Intip Kelebihan dan Kekurangan Kayu Gaharu untuk Furniture

12

Berencana membuat dipan atau satu set furnitur ruang tamu? Jenis kayu apa yang akan Anda gunakan? Walaupun ada banyak pilihan kayu untuk dipan ini, kayu gaharu bisa jadi salah satu jenis kayu yang direkomendasikan. 

Kayu gaharu terkenal untuk berbagai macam bahan kesehatan seperti bahan obat herbal sampai dengan kosmetik. Kayu gaharu juga bagus ketika diolah menjadi furnitur, termasuk untuk aksesoris atau dekorasi ruangan. 

Sebagaimana jenis kayau pada umumnya, kayu gaharu punya kelebihan dan juga kekurangan yang jadi bahan pertimbangan untuk memilih atau tidakk memilihnya jadi bahan furniture

Apa Saja Kelebihan Kayu Gaharu 

salah satu kelebihan kayu gaharu adalah bisa digunakan sebagai bahan obat herbal dan furniture
CS Biovarnish

Gaharu adalah jenis kayu yang saat ini cukup langka dan sulit didapatkan, Anda yang ingin mencari kayu dengan ukuran besar, harus berani mengeluarkan uang lebih. Namun kualitas dari kayu yang didapatkan akan sangat memuaskan. 

Kayu gaharu juga menjadi komoditas ekspor yang nilainya cukup tinggi. Kayu asli Indonesia ini banyak diekspor ke negara seperti Yaman, Oman, Cina, Arab Saudi dan masih banyak lagi. 

Mengingat harganya yang mahal, kualitasnya perlu dikenali. Berikut ini beberapa kelebihan yang dimiliki oleh kayu gaharu. 

1. Bahan Baku Furniture yang Berkualitas

Karakteristik dari kayu gaharu adalah memiliki bobot yang berat sehingga furnitur dengan kayu ini biasanya berukuran lebih besar. Tekstur kayu juga cenderung lebih kasar sehingga untuk menghaluskannya diperlukan waktu lebih lama. 

Bobotnya yang berat dengan tekstur kasar kayu gaharu ini menandakan bahwa furnitur dari gaharu bisa bertahan lama. Layaknya kayu jati, kayu ini bisa digunakan untuk membuat furnitur antik. 

2. Tampilan Serat yang Indah 

Ciri2 kayu gaharu asli adalah memiliki bentuk serat yang tidak beraturan dan kerap disamakan dengan jati. Inilah yang menyebabkan mengapa kayu gaharu paling cocok dicat menggunakan warna transparan atau dipertajam dengan wood stain. 

Furniture dengan gaharu akan memperlihatkan kesan yang lebih mewah dan menarik. Ditambah lagi dengan perpaduan warnanya yang cenderung gelap. Anda akan memiliki mebel dengan kesan eksotis. 

Perbedaan yang terlihat dari jati adalah warnanya yang tidak memperlihatkan kesan kilap. Kayu gaharu lebih memperlihatkan warna matte sehingga Anda perlu menambahkan coating gloss jika ingin membuatnya terkesan lebih mewah. 

3. Daya Tahan Bagus Terhadap Cuaca 

Manfaat kayu gaharu yang kerap ditonjolkan adalah ketahanannya terhadap cuaca. Cuaca yang merupakan musuh besar dari kayu dan membuatnya cepat lapuk tidak berlaku pada gaharu. 

Meskipun Anda menggunakannya sebagai furniture outdoor atau teras yang terkena perubahan cuaca ekstrim, kayu gaharu masih tetap bisa berdiri dengan kokoh.

4. Tahan Serangan Serangga dan Jamur 

Kebanyakan orang hanya mengenal bahwa jati satu-satunya kayu yang tahan terhadap mikroba baik serangga ataupun jamur. Padahal kayu gaharu juga memiliki kemampuan ini berkat resin yang dimilikinya. 

Para petani kayu gaharu akan menyuntikan bakteri khusus ketika gaharu berusia 5 tahun. Tujuannya adalah untuk membentuk resin lebih cepat sehingga kualitas kayu bagus terhadap serangan serangga serta jamur. 

Anda yang menggunakan furniture dari gaharu tidak perlu lagi takut akan rayap, jamur putih, jamur hitam dan serangan mikroba lainnya. 

5. Memiliki Aroma yang Khas

Berbagai aksesoris yang dikenakan manusia seperti gelang biasanya dibuat dari kayu gaharu. Kayu ini mengeluarkan aroma wangi yang khas. 

Tidak hanya aksesoris, Anda yang memiliki furnitur dari kayu ini juga akan mendapati ruangan lebih nyaman. Ukuran kayu yang besar sebagai furnitur tentunya akan mengeluarkan aroma dengan intensitas yang lebih kuat. 

Aroma kayu gaharu ini berasal dari resin yang fungsinya untuk menangkal mikroorganisme perusak kayu tadi. 

Kekurangan Kayu Gaharu yang Harus Diperhatikan 

Kayu gaharu berasal dari Indonesia tepatnya di pedalaman Kalimantan, Papua, Sumatra hingga NTT. Harga dari kayu yang mahal kerap menjadi pertimbangan besar. 

Kayu gaharu dengan grade super king bisa dijual dengan harga sampai ratusan juta. Jadi jika diolah menjadi furnitur harganya tentu jauh lebih mahal. Selain masalah harga, masih ada beberapa faktor yang menjadi kekurangan kayu sebagai berikut:

1. Persebaran yang Sedikit karena Pertumbuhan Lambat 

Alasan mengapa kayu ini mahal bukan karena kualitasnya yang bagus tetapi juga jumlahnya yang terbatas. Jumlah tersebut dipengaruhi oleh lambatnya pertumbuhan dari pohon gaharu

Dibutuhkan waktu 25 tahunan dari proses penanaman sampai proses panen. Hal ini berbanding terbalik dengan kayu jenis lain yang hanya membutuhkan waktu 5 sampai 15 tahun untuk panen. 

Budidaya yang cukup sulit juga menjadi alasan mengapa kayu ini tidak bisa didapatkan dengan mudah. 

2. Proses Transportasi yang Sulit

Gaharu termasuk kayu dengan bobot yang berat, hal ini mempengaruhi proses pemindahan kayu dari hutan. Perlu waktu, biaya dan tenaga untuk memindahkan kayu ini hingga sampai ke tangan pengrajin. 

Pengguna pun harus siap memiliki furniture dengan bobot yang cukup berat. Mungkin akan lebih kerepotan ketika ingin memindahkan furnitur gaharu antar ruangan. 

3. Proses Pengolahan yang Lama 

Waktu pengolahan kayu gaharu juga menjadi salah satu kelemahan yang harus bisa diatasi pengrajin. Pengolahannya bisa menjadi sangat lama karena teksturnya yang sangat keras dan kasar. 

Bahkan untuk melakukan finishing saja dibutuhkan tahapan amplas yang tidak sebentar. Oleh karena itu untuk mengolahnya Anda harus memiliki waktu yang cukup luang. 

Bahan Finishing untuk Furniture Gaharu Lebih Cantik 

Pada tahapan finishing, mengingat harga kayunya saja tidak murah, Anda harus memilih pernis atau cat dengan benar. Anda bisa mengandalkan produk Biovarnish Clear Coat  yang akan memperjelas serat dan warna kayu gaharu. 

Kombinasikan Biovarnish Clear Coat dengan sanding sealer water based bermerek sama. Hasilnya, finishing akan sejernih air dan furnitur gaharu Anda akan tampak lebih mewah dari sebelumnya. 

Biovarnish Clear Coat dan Biovarnish Sanding Sealer akan memberikan perlindungan yang lebih baik untuk furnitur Anda, sekaligus mempertahankan aromanya agar tidak hilang karena bau cat. 

Kayu gaharu memiliki karakter kayu yang berkelas sehingga desain furnitur hingga finishingnya harus dipilih secara seksama. Menggunakan produk Biovarnish sebagai bahan finishing kayu gaharu merupakan pilihan bijak.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here