Tips Mengecat Halus Seperti Profesional

219
Tips Mengecat Halus Seperti Profesional

Anda ingin bisa mengecat furnitur seperti profesional? Jika Anda ingin menjadi profesional maka Anda bisa berlatih dengan baik. Berlatih tentu saja akan memakan waktu. Kini Anda bisa melakukan dengan kilat dan juga akan mendapatkan permainan dengan mudah.

Anda bisa mengecat tanpa memanggil tukang namun Anda juga bisa melakukan proses pengecatan layaknya seorang profesional. Dalam artikel ini Anda dapat belajar dari tips mudah yang dijabarkan untuk bisa mengecat.

  1. Sebelum Anda memulai Anda harus memustukan akan melakukan finishing seperti apa. Apakah Anda melakukan finishing halus, finishing bertekstur, finishing patina atau bahkan rustik.
CS Biovarnish

Jika Anda sudah mengetahui apakah jenis finishing apa yang akan digunakan maka Anda dapat memilih jenis cat yang akan digunakan dan memuliki gambaran hasil yang sesungguhnya.

Apabila hasil yang Anda inginkan adalah finishing halus tanpa cacat maka Anda bisa memilih cat yang glossy dan berhati-hati dengan adanya brush mark.

  1. Sangat penting untuk untuk mempersiapkan material dengan baik. Jika Anda ingin mendapatkan hasil finishing halus dan lembut sangat penting untuk mengamplas dengan baik seluruh permukaan. Tergantung dengan hasil finishing yang diinginkan Anda proses pengamplasan adalah proses yang sangat penting.
  2. Gunakan jenis kuas yang terbaik bahkan profesional. Jangan sering menggunakan kuas dengan harga yang murah. Kuas murah biasanya memiliki bulu kuas yang sangat mudah mengembang dan kasar. Hasilnya Anda hanya akan mendapatkan finishing yang meninggalkan bekas sapuan kuas. Jika Anda ingin mendapatkan permukaan kayu yang bebas dari brush mark belilah yang mahal.Tips Mengecat Halus Seperti Profesional
  3. Gunakan jenis primer atau sanding sealer yang tepat. Anda bisa memilih jenis primer atau sanding sealer yang terbaik. Jika Anda sudah terbiasa menggunakan cat water based sebaiknya pilih yang menggunakan bahan tersebut. Misalnya Anda bisa menggunakan produk cat water based BioColours lengkap mulai dari warna natural hingga solid. Anda cukup mengaplikasikan sesuai dengan yang tertera pada kemasan.
  4. Anda tidak perlu membersihkan kuas atau roll setiap harinya. Kebanyakan furnitur hanya membutuhan satu atau dua lapisan film sehingga akan memudahkan Anda bekerja. Membersihkan kuas dan roller setiap lapisan cat akan sangat memakan waktu Anda.
  5. Jika Anda ingin mulai dengan finishing teknik distressed maka Anda bisa mendapatkannya untuk tampak natural. Mulai dengan mengamplas dengan amplas 150 grit namun jika tidak ada efek yang muncul Anda bisa memulainya dengan amplas 100. Fokuskan pengamplasan Anda pada daerah yang secara natural akan muncul seperti paa daerah ujung, sudut, pojokan, bagian muka laci, tepi.
  6. Berikan proteksi pada table top dengan menggunakan poliurethane atau top coat yang kuat. Table top yang sering digunakan seperti dining table atau coffee table. Dalam hal ini menggunakan poliurethane water based tidak akan menimbulkan efek menguning seperti jika Anda menggunakan cat berbasis solvent.
  7. Diamkan cat Anda untuk benar-benar berubah menjadi kering sebelum Anda menggunakannya. Kebanyakan orang tidak sabar menunggu cat benar-benar mengering sehingga cat masih lengket digunakan. Permukaan cat langsung rusak seperti mengelupas dan tergores.

Proses pengeringan adalah salah satu langkah yang sangat penting. Apabila furnitur digunakan dalam waktu yang sering maka akan sangat mudah mendapatkan goresan. Namun jika perawatan menjadi sangat penting sebaiknya diamkan furnitur selama seminggu sebelum Anda menggunakannya.

 

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here