Teknik Tampilan Furniture Klasik Bukan Berarti Sulit Jika Finishing Dengan Ini!

139

Sebagian orang akan lebih memilih clear finish dibandingkan dengan teknik finishing lainnya. Karena dengan clear finish tidak membutuhkan tahap finishing yang sulit.

Bagi Anda yang menyukai furniture dengan gaya klasik tidak harus membeli furniture klasik dengan harga yang sangat tinggi atau membeli furniture yang memang diaplikasikan dengan teknik finishing klasik. Faktanya, Anda dapat mengaplikasikan gaya klasik pada furniture bekas Anda sendiri loh.

Sayang bukan jika furniture dibiarkan tampak kusam? Furniture lama tampak baru dapat Anda lakukan sediri apabila teknik yang dilakukan dengan cara yang tepat. Bagi sebagian orang, untuk menciptakan tampilan klasik pada furniture dipandang ribet dan cukup sulit dilakukan bagi seorang pemula.

CS Biovarnish

Maka dari itu, banyak orang lebih memilih mengaplikasikan furniture dengan tampilan clear finish dibandingkan dengan tampilan yang lainnya. Kesan klasik sendiri terdiri dari berbagai macam seperti rustic, shabby chic ataupun patina. Tampilan-tampilan diatas justru umum dijumpai saat Anda berkunjung ke pameran furniture.

Pada umumnya, tampilan shabby chic dan patina menggunakan cat dengan warna solid sebagai colouring. Namun, adapula yang menggunakan tampilan natural kayu seperti tampilan rustic atau wash finish natural kayu.

Bagi Anda yang suka tampilan natural kayu maka tidak harus menggunakan plitur atau wood stain lainnya. Karena Anda bisa menyiasatinya dengan cat kayu lainnya yang cenderung lebih praktis dan sederhana ketika diaplikasikan.

Mengenal Teknik Finishing untuk Tampilan Klasik Pada Furniture

Untuk memberikan hasil yang bagus maka dibutuhkan cat kayu yang tepat sehingga hasilnya pun akan lebih optimal dibandingkan hanya sekedar memilih saja. Untuk memilih furniture juga harus memperhatikan beberapa hal berikut:

  • Ketahanan cat. Cat yang bagus adalah cat yang memiliki ketahanan yang baik dan tampilannya bisa bertahan lama. Cat tersebut tidak mudah flacking/mengelupas atau memudar dalam kurun waktu 5 tahun.
  • Daya rekat yang kuat. Cat yang memiliki daya rekat yang kuat akan lebih bagus hasilnya dan memudahkan proses finishing.
  • Cepat kering. Proses finishing pastinya menginginkan hasil yang cepat, salah satunya adalah pada tahap pengeringan. Adakalanya finishing memakan waktu yang panjang disebabkan oleh proses finishingnya yang lama hingga beberapa hari.
  • Tranpsaransi warna yang baik. Cat kayu akan memberikan hasil yang lebih tajam jika transparansi warnanya bagus.
  • Mudah diaplikasikan. Adakalanya cat sulit sulit diaplikasikan sehingga meninggalkan bekas kuas atau warna yang kurang rata. Dan tidak semua cat bisa menggunakan metode finishing  kuas dan semprot melainkan hanya salah satunya saja.
  • Ramah lingkungan. Saat ini, regulasi internasional seperti US-EPA sangat memperingatkan bagi penghuga suatu produk , salah satunya adalah cat untuk menggunakan cat yang ramah lingkungan yakni cat yang rendah VOC.

Berdasarkan beberapa karakter yang dapat dilihat diatas maka Anda dapat memilih cat sesuai dengan kebutuhan. Adakalanya salah memilih cat dapat menyebabkan hasil finishing tidak optimal. Maka dari itu, harus selektif ketika Anda akan menggunakan cat.

Seperti yang diketahui bahwa banyak cat kayu yang beredar di Indonesia masih menggunakan bahan-bahan yang membahayakan kesehatan dan leingkungan. Cat kayu tersebut mengandung VOC yang tinggi dan kandungan bahan kimia yang berbahaya seperti arsenic, timbal, merkuri dll.

Meskipun demikian, saat ini telah bermunculan manufaktur cat  Indonesia yangmemproduksi cat yang ramah lingkungan. Salah satunya adalah Bio Industries yang focus mengembangkan produk-produk kebutuhan finishing atau perawatan kayu yang ramah lingkungan dan sesuai dengan standar keamanan internasional.

Begitu pula ketika digunakan untuk finishing furniture klasik maka dibutuhkan cat kayu yang tepat. Bio Industries telah menyiapkan berbagai produk finishing yang tepat. Baik untuk tampilan patina, rustic, shabby chic atau tampilan klasik lainnya, kini telah hadir BioDuco chalk paint.

BioDuco Chalk Paint adalah rival merk produk chalk paint dari luar negeri namun kualitasnya tidak kalah dengan chalk paint luar negeri tersebut.

Pasalnya, BioDuco chalk paint diformulasikan sesuai dengan standar regulasi keamanan seperti regulasi US-EPA dan ECHA-Reach sehingga kandungan bahan sesuai takaran dan memiliki batas keamanan baik bahan kimia ataupun kandungan VOC didalamnya.

BioDuco Chalk Paint memiliki berbagai varian warna hingga 20 warna pastel yang pas untuk kebutuhkan finishing klasik ataupun modern. Lalu bagaimana untuk finishing natura kayu?

Nah, untuk tampilan natural kayu pada umumnya disesuaikan dengan tampilan dasar lalu dipadukan dengan cat glaze.

Colouring yang digunakan untuk tampilan natural kayu klasik bukan menggunakan plitur atau wood stain lainnya melainkan chalk paint dan cat glaze. Kenapa demikian? Untuk finishing tampilan klasik memang lebih mudah ketika Anda menggunakan chalk paint dibandingkan wood stain.

Chalk paint diformulasikan sebagai cat yang persiapannya lebih sederhana dan lebih cepat menghasilkan tampilan natural. Untuk penggunaan chalk paint saja tidak fokus pada hasil yang sempurna melainkan hasil yang natural dan terkesan furniture lebih berkarakter.

Maka dari itu, chalk paint sangat cocok apabila digunakan untuk finishing tampilan klasik.

Finishing Tampilan Klasik Menggunakan Chalk Paint

Persiapan yang perlu dilakukan adalah Pertama, Pastikan media finishing tersebut telah siap untuk difinihisng yakni memiliki tingkat kekeringan MC 12% dan sudah diamplas agar bersih dari noda, sisa minyak ataupun kotoran lainnya

Kedua, persiapkan segala perlengkapan finishing seperti kertas amplas (no. 320 dan 400), kuas, kain katun, wadah, dan air.

Setelah mempersiapkan segala sesuatunya, maka Anda lanjutkan tahap finishing. Adapun tahapan finishing untuk tampilan klasik natural kayu sebagai berikut:

1.Larutkan BioDuco Chalk Paint dengan air kemudian aduk hingga larutan tersebut tercampur sempurna. Kuaskan ke seluruh permukaan kayu hingga merata menggunakan kuas. Cukup dengan ujung kuas dan disarankan untuk menggunakan kuas dengan tekanan ringan.

Setelah diaplikasikan, diamkan dalam suhu ruangan selama 1 jam dan apabila sudah kering kemudian lakukan perngamplasan awal menggunakan kertas amplas no. 320 kemudian dilanjutkan dengan pengamplasan menggunakan kertas amplas no. 400

2. Larutkan Biovarnish Glaze menggunakan air lalu aduk hingga larutan tersebut homogen. Diamkan selama 5 menit dalam suhu ruangan dan apabila sudah kering maka lap menggunakan kain katun bersih.

3. Untuk menutup tampilan klasik secara optimal sekaligus mencitakan tampilan akhir maka tahap selanjutnya adalah dengan mengaplikasikan BioDuco Topcoat matte/gloss.

Setelah tahap finishing usai, furniture yang sudah kering dapat langsung digunakan tanpa harus dianginkan di luar ruangan. Sebab, furniture yang sudah diaplikasikan cat tersebut tidak mengeluarkan bau cat yang menyengat dan tidak beracun sehingga lebih nyaman ketika digunakan.

Untuk mendapatkan berbagai produk finishing yang ramahlingkungan diatas yakni BioDuco ataupun Biovarnish, Anda dapat langsung menghubungi kontak hotline yangs udah tercantum pada website ini  atau melalui e-mail: [email protected].

Atau Anda juga dapat melakukan pembelian online secara praktis melalui marketplace Bio Industries yakni https://www.tokopedia.com/bioindustries atau https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries. Sedangkan untuk pembelian offline sekaligus konsultasi mengenai finishing kayu, silahkan mengunjungi Bio Centre Office di Jl. Sidikan No. 94, Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here