Pabrik Cat Kayu Terbaik Biovarnish Untuk Bedside Table Warna Natural

770

Material kayu sanagt mudah dibentuk untuk bedside table dan membutuhkan cat untuk memberikan keindahan tampilan, produk yang digunakan didapatkan di pabrik cat kayu terbaik Biovarnish.

Bedside table atau nakas adalah salah satu furniture yang cukup sering digunakan sesuai dengan fungsi serta kebutuhannya. Saat ini, nakas ini lebih mengusung konsep minimalis karena sesuai dengan ukurannya yang kecil.

Tentu saja, kayu yang digunakan pun tidak boleh asal begitu saja karena furniture ini termasuk jenis furniture dalam ruangan yang harus tahan lama untuk digunakan.

CS Biovarnish

Meskipun digunakan di dalam ruangan saja, nakas juga rawan rusak diakibatkan oleh berbagai faktor diantaranya adalah kelembaban udara, perubahan cuaca, jemur, serangga ataupun organisme perusak lainnya.

Ketananan nakas yang bagus bisa disebabkan oleh berbagai alasan yakni kayu yang digunakan, cat yang melapisinya serta menjaga sirkulasi udara yang benar.

Perawatan furniture ini lah yang kadangkala jarang diperhatikan oleh penghuni rumah sehingga membuat furniture cepat rusak seperti dirusak rayap atau terserang jamur. Pernah kah Anda mengalaminya dan bingung penyebabnya?

Jamur atau rayap merupakan organisme yang menyukai tempat yang lembab. Ketika sirkulasi ruangan Anda sangat buruk maka kemungkinan furniture rusak sangat besar.

Maka dari itu, tidak hanya sekedar menjaga kelembaban ruangan agar udara untuk bernafas baik namun juga bertujuan untuk menjaga furniture agar tahan lama dan tidak mudah rusak.

Sedangkan kayu serta cat yang digunakan maka tergantung dari Anda pribadi. Adakalanya orang sudah membeli jadi sehingga tinggal digunakan saja. Memang lebih praktis namun Anda tidak tahu ketahanan dari nakas tersebut.

Sedangkan jika Anda memutuskan untuk membuat sendiri maka Anda bisa lebih leluasa dalam memilih kualitas ataupun jenis kayu serta cat yang akan digunakan. Sayangnya, untuk membuat nakas atau furniture membutuhkan ketrampilan. Dan ketrampilan ini bisa Anda asah dengan sering melakukan proyek DIY di rumah.

Proyek DIY banyak dilakukan oleh penghobi kayu dan bahkan bisa menghasilkan uang dengan penjualan di dalam negeri hingga ke berbagai mancanegara.

Namun, bagi Anda yang ingin belajar membuat furniture maka tidak ada salanhnya jika memilih serta memilah bahan yang digunakan termasuk cat. Sebab, pemilihan cat akan berpengaruh pada hasil akhir tampilan furniture.

Penggunaan cat pada tahapan finishing kayu adalah hal yang wajib tidak terkecuali dengan bedside table. Fungsi dari bedside table adalah untuk meletakkan lampu tidur, frame foto, atau gelas. Maka dibutuhkan lapisan cat yang kuat dan anti gores.

Cat kayu tahan gores, tahan cuaca, tahan solvent, tahan terhadap kelembapan dapat ditemukan pada pabrik cat kayu terbaik Biovarnish. Jika cat mampu memberikan ketahanan terhadap  bedside table maka kayu sebagai materialnya tidak akan ditumbuhi jamur, mudah keropos dan juga tidak mudah dihinggapi hama kayu seperti rayap.

Penggunaan Yang Tepat Cat Kayu Terbaik Biovarnish Pada Bedside Table

Tidak hanya perlindungan yang diberikan oleh cat tetapi juga dari sisi pewarnaan atau coloring. Warna natural kayu adalah warna yang cocok pada bedside table karena mampu memperlihatkan serat serat kayu yang eksotis.

Berbagai jenis kayu dapat menggunakan cat kayu Biovarnish sehingga berbagai macam serat kayu juga dapat terlihat dengan baik karena transparansi cat yang tajam.

Biovarnish berbeda dengan cat plitur atau cat kayu pada umumnya yang menggunakan pelarut organik seperti spiritus, thinner ataupun methanol. Melainkan, Biovarnish hanya cukup menggunakan pelarut dari air.

Biovarnish termasuk ke dalam jenis cat water based sehingga kandungan bahan pada cat ini tidak terdapat minyak di dalamnya. Kandungan minyak pada cat ini lah yang menyebabkan cat tersebut lebih lama kering.

Mengatasi masalah-masalah diatas, cat berbahan dasar air menjadi pilihan tepat. Selain lebih awet dan ramah lingkungan, cat tersebut juga mudah diaplikasikan.

Biovarnish diformulasikan khusus untuk finishing warna natural kayu layaknya plitur. Cat ini dapat diaplikasikan dengan metode finishing apapun baik kuas ataupun semprot karena memiliki fitur dengan daya rekat film yang kuat.

Saat pertama diaplikasikan, cat telah mengeluarkan warna natural kayu yang tajam sehingga Anda tidak akan boros cat. Terlebih, cat ini hanya membutuhkan air sebagai pelarut sehingga akan lebih menghemar biaya pengeluaran.

Bagi Anda yang ingin menggunakan cat water based maka Anda hanya cukup membeli cat yang akan digunakan saja tanpa harus membeli pelarut. Sederhana, bukan?

Pabrik cat kayu terbaik Biovarnish hanya menyediakan cat berkualitas dengan daya rekat film yang kuat. Untuk aplikasi dengan kuas tarikan kuas ringan dan kecepatan kering di atas rata-rata.

Biasanya cat water based yang lain membutuhkan waktu lebih dari dua jam untuk kering dan harus dijemur. Cat kayu terbaik Biovarnish hanya membutuhkan waktu kurang lebih satu jam tanpa dijemur di bawah sinar matahari.

Menggunakan Biovarnish bisa dilakukan untuk berbagai teknik finishing. Sebab, pabrik cat ini juga melengkapi varian produk Biovarnish khusus untuk teknik finishing tertentu.

Adapun teknik finishing untuk tampilan natural kayu diantaranya adalah

  • Teknik finishing Klasik

Untuk menciptakan tampilan natural kayu klasik terdapat dua macam finishing yang berbeda yakni wash finish dan distress. Keduanya memang terlihat hampir sama namun memiliki teknik yang cukup berbeda.

Wash finish pada umumnya hanya menggunakan cara disapu atau di lap saja menggunakan kain. Sedangkan distress membutuhkan beberapa cara untuk memberikan kesan furniture kusam dan lusuh seperti membuat kesan cat memudar, terdapat bagian kayu yang cacat seperti retak.

  • Teknik finishing Clear Finish

Teknik ini merupakan teknik yang umum dilakukan untuk mendapatkan kesan natural kayu seutuhnya. Tidak membutuhkan teknik khusus namun yang perlu diperhatikan adalah membutuhkan ketelitian agar mendapatkan hasil yang optimal. Alangkah baiknya menerapkan tahapan dasar finishing seperti pengaplikasian basecoat, maincoat dan topcoat.

  • Teknik finishing dengan polish

Untuk lebih sederhana, Anda dapat menciptakan tampilan natural kayu hanya dengan polish kayu. Polish ini pada umumnya terbuat dari bahan alami, salah satunya adalah lilin lebah.

Untuk nakas atau bedside table yang sederhana maka Anda cukup menggunakan teknik finishing clear finish. Sebab, agar tampilan furniture tetap awet namun terkesan natural.

Langkah-langkah yang tepat dalam mengaplikaskan cat kayu Biovarnish pada bedside table dengan tampilan natural kayu adalah sebagai berikut ini:

  1. Pastikan permukaan bedside table kering dengan level mc 12% dan bersih. Pori-pori tidak tertutup debu dan serbuk kayu, bersihkan kotoran tersbut menggunakan kain lap.
  2. Guna menutup pori-pori kayu gunakan Biovarnish Wood Filler dengan pisau scrape searah serat kayu. Tunggu kering sekitar 20 menit dan diampelas dengan ampelas no. 320 dan bersihkan debu sisa ampelas dengan kain lap.
  3. Warna natural kayu dihasilkan oleh Biovarnish Wood Stain yang sudah dicampur air perbandingan 2:1. Gunakan kuas yang dibalut kain katun bersih dan oleskan bahan cat ke seluruh permukaan bedside table. Tunggu kering sekitar 60 menit lalu ampelas kembali dengan kertas ampelas no. 400 dan hilangkan juga debu sisa ampelas.
  4. Untuk tampilan mewah gunakan Biovarnish Clear Coat yang sudah dicampur dengan air perbandingan 2:1. Aplikasikan bahan ke seluruh permukaan kayu hingga merata dengan kuas yang dilapisi kain katun bersih. Tunggu furniture kering semalaman.

Sedangkan untuk tampilan natural kayu menggunakan polish maka lakukan tahap finishing sebagai berikut:

  1. Pastikan bedside table tersebut sudah siap difinishing seperti langkah pertama pada tahap diatas
  2. Aplikasikan Biovarnish Sanding Sealer apabila tidak terdapat bagian yang cacat terlalu parah seperti lubang dan sebagainya. Tujuan sanding sealer adalah untuk memperhalus permukaan kayu. Caranya, aplikasikan sanding sealer yang sudah dilarutkan air ke seluruh permukaan kayu. Diamkan selama satu jam lalu amplas ambang menggunakan kertas amplas no. 400 apabila sudah kering sentuh
  3. Aplikasikan Biovarnish Clear Coat seperti halnya yang dilakukan pada tahap diatas. Setelah 30 menit atau satu jam maka Anda dapat melanjutkan finishing dengan polish
  4. Aplikasikan polish ke seluruh permukaan kayu secara merata. Polish tersebut pada umumnya dilengkapi dengan pigmen warna natural kayu sehingga akan memberikan kesan tampilan yang tajam namun terkesan sedikit mengkilap satin.

Bedside table yang sudah dilapisi dengan Biovarnish dapat langsung digunakan karena tidak mengeluarkan zat beracun serta tidak berbau sehingga lebih nyaman dan aman untuk digunakan langsung.

Hal ini jarang dijumpai pada furniture yang dilapisi dengan cat solvent based, pasalnya harus diletakkan di tempat yang terbuka atau sirkulasi udara yang baik. Karena furniture masih mengeluarkan bau cat yang menyengat dan beracun sehingga hal ini tidak ramah untuk anak-anak ataupun anggota keluarga Anda yang lain.

Pabrik Cat Kayu Terbaik Biovarnish Non Toxic

Cat konvensional seperti cat solvent based banyak mengandung zat kimia berbahaya seperti timbal, merkuri, formalin dll. Zat tersebut jika berada di lingkungan manusia membuat iritasi mata, kulit gatal, sakit pada pernafasan hingga penyakit turunan.

Hal tersebut menjadi perbincangan global karena memberikan dampak yang buruk pada kesehatan dan lingkungan. Maka dari itu, untuk mengatasi masalah-masalah tersebut dibutuhkan produk yang jauh lebih aman untuk digunakan.

Dengan penggunaan produk yang aman dan ramah lingkungan akan mengurangi polusi zat kimia berbahaya. Maka dari itu, penggunaan cat water based ataupun produk ramah lingkungan saat ini sangat direkomendasikan.

Maka pilih cat water based yang memang aman dan tidak mengandug zat kimia tersbut serta rendah VOC (senyawa organik beracun yang berbahaya). Hal tersebut dikarenakan cat water based pembuatannya mengacu pada regulasi ECHA dan US-EPA.

Dengan kandungan bahan yang aman tersebut, Biovarnish juga sangat aman jika digunakan untuk finishing pada furniture anak ataupun mainan anak. Sebab, tidak memberikan dampak signifikan terhadap kesehatan anak-anak.

Mulai saat ini, perhatikan kembali produk yang difinishing untuk kenyamanan anggota keluarga Anda terutama pada anak-anak. Hal ini lah yang menjadi cat water based sangat dibutuhkan saat ini.

Pabrik cat kayu terbaik Biovarnish adalah supplier cat water based yang dapat dipercaya dan mudah diakses. Proses pemenasanagn langsung dapat dilakukan melalui costumer service degan menghubungi kontak hotline yang sudah tercantum pada website ini.

Anda juga bisa menghubungi via market place di BukaLapak : www.bukalapak.com/u/store_bioindustries dan TokoPedia : www.tokopedia.com/biopaint102 atau Shopee: www.shopee.co.id/biovarnish.official

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here