Cara Mengecat Meja Rias Klasik Amerika agar Terlihat Menawan

55
Perkembangan Meja Rias yang Membuat Takjub

Meja rias merupakan furnitur yang penting bagi kaum hawa. Tidak jarang furnitur ini menghiasi kamar berbagai tipe.

Perempuan mana yang tidak tertarik melihat meja rias tampak cantik. Meja rias yang indah tidak hanya membuat pemiliknya semangat bersolek di depan kaca tapi juga dapat memperindah ruangan.

Banyak desain meja rias yang bisa Anda gunakan, mulai dari desain klasik tradisional, minimalis ataupun modern. Anda tipe memilih desain meja rias yang mana? Bagi Anda yang menyukai kesan klasik, bisa loh mencoba tampilan klasik Amerika?

CS Biovarnish

Seperti apa sih tampilan klasik Amerika ? Tampilan ini umumnya mengunggulkan lekukan bodi pada meja rias. Selain itu, untuk masalah warna biasanya diberikan sentuhan solid. Dan aksen warna cat memudar menjadi keunggulan dari kesan klasik Amerika yang sengaja ditampilkan.

Untuk menciptakan tampilan memudar, mungkin akan terlihat cukup sulit dan memakan waktu yang lama. Namun, apabila mengetahui teknik untuk memudarkan cat tersebut maka akan menjadi cukup mudah dilakukan, karena memang tidak mungkin menunggu hingga cat tersebut benar-benar pudar.

Agar mendapatkan lapisan cat yang memudar terkesan alami, teknik finishing yang dikenal dengan teknik distress bisa diaplikasikan. Teknik finishing ini dilakukan dengan memudarkan sebagian warna cat sehingga lapisan cat terkesan pudar alami. Untuk alat yang digunakan, Anda dapat menggunakan benda tumpul atau ampelas.

Finishing Shabby Chic dengan Chalk Paint
Finishing Distress Cat BioDuco

Hal lain yang mungkin terlihat cukup sederhana, namun perhatikan kembali cat yang akan Anda gunakan. Untuk menampilkan kesan klasik menggunakan teknik distress tidak boleh serampangan dalam memilih jenis cat. Akan cukup sulit untuk memudarkan tampilan cat jika menggunakan cat berwarna solid.

Teknik Distress untuk Finishing Meja Rias

Meja hias dengan kesan klasik dimaksudkan untuk memberikan kesan yang unik dan elegan. Jika Anda merasa bosan dengan tampilan meja rias di kamar Anda, maka Anda bisa membuat meja rias di rumah tampak lebih baru dengan mengecatnya ulang.

Apakah dapat menghasilkan tampilan klasik seperti yang dijual di toko-toko mebel ? Bisa apabila Anda mengetahui tekniknya dengan benar dan tepat. Bagi seorang pemula, melakukan teknik distres mungkin terasa sulit. Namun, Anda bisa melihat berbagai tutorial teknik distres di kanal video online, salah satunya tutorial teknik distress di bawah ini.

Pada video tersebut disebutkan bahwa cat yang digunakan salah satunya adalah Chalk Paint. Chalk Paint ini berbeda dengan chalkboard paint yang biasa digunakan untuk mengecat papan untuk papan tulis.

Sejarah chalk paint berawal pada tahun 1990 yakni ketika Annie Sloan menginginkan proses finishing yang lebih cepat dan mudah untuk dilakukan.

Dari sanalah cat ini berawal dan terus berkembang hingga sekarang. Di Indonesia sepertinya masih asing dan cukup sedikit digunakan kecuali oleh pelaku finishing seperti aplikator profesional, penghobi kayu, dan lain-lain.

Chalk Paint sangat cocok digunakan untuk teknik finishing distress karena permukaan kayu terlihat seperti lapisan kapur. Hal ini membuat permukaan kayu tersebut mudah untuk di ampelas ataupun di hapus menggunakan benda lain.

Beberapa tahun yang lalu, keberadaan chalk paint masih cukup sulit ditemukan. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena telah ada perusahaan cat lokal yang sudah mengembangkan Chalk Paint. Perusahaan tersebut adalah PT Bio Industri Omnipresen yang sudah berdiri sejak 2000-an.

Dengan pengalaman serta pengembangan produk, tentu saja perusahaan ini sudah mengetahui minat dan tren cat yang berkembang di masyarakat saat ini. Dengan adanya Chalk Paint ini membuat pelaku finishing merasa lebih mudah selama proses finishing.

Mereka tidak perlu lagi membeli produk brand dari luar negeri yang mengeluarkan biaya yang tinggi. Jika import produk cat dari luar negeri tentu saja harga jual furnitur tersebut juga akan berpengaruh. Dengan adanya chalk paint produk lokal akan lebih mempermudah pengerjaan dan menghemat biaya pengeluaran.

Salah satuproduk Chalk Paint dari PT Bio Industri adalah BioDuco Chalk Paint yang diformulasikan khusus untuk finishing solid dengan lapisan luar menyerupai kapur. Cat ini juga tergolong ramah lingkungan karena menggunakan bahan-bahan yang aman.

Untuk pengaplikasian Bioduco Chalk Paint, Anda bisa menyimak teknik finishing Distress berikut ini.

Persiapan

Ampelas terlebih dahulu permukaan meja rias lama Anda hingga lapisan cat lama terkikis atau hilang. Pastikan permukaan kayu sudah bersih dan sama rata. Lalu bersihkan seluruh permukaan kayu dari sisa debu pengampelasan tersebut.

Siapkan perlengkapan yang diperlukan seperti kertas ampelas (grit 180, 320 dan 400), gunakan BioDuco Chalk Paint dan BioDuco Topcoat, kuas, wadah dan air.

Proses Finishing

Untuk teknik distress, yang perlu diperhatikan adalah proses pengampelasan untuk hasil cat yang tampak memudar. Berikut teknik finishing dengan teknik distress.

  1. Encerkan BioDuco Chalk Paint menggunakan air dengan perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian aduk hingga larutan tersebut tercampur sempurna. Aplikasikan menggunakan kuas, untuk hasil yang lebih unik, gunakan kuas dengan bulu halus.
  2. Diamkan dalam suhu ruangan hingga kering yakni kurang lebih 60 menit. Jika sudah kering, lakukan pengampelasan pertama menggunakan kertas ampelas grit 180 pada permukaan kayu yang sudah dilapisi chalk paint. Pengampelasan pertama ini dilakukan untuk memudarkan cat bagian yang ingin Anda hilangkan sehingga terkesan cat pudar secara alami. Kemudian dilanjutkan dengan pengampelasan kedua menggunakan kertas ampelas grit 320 ke seluruh permukaan kayu.
  1. Pilih tampilan yang diinginkan untuk tahap akhir yakni matte atau gloss. Jika Anda menginginkan kesan natural dan furnitur tampil antik maka disarankan untuk menggunakan tampilan matte. Terlebih dahulu encerkan BioDuco Topcoat menggunakan air secukupnya hingga mendapatkan viscositas yang sesuai ketika diaplikasikan. Lalu aplikasikan ke seluruh permukaan kayu secara merata
  2. Untuk hasil akhir yang oprimal, Anda bisa mengulangi langkah diatas dengan satu atau dua layer cat.

Jika Anda tertarik dengan salah satu produk BioDuco dari PT Bio Industri ini, Anda bisa melakukan pemesanan sesui dengan arahan berikut ini.

Cara Pemesanan

Silahkan hubungi langsung kontak hotline yang sudah tercantum pada website ini atau melalui email yakni [email protected]. Tidak hanya membeli produk, Anda juga dapat bertanya mengenai masalah-masalah finishing yang pernah Anda alami.

Selain itu, Anda juga dapat membeli online melalui marketplace Bio Industries dibawah ini:

Tokopedia: https://www/tokopedia.com/biopaint102

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/catwaterbased

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here