Biovarnish Cat Plitur Interior Eksterior Untuk Warna Natural Kayu

724

Biovarnish  – wood varnish interior-exterior merupakan plitur kayu yang diformulasikan dalam sistem water based dan ditujukan untuk memenuhi kebutuhan interior-eksterior.

Anda membutuhkan cat kayu warna natural dengan bahan dasar air? Kini telah hadir cat water based yang sangat sesuai dengan kebutuhan finishing untuk warna natural kayu yakni Biovarnish. Cat kayu ini hadir dengan berbagai fitur mumpuni yang sesuai dengan kebutuhan finishing selama ini.

Biovarnish merupakan produk yang secara khusus dikembangkan untuk menggantikan finishing plitur konvensional menggunakan shellac gum. Sebagai alternatif pengganti plitur konvensional dilatarbelakangi oleh kandungan bahan plitur yang selama ini tidak ramah lingkungan. Biovarnish diklaim sebagai cat yang ramah lingkungan karena tidak mengandung senyawa kimia berbahaya dan memiliki kandungan VOC yang rendah.

CS Biovarnish

Biovarnish  memiliki sifat cepat kering, tahan air, tidak berbau, aman, serta ramah lingkungan. Produk ini tersedia dalam beragam pilihan warna dan clear coat.

Shellac merupakan getah resin dari India. Shellac sebenarnya tak menimbulkan efek berbahaya. Akan tetapi bahan ini hanya bisa dilarutkan dengan pengencer golongan pelarut organik seperti spiritus. Spiritus sendiri mengandung banyak VOC (Volatile Organic Compounds) atau senyawa organik mudah menguap. United States Environmental Agency menyatakan VOC dapat menyebabkan gangguan organ dalam, meningkatkan resiko kanker, dan menghambat serta menurunkan fungsi kecerdasan.

Maka dari itu, Biovarnish menggunakan bahan-bahan yang disesuaikan dengan standar regulasi keamanan bahan kimia internasional seperti US Enviromental Protection Agency (EPA) dan European Chemical Agency (ECHA) Reach. Dengan demikian, kandungan bahan kimia dan VOC pada Biovarnish benar-benar dibatasi sehingga lebih aman digunakan. Kandungan bahan pada Biovarnish yang aman juga dapat diaplikasikan untuk furniture bayi, mainan anak-anak ataupun furniture dapur yang notabene sangat riskan terkontaminasi senyawa kimia.

Dari hasil finishingnya Biovarnish juga lebih unggul dibanding shellac. Biovarnish lebih efektif dan efisien membentuk lapisan film, cepat kering, tidak lengket, lebih tahan air dan tahan cuaca, lebih aman, dan ramah lingkungan.

Berbeda dengan cat kayu yang menggunakan shellac ketika proses pengeringan, Biovarnish hanya membutuhkan waktu yang lebih cepat bahkan hanya hitungan jam saja dan tanpa dikeringkan dibawah sinar matahari. Sedangkan cat dengan kandungan shellac harus dikeringkan dibawah sinar matahari dan membutuhkan waktu yang cukup lama karena terdapat kandungan minyak pada cat yang membuat cat lebih lama kering.

Biovarnish  memiliki sifat cepat kering, tahan air, tidak berbau, aman, serta ramah lingkungan. Produk ini tersedia dalam beragam pilihan warna dan clear coat. Biovarnish hadir dengan varian produk finishing natural kayu yang lengkap seperti wood stain, sanding sealer dan clear coat. Dengan varian produk yang lengkap akan lebih memudahkan proses finishing dengan hasil yang optimal.

Biovarnish tersedia dalam beragam pilihan warna kayu dengan standard transparansi warna sangat baik sehingga tetap mampu menampilkan keindahan serat warna kayu.

Saat ini, Biovarnish wood stain tersedia 20 varian warna yang sesuai dengan kebutuhan finishing natural kayu mulai dari warna yang terang hingga gelap. Sedangkan untuk filler kayu, Biovarnish menyediakan 4 warna yang dapat disesuaikan dengan finishing media yang akan diproses. Untuk mendapatkan warna-warna yang optimal tentu saja dibutuhkan proses finishing yang tepat agar hasil lebih halus.

Biovarnish merupakan cat water based yang cocok diaplikasikan pada berbagai media finishing seperti kayu, olahan kayu (multiplek. Plywood, MDF, vyneel dll) dan serat alam lain (bambu, rotan, enceng gondok, pelepah pisang dll). Biovarnish juga dilengkapi dengan daya rekat film yang kuat sehingga dapat diaplikasikan untuk lantai atau parket kayu.

Fitur dan Keunggulan Biovarnish  – wood varnish exterior

  • Digunakan untuk outdoor
  • Aman, tidak beracun. Kadar VOC jauh di bawah batas yang ditetapkan
  • Water resistance
  • Weather resistance
  • Perlekatan film bagus
  • Transparansi warna bagus (good color transparency)
  • High color light fastness
  • Cepat kering
  • Mudah diaplikasikan

Fungsi dan Kegunaan Biovarnish

Biovarnish sangat direkomendasikan untuk finishing kayu interior maupun eksterior. Produk ini cocok untuk finishing garden furniture, dinding kayu, kusen jendela, pintu, pagar, pergola, gazebo,  dll. Plitur non konvensional ini akan memberikan ekstra proteksi terhadap paparan cuaca luar yang merusak.

Sebab, Biovarnish dilengkapi dengan weather resistance yang akan mencegah kerusakan yang biasanya diakibatkan oleh paparan cuaca seperti sinar matahari ataupun air hujan. Selain itu, Biovarnish memiliki fleksibilitas yang baik sehingga cat kayu ini tidak mudah flacking. Flacking merupakan proses terjadinya oksidasi pada cat yang menyebabkan cat mengelupas, retak atau pecah.

Biovarnish juga akan menampilkan keindahan finishing khas dengan serat alami kayu yang masih terlihat. Produk ini sangat diunggulkan untuk finishing praktis namun dengan hasil indah natural. Biovarnish sangat cocok untuk finishing dengan gaya furniture apapun baik klasik ataupun modern untuk sentuhan natural kayu.

Data Teknis

  • Substance identification : water base acrylic clear / pigmented emulsion wood varnish
  • Berat kering : ±30%
  • Liquid appearance : specified color as a label.
  • Film appearance : transparent color
  • Solvent : water (ph ± 7)
  • pH : 7 ±1
  • Toksiksitas : non toxic (EU-ECHA Reach regulation compliance)
  • Kadar VOC : < 50 gr/lt (US-EPA VOC regulation compliance)
  • Waktu kering sentuh : < 20 mnt (± 30oC)
  • Aplikasi : dikuas, di-spray

Cara Aplikasi Biovarnish  – wood varnish interior-exterior

  • Siapkan media terlebih dahulu. Bersihkan dan keringkan media. Pastikan juga permukaannya sudah halus dan merata untuk hasil finishing lebih baik. Disarankan untuk media yang digunakan kering dengan MC 12%.
  • Untuk hasil close pore dan menyamarkan cacat pada media finishing, maka aplikasikan Biovarnish Wood Filler. Larutkan dengan perbandingan 2 bahan : 1 air lalu aduk hingga terdampur. Aplikasikan dengan pisau palet pada bagian yang cacat atau seluruh permukaan media jika ingin tampilan close pore. Diamkan selama 20-30 menit dan apbila sudah kering maka amplas dengan alumunium oxide no. 240.
  • Pilih produk Biovarnish sesuai warna yang Anda inginkan
  • Jika perlu, tambahkan air bersih untuk mengencerkan. Aduk pelan sampai homogen. Komposisi yang direkomendasikan untuk aplikasi dengan kuas; 2 Biovarnish : 1 air.
  • Gunakan kuas atau spray gun untuk mengaplikasikannya. Diamkan kurang lebih 60 menit atau sampai benar-benar kering.
  • Amplas. Gunakan amplas no 400 untuk memotong bulu kayu yang timbul dan menghaluskan lapisan dasar.
  • Gunakan kuas halus yang dibungkus kain katun halus untuk aplikasi kedua. Cara ini digunakan agar hasil finishing yang lebih halus dan rata.
  • Tunggu hingga kering dan jika perlu ulangi lagi untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.
  • Untuk hasil yang optimal dan cat melekat sempurna maka aplikasikan Biovarnish Sanding Sealer. Larutkan terlebih dahulu dengan perbandingan 2 bahan : 1 air. Aduk hingga homogen lalu semprotkan ke seluruh permukaan media finishing. Tunggu hingga kering yakni selama 60 menit. Apabila sudah kering sentuh, amplas ambang menggunakan kertas amplas alumunium oxide no. 400
  • Aplikasikan Biovarnish Clear Coat untuk mengunci warna sekaligus menciptakan tampilan matte atau gloss. Laurtkan air terlebih dahulu dengan perbandingan 2 bahan : 1 air lalu aduk hingga homogen. Kuaskan atau semprotkan ke seluruh permukaan media finishing. Diamkan selama 24 jam sebelum furniture atau media finishing tersebut dipacking atau digunakan.

Biovarnish lebih cepat kering tanpa harus dikeringkan dibawah sinar matahari langsung. Perlu digarisbawahi adalah pasca mengaplikasikan coating. Akan lebih baik setelah diaplikasikan coating adalah mengamplas permukaan lapisan cat pada kayu atau media finishing tersebut. Sebab, pengamplasan tersebut bertujuan untuk melekatkan lapisan film antar cat dengan optimal sehingga akan menghasilkan warna yang tajam.

Pasca Finishing

Seusai finishing, media yang digunakan tidak perlu dianginkan di luar ruangan terlebih dahulu melainkan dapat langsung digunakan. Hal ini disebabkan lapisan cat Biovarnish pada media tersebut tanpa mengalami penguapan sehingga tidak mengeluarkan bau cat menyengat.

Seyogyanya, lakukan perawatan pada media yag sudah dilapisi cat tersebut secara rutin seperti di lap atau bersihkan dari debu menggunakan kemoceng. Dan atau aplikasikan poles kayu setidaknya sebulan sekali, hal tersebut bertujuan untuk menjaga tampilan cat pada media tersebut selalu terlihat tajam.

Sedangkan untuk cat kayu seusai finishing, cat tersebut dibuang di tempat pengairan yang mengalir. Sebab cat kayu ini tidak menyebabkan polusi air atau merusak lingkungan. Namun, Anda juga dapat menyimpan cat kayu tersebut dengan menyimpannya di tempat yang kering dan ditutup rapat.

Kontak dan Pemesanan Biovarnish Varnish Interior-Eksterior

Untuk informasi lebih lanjut dan pemesanan Biovarnish, silahkan hubungi sales representative kami di kota terdekat Anda, atau kontak Customer Service via email [email protected]@gmail.com dan telp +62.274.388.301.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here