Mengenal Kayu Eboni yang Eksotis

5
Bagaimana Cara Aplikasi Cat Kayu Lacquer untuk Furniture
Ruangan yang bersih dan cara aplikasi lacquer dengan spray gun

Furniture akan semakin mahal ketika menggunakan kayu berkualitas. Salah satu jenis kayu mahal adalah kayu eboni yang berasal dari Indonesia.

Siapa sangka, kayu eboni merupakan salah satu jenis kayu termahal yang berasal dari Indonesia yakni Sulawesi. Selain kayu jati, kayu eboni juga sering dipilih untuk material furniture karena tampilannya yang unik dan memiliki ciri khas. Kayu eboni ini memang terkesan ekslusif karena warna hitam alami yang dimilikinya.

Jika kayu jati dikenal dengan warna krem cenderung kuning gading, berbeda dengan kayu eboni yang cenderung lebih gelap. Wajar, jika kayu ini tergolong mahal karena ciri khas yang dimiliki serta keberadaannya yang langka.

Kelebihan dan Kekurangan Kayu Eboni

Jenis Cat untuk Lemari Kayu yang Mudah Aplikasinya
pagar tampil baru dengan Orchid
CS Biovarnish

Kayu eboni merupakan salah satu kayu termahal di dunia yang masuk ke dalam kategori terancam punah. Kayu eboni menjadi ladang emas bagi pengusaha log kayu karena minat pasar internasional yang tinggi. Kayu eboni bahkan sudah masuk eskpor hingga Jepang dan Eropa.

Di Eropa, kayu eboni biasanya digunakan untuk pelapis luar furniture untuk menciptakan kesan mewah. Di Jepang, kayu eboni cenderung digunakan untuk konstruksi bangunan khususnya untuk penyangga. Hal ini diyakini oleh masyarakat Jepang bahwa kayu eboni melambangkam status sosial yang tinggi karena kemewahannya.

Kelebihan Kayu Eboni

  1. Memiliki serat yang lurus. Corak hitam dan cokelat keunguan menjadi ciri khas kayu eboni sehingga meningkatkan grade dari kayu eboni.
  2. Tampilan kayu eboni yang eksotis menciptakan kesan berkelas.
  3. Permukaan kayu eboni cenderung licin sehingga tidak memerlukan polesan mesin.
  4. Peminat kayu eboni yang tinggi.
  5. Memiliki ketahanan dan kekuatan yang besar terhadap perubahan cuaca.
Baca Juga:  Bahaya Kamar Berjamur dan Cara Mengatasinya Agar Keluarga Tetap Sehat

Kelemahan Kayu Eboni

  1. Memiliki harga jual yang tinggi. Untuk harga ekspor, kayu dijual dengan harga Rp 30 juta per kubik sedangkan untuk pasar Indonesia dijual dengan harga Rp 6-10 juta per kubik.
  2. Tergolong kayu yang langka dan hampir punah.
  3. Cukup berat, bahkan dapat tenggelam ketika dimasukkan ke dalam air.
  4. Memiliki bau yang kurang sedap ketika ditebang.

Untuk menggunakan kayu eboni, Anda harus menyiapkan dana yang tidak sedikit. Wajar saja jika kayu eboni digunakan untuk pelapis furniture. Meskipun kayu ini memiliki tampilan yang unik, tetap saja membutuhkan finishing untuk menunjang estetik kayu.

Finishing Kayu Eboni yang Eksotis

Kayu eboni dikenal sebagai kayu yang memiliki tampilan eksotis. Tentu saja, untuk finishing hanya dapat menggunakan cat kayu transparan karena warnanya yang hitam pekat. Selain itu, alasan kayu eboni cukup menggunakan cat transparan karena memiliki serat yang lurus sehingga terkesan lebih natural, rapi dan mewah.

Untuk menjaga kualitas kayu eboni sekaligus meningkatkan nilai estetik kayu eboni, Anda dapat melapisi kayu eboni menggunakan cat yang ramah lingkungan. Cat ramah lingkungan sangat cocok untuk kayu eboni karena tidak menyebabkan dampak buruk pada kayu ataupun lingkungan sekitarnya.

Salah satu cat kayu ramah lingkungan untuk kayu eboni adalah Biovarnish. Cat ini merupakan jenis cat water based sehingga ketika melarutkan cat ini hanya cukup menggunakan air saja. Pastikan air yang digunakan adalah air bersih sehingga tidak mengurangi konsentrasi warna cat.

Selain untuk kayu eboni, Biovarnish juga dapat digunakan untuk finishing media selain kayu eboni, mulai dari kayu solid, kayu olahan ataupun natural fiber. Selain itu, kayu eboni juga cocok digunakan untuk mengecat ulang furniture atau elemen rumah Anda.

Baca Juga:  Tampilan Varnish Jati Tepat Jika Perhatikan Langkah Finishing Ini

Biovarnish merupakan cat yang cepat kering dengan tampilan kilap yang tahan lama. Cocok digunakan untuk kebutuhan finishing furniture interior maupun eksterior cukup tahan cuaca. Selain kayu solid seperti kayu eboni, Biovarnish jugadapat menghasilkan tampilan yang bagus ketika digunakan untuk finishing media lain.

Di mana bisa order Biovarnish? Silahkan langsung menghubungi kontak hotline pada halaman website ini. Anda juga dapat order melalui marketplace di bawah ini:

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/biopaint102

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries

Shopee: https://shopee.co.id/biovarnish.official

sambut ramadhan bersama biovarnish
beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here