Jenis Material Pagar Antimaling dan Cara Finishingnya

5
pagar rumah antimaling yang telah dicat

Semua orang menginginkan rumahnya aman dari aksi kejahatan, salah satu langkahnya dengan memberikan pagar mengelilingi rumah. Ada beberapa material pagar besi yang harus Anda ketahui.

Keamanan merupakan salah satu hal yang dibutuhkan pada setiap bangunana. Aksi pencurian, perampokan dan tindakan kejahatan lainnya bisa terjadi bahkan rumah yang tertutup sekalipun.

Meskipun pagar belum 100% mengatasi masalah kejahatan, tapi adanya pagar bisa mencegah aksi kejahatan terjadi. Oleh karena itu, banyak penghuni rumah memasang pagar guna mencegah aksi kejahatan tersebut.

CS Biovarnish

Tidak hanya untuk mencegah akan aksi kejahatan, penggunaan pagar rumah juga bisa memberikan ruang pribadi kepada penghuni rumah dari dunia luar sehingga privasi setiap penghuni rumah dapat terjaga.

Macam-Macam Material Pagar Besi yang Bisa Digunakan

Untuk memilih pagar memang tidak mudah karena harus disesuaikan dengan dimensi rumah serta konsep yang ingin ditampilkan. Banyak material pagar yang bisa digunakan namun kebanyakan hunian rumah yang terdapat di Indonesia memilih pagar dari besi.

mengecat pagar dari besi

Selain pagar besi lebih fleksibel, pagar ini juga cenderung lebih terjangkau dan modelnya pun dapat disesuaikan dengan keinginan dari penghuni rumah itu sendiri. Berikut material pagar besi yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

  • Wrought Iron

Wrought iron (besi tempa) merupakan besi yang memiliki desain seperti ukiran. Pembuatannya dilakukan dengan cara besi dipanaskan lalu dipukul-pukul, dibengkokkan dan dibentuk sesuai dengan kebutuhan. Model pagar besi yang menggunakan material ini sudah banyak diterapkan. Umumnya diterapkan pada hunian dengan halaman yang luas.

  • Besi Hollow

Salah satu material pagar besi yang sedang naik daun adalah besi hollow. Material ini sangat populer untuk keperluan pagar karena pengerjaannya yang ringan, cukup dilas. Selain itu, desainnya pun sederhana serta minimalis.

Umumnya, pagar yang menggunakan besi hollow dicat warna hitam doff sehingga menampakkan kesan ruang atau halaman rumah yang minimalis. Umumnya, pagar yang menggunakan besi hollow sering dipadukan dengan papan kayu sehingga menambah kesan rumah lebih artistik.

  • Besi Plat

Selain besi hollow, besi plat juga menjadi salah satu material untuk pagar besi yang populer digunakan. Biasanya, besi hollow berupa lembaran, baik dengan bentuk persegi atau bulat. Modelnya sendiri terdapat besi full atau yang menggunakan besi plat berlubang.

Finishing Pagar Besi Antimaling Agar Awet

Pagar yang menggunakan besi dikenal awet digunakan dengan harga yang cukup worth. Meskipun dapat digunakan dalam kurun waktu yang lama, pagar besi juga memiliki kekurangan yakni mudah berkarat apabila sudah digunakan dalam jangka waktu yang lama dan tidak terawat.

Banyak orang yang belum menyadari bahwa pagar besi juga perlu perawatan. Untuk merawat pagar besi cukup sederhana dan bisa dilakukan oleh siapa pun.

Langkah pertama adalah dengan membersihkan permukaan besi dari hal yang bisa menyebabkan karat. Selain itu, gunakan minyak atau oli pada bagian tersembunyi seperti bagian engsel pagar, sedangkan untuk perawatan pagar besi yang paling utama adalah dengan mengaplikasikan cat antikarat.

Proses oksidasi memang memicu besi lebih cepat berkarat terlebih karena kondisi luar notabene kandungan asam di udara serta senyawa lainnya. Untuk menjaga pagar besi tetap awet, dibutuhkan cat antikarat. Bagaimana jika pagar besi tersebut mulai berkarat?

Langkah awalnya adalah Anda bisa menggunakan minuman soda untuk mengatasi masalah karat pada besi. Selain minuman soda, Anda juga bisa menggunakan air jeruk, soda kue atau garam untuk membasmi karat pada pagar besi.

Setelah karat pada bagian pagar besi tersebut mulai terkikis, aplikasikan cat antikarat. Salah satu cat antikarat yang direkomendasikan adalah Orchid Enamel Paint. Cat ini tergolong sebagai cat ramah lingkungan sehingga tidak akan merusak lingkungan.

Anda tidak perlu khawatir akan bau cat karena Orchid Enamel Paint merupakan cat besi yang tidak berbau. Selain untuk besi, cat ini juga bisa digunakan untuk wooden material atau natural fiber baik untuk kebutuhan indoor atau pun outdoor.

Untuk order produk Orchid Enamel Paint, silahkan hubungi kontak hotline yang terdapat pada website ini atau melalui marketplace di bawah ini:

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/biopaint102

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries

Shopee: https://shopee.co.id/bio.official

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here