Jenis-Jenis Cat Kayu Terbaik di Indonesia untuk Finishing Furniture

3015

Finishing yang baik menuntut pengrajin menggunakan produk cat kayu terbaik khususnya di Indonesia sebagai negara pengekspor furniture.

Negara Indonesia salah satu negara pengekspor furniture terbesar di dunia. Dunia furniture memiliki kontribusi terbesar baik hasil juga untuk pemasukan untuk devisa negara.

Bagi Anda yang tertarik menekuni bidang industri mebel banyak yang harus dipelajari terlebih jika Anda seorang pemula yang hobi di bidang produk olahan kayu.

CS Biovarnish

Baca Juga : Cari tahu di sini warna cat yang bagus buat sangkar

Trik Finishing Yang Bagus Untuk Hasil Profesional

Tahapan yang membutuhkan perhatian lebih adalah pada tahap finishing. Agar proses finishing bisa menjadi jembatan menghasilkan furniture yang diinginkan, Anda harus mengetahui teknik-teknik tertentu dan alat apa saja yang harus digunakan. Bahan penunjang lainnya dari material, Anda harus menyediakan cat kayu terbaik yang dipilih dengan pertimbangan hasil terbaik.

Mengetahui tahapan finishing ini sangat penting karena akan berpengaruh pada hasil akhir. Untuk menjaga kualitas tampilan maka Anda harus tahu seperti apakah tahap yang biasanya digunakan oleh aplikator profesional untuk menciptakan tampilan yang optimal.

Jika sebelumnya Anda hanya menggunakan pelitur atau cat pewarna saja maka buang jauh-jauh teknik finishing semacam itu. Pasalnya, teknik finishing yang langsung mengaplikasikan pewarnaan maka sudah dipastikan hasilnya akan tidak halus.

Untuk menciptakan hasil yang sempurna maka dibutuhkan beberapa tahapan. Pada kesempatan ini, tahapan finishing yang akan dibahas adalah tahapan standar dalam finishing, berikut tahap-tahap finishing yang perlu Anda perhatikan:

Pra-Finishing

Sebelum langsung pada tahap pengecatan, alangkah baiknya perhatikan kembali media finishing yang Anda gunakan. Misalkan media yang digunakan adalah kayu maka perhatikan apakah kayu tersebut memiliki pori-pori besar? Apakah kayu tersebut mengalami cacat seperti retak, lubang dan lain sebagainya?

Apabila jawabannya adalah iya maka Anda harus persiapkan dempul. Disisi lain, untuk mempersiapkan finishing sebelum mengaplikasikan dempul adalah ampelas terlebih dahulu permukaan kayu tersebut.

Tujuan pengampelasan ini adalah agar kayu tersebut lebih halus dan bersih sehingga kayu siap untuk difinishing atau dicat. Pastikan untuk membersihkan sisa debu pengampelasan agar tidak membuat cat kayu tersebut sulit menempel.

Tahap Finishing

Untuk tahap pertama, Anda dapat mengaplikasikan dempul apabila terdapat beberapa kondisi yang sudah dijelaskan diatas yakni pori-pori besar atau kayu mengalami cacat.

Penggunaan dempul tergantung dari lebar kerusakan lubang atau cacat tersebut. Jika diameternya besar, agar tidak memakan banyak dempul maka Anda dapat mencampurnya dengan serbuk kayu.

Berbeda jika digunakan untuk menutup pori-pori, Anda dapat langsung mengaplikasikan dempul yang sudah dilarutkan tersebut ke seluruh permukaan kayu.

Tahap kedua, aplikasikan sanding sealer atau primer coat. Keduanya sama-sama sebagai cat pelapis atau maincoat yang bertujuan untuk menghaluskan tekstur finishing sehingga hasilnya akan lebih soft atau halus.

Tahap ketiga, aplikasikan pewarnaan yakni wood stain atau cat duco. Untuk pengecatan pada tahap ini mungkin sudah sangat familiar di masyarakat. Pastikan untuk mengaplikasikannya seragam atau warna sama rata.

Tahap keempat, aplikasikan topcoat untuk memberikan efek akhir dari finishing seperti tampilan matte yang terlihat seperti tanpa finishing atau gloss yang membuat kayu terlihat seperti terlapisi kaca.

Sebagai catatan, ketika mengaplikasikan cat tersebut maka Anda dapat menggunakan spray gun atau kuas. Jika Anda adalah seorang pemula, alangkah baiknya menggunakan kuas yang sudah terlapisi kain katun atau gunakan kuas sponge. Hal ini bertujuan agar ketika mengaplikasikan cat tidak meninggalkan bekas kuas dan cat dapat merata dengan baik.

Pasca Finishing

Setelah pengecatan selesai maka ada dua hal yang perlu Anda lakukan. Jika cat yang Anda gunakan adalah cat solvent based maka jemur atau keringkan di tempat yang terbuka agar uap cat dapat berkurang.

Sedangkan jika Anda menggunakan cat water based maka Anda dapat langsung menempatkannya di dalam ruangan. Dan ketika mengeringkan cat, alangkah baiknya tidak dikeringkan di tempat yang terpapar sinar matahari langsung. Anda cukup mengeringkan kayu yang sudah terlapisi cat tersebut di tempat yang teduh atau tempat dalam suhu ruangan.

Klasifikasi Cat Kayu Terbaik Menurut Hasilnya

Pemilihan cat kayu untuk finishing mebel dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti bahan pencampurnya, hasil yang didapatkan, warna yang sesuai serta ketahanan dari produk cat dalam melindungi mebel.

Di Indonesia terdapat hampir 50 merek cat kayu yang telah tersebar di pasaran. Dalam menentukan cat mana yang akan Anda gunakan. Anda bisa mulai memprioritaskan sesuai kebutuhan. Misal karena bahan pencampurnya yang  rendah bahan kimia (menggunakan water based solvent) atau kebutuhan desain yang kekinian.

Berbagai jenis cat baik itu cat solvent ataupun cat water based terdapat di Indonesia, dengan kisaran harga yang bervariasi, merek yang sangat banyak serta hasil dan pilihan warna yang berbeda-beda. Jika diklasifikasikan lebih sederhana lagi terdapat tiga jenis cat kayu terbaik menurut hasilnya yaitu:

  1. Cat kayu transparan. Hasil dari cat kayu warna transparan ini adalah warna natural kayu dengan memperlihatkan serat kayu. Jika Anda memiliki jenis kayu dengan serat bagus dan berharga mahal seperti kayu trembesi, kayu jati, kayu sonokeling bisa juga menggunakan pilihan cat kayu transparan ini. Untuk menciptakan kesan transparan ini maka Anda dapat menggunakan pernis. Mungkin Anda sudah sangat familiar dengan jenis cat ini dan cara aplikasinya juga sangat mudah yakni cukup menggunakan kuas.
  2. Cat kayu solid. Melihat dari hasilnya, cat kayu solid adalah cat yang menutup warna asli dan memberikan nuansa warna baru seperti hitam, biru, hijau, merah, kuning, dll. Jika Anda memilih cat kayu solid ini bisa digunakan untuk kayu yang tidak memiliki serat kayu bagus seperti kayu pinus. Atau mungkin kayu yang memiliki banyak cacat warna baik dari alur minyak, warna jamur, dll. Cat kayu warna solid kebanyakan diaplikasikan menggunakan spray.
  3. Cat kayu efek khusus. Jika bosan dengan penampilan dari kayu warna solid atau kayu transparan, Anda memiliki pilihan untuk beralih pada cat kayu berefek khusus. Cat jenis ini bisa diaplikasikan pada jenis kayu apa saja bahkan bisa juga diaplikasikan pada recycle wood.

Tujuan dari cat kayu ini adalah memberikan tampilan efek antik seperti adanya retakan, memiliki tekstur granit, dan kesan antik lainnya. Untuk aplikasinya sendiri membutuhkan alat khusus untuk membuat kesan antik atau alat minimalis seperti sikat besi secara perlahan searah serat kayu.

Untuk tahap finishing ini harus dilakukan dengan teknik tertentu dan tahap finishing yang berbeda dengan yang lainnya. Pasalnya, Anda harus menggunakan jenis cat tertentu untuk menciptakan hasil yang diinginkan.

Setelah mempelajari jenis cat kayu terbaik berdasarkan hasilnya, Anda sudah bisa menentukan cat kayu terbaik mana yang akan dipilih untuk finishing mebel.

Baik ketika menggunakan tampilan warna transparan, solid atau efek khusus jika furniture tersebut sudah sesuai dengan selera Anda maka akan tetap menarik.

Menciptakan hasil finishing yang bagus memang tidak mudah namun Anda bisa mempelajarinya. Website ini memberikan berbagai info tips finishing yang dapat membantu Anda menciptakan hasil karya yang seperti yang diinginkan.

Bagi Anda yang sedang terjun dalam proyek DIY, tampilan finishing di atas bisa menjadi rujukan Anda dalam menciptakan kreasi oleh tangan Anda sendiri. Semakin banyak berlatih maka tangan akan lebih fleksibel dan hasilnya pun akan lebih memuaskan.

Apakah Anda tertarik menciptakan sendiri hasil finishing seperti yang dijelaskan di atas? Terdapat beberapa produk yang bisa Anda gunakan jika ingin menghasilkan tampilan seperti yang disebutkan.

Biovarnish dan BioDuco adalah dua produk cat yang sangat direkomendasikan bagi Anda yang sedang belajar atau bahkan untuk industri mebeling. Selain mudah diaplikasikan, cat ini juga ramah lingkungan sehingga tidak membahayakan lingkungan atau pun kesehatan orang-orang di sekitar Anda.

Anda pun bisa memilih produk cat yang terdapat di dalam website ini karena lengkap mulai dari cat kayu transparan, cat kayu solid dan juga cat kayu efek khusus. Bahkan Anda bisa memesannya melalui costumer service dengan menghubungi kontak hotline yang tertera di dalam wesbite ini.

Jika Anda ingin berbelanja produk cat tersebut, dapat langsung melakukan pembelian di marketplace kesayangan Anda yakni

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/catwaterbased

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/biopaint102

Shopee: https://shopee.co.id/bio.official

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here