Menjaga Keawetan Peralatan Makan Dengan Aplikasi Beeswax Kayu Ini

620

Peralatan makan memerlukan perawatan food grade agar lebih awet dan aman. Untuk hasil maksimal aplikasikan Beeswax kayu.

Peralatan makan merupakan perabotan dapur yang penting untuk para penghuni rumah sesuai dengan fungsinya. Peralatan ini beaneka ragam jika dilihat dari material yang digunakan seperti kaca, stainless, seng, melamin bahkan kayu. Khusus untuk penggunaan kayu maka dibutuhkan perawatan sebab kayu merupakan material serat alam yang mudah mengalami kerusakan diakibatkan oleh kelembaban udara, perubahan cuaca, serangan jamur ataupun serangga seperti rayap dan atau organisme perusak lainnya. Jika tidak dirawat dengan baik memungkinkan bakteri menempel pada permukaan peralatan makan kayu. Jika peralatan makan terdapat bakteri ataupun organisme kecil lainnya tentu saja sudah tidak higienis.

Finishing Kerajinan dari Bambu dengan PernisPeralatan makan dari kayu yang tidak terjaga dengan baik akan menyebabkan berbagai permasalahan bagi pencernaan seperti mual atau diare. Maka dari itu, dibutuhkan lapisan yang membantu kayu agar dapat terlindungi dengan baik dan terhindari dari berbagai organisme perusak kayu. Untuk perawatan, Anda dapat melakukan aplikasi Biopolish beeswax kayu ke permukaannya. Selain berfungsi merawat kayu juga dapat memperindah tampilan peralatan makan.Tidak hanyaberlaku untuk peralatan makan saja, Biopolish Beeswax dapat diaplikasikan pada produk-produk kayu yang bersinggungan dengan makanan.

CS Biovarnish

Maka dari itu, pentingnya perawatan pada kayu agar kayu tersebut tidak mudah rusak diakibatkan oleh berbagai macam faktor diatas. Selain itu, jika kelembaban pada kayu tidak tepat dan tidak terlapisi dengan baik juga menimbulkan kerusakan pada kayu seperti retak. Hal ini sering terjadi ketika kayu tersebut sering dicuci dan lama-kelamaan kayu akan retak atau pecah. Sebab, ketika kayu dicuci akan meningkatkan kelembaban dan kemudian dikeringkan atau didiamkan begitu saja. Padahal, ketika kayu basah didiamkan begitu saja akan mengundang berbagai bakteri perusak yang bisa menyebabkan masalah serius pada yang menggunakan kayu tersebut.

Biopolish Beeswax ini sangat cocok untuk perawatan segala furniture, perabotan atau peralatan makan yang terbuat dari serat alam. Karena poles kayu ini menjaga kehigienisan makanan agar terjaga dengan baik dan tetap aman untuk dikonsumsi. Maka dari itu, penting sekali untuk selalu menjaga furniture atau segala perabotan kayu agar dapat terlindungi dengan baik terutama perabotan tanpa finishing seperti peralatan makan. Ya, perawatan makan pada umumnya tanpa dilapisi apapun bertujuan untuk dapat langsung digunakan. Faktanya, jika tidak di finishing maka peralatan makan justru lebih cepat rusak. Tentu saja finishing yang dimaksud adalah finishing food grade sehingga tidak mencemari makanan ataupun minuman.

Aplikasi Beeswax Kayu Tepat Untuk Peralatan Makan

Biopolish Beeswax merupakan perawatan kayu yang berasal dari sarang lebah tanpa campuran bahan kimia sehingga dipastikan aman dan ramah lingkungan. Sangat cocok dioleskan pada peralatan makan atau perlengkapan dapur yang bersentuhan langsung dengan makanan (food grade). Untuk mempermudah aplikasi Biopolish beeswax kayu, berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan:

  1. Pastikan permukaan kayu bersih dari kotoran, debu dan minyak. Untuk membersihkan kotoran tersebut, ampelas seluruh permukaan kayu agar mudah diaplikasikan Beeswax.
  2. Setelah dirasa merata dan bersih, aplikasikan Beeswax kayu ke permukaan kayu dengan menggunakan kain bersih. Agar perawatan, waktu efektifnya dioleskan ke permukaan seminggu sekali.

Aplikasi Beeswax Kayu jika dilakukan secara rutin akan menambah keawetan serta memperindah kayu.Selain itu, poles kayu ini juga dapat mempertajam kayu sehingga warnanya pun terkesan dilapisi cat. Biopolish Beeswax tidak hanya melindungi permukaan kayu saja melainkan hingga masuk ke dalam serat kayu. Awal diaplikasikan, kayu belum terlihat terlalu tajam namun perlahan kayu terlihat lebih tua dan terkesan lebih tajam seperti terlapisi cat. Peralatan makan kayu yang tidak dilakukan perawatan rutin dengan Biopolish Beeswax justru lebih rentan lapuk. Maka dari itu, fungsi Beeswax pada kayu adalah agar kayu tidak cepat lapuk selain itu mempertahankan fleksibilitas kayu yang seringkali memuai/menyusut jika terjadi perubahan cuaca.

Tentu menginginkan peralatan makan lebih bertahan lama dan aman digunakan, bukan? Aplikasikan Biopolish beeswax kayu tersebut untuk menjaga peralatan makan bertahan lama. Bio Industries merupakan perusahaan yang berkembang khusus pada produk-produk perawatan atau finishing kayu yang aman dan ramah lingkungan seperti Biopolish Beeswax. Sehingga tidak hanya menjual perawatan Beeswax saja, melainkan juga finishing kayu yang ramah lingkungan, yaitu cat water based. Apabila Anda membutuhkan cat dengan warna transparan kayu, dapat menggunakan Biovarnish sedangkan warna solid dapat menggunakan Orchid Enamel Paint. Adapun varian produk finishing untuk warna solid yang lain yakni BioColours. Produk-produk ramah lingkungan dari Bio Industries merupakan produk menggunakan bahan-bahan yang sudah disesuaikan dengan standar regulasi keamanan bahan kimia internasional yakni US Enviromental Protection Agency (EPA) dan European Chemical Agency (ECHA) Reach. Kedua regulasi tersebut menjadi rujukan terhadap batas penggunaan bahan kimia dan VOC pada cat. Seperi

Bio Industries juga menawarkan produk perawatan kayu yang lainnya yakni Biopolish Linseed Oil. Perbedaan antara Biopolish Linseed Oil dan Biopolish Beeswax adalah dari bahan yang digunakan. Biopolish Beeswax tidak terdapat kandungan linseed oil sehingga poles kayu ini tergolong food grade. Jika Biopolish Beeswax digunakan untuk perabotan atau furniture yang bersinggungan dengan makanan maka berbeda dengan Biopolish Linseed Oil. Poles kayu Biopolish Linseed Oil ini justru digunakan untuk perawatan furniture interior seperti kursi, meja, lemari dan lain sebagainya. Ya, furniture atau produk yang menggunakan kayu harus dipoles kayu secara rutin setidaknya sebulan sekali untuk menjaga tampilan furniture tampak tajam dan tahan lama. Dengan mengaplikasikan Biopolish Linseed Oil pada furniture akan meminimalisir refinishing lebih cepat.

Produk finishing seperti Biovarnish, Orchid, BioColours ataupun poles kayu Biopolish Linseed Oil serta Biopolish Beeswax dapat dilakukan untuk semua jenis serat alam seperti rotan, bambu, enceng gondok, pelepah pisang dan lain sebagainya. Dari segi hasil finishing, cat ramah lingkungan Bio Industries menghasilkan warna yang tajam. Sebelum perawatan dengan Biopolisn Linseed Oil atau pun Biopolish Beeswax, Anda dapat menggunakan Biovarnish sebagai tahap finishing natural kayu pada furniture interior eksterior. Dengan perlindungan cat kayu yang ramah lingkungan lalu dilanjutkan dengan perawatan yang ramah lingkungan pula akan memebuat ruangan lebih aman dan nyaman.

Jika Anda membuat furniture atau hiasan dinding sendiri dari kayu dan membutuhkan cat maka Anda dapat menggunakan Biovarnish yang lebih ramah lingkungan dan tidak membuat ruangan sesak karena bau cat menyengat. Nah, berikut langkah-langkah finishing menggunakan Biovarnish:

  • amplas terlebih dahulu permukaan kayu atau media finishing lainnya agar lebih halus dan rata
  • jika perlu, aplikasikan Biovarnish WOod Filler untuk menutu pori-pori kayu atau menyamarkan cacat pada kayu. Larutkan pada air terlebih dahulu lalu aplikasikan ke permukaan kayu. Kemudian diamkan dalam suhu ruangan selama 20-30 menit. Apabila sudah kering, amplas permukaan kayu menggunakan kertas amplas alumunium oxide no. 240
  • larutkan Biovarnish Liquid Stain dengan air lalu aduk hingga homogen. Lalu aplikasikan dengan cara kuas atau semprot ke seluruh permukaan kayu. Tunggu selama 60 menit atau hingga kering sentuh dan apabila sudah kering sentuh maka amplas ambang permukaan kayu menggunakan kertas amplas alumunium oxide no. 400
  • gunakan Biovarnish Sanding Sealer untuk mempertajam cat. Larutkan terlebih dahulu dengan air lalu aduk hingga homogen. Semprotkan ke seluruh permukaan kayu hingga merata lalu diamkan dalam suhu ruangan selama 60 menit. Amplas ambang permukaan kayu menggunakan kertas amplas alumunium oxide no. 400 apabila sudah kering
  • Aplikasikan Biovarnish Clear Coat pada seluruh permukaan kayu lalu diamkan selama semalaman.
  • Lanjutkan perawatan furniture atau perabotan kayu yang sudah dilapisi cat Biovarnish tersebut menggunakan Biopolish Beeswax atau Biopolish Linseed Oil.

Untuk mendapatkan Beeswax dan informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi Customer Care Bio Industries via telp pada kontak hotline yang sudah tercantuk di website ini. Atau Anda dapat memesan melalui marketplace Bio Industries yakni https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries atau https://www.tokopedia.com/bioindustries. Apabila Anda berada di area Yogyakarta silahkan berkunjung ke kantor Bio Industries di Jl. Sidikan No.94, Yogyakarta.

Demi keamanan dan kesehatan orang sekitar Anda, alangkah baiknya gunakan perawatan atau cat yang aman dan ramah lingkungan. Semoga dengan ulasan singkat mengenai aplikasi Biopolish beeswax kayu tersebut akan mempermudah Anda dalam aplikasi perawatan food grade yang tepat. Dan semoga dengan penjelasan pentingnya penggunaan produk ramah lingkungan ini, mulai sekarang mematasi atau bahkan mengurangi produk-produk yang mengandung bahan kimia berbahaya. Pastikan mulai saat ini menggunakan produk-produk ramah lingkungan pada kebutuhan sehari-hari Anda.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here