Kesan Klasik Pada Meja TV Cukup Dengan Finishing Chalk Paint

57

Anda menyukai tampilan klasik seperti warna cat yang termakan usia? Saatnya Anda mengaplikasikan chalk paint pada furniture Anda dengan mudah dan sederhana.

Untuk membeli furniture klasik tentu membutuhkan uang hingga ratusan juta. Begitu pula untuk furniture dengan teknik finishing antik, juga tidak kalah membutuhkan uang yang cukup banyak. Namun, sebenarnya Anda bisa menciptakan tampilan klasik dengan tangan Anda sendiri apabila mengetahui cara dan teknik finishing klasik yang tepat. Saat ini, teknik finishing klasik tentu saja dapat dilakukan siapa saja karena sudah tersedia video online dengan berbagai konten tutorial finishing yang ditawarkan.

Meskipun banyak konten tutorial finishing yang disajikan di video online, apabila Anda tidak mengetahui dasar teknik finishing tentu akan mengalami kesulitan. Hal yang tidak kalah penting ketika memutuskan finishing secara diy adalah cat kayu yang akan Anda gunakan. Pasalnya, produk cat saat ini begitu beragam sehingga cukup sulit ketika harus memilih dan menyesuaikan finishing yang akan Anda gunakan.

CS Biovarnish

Jika Anda menginginkan hasil finishing natural kayu yang klasik maka tidak terlepas dari tampilan warna coklat, bukan? Menariknya adalah Anda dapat menggunakan tampilan klasik yang lebih unik dan berkarakter yakni dengan mengaplikasikan chalk paint. Perlu diketahui bahwa chalk paint merupakan cat yang muncul pad atahun 1990. Tentu saja chalk paint berbeda dengan chalkboard paint. Chalk paint digunakan khusus untuk finishing pada furniture terlebih untuk finishing tampilan klasik seperti warna patina atau warna natural kayu klasik.

Chalk paint atau cat kapur belum cukup umum di Indonesia sehingga masih banyak orang belum menyadari berbagai manfaat penggunaan chalk paint. Namun, bagi Anda yang selalu mengikuti tren furniture ataupun finishing furniture, pengaplikasian chalk paint sudah umum dan familiar. Sayangnya, di Indonesia masih sangat langka dan bahkan Anda harus mengimpor dari luar negeri untuk mendapatkan chalk paint.

Memilih Chalk Paint Untuk Finishing Meja TV Agar Terkesan Klasik

Anda memiliki meja tv yang yang ingin dirubah tampilannya terkesan lebih klasik? Pengaplikasian chalk paint adalah pilihan yang tepat untuk memberikan kesan klasik pada meja tv. Berbeda dengan cat duco atau cat kayu pada umumnya, chalk paint diformulasikan khusus untuk proses yang lebih sederhana dan tidak cukup ribet. Bahkan jika Anda melakukan kesalahan selama proses finishing. Hal tersebut sering terjadi pada seorang pemula ketika mengaplikasikan cat sehingga hasilnya tidak halus da optimal. Namun, penggunaan chalk paint tidak bertujuan untuk mendapatkan hasil yang sempurna dan optimal namun senaturl mungkin. Sehingga chalk paint ini sangat cocok bagi Anda yang pemula, seseorang yang suka mengkreasikan finishing ataupun aplikator profesional untuk hasil yang artistik.

Chalk paint merupakan cat kapur yang terbuat dari air dan latex sehingga apabila Anda melakukan kesalahan maka Anda dapat menghapus bagian yang salah tersebut menggunakan air. Biasanya, ketika melakukan kesalahan pada saat proses finishing berlangsung maka Anda harus menghapusnya dengan thinner namun hasil finishing tidak akan sama ketika Anda melakukan secara benar. Penggunaan chalk paint pada umumnya akan memberikan kesan permukaan media seperti terlapisi kapur. Sehingga bagi Anda yang menginginkan kesan matte natural maka menggunakan chalk paint adalah pilihan yang tepat. Lalu bagaimana jika digunakan untuk mendapatkan tampilan natural kayu klasik pada meja tv?

Untuk menciptakan tampilan natural kayu klasik maka Anda tidak perlu menggunakan plitur agar memberikan kesan coklat kayu pada permukaan media finishing. Anda dapat menggunakan cat glaze yang sengaja digunakan untuk memberikan kesan klasik pada furniture. Karena media finishingnya adalah meja tv lama Anda maka akan lebih baik jika permukaan meja tv tersebut diamplas terlebih dahulu sehingga akan mempermudah proses finishing berlangsung.

Pengamplasan ini bertujuan untuk mempermudah cat melekat ke permukaan kayu dengan kuat. Sehingga cat tidak akan mudah mengelupas ketika diaplikasikan. Masalah yang sering terjadi ketika refinishing furniture lama adalah proses pengamplasan yang tidak optimal sehingga ketika cat kayu diaplikasikan justru mudah mengelupas atau tidak dapat merekat dengan baik ketika cat tersebut sudah kering. Maka dari itu, hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan finishing adalah pengamplasan media finishing tersebut hingga benar-benar bersih dan halus.

Biovarnish Wood Filler

Apabila terdapat bagian furniture yang berlubang atau mengalami masalah cacat pada kayu maka sebaiknya benahi terlebih dahulu bagian yang cacat tersebut hingga benar-benar permukaan kayu rata sehingga kayu dapat terlapisi cat dengan baik.

BioDuco Chalk Paint

Pada tahap selanjutnya, aplikasikan BioDuco Chalk Paint. Larutkan terlebih dahulu chalk paint tersebut hingga larutan benar-benar homogen. Gunakan ujung kuas pada sisi permukaan furniture terlebih pada bagian ukiran apabila terdapat ukiran pada furniture. Lakukan dengan tekanan ringan saja sehingga cat tersebut dapat menyatu ke permukaan kayu dengan baik. Lalu diamkan dalam suhu ruangan selama 1 jam. Jika sudah kering sentuh, amplas ambang menggunakan grit amplas no. 320 atau 400

BioDuco Topcoat

Untuk menutup coating chalk paint, aplikasikan BioDuco TopCoat tampilan matte. Aplikasikan ke seluruh permukaan kayu secara merata hingga benar-benar terlapisi. Kemudian diamkan saja hingga cat tersebut benar-benar kering

Biovarnish Glaze

Gunakan Biovarnish Glaze warna brown atau coklat dengan perbandingan 1 bahan glae: 1 air lalu aduk hingga larutan tercampur dengan sempurna. Aplikasikan dengan menggunakan kuas secara merata. Lalu diamkan selama 5 menit dan apabila sudah 5 menit, lap cat tersebut menggunakan kain katun yang bersih terutama lap bagian yang ingin terkesan kuno atau cat memudar.

BioDuco Topcoat (lagi)

Aplikasikan kembali BioDuco Topcoat ke seluruh permukaan kayu yang sudah terlapisi cat sebelumnya. Tunggu hingga benar-benar kering dan furniture dapat digunakan.

Jika perlu, Anda dapat mengulangi prosedur finishing diatas untuk hasil yang lebih halus dan sempurna.

Cat yang digunakan diatas adalah produk-produk finishing ramah lingkungan dari Bio Industries yakni perusahan cat lokal yang fokus memproduksi produk kebutuhan perkayuan yang ramah lingkungan seperti cat, poles kayu, obat anti jamur, obat anti serangga, pemutih kayu dan lain sebagainya.

Untuk mendapatkan seluruh produk ramah lingkungan diatas, Anda dapat melakukan pemesanan langsung dengan menghubungi kontak hotline yang sudah tercantum pada website. Atau Anda juga dapat melakukan pembelian melalui marketplace Bio Industries yakni

Tokopedia: Biopaint

Bukalapak: Cat Kayu Besi Waterbased

Untuk layanan service point mulai dari tips finishing atau pembelian secara offline, Anda dapat mengunjungi kantor pusat ataupun kantor cabang Bio Industries di Yogyakarta yakni di Jl. Sidikan No. 94, Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta. Jepara di Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah atau di Cirebon yakni Jl. Escot No. 42 Rt. 014/Rw. 04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat.

Demikian teknik finishing natural kayu klasik yang dapat Anda lakukan di rumah. Anda tidak perlu bingung lagi ketika mencari chalk paint berkualitas. Bio Industries menyediakan chalk paint berkualitas layaknya merk chalk paint dari luar negeri dan bahkan sudah disesuaikan dengan regulasi US EPA dan ECHA-Reach. Yuk, gunakan produk-produk yang ramah lingkungan untuk menjaga kesehatan dan lingkungan sekitar.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here