Bahan Pelapis Natural Kayu untuk Meja Makan Minimalis Yang Bagus

239

Agar warna natural kayu lebih tajam sebaiknya gunakan bahan pelapis natural kayu untuk meja makan minimalis yang memiliki daya rekat film yang kuat.

Warna natural kayu menjadi salah satu tampilan furniture yang paling banyak diterapkan. Bukan hanya karena bernilai estetik, warna natural kayu juga dapat disesuaikan dengan berbagai nuansa dalam ruangan. Hingga saat ini pun, warna natural kayu masih banyak digunakan untuk berbagai model furniture seperti furniture minimalis. Untuk menciptakan warna kayu pada furniture harus dilakukan dengan cara yang tepat agar hasilnya lebih tajam.

Meskipun cara aplikasi warna natural kayu tersebut terlihat mudah akan tetapi apabila dilakukan dengan cara yang kurang tepat hasilnya tidak rapi. Kesalahan-kesalahan selama finishing warna kayu pun sering dilakukan oleh orang-orang yang diy atau sedang belajar mengecat. Diantara kesalahan tersebut adalah cara aplikasi menggunakan kuas yang terlalu ditekan, nggak diamplas terlebih dahulu ataupun penggunaan cat yang salah.

CS Biovarnish

Banyaknya merk cat kayu membuat kemudahan bagi masyarakat untuk memilih cat yang sesuai dengan kebuutuhan. Namun, Anda harus lebih selektif ketika memilih cat kayu untuk finishing meja makan minimalis. Maka dari itu, pentingnya untuk komparasi antara cat kayu yang satu dengan yang lainnya untuk mendapatkan hasil warna sesuai dengan yang diinginkan. Perlu diingat bahwa ketika digunakan untuk finishing meja makan maka cat kayu tersebut  tidak menyebabkan kontaminasi sehingga makanan, minuman atau bahan makan di dekat meja makan lebih higienis.

Disarankan untuk menggunakan cat kayu dengan bahan dasar air untuk finishing meja makan. Sebab, cat water based lebih aman dan ramah lingkungan dibandingkan cat solvent based. Cat tersebut rendah VOC sehingga meminimalisir adanya kontaminasi senyawa kimia pada makanan atau minuman sekitar meja makan. Sayangnya, masih banyak orang yang belum mengenal dengan cat water based sehingga kepercayaan terhadap hasil finishingnya pun diragukan. Faktanya, kualitas dari cat water based hampir sama dengan cat solvent based.

Cat Kayu Bahan Pelapis Natural Kayu untuk Meja Makan Minimalis

Cat water based merupakan cat kayu yang terbuat dari bahan air dan pelarut yang digunakan pun adalah air. Pelarut air tersebut disarankan menggunakan air yang bersih atau memiliki pH 7 atau netral agar tidak mengganggu tampilan warna. Cat kayu berpelarut air tersebut juga sudah populer di berbagai negara di dunia, salah satunya adalah di Amerika. Kenapa cat water based saat ini sangat populer dibandingkan cat solvent based?

Tren penggunaan cat water based bukan hanya sekedar tren lalu viral melainkan cat kayu ini memiliki kandungan VOC yang rendah dan tidak mengandung bahan-bahan kimia berbahaya. Dengan kandungan yang aman tersebut menyebabkan cat water based mampu mengurangi adanya polusi ataupun mencegah terjadinya gangguan kesehatan.  Pasalnya, cat solvent based telah banyak menyebabkan berbagai masalah lingkungan ataupun kesehatan sehingga terdapat beberapa negara yang mulai melarang atau membatasi penggunaan cat solvent based.

Cat kayu water based mengalami berbagai perkembangan sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan saat finishing. Begitu pula cat water based yang sudah Anda jumpai di Indonesia, meskipun masih baru namun perkembangan cat kayu tersebut justru lebih cepat dibandingkan cat solvent based. Salah satu cat kayu berpelarut air yang direkomendasikan untuk finishing natural kayu adalah Biovarnish.

Kualitas dari Biovarnish tidak kalah dengan kualitas cat water based dari luar negeri, pasalnya cat tersebut menggunakan bahan yang diformulasikan khusus sesuai dengan standar regulasi keamanan bahan kimia internasional. Regulasi yang menjadi rujukan untuk batas bahan kimia dan VOC pada suatu produk finishing adalah US Enviromental Protection Agency (EPA) dan European Chemical Agency (ECHA) Reach. Bahkan, karena kandungan bahan Biovarnish yang membuat cat kayu ini juga aman untuk finishing furniture bayi ataupun mainan anak-anak, loh.

Finishing Natural Kayu Pada Meja Makan Menggunakan Biovarnish

Karena cat kayu Biovarnish sudah sesuai dengan standar regulasi keamanan internasional tentunya juga aman ketika digunakan untuk finishing meja makan. Cat kayu yang aman tersebut sangat penting untuk menjaga higienitas dari makanan yang terdapat disekitarnya. Pasalnya, cat kayu konvensional pada umumnya justru mengeluarkan racun dan membuat makanan terkontaminasi zat kimia berbahaya.

Selain kandungan bahannya yang aman, Biovarnish dilengkapi dengan fitur-fitur yang akan mempermudah proses finishing yakni memiliki daya rekat film yang kuat, transparansi warna yang tajam, good-levelling, mudah diamplas, mudah diaplikasikan baik dengan cara kuas atau semprot, dan cepat kering. Dan hasil warna kayu pun tetap optimal meskipun diaplikasikan pada material lainnya seperti rotan, bambu ataupun material kerajinan lainnya. Penggunaan cat water based tentu lebih menguntungkan karena lebih efisien waktu dan tidak boros karena cukup menggunakan pelarut air.

Tahap Finishing Natural Kayu

  • Amplas terlebih dahulu meja makan hingga bersih dan permukaannya lebih halus sehingga akan mempermudah cat melekat dengan optimal
  • Aplikasikan Biovarnish Wood Filler untuk mengisi pori-pori kayu agar ketika diaplikasikan cat maka warnanya lebih cepat keluar. Setelah diaplikasikan, diamkan kurang lebih 30 menit dalam suhu ruangan. Lalu amplas menggunakan kertas amplas alumunium oxide no. 240 apabila sudah kering
  • Aplikasikan Biovarnish Liquid Satain untuk pewarnaan ke seluruh permukaan kayu baik dengan cara kuas atau semprot. Lalu diamkan dalam suhu ruangan kurang lebih 60 menit. Apabila sudah kering sentuh, amplas ambang menggunakan kertas amplas alumunium oxide no. 400
  • Aplikasikan Biovarnish Sanding Sealer. Nah, rahasia finishing tampilan optimal, rapi dan permukaannya yang halus adalah dengan mengaplikasikan Biovarnish Sanding Sealer. Cat kayu ini akan mempertajam tampilan coating dan membuat cat kayu lebih bertahan lebih lama. Caranya, setelah dilarutkan dengan air lalu aplikasikan ke seluruh permukaan kayu hingga merata. Kemudian diamkan dalam suhu ruangan kurang lebih 60 menit. Amplas ambang menggunakan kertas amplas alumunium oxide no. 400 apabila sudah kering sentuh.
  • Aplikasikan Biovarnish Clear Coat tampilan matte atau gloss untuk hasil akhir yang lebih optimal. Setelah diaplikasikan Biovarnish, diamkan kurang lebih semalaman atau meja makan benar-benar kering.

Setelah finishing, meja makan sudah dapat diletakkan kembali ke dalam ruangan. Anda tidak perlu khawatir karena cat kayu tersebut tidak mengeluarkan bau menyengat dan tidak beracun. Perlu diingat bahwa selama proses finishing, Anda tidak perlu mengeringkan cat di bawah sinar matahari langsung melainkan hanya cukup didiamkan saja dalam suhu ruangan. Karena ketika dikeringkan dibawah sinar matahari justru hasil finishing tidak akan optimal.

Sebagai perawatan, Anda dapat mengaplikasikan poles kayu Biopolish Beeswax. Pastikan untuk selalu merawat meja makan secara rutin agar debu tidak membandel. Jika debu terlanjur melekat bahkan dalam kurun waktu yang lama justru lebih sulit dibersihkan meskipun menggunakan lap dari kain setengah basah.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here