Sederhana Tapi Tidak Berbaya. Inilah 3 Tahap Refinishing Kitchen Set Kayu Menggunakan Biovarnish

57

Dapur merupakan salah satu tempat paling istimewa bagi seorang perempuan. Tempat ini menjadi salah satu tempat untuk menyiapkan segala keperluan pangan keluarga. Nah, pastinya terdapat berbagai makanan dan minuman yang disimpan. Dan untuk menyimpan makanan dan minuman tersebut membutuhkan tempat seperti lemari, bukan?

Kitchen set biasanya dilengkapi dengan rak dapur untuk menyimpan segala kebutuhan yang digunakan dalam dapur dan menyimpan berbagai makanan baik yang kering, basah atau dalam bentuk cairan seperti saus, ketchup dan lain sebagainya. Pastinya kitchen set ini sangat rawan tersentuh makanan maupun cairan lainnya terutama jika menggunakan material kayu. Pasalnya, kayu sangat rawan terhadap cairan sehingga apabila tidak diatasi dengan baik akan berakibat pada kerusakan seperti warna permukaan kayu yang memudar, terserang jamur maupun rayap.

Salah satu kasus yang sering terjadi adalah bekas tumpahan air yang mengakibatkan permukaan warna kayu menjadi memudar. Untuk mengembalikan tampilan warna kayu tidak mudah karena Anda harus refinishing seluruhnya bukan sebagian yang terkena air saja. Refinishing atau pengecatan ulang menggunakan cat kayu yang sama dan bahkan tahapan mengecat yang digunakan pun sama. Namun, karena refinishing ini dilakukan pada kitchen set maka dibutuhkan cat kayu yang dilengkapi fitur tahan air sehingga tampilan pada permukaan kayu tidak akan mudah memudar apabila tersentuh air.

CS Biovarnish

Saat ini, yang harus Anda perhatikan dalam melakukan finishing adalah kandungan bahan yang terdapat pada cat. Ya, tidak hanya sekedar memperhatikan hasil finishingnya saja maupun fitur yang disuguhkan melainkan kandungan bahan pada cat. Pasalnya, masih banyak cat kayu yang ternyata sangat berbahaya bagi kesehatan ataupun lingkungan. Cat kayu tersebut biasanya mengeluarkan bau yang sangat menyengat, meskipun saat ini telah muncul cat kayu yang tidak berbau namun tetap belum tentu aman. Lalu cat apakah yang aman digunakan untuk refinishing kayu. Anda bisa refinishing kitchen set menggunakan Biovarnish yang sudah dipastikan aman.

Refinishing Kitchen Set Menggunakan Biovarnish Yang Aman dan Ramah Lingkungan

Biovarnish dikatakan aman untuk digunakan sebab cat kayu ini tidak mengandung bahan-bahan kimia berbahaya. Selain itu, bahan-bahan yang digunakan pada cat telah disesuaikan dengan standar regulasi keamanan bahan kimia internasional yakni US EPA (Enviromental Protection Agency) dan ECHA(European Chemical Agency) Reach.

Berikut tahap refinishing kitchen set menggunakan Biovarnish untuk hasil natural kayu:

  1. Amplas terlebih dahulu kitchen set untuk mengangkat cat kayu yang masih menempel. Hal ini bertujuan untuk mempermudah finishing dan agar cat bisa menempel pada kayu secara optimal.
  2. Gunakan Biovarnish Wood Filler untuk menyamarkan cacat seperti lubang, permukaan kayu yang kasar karena gesekan benda tumpul, retak dan lain sebagainya. Apabila sudah diaplikasikan, diamkan kurang lebih selama 30 menit. Jika sudah kering, amplas permukaan kayu yang sudah diaplikasikan Biovarnish wood filler tersebut menggunakan kertas amplas alumunium oxide no. 240
  3. Gunakan Biovarnish Liquid Stain sebagai pewarnaan. Larutkan air dan cat terlebih dahulu lalu aplikasikan ke seluruh permukaan kitchen set. Kemudian, diamkan selama 60 menit dan apabila sudah kering sentuh maka amplas ambang permukaan kayu tersebut.
  4. Gunakan Biovarnish Sanding Sealer. Tahap finishing cat kayu ini sama seperti dengan tahap finishing Biovarnish Liquid Stain. Tujuan sanding sealer adalah untuk mempertajam tampilan dan menguatkan cat.
  5. Gunakan Biovarnish Clear Coat sebagai tahap akhir. Larutkan air terlebih dahulu kemudian aplikasikan ke seluruh permukaan kayu. Dan apabila sudah diaplikasikan ke seluruh permukaan kayu, diamkans selama semalaman.  Nah, apabila sudah didiamkan selama semalaman maka kitchen set sudah bisa digunakan.
beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here