Jenis-Jenis Cat Kayu Terbaik di Indonesia untuk Finishing Furniture

2985
cat-kayu-warna-transparan

Finishing yang baik menuntut pengrajin menggunakan produk cat kayu terbaik khususnya di Indonesia sebagai negara pengekspor furniture.

Negara Indonesia salah satu negara pengekspor furniture terbesar di dunia. Dunia furniture memiliki kontribusi terbesar baik hasil juga untuk pemasukan untuk devisa negara. Bagi Anda yang tertarik menekuni bidang industri mebel banyak yang harus dipelajari terlebih jika Anda seorang pemula yang hobi di bidang produk olahan kayu. Salah satunya adalah tahapan yang membutuhkan perhatian lebih adalah finishing. Agar proses finishing bisa menjadi jembatan menghasilkan furniture yang diinginkan, Anda harus mengetahui tenik-teknik tertentu dan alat apa saja yang harus digunakan. Bahan penunjang lainnya dari material, Anda harus menyediakan cat kayu terbaik yang dipilih dengan pertimbangan hasil terbaik.

CS Biovarnish

Pemilihan cat kayu untuk finishing mebel dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti bahan pencampurnya, hasil yang didapatkan, warna yang sesuai serta ketahanan dari produk cat dalam melindungi mebel. Di Indonesia terdapat hampir 50 merek cat kayu yang telah tersebar di pasaran. Dalam menentukan cat mana yang akan Anda gunakan. Anda bisa mulai memprioritaskan sesuai kebutuhan. Misal karena bahan pencampurnya yang  rendah bahan kimia (menggunakan water based solvent) atau kebutuhan desain yang kekinian.

Klasifikasi Cat Kayu Terbaik Menurut Hasilnya

Berbagai jenis cat baik itu cat sovent ataupun cat water based terdapat di Indonesia, dengan kisaran harga yang bervariasi, merek yang sangat banyak serta hasil dan pilihan warna yang berbeda-beda. Jika diklasifikasikan lebih sederhana lagi terdapat tiga jenis cat kayu terbaik menurut hasilnya yaitu:

  1. Cat kayu transparan. Hasil dari cat kayu warna transparan ini adalah warna natural kayu dengan memperlihatkan serat kayu. Jika Anda memiliki jenis kayu dengan serat bagus dan berharga mahal seperti kayu trambesi, kayu jati, kayu sonokeling bisa juga menggunakan pilihan cat kayu transparan ini. Jika Anda mengenal pernis, cat kayu transparan adalah pernis yang kebanyakan aplikasinya menggunakan kuas.
  2. Cat kayu solid. Melihat dari hasilnya, cat kayu solid adalah cat yang menutup warna asli dan memberikan nuansa warna baru seperti hitam, biru, hijau, merah, kuning, dll. Jika Anda memilih cat kayu solid ini bisa digunakan untuk kayu yang tidak memiliki serat kayu bagus seperti kayu pinus. Atau miungkin kayu yang memiliki banyak cacat warna baik dari alur minyak, warna jamur, dll. Cat kayu warna solid kebanyakan diaplikasikan menggunakan spray.
  3. Cat kayu efek khusus. Jika bosan dengan penampilan dari kayu warna solid atau kayu transparan, Anda memiliki pilihan untuk beralih pada cat kayu berefek khusus. Cat jenis ini bisa diaplikasikan pada jenis kayu apa saja bahkan bisa juga diaplikasikan pada recycle wood. Tujuan dari cat kayu ini adalah memberikan tampilan efek antik seperti adanya retakan, memiliki tekstur granit, dan kesan antik lainnya. Untuk aplikasinya sendiri membutuhkan alat khusus untuk membuat kesan antik atau alat minimalis seperti sikat besi secara perlahan searah serat kayu.

Setelah mempelajari jenis cat kayu terbaik  berdasarkan hasilnya, Anda sudah bisa menentukan cat kayu terbaik mana yang akan dipilih untuk finishing mebel. Anda pun bisa memilih produk cat yang terdapat di dalam website ini karena lengkap mulai dari cat kayu transparan, cat kayu solid dan juga cat kayu efek khusus. Bahkan Anda bsia memesannya melalui costumer service yang tertera di dalam wesbite ini.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here