Jangan Terjebak! Begini Lah Finishing Lemari TV Yang Benar dan Aman

640

Warna natural kayu pada furniture minimalis seringkali diterapkan karena memberikan kesan yang alami. Pastikan untuk menggunakan cat aman agar tetap nyaman digunakan.

Hunian minimalis seringkali memakai wall unit atau lemari tv agar tidak memakan tempat selain itu juga digunakan untuk memanfaatkan tempat yang kosong. Pemanfaatan lemari tv dalam ruangan memang efektif karena dapat digunakan tempat multifungsi. Selain untuk tempat tv, juga dapat digunakan untuk menaruh barang lain. Biasanya, lemari tv memiliki rak yang bersekat atau laci-laci. Sehingga Anda dengan mudah menaruh barang agar tidak memenuhi tempat. Tak hanya pada hunian minimalis bahkan hunian modern atau klasik juga menggunakan lemari tv untuk mengisi kekosongan ruang.

Lemari tv lebih sering menggunakan material kayu solid atau kayu olahan karena lebih mudah dibentuk sesuai dengan yang diinginkan. Kayu yang digunakan pun tidak terlalu keras sehingga akan memudahkan pemotongan ketika dibentuk menjadi pola lemari tv. Tentu saja kayu tidak langsung digunakan begitu saja melainkan harus melalui proses. Kayu yang bagus untuk furniture adalah kayu dengan ingkat kekeringan MC  12%. Dengan tingkat kekeringan yang tepat akan meembuat kayu lebih bertahan lama dan tidak mudah terserang jamur ataupun serangga.

CS Biovarnish

Hal ini sangat penting diketahui bagi Anda yang ingin membuat furniture sendiri dengan material seadanya. Bagi Anda yang hobi membuat furniture dilakukan secara DIY maka membutuhkan hal-hal yang perlu diperhatikan diantaranya material seperti kayu yang digunakan, treatment dan cat kayu. Treatment ini biasanya banyak dilakukan oleh pengusaha kayu untuk melindungi kayu pasca ditebang agar tahan terhadap serangan jamur atau serangga. Sedangkan untuk DIY juga dapat dilakukan sendiri dengan cara dicelup. Tentu saja membutuhkan waktu yang tidak cepat melainkan harus beberapa hari hingga obat tersebut masuk kedalam serat kayu. Jika Anda harus melakukan treatment maka yang harus Anda persiapkan adalah mengeringkan kayu tersebut di oven. Namun, apabila treatment tersebut dirasa cukup sulit maka Anda bisa melakukannya dengan cara menginjeksi obat anti jamur atau obat anti serangga kedalam serat kayu sebelum finishing.

Setelah melalui proses treatment dan pembentukan pola furniture maka saatnya untuk mengecat furniture. Jika menginginkan hasil yang alami dan natural dengan mempertahankan serat kayu tampak indah maka Anda bisa mengaplikasikan cat kayu dengan warna natural. Warna ini paling sering digunakan untuk furniture, komponen rumah ataupun perabotan kayu. Bahkan tampilan natural kayu sudah digunakan sejak dahulu kala. Hingga saat inipun, tampilan natural kayu masih tetap eksis dan peminatnya pun selalu bertambah.

Untuk mendapatkan tampilan natural kayu, dahulu bisanya menggunakan plitur yang terbuat dari shellac gum. Plitur ini masih dalam bentuk serpihan serlak yang harus dipanaskan atau dicairkan dengan pelarut organik seperti spiritus. Meskipun saat ini pelarut organik masih digunakan namun penggunaannya pun bertujuan untuk menurunkan intensitas warna plitur agar ketika diaplikasikan pertama kali tidak terlalu tebal. Sedangkan saat ini, plitur yang digunakan adalah plitur dengan tekstur liquid sehingga lebih sederhana dan cepat.

Untuk mempertahankan warna natural kayu tersebut, Anda harus merawatnya secara rutin. Untuk merawat lemari tv, bersihkan debu tiap harinya dengan kemoceng. Debu kadangkal tidak bisa hanya dibersihkan dengan kemoceng, tapi Anda perlu menghilangkannya dengan menggunakan lap basah. Walaupun Anda sudah membersihkan lemari tv setiap hari, namun merasa warna lemari tv memudar maka yang perlu Anda lakukan adalah melakukan finishing lemari tv untuk mengembalikan warna kilapnya.

Finishing Lemari TV Untuk Warna Natural

Warna natural pada kayu biasanya adalah warna coklat muda seperti warna krem kayu jati hingga berwarna gelap seperti kayu sonokeling. Sedangkan setiap kayu memiliki jenis warna yang berbeda maka dari itu Anda harus benar-benar memperhatikan cat kayu yang harus diaplikasikan pada permukaan kayu agar hasil warnanya tetap optimal. Anda dapat memilih warna kayu yang sesuai untuk lemari Anda dengan cat yang sesuai untuk ruang Anda.

Finishing lemari tv pada umumnya menggunakan cat berpelarut minyak yang mudah ditemukan dipasaran. Apakah cat itu aman? Tentu tidak, cat tersebut cenderung tidak aman digunakan karena bahan yang terkandung dalam cat. Cat solvent based atau cat berpelarut air biasanya mengandung merkuri dan timbul, dua bahan ini jika masuk ke dalam tubuh manusia terur-menerus dapat menagkibatkan penyakit kanker. Jika Anda menghirup uap yang keluar cat solvent based, maka dampaknya Anda akan merasa pusing-pusing, mata pedih dan jika terkena kulit akan merasa gatal-gatal. Sedangkan untuk jangka panjang dampak yang ditimbulkan salah satunya sudah disebutkan di atas selain itu juga akan mengalami gangguan sistem syaraf.

Maka dari itu, disarankan menggunakan cat aman dan ramah lingkungan seperti cat water based. Cat tersebut cenderung tidak berbau bahkan aman bagi anak-anak. Mungkin cat water based dikenal mahal dan susah didapatkan, namun untuk saat ini cat water based sudah mulai ditemui di toko bangunan atau toko khusus cat. Karena meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya penggunaan cat yang aman, banyak produsen cat  mencoba mengembangkan cat water based.

Perkembangan cat water based justru lebih cepat dibandingkan dengan cat solvent based, loh. Awalnya, cat water based banyak diminati oleh buyer mancanegara dikarenakan negara-negara maju baik di Asia, Eropa ataupun Amerika mulai membatasi penggunaan cat solvent based dan bahkan melarang penggunaannya karena membahayakan kesehatan dan lingkungan. Maka dari itu, penggunaan cat water based digunakan sebagai pengganti plitur konvensional dari shellac gum.

Salah satu perusahaan spesialis cat water based di Indonesia adalah Bio Industries. Produk cat Bio Industries sesuai dengan standarisasi keamanan internasional seperti US-Environmental Protection Agency (EPA) dan  standard regulasi dari European Chemicals Agency (ECHA)REACH. Jadi, cat water based tersebut dipastikan aman untuk finishing lemari tv. Kandungan bahannya yang aman akan membuat anggota keluarga lebih aman dan nyaman dalam beraktivitas. Karena kandungan bahannya yang aman, Biovarnish juga aman bagi anak-anak sekalipun. Maka dari itu, penting sekali untuk menggunakan produk-produk ramah lingkungan demi keamanan dan kenyamanan anggota keluarga Anda.

Begini  6 Langkah Aplikasi Cat Water Based Pada Lemari TV

Cat water based juga memiliki banyak warna untuk diaplikasikan dari warna transparan sampai warna solid. Salah satu cat untuk lemari TV untuk menampilkan warna natural kayu lebih baik menggunakan cat warna transparan Biovarnish. Cat tersebut sangat cocok diaplikasikan untuk furniture seperti lemari tv. Selain itu, cat tersebut lebih cepat kering, tidak berbau dan tidak beracun jadi aman untuk lingkungan keluarga Anda. Biovarnish dapat digunakan sebagai pengganti plitur konvensional atau pernis berbahan shellac gum. Untuk aplikasinya bahkan tidak lebih sama dengan plitur pada umumnya. Berikut langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

  • Lapisi lantai sekitar lemari tv dengan koran atau kertas berkas lainnya agar lantai tidak kotor.
  • Bersihkan lemari tv Anda menggunakan amplas. Tujuan pengamplasan adalah untuk menghilangkan kotoran atau minyak yang masih tertinggal di lemari tv Anda.
  • Pastikan lemari Anda sudah bersih kemudian perhatian setiap bagian-bagian lemari tv apakah terdapat kerusakan seperti berlubang atau tidak. Jika ada, gunakan dempul untuk enyamarkan lubang tersebut.
  • Amplas kembali terutama bagian yang sudah didempul sampai merata. Permukaan yang rata akan memudahkan aplikasi finishing lemari tv.
  • Aplikasikan Biovarnish menggunakan kain atau kuas yang sudah dilapisi kain. Tidak disarankan menggunakan kuas saja karena akan mengakibatkan bekas kuas tertinggal pada permukaan.
  • Tunggu sampai kering kemudian aplikasikan kembali Biovarnish tersebut sampai menemukan warna kilap yang sempurna.

Pada tahap finishing diatas, Anda dapat menggunakan produk-produk finishing dari Biovarnish diantaranya adalah Biovarnish Wood Filler sebagai dempul atau filler kayu, Biovarnish Liquid Stain atau Biovarnish Wood Stain sebagai colouring dan Biovarnish Sanding Sealer dan Biovarnish Clear Coat untuk tahap akhir finishing untuk mempertajam tampilan kayu. Khusus untuk Biovarnish Sanding Sealer, cat kayu tersebut dapat diaplikasikan sebelum colouring guna memotong bulu-bulu halus sekaligus mengisi pori-pori kayu yang sangat kecil. Atau dapat juga digunakan setelah colouring yang bertujuan untuk mempertajam tampilan cat sehingga warna akan lebih tajam.

Proses pengeringan pada saat finishing menggunakan Biovarnish sangat cepat karena tidak membutuhkan sinar matahari melainkan hanya cukup didiamkan dalam suhu ruangan. Sehingga, Anda tidak perlu kesulitan mencari sinar matahari ketika mengeringkan cat kayu. Karena hanya membutuhkan tempat yang kering dan teduh maka Anda dapat mengaplikasikan cat Biovarnish kapanpun dan dimanapun tanpa harus khawatir lagi cat tersebut tidak kering.

Biovarnish juga dapat digunakan bagi Anda yang memiliki usaha furniture sebagai finishing. Selain aman, Biovarnish juga memiliki transparansi warna yang bagus. Teknik yang dilakukan dapat menggunakan kuas maupun semprot. Karena menggunakan pelarut air dan proses pengeringannya yang cepat akan membantu Anda mendapatkan hasil yang lebih cepat dan pastinya lebih efisien waktu dan tenaga. Tentu saja ini akan menguntungkan bagi Anda yang memiliki usaha mebeling atau kerajinan. Dengan proses yang cepat maka target penjualan pun bisa berjalan dengan baik.

Dimana harus mendapatkan cat kayu yang ramah lingkungan tersebut? Anda dapat mengetahui informasi lebih lanjut mengenai Biovarnish silahkan hubungi Customer Care Bio Industries dengan kontak hotline yang sudah tertera pada website ini.  Atau Anda dapat mengunjungi langsung ke kantor pusat Bio Industries di Jl. Sidikan no. 94, Yogyakarta.

Sehingga, sepatutnya Anda menjaga kesehatan orang-orang tersayang Anda. Jangan biarkan racun membunuh Anda dan keluarga secara perlahan, hentikan sekarang dan pilih cat yang aman dan ramah lingkungan. Semoga dengan langkah-langkah tersebut akan memudahkan Anda untuk mengaplikasikan finishing lemari tv sendiri di rumah.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here