Cat Kayu Tahan Air Untuk Finishing Pagar Bambu Warna Natural

1473

Siapa yang tidak kenal dengan bambu? Serat alam yang satu ini memiliki banyak manfaat. Bahkan bambu dahulu kala digunakan sebagai media perang yakni ‘bambu runcing’ atau digunakan sebagai media konstruksi bangunan.

Hingga saat ini, masih banyak rumah-rumah yang menfaatkan media dari bambu untuk konstruksi bangunan seperti langit-langit, dinding anyam bambu dan masih banyak lagi.

Namun, keberadaan bambu saat ini mulai berkurang. Sedikitnya lahan membuat bambu mulai langka keberadaannya. Meskipun demikian, banyak pecinta bambu yang membudidayakan bambu karena memiliki banyak manfaat.

CS Biovarnish

Bambu seringkali digunakan untuk media hunian rumah salah satunya adalah pagar. Namun, karena karakternya yang mudah rentan rusak karena cuaca maka diperlukan lapisan cat untuk melindunginya.

Dengan lapisan cat yang tepat akan membuat bambu lebih terjaga dan tahan lama. Sehingga bambu dapat digunakan untuk keperluan outdoor seperti pagar. Pastikan memilih cat untuk bambu dengan fitur yang sesuai dengan kebutuhan.

Gunakan cat kayu yang memiliki stabilitas yang baik sehingga cat tidak mudah retak karena proses oksidasi. Cat yang retak, seperti halnya bambu yang tidak terlapisi cat sama sekali. Sehingga harus dilakukan pengecatan ulang agar cat dapat melindungi bambu dengan optimal.

Pagar bambu dengan lapisan cat kayu tahan air akan membuat pagar tersebut lebih bertahan lama. Umumnya, cat yang digunakan adalah cat eksterior. Dalam memilih cat eksterior pun sebaiknya tidak asal begitu saja.

Seperti yang sudah disinggung diatas bahwa cat yang bagus adalah memiliki stabilitas yang bagus. Tidak hanya itu saja, cat yang bagus adalah cat yang aman digunakan dan tidak menimbulkan dampak buruk pada lingkungan.

Cat yang aman digunakan merupakan salah satu syarat kualitas cat tersebut berkualitas baik. Pasalnya, banyak buyer mancanegara justru lebih tertarik pada furniture atau produk dengan lapisan cat yang aman.

Cat yang aman bukanlah cat yang menggunakan bahan pelarut minyak atau sejenisnya. Melainkan, cat tersebut menggunakan bahan pelarut air atau dikenal dengan cat water based.

Cat water based atau juga disebut dengan cat berbahan dasar air ini merupakan terobosan baru dalam bidang finishing. Meskipun terkesan baru di Indonesia, faktanya cat kayu berbahan dasar ini sudah banyak digunakan di berbagai negara khususnya negara maju.

Alasan cat water based aman digunakan adalah cat tersebut tidak menggunakan bahan-bahan kimia berbahaya dan cenderung rendah atau bahkan tanpa mengandung VOC didalamnya.

Regulasi internasional yakni United State EPA (Enviromental Protection Agency) menyatakan bahwa VOC berbahaya. VOC merupakan senyawa organik beracun dalam bentuk gas. Kandungan gas (VOC) di udara tersebut dapat berdampak buruk pada lingkungan seperti rusaknya lapisan ozon.

Karena cat yang digunakan untuk pagar adalah cat eksterior maka tepat jika menggunakan cat water based. Sebab, cat ini tidak menguap baik di tempat tertutup ataupun terbuka sehingga lebih ramah lingkungan.

Finishing Cat Water Based Untuk Pagar Bambu

Pagar bambu butuh lapisan cat untuk melindungi bambu dari gangguan-gangguan dari luar yang dapat merusaknya dengan cepat. Penggunaan cat water based akan mampu menahan cat tetap melekat dengan kuat.

Penggunaan cat kayu yang aman dan ramah lingkungan akan memberikan kenyamanan orang-orang sekitar Anda. Cat yang baik untuk kesehatan bukanlah cat yang menggunakan bahan pelarut solvent based melainkan cat water based.

Untuk beberapa tahun terkahir, kehadiran cat water based mulai dapat dijumpai di pasaran. Meskipun keberadaan serta variannya belum sebanyak cat solvent based namun minat dari cat water based selalu meningkat.

Masalah yang sering dijumpai ketika penggunaan cat water based adalah masih belum lengkap varian produk. Untuk proses finishing memang dibutuhkan beberapa tahap dengan jenis cat yang berbeda.

Penggunaan beberapa varian jenis cat ini tentu saja agar tampilan cat dapat tajam maksimal dan berkualitas bagus. Sayangnya, masih banyak cat water based yang dipasarkan belum selengkap cat solvent based.

Dari faktor masalah diatas, banyak pula aplikator yang memadukan cat water based dan cat solvent based. Hasilnya memang terlihat bagus namun akan menghilangkan tujuan keamanan produk yang dilapisinya.

Jika menggunakan cat solvent based setelah cat water based atau pun sebaliknya maka bahaya kandungan cat tersebut akan tetap muncul.

Biovarnish adalah solusi tepat untuk proses finishing dengan tampilan natural kayu. Sebab, Biovarnish terdiri dari berbagai varian produk finishing yang lengkap. Produk Biovarnish tersebut terdiri dari cat untuk tahap basecoat, maincoat ataupun topcoat.

Adapun produk-produk Biovarnish diantaranya adalah Biovarnish Wood filler, Biovarnish Wood Stain, Biovarnish Liquid Stain, Biovarnish Sanding Sealer, Biovarnish Glaze dan Biovarnish Topcoat.

Biovarnish Wood Filler merupakan filler atau dempul kayu yang digunakan untuk tahap pertama atau dasar finishing. Tujuan dempul ini adalah menyamarkan cacat pada kayu/rotan/bambu ataupun menutup pori-pori media finishing yang dilapisinya.

Biovarnish Liquid Stain dan Biovarnish Wood Stain merupakan maincoat yang bertujuan untuk mewarnai lapisan kayu/rotan/bambu agar lebih tajam. Keduanya memiliki 20 varian warna natural kayu. Perbedaan keduanyada adalah Biovarnish Liquid Stain dengan tekstur yang lebih cair (liquid) sedangkan tekstur Biovarnish Wood Stain menyerupai pasta.

Biovarnish Sanding Sealer merupakan cat kayu yang bertujuan untuk memperhalus tekstur permukaan kayu sehingga lapisan coating ebelum/selanjutnya akan tampak lebih optimal. Umumnya, tekstur cat ini sedikit cair dengan warna putih pucat cenderung bening.

Biovarnish Glaze merupakan cat kayu yang fungsinya digunakan untuk memperlihatkan tekstur kuno jadi cat sering digunakan untuk tampilan furniture klasik.

Biovarnish Clear Coat merupakan topcoat yang tujuannya untuk mengunci tampilan warna cat sehingga mempertahankan warna lebih lama. Selain itu, pada tahap pengaplikasian cat ini umumnya untuk memberikan tampilan akhir seperti matte atau gloss.

Penggunaan Biovarnish lebih nyaman dan aman digunakan karena cat water based ini tidak menimbulkan bau yang menyengat serta tidak mencemari lingkungan. Cat tersebut memang diformulasikan sebagai pengganti cat solvent based sehingga mudah untuk diaplikasikan.

Biovarnish dilengkapi dengan fitur-fitur unggulan yang akan menghasilkan tampilan coating warna natural kayu lebih tajam dan tahan lama. Terlebih jika digunakan untuk ekterior karena Biovarnish dilengkapi fitur tahan air serta tahan cuaca.

Biovarnish juga tidak mudah mengelupas ataupun retak karena cat ini memiliki stabilitas yang baik. Selain itu, tampilan cat Biovarnish tidak mudah memudar karena tidak terkandung minyak didalamnya.

Kandungan minyak dalam cat memang memberikan tampilan kilap yang optimal disisi lain justru tampilan cat tersebut tidak tahan lama. Minyak pada cat akan membuat cat lebih cepat menguap sehingga tampilan kilapnya akan memudar.

Biovarnish sendiri diformulasikan sebagai cat yang mudah untuk diaplikasikan. Sehingga cat ini tetap aman digunakan bagi Anda yang masih pemula sekalipun. Adapun cara aplikasi Biovarnish sebagai berikut:

  1. Bersihkan kotoran yang masih menempel pada bambu menggunakan ampelas
  2. Aplikasikan Biovarnish Wood Filler menggunakan pisau palet guna menutup pori-pori bambu. Kemudian diamkan dalam suhu ruangan selama 30 menit. Setelah kering, amplas menggunakan kertas amplas no. 320 hingga lapisan serat bambu terlihat
  3. Aplikasikan Biovarnish Wood Stain dengan kuas, keringkan selama 60 menit namun tidak disarankan untuk dikeringkan langsung dibawah sinar matahari. Cukup dikeringkan dalam suhu ruangan saja dan tunggu hingga kering sentuh. Apabila sudah kering sentuh, amplas ambang menggunakan kertas amplas no. 400
  4. Aplikasikan Biovarnish Clear Coat matte atau gloss ke seluruh permukaan bambu. Kemudian keringkan selama semalam untuk hasil optimal.

Untuk produksi usaha, bambu yang sudah dilapisi Biovarnish tersebut dapat langsung di packing tanpa harus didiamkan untuk menghilangkan uap cat.

Sedangkan jika digunakan sendiri, Anda tidak perlu khawatir jika pagar bambu tersebut akan basah ketika disentuh. Sebab, cat water based ini justru lebih cepat kering dan tidak mengeluarkan bau menyengat.

Cat Kayu Tahan Air Yang Ramah Lingkungan

Biovarnish merupakan cat kayu tahan air berbahan water based acrylic yang aman dan ramah lingkungan. Bahan yang terkandung dalam cat tersebut telah disesuaikan dengan standar regulasi keamanan internasional seperti US-EPA dan ECHA-Reach.

Penggunaan bahan-bahan yang sudah disesuaikan dengan standar keamanan regulasi diatas, Biovarnish telah aman untuk finishing berbagai produk yang bersinggungan dengan anak-anak ataupun hewan peliharaan.

Biovarnish sangat cocok bagi Anda yang sedang mencari mainan kayu yang ramah lingkungan dan aman. Adakalanya sebagai orang tua akan khawatir dengan mainan kayu yang terdapat di pasaran karena belum mengetahui cat yang digunakan.

Dengan Biovarnish, Anda dapat DIY mainan anak-anak Anda dan mengecat Biovarnish tersebut ke mainan kayu. Selain aman, tampilan warna cat tersebut juga akan menarik dilihat.

Tidak hanya kayu ataupun bambu, Biovarnish juga cocok diaplikasikan pada media rotan, enceng gondok ataupun serat alam lainnya. Sebab Biovarnish diformulasikan memiliki fitur dengan daya rekat film yang kuat, transparansi warna yang bagus, tarikan kuasnya yang ringan, mudah diampelas, tahan air, dan cepat kering.

Untuk informasi dan pemesanan, silahkan menghubungi kontak hotline yang sudah tercantum pada website ini. Atau Anda juga dapat menghubungi e-mail Bioindustries di [email protected]

Bagi Anda yang ingin melakukan pembelian lebih praktis, dapat juga membeli produk Bioindustries di marketplace kesayangan Anda yakni

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/catwaterbased

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/bioindustries

Shopee: https://shopee.co.id/biovarnish.official

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here