi Anda yang bereksperimen tentang berbagai kayu dan finishing maka Biovarnish menjadi pilihan yang tepat. Selain mudah diaplikasikan, Anda hanya cukup menyiapkan air untuk mengencerkan cat tersebut.

Cat kayu yang bagus Biovarnish merupakan cat kayu yang menggunakan bahan water based acrylic yang telah disesuaikan dengan standarisasi keamanan internasional seperti regulasi US EPA dan ECHA, sehingga dipastikan tidak beracun atau bahkan berbau.

Untuk informasi lebih lengkap atau pemesanan cat kayu yang bagus Biovarnish, silahkan menghubungi kontak hotline yang sudah tercantum pada website ini. Sedangkan untuk pembelian offline atau secara langsung, Anda dapat mengunjungi Bio Office di Yogyakarta, Jepara dan Cirebon. Apabila di luar daerah tersebut, Anda dapat order di agen-agen resmi Bioindustries.

Nah, bagi Anda yang tidak ingin ambil pusing dan menginginkan order yang lebih praktis maka Anda dapat order via marketplace di bawah ini:

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/biopaint102

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/catwaterbased

Shopee: https://shopee.co.id/biovarnish.official

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here