Tips Mengecat Clear Finish Pada Meja Makan Minimalis

29
Memilih Meja Kursi Besi Cafe Sesuai Bentuk Tempat

Meja makan minimalis juga memiliki peran yang penting bagi keluarga. Selain digunakan untuk makan bersama, di meja makan tersebut juga bertujuan menjalin hubungan kekeluargaan yang lebih dekat.

Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki perkembangan yang cukup besar di bidang mebeling. Salah satu mebel yang cukup dicari dan dibutuhkan untuk setiap hunian rumah adalah meja makan.

Seiring dengan perkembangan desain hunian rumah maka berkembang pula furnitur yang digunakan, salah satunya adalah meja makan. Meskipun digunakan di bagian dapur namun peran meja makan juga tidak kalah penting.

CS Biovarnish

Selama pandemi covid-19, fungsi meja makan dapat berubah. Meja makan dapat dialihfungsikan menjadi meja kerja karena banyak orang, terutama ibu-ibu menghabiskan waktu di dapur dan melakukan aktivitas lain secara bersamaan.

Saat ini, hunian rumah banyak yang mengusung desain minimalis. Bukan sekadar tren saja, model hunian minimalis ini juga menyesuaikan dengan lahan tanah, walau begitu luas. Furnitur yang diterapkan pada hunian pun juga menyesuaikan.

Beikut ini cara menghemat ruangan agar terasa lebih lega.

Bagaimana Menciptakan Nuansa Segar dengan Meja Tamu Minimalis?
  • Cat Tembok

Untuk memberikan kesan modern dan luas, Anda dapat mengaplikasikan cat tembok dengan warna yang soft. Salah satu warna cat yang umum digunakan untuk hunian yang sempit adalah warna putih karena warna tersebut memberikan kesan yang lebih bersih dan luas.

Namun, Anda juga dapat menerapkan konsep warna pastel yang dikombinasikan dengan warna gelap. Sebaiknya kombinasikan warna satu usap lebih tua dari warna pastel yang digunakan sehingga warna tidak saling bentrok. Misalkan saja warna hijau mint dan hijau tua yang bisa memberikan kesan ruangan lebih sejuk.

  • Sortir Furnitur

Untuk membuat ruangan lebih lega, unakan furnitur sesedikit mungkin. Misalkan pada ruang utama, Anda dapat menerapkan satu sofa panjang dengan stool di sampingnya. Untuk bagian tembok yang tidak terpakai, Anda dapat menerapkan rak dinding guna menaruh barang tanpa harus membuat ruangan terkesan penuh.

Anda juga dapat menerapkan rak sudut untuk menaruh tanaman hias ataupun aksesoris sehingga ruangan tersebut terkesan lebih hidup. Pastikan untuk memilih furnitur dengan desain kaki yang ramping dan tidak memakan tempat. Disarankan untuk menggunakan furnitur yang tidak memiliki ukiran seperti furnitur Jepara.

  • Gunakan Jendela Kaca

Untuk memberikan kesan yang luas pada rungan sebaiknya gunakan jendela kaca. Jemdela kaca mampu memantulkan cahaya yang membuat bagian ruangan terkesan lebih hangat dan luas. Selain itu, pantulan bayangan pada jendela kaca juga memberikan kesan yang lebih lega.

Apakah Anda sudah memiliki ide konsep manakah yang akan digunakan pada ruangan Anda? Khusus untuk dapur maka Anda dapat menggunakan meja makan bar untuk membuat ruangan lebih lega dan praktis.

Meja makan minimalis dengan konsep bar memang memberikan kesan yang modern namun terkesan penuh. Tidak perlu berkonsep L melainkan hanya dengan satu meja bar dengan stool tinggi atau stool bar sebagai tempat duduknya.

Tentu saja warna yang dibutuhkan adalah warna-warna yang cocok dengan konsep tersebut seperti warna hitam. Warna ini sangat umum digunakan untuk furnitur minimalis selain warna putih karena terkesan netral dan cocok dalam segala nuansa.

Seperti halnya untuk dapur atau ruang makan maka warna hitam akan lebih memberikan nuansa yang lebih hangat dan intim. Warna hitam banyak dipilih untuk warna-warna furnitur guna interaksi antar anggota keluarga.

Tips Finishing Black Color Clear Finish Pada Meja Makan Minimalis

Dapur atau ruang makan adalah tempat yang sangat intens untuk berinteksi antar anggota keluarga. Konsep yang diusung pada ruangan tersebut umumnya agar antar keluarga dapat menghabiskan waktu, saling mengobrol heart to heart antar anggota keluarga lainnya walaupun hanya sekadar minum teh.

Demi menjaga keamanan dan kenyamanan keluarga, sebaiknya gunakan material dan bahan finishing yang ramah lingkungan. Umumnya, meja makan memang sudah menggunakan material yang ramah lingkungan yakni kayu. Namun, bagaimana dengan cat kayu yang digunakan?

Belum tentu cat kayu yang dipoles pada meja makan menggunakan bahan finishing yang aman. Untuk produk finishing yang aman dan ramah lingkungan maka Anda dapat menggunakan cat kayu water based.

Cat kayu water based lebih aman digunakan untuk furnitur ruangan makan karena tidak beracun dan tidak mengeluarkan bau cat yang menyengat. Dengan cat water based maka ruang makan lebih higienis karena makanan atau bahan makan di sekitarnya tidak terkontaminasi bahan kimia berbahaya.

Di Indonesia, cat water based sudah banyak beredar. Salah satu cat warna solid yang berbahan water based berkualitas bagus adalah BioDuco. Produk ini tergolong aman digunakan karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya dan rendah VOC (vilatile organic compounds). Hal ini dikarenakan bahan yang digunakan telah disesuaikan dengan standar regulasi keamanan internasional yakni US-Enviromental Protection Agency (EPA) dan ReachEuropean Chemical Agency (ECHA).

Anda dapat mengaplikasikan BioDuco sebagai bahan finishing. Berikut tahap-tahap finishing menggunakan BioDuco dengan finishing clear finish.

Finishing Solid Colour BioDuco
  1. Ampelas terlebih dahulu furnitur meja makan untuk menghilangkan noda atau kotoran yang sudah menempel
  2. Apabila sudah dibersihkan, Anda dapat mengaplikasikan BioDuco Wood Putty sesuai dengan warna yang diinginkan, misalkan warna abu. Anda dapat mengaplikasikan ke seluruh permukaan meja untuk menutup pori-pori kayu sehingga akan menghasilkan tampilan cat yang bagus. Setelah diaplikasikan, tunggu setidaknya 30 menit hingga dempul tersebut kering. Lalu ampelas permukaan yang sudah didempul menggunakan kertas ampelas no. 320.
  3. Aplikasikan BioDuco Primer Coat untuk memperhalus tekstur meja makan sehingga hasilnya lebih tajam dan halus
  4. Aplikasikan BioDuco Solid Colour. Diamkan selama 60 menit dalam suhu ruangan lalu ampelas ambang dengan kertas ampelas no. 400
  5. Untuk tahap akhir, aplikasikan BioDuco TopCoa. Kemudian semprotkan ke seluruh permukaan meja makan hingga merata.

Bagi Anda yang ingin menjaga kualitas tampilan BioDuco serta lebih food grade maka setelah kering, oleskan Biopolish Beeswax. Wax kayu ini memiliki tekstur jelly dengan warna transparan sehingga tidak mengganggu tampilan solid pada meja makan tersebut.

Pemesanan Cat Water Based BioDuco

Penasaran di mana dan bagaimana cara membeli serangkaian produk BioDuco dan Biopolish Beeswax? Anda dapat langsung menghubungi kontak hotline yang tercantum pada website ini atau juga dapat menghubungi via email di [email protected]. Tidak hanya membeli produk, Anda dapat menanyakan lebih detail mengenai produk atau tips finishing lainnya.

Apabila ingin membeli produk BioDuco secara lebih praktis, Anda dapat membelinya melalui link marketplace di bawah ini.

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/biopaint102

Atau Anda langsung mengunjungi Bio Office yang terletak di Jl. Sidikan No. 94, Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta atau juga dapat membeli produk Bio di agen-agen resmi di kota Anda.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here