Tips Aplikasi  Cat Kayu Transparan Untuk Stool dengan Benar

773

Menjaga stool kayu tampak lebih bagus dan natural maka aplikasikan cat kayu transparan. pastikan cat kayu tersebut mengandung bahan-bahan yang aman digunakan.

Stool merupakan jenis kursi yang memiliki kaki kursi yang tinggi, tanpa menggunakan sandaran dan lengan kursi. Jenis kursi tersebut sering kita jumpai di bar atau caffe. Namun untuk saat ini, penggunaan stool dikembangkan untuk furniture hunian rumah. Biasanya diletakkan di ruang tamu atau dapur. Saat ini, penggunaan stool menjadi tren untuk hunian modern mid-century. Jika stool pada dapur biasanya dikembangkan dengan menambahkan sandaran dan lengan kursi, namun kadangkala tidak menggunakan keduanya. Anda dapat menemuinya pada hunian modern mid-century yang menggunakan konsep kitchen island set.

Perpaduan stool kayu dengan desain kitchen island set menjadi pilihan yang tepat bagi hunian modern mid-century Anda. Kesan nyentrik timbul karena perpaduan kayu dengan gaya modern seperti letak bar yang memberikan nuansa berbeda pada dapur Anda.Warna kayu stool sering diunggulkan karena alami kayu justru memberikan kesan kekunoan namun tetap bisa dipadu-padankan dengan gaya apapun.

CS Biovarnish

Kayu menjadi sorotan utama pada stool karena memberikan kesan kontemporer pada suatu ruangan. Maka dari itu, kayu yang digunakan pun tidak boleh sembarangan dan akan lebih baik jika menggunakan kayu berkualitas baik seperti kayu jati. Penggunaan jenis kayu berkualitas akan mempengaruhi hasil finishing pada kayu yang natural. Kayu untuk furniture dibedakan menjadi dua jenis yakni kayu keras dan kayu lunak. Sedangkan untuk furniture yakni tempat dudukan seperti stool maka disarankan untuk menggunakan kayu keras.

Kayu jati merupakan jenis kayu keras dengan kualitas terbaik sayangnya tidak semua orang mampu menerapkan kayu jati untuk furniture. Altrnatif kayu solid yang bisa Anda gunakan pun banyak dijumpai di Indonesia seperti kayu mahoni, kayu akasia, kayu sengon dan masih banyak lagi. Yang terpenting untuk kayu sebagai material dasar furniture adalah kuat sehingga bisa menopang benda diatasnya.

Meskipun kayu sendiri memiliki tampilan yang bagus namun akan lebih baik jika lapisan diatasnya diaplikasikan cat. Cat kayu pada furniture kayu bertujuan untuk mempertajam tampilan dasar kayu serta menjaga kayu dari kerusakan. Maka dari itu, peran cat kayu tidak kalah penting untuk menjaga furniture dapat bertahan lama.

Aplikasi Cat Kayu Transparan Untuk Stool

Material kayu atau serat alam merupakan jenis material yang rawan terhadap kerusakan diakibatkan oleh banyak hal seperti jamur, serangga, gesekan benda tumpul dan masih banyak lagi. Terlebih jika kayu tersebut memiliki ketahanan dan keawetan yang lemah sehingga dibutuhkan treatment sebelum melangkah pada proses finishing. Treatment pada kayu tersebut bertujuan untuk menjaga ketahanan dan keawetan kayu tersebut dengan baik setelah digunakan sebagai furniture.

Treatment pada kayu dilakukan pasca penebangan sehingga kayu belum mengeluarkan banyak minyak atau mineral. Kayu yang mengeluarkan banyak mineral dikhawatirkan akan memicu munculnya jamur. Maka dari itu, sebelum hal tersebut terjadi maka aplikasikan terlebih dahulu obat anti jamur atau obat anti serangga. Lalu keringkan kayu ke dalam oven hingga mencapai MC 12%. Pengeringan pada kayu disarankan kurang dari MC 15% dan tidak boleh kurang dari MC 12%. Sebab, kayu yang terlalu kering juga tidak baik untuk furniture karena akan rawan terserang rayap.

Treatment tersebut hanya berlaku ketika pembuatan awal stool atau furniture sebelum kayu dibentuk menjadi pola. Nah, untuk furniture yang sudah jadi dan mulai mengalami banyak masalah seperti terserang jamur atau serangga maka segera mungkin diaplikasikan dengan obat anti jamur atau obat anti serangga dengan cara injeksi. Hasil perawatan ini memang tidak sama ketika diaplikasikan diawal sebelum proses pengeringan.

Merawat dan menjaga tampilan furniture merupakan salah satu cara yang paling tepat dilakukan sebelum furniture Anda bermasalah. Namun, jika salah satu furniture Anda seperti stool sudah berubah warna tampilannya tentu akan mengurangi keindahan dapaur Anda. Langkah yang perlu Anda pilih adalah mengecat ulang dengan cat kayu transparan untuk stool Anda. Berikut langkah-langkah penggunaan cat kayu transparan untuk stool yang tepat:

  • Laplah terlebih dahulu stool Anda menggunakan lap basah guna menghilangkah debu yang menempel pada kursi.
  • Amplas stool Anda untuk menghilangkan kotoran atau minyak yang menempel pada permukaan stool.
  • Perhatikan kualitas stool Anda. Jika terdapat kerusakan pada permukaan stool seperti lubang. Gunakan dempul untuk menyamarkan kerusakan tersebut. Gunakan dempul untuk menyamarkan kerusakan tersebut. Dan dempul kayu yang digunakan pun sebaiknya sama dengan warna cat kayu yang akan digunakan
  • Amplas kembali permukaan stool agar bagian-bagian yang didempul kembali merata.
  • Aplikasikan cat kayu transparan dengan menggunakan kuas yang dilapisi kain guna menghindari bekas kuas. Namun, Anda juga menggunakan cara semprot apabila dirasa lebih mudah dilakukan.
  • Tunggulah sampai kering. Jika perlu, aplikasikan cat kayu transparan kembali sampai Anda menemukan warna yang sesuai dengan kehendak Anda.

Cat kayu transparan yang dapat Anda gunakan salah satunya adalah plitur. Banyak produsen furniture memilih plitur karena penggunaannya yang mudah dan cepat. Namun, penggunaan plitur pada funiture akan meninggalkan bau yang sangat menyengat. Maka, cat ini tidak disarankan untuk pengaplikasian pada furniture indoor terlebih stool yang diletakkan di dapur. Bau yang menyengat tentu akan mengganggu kenyamanan bahkan keamanan keluarga Anda. cat tersebut juga tidak aman karena mengandung bahan kimia yang tinggi. Jika plitur ini terlalu sering digunakan, dampak yang ditimbulkan anatara lain pusing-pusing, gangguan syaraf sampa terjangkit kanker. Untuk menjaga keamanan dan kenyaman keluarga Anda lebih baik gunakan cat yang aman dan ramah lingkungan.

Memilih cat aman dan ramah lingkungan yang tepat adalah cat water based. Dikatakan ramah lingkungan karena penggunaan pelarut air yang notabene mudah ditemukan dimanapun dan tidak mencemari lingkungan. Salah satu cat water based yang direkomendasikan adalah Biovarnish. Cat ini merupakan cat pengganti plitur konvensional atau shellac gum yang aman, tidak berbau dan non-toxic. Dikatakan non-toxic karena cat ini mengandung bahan yang sesuai dengan standarisasi keamanan internasional seperti, US-Environmental Protection Agency (EPA) dan  standard regulasi dari European Chemicals Agency (ECHA)REACH.  Sehingga penggunaan bahan kimia serta VOC pada cat sangat dibatasi hingga benar-benar aman digunakan.

Pengaplikasian Biovarnish tidak berbeda halnya dengan plitur, hanya berbeda ketika akan mengaplikasikannya. Sebelum diaplikasikan, larutkan Biovarnis dengan air sesuai takaran 2 bahan/1 air agar saat diaplikasikan tidak terlalu tebal atau tipis.

Biovarnish menyediakan berbagai varian produk finishing yang akan mempermudah proses finishing Anda. Belum banyak produsen cat yang menyediakan varian produk finishing berbahan dasar air yang lengkap sehingga cukup kesulitan ketika proses berlangsung. Nah, untuk mempermudah proses finishing dan menghemat tenaga maupun biaya, Biovarnish menawarkan berbagai produk diantaranya adalah Biovarnish Wood Filler, Biovarnish Wood Stain, Biovarnish Liquid Stain, Biovarnish Sanding Sealer, Biovarnish Clear Coat dan Biovarnish Glaze.

Produk finishing tersebut digunakan sesuai dengan kebutuhan. Untuk menciptakan tampilan kayu maka Anda bisa menggunakan Biovarnish Wood Stain atau Biovarnish Liquid Stain. Sedangkan jika menginginkan kesan transparan maka Anda bisa menggunakan Biovarnish Sanding Sealer dan Biovarnish Clear Coat. Dan apabila menginginkan kesan finishing wash maka Anda bisa menggunakan Biovarnish Glaze.

Biovarnish juga menawarkan berbagai varian warna yang akan mempermudah Anda dalam menentukan warna kayu yang ingin digunakan pada furniture seperti stool. Saat ini, Biovarnish menyediakan 20 varian warna mulai dari warna yang terang seperti kayu jati hingga warna yang gelap seperti warna sonokeling. Sedangkan untuk tampilan akhir, Biovarnish menawarkan dua tampilan yakni tampilan matte atau gloss. Untuk tampilan matte biasanya digunakan untuk finishing furniture yang tampak seperti tanpa finishing. Sedangkan tampilan gloss bertujuan untuk menciptakan permukaan media finishing seperti kaca. Meskipun tampilan gloss cat water based saat ini belum mencapai 100% yakni 80% namun tetap terlihat gloss dan bahkan lebih tahan lama.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang cat water based seperti Biovarnish silahkan menghubungi menghubungi Bio Industries melalui kontak hotline yang tertera pada website ini. Anda juga dapat mengunjungi kantor pusat Bio Industries di Jl. Sidikan No.94, Yogyakarta. Bio Industries merupakan perusahaan spesialis cat water based di Indonesia. Jadi, gunakan cat aman dan ramah lingkungan demi kenyamanan dan keamanan keluarga Anda. salah satu cat water based yang aman adalah Biovarnish. Ketika mengaplikasikan cat, lebih baik pilih warna yang sesuai dengan konsep ruang Anda. Demikian ulasan singkat mengenai tips aplikasi cat kayu transparan untuk stool dapur Anda. Semoga Bermanfaat!

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here