Perbedaan Cara Perawatan Furniture Indoor dan Furniture Outdoor

6
Bagaimana Cara Aplikasi Cat Kayu Lacquer untuk Furniture
Ruangan yang bersih dan cara aplikasi lacquer dengan spray gun

Penggunaan setiap furniture berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan dan fungsinya. Jika dilihat dari penempatannya maka terdapat dua macam furniture, apa saja?

Furniture sudah menjadi bagian gaya hidup. Kebutuhan furniture tidak bisa lepas dengan kehidupan manusia karena fungsinya yang beragam dan menunjang tampilan ruangan agar tampak lebih hidup.

Furniture yang terdapat di pasaran banyak jenisnya. Hal ini disesuaikan dengan gaya atau konsep yang dianut pada suatu ruangan. Sebab, tidak semua orang menghadirkan konsep yang sama sehingga membutuhkan furniture dengan desain tertentu untuk menunjang hal tersebut.

CS Biovarnish

Dilihat dari material yang digunakan, furniture sendiri juga terdiri dari macam-macam, di antaranya furniture yang terbuat dari kayu, rotan, enceng gondok, bambu, MDF, plywood, besi dan masih banyak lagi. Terdapat perbedaan furniture yang digunakan sesuai akan fungsi penempatannya. Berikut penjelasannya.

Perbedaan Furniture Indoor dan Furniture Outdoor

Furniture memang selalu dibutuhkan karena fungsi dan kegunaannya yang begitu penting. Banyak orang akan mempertimbangkan berbagai faktor ketika memilih furniture, terutama ketika memilih furniture untuk ruang tamu, kamar, dapur, taman, teras dan lain sebagainya.

Cara Mendapatkan Ukuran Kursi Makan yang Tepat

Jika dilihat dari penempatannya, furniture dibedakan menjadi dua macam yakni furniture indoor dan furniture outdoor. Apa perbedaan dari kedua furniture tersebut?

  • Furniture Indoor

Seperti halnya dengan istilah yang digunakan yakni furniture indoor, notabene furniture tersebut lebih digunakan untuk dalam ruangan. Biasanya jenis furniture yang sering digunakan adalah nakas, rak sudut, kitchenette, furniture untuk makan, furniture living room, lemari tv, lemari dan masih banyak lagi.

Untuk metarial yang digunakan, furniture indoor cenderung lebih sederhana dan tidak membutuhkan banyak syarat. Untuk kebutuhan tertentu, furniture harus tahan air apabila digunakan pada tempat yang kemungkinan akan terkena air seperti dapur atau meja tamu.

Material-material yang dapat digunakan untuk furniture indoor seperti kayu solid bisa kayu jati, kayu mahoni, bambu, rotan, enceng gondok, MDF, plywood atau sejenis material yang sifatnya ringan lainnya.

  • Furniture Outdoor

Furniture outdoor merupakan furniture yang sering digunakan untuk luar ruangan seperti teras, taman, rooftop dan lain sebagainya. Dari desain furniture saja, biasanya sudah berbeda karena furniture ini cenderung memiliki desain khusus seperti furniture taman, furniture teras, gazebo.

Jika dilihat dari material yang digunakan sebenarnya hampir mirip dengan furniture indoor namun material untuk furniture outdoor biasanya menggunakan material dengan syarat yang lebih khusus seperti tahan air, tahan perubahan cuaca, tahan akan kelembaban udara dan bahkan tahan terhadap serangan jamur atau serangga perusak serat.

Material yang digunakan untuk furniture indoor harus kokoh. Apabila material yang digunakan adalah sejenis kayu, dibutuhkan kayu yang memiliki ketahanan dan keawetan kelas I dan II seperti kayu sonokeling. Namun, adapula material lain yang dapat digunakan seperti besi, rotan sintetis dll

Cara Merawat Furniture Indoor dan Furniture Outdoor

Perawatan furniture indoor atau pun outdoor cukup berbeda jika dilihat dari material yang digunakan. Untuk furniture indoor dapat dilakukan dengan cara:

  • Bersihkan debu setiap hari secara rutin
  • Lap bagian yang terkena noda menggunakan lap setengah kering
  • Apabila materialnya wooden material atau natural fiber, sebaiknya aplikasikan wax kayu sekurangnya sebulan sekali
  • Refinishing setiap lima tahun sekali atau ketika tingkat kualitas cat mulai berkurang.
  • Apabila menggunakan material besi maka refinishing dapat dilakukan ketika cat mulai mengelupas atau terdapat bagian yang terlihat berkarat.

Sedangkan untuk material furniture outdoor, perawatannya cukup mudah namun harus diperhatikan dengan baik-baik, yakni

  • Bersihkan kotoran secara rutin terlebih setelah hujan karena tanah yang menempel pada permukaan material furniture
  • Untuk wooden material atau pun natural fiber, alangkah baiknya sudah diaplikasikan obat anti jamur dan anti jamur apabila ingin lebih awet.
  • Selain itu, seperti halnya pada furniture indoor yakni aplikasikan wax kayu secara rutin terlebih ketika tampilan cat mulai memudar
  • Sedangkan untuk material dari besi, alangkah baiknya gunakan cat anti karat sehingga meminimalisir besi berkarat

Nah, dari penjelasan di atas yang perlu diperhatikan ketika menggunakan material besi adalah menggunakan cat anti karat. Kapan sebaiknya mengaplikasikan cat anti karat? Alangkah baiknya ketika furniture tersebut belum digunakan atau diletakkan di luar ruangan.

Jika Anda bingung memilih cat besi anti karat, ada salah satu cat yang direkomendasikan untuk diaplikasikan pada furniture besi yakni Orchid Enamel Paint. Cat besi ini merupakan cat water based sehingga lebih ramah lingkungan.

Meskipun terbuat dari campuran air serta bahan pelarut yang digunakan adalah air, cat ini sudah diuji dengan baik pada besi dan tidak mengakibatkan korosi pada besi. Selain itu, cat ini juga mudah digunakan sehingga bisa dilakukan oleh siapapun.

Berikut cara aplikasikan Orchid Enamel Paint pada furniture besi:

  • Ampelas terlebih dahulu permukaan besi agar lebih halus dan bersih. Setelah permukaannya bersih dan halus, bersihkan sisa debu pengampelasan menggunakan lap kain
  • Larutkan Orchid Enamel Paint dengan air lalu aduk hingga larutan tersebut dapat tercampur dengan baik
  • Kuaskan ke seluruh permukaan furniture besi hingga bagian besi tertutup cat dengan baik
  • Aplikasikan 3-4 layer cat hingga besi tertutup dan hasil warnanya tajam
  • Diamkan furniture yang sudah di cat tersebut hingga kering. Cukup diamkan saja tanpa harus dikeringkan di bawah sinar matahari.

Proses aplikasikan menggunakan Orchid Enamel Paint sederhana, bukan? Nah, bagi furniture yang terbuat dari kayu maka Anda dapat menggunakan cat ramah lingkungan, Biovarnish. Namun, apabila untuk kebutuhan furniture outdoor atau pun elemen rumah yang heavy duty seperti lantai kayu maka Anda bisa menggunakan Biovarnish untuk cat dasar kemudian aplikasikan topcoat Biothane 1K atau 2K.

Dimana bisa membeli produ cat ramah lingkungan di atas? Kondisi saat ini notabene karena virus covid-19 tentu saja cukup menyulitkan konsumen untuk membeli offline, bukan? Anda dapat order via online dengan cara menghubungi kontak hotline yang tercantum pada halaman website ini.

Di marketplace apakah tidak ada? Jika Anda terbiasa berbelanja di marketplace atau ingin order lebih praktis maka Anda dapat order di marketplace di bawah ini:

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/bioindustries

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/ucatwaterbased

Shopee: https://shopee.co.id/bio.official

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here