5 Ide Membuat Taman di Atap Rumah

22
kursi taman

Siapa yang tidak ingin memiliki taman? Terlebih jika taman tersebut merupakan berada di atap rumah. Taman di atap sangat berguna bagi Anda yang memiliki lahan hunian yang tidak begitu luas. Selain lebih cozy, taman di atas rumah juga memberikan kenyamanan karena Anda dapat menikmati pemandangan langit secara langsung tanpa terganggu oleh lingkungan sekitar Anda.

Taman bukan hanya sekadar lahan dengan ditanami berbagai tanaman hias saja. Anda dapat menambahkan berbagai furniture atau aksesoris lain untuk menambah kesan indah pada taman di atap rumah Anda.

5 Ide Taman di Atas Atap Rumah

Keuntungan Menggunakan Sanding Sealer untuk Garden Furniture

Memiliki rumah dengan dua lantai akan cukup menarik jika ditambahkan taman di atas rumah. Selain lebih menarik, Anda juga lebih menghemat tempat, sehingga taman atap rumah sangat cocok diterapkan pada hunian dengan gaya minimalis.

CS Biovarnish

Taman atap rumah ini akan terasa lebih nyaman jika lingkungan sekitar Anda disertai dengan pemandangan yang indah. Namun, hal ini tidak hanya berlaku pada pemandangan atau landscape alam seperti perbukitan, danau atau sawah saja. Bagi Anda yang tinggal di perkotaan juga dapat menerapkan hal yang sama.

Jika Anda tinggal di perkotaan, dengan menerapkan konsep taman di atap rumah, Anda dapat menyaksikan pemandangan lampu rumah dan kota yang terlihat seperti bintang di saat malam hari. Untuk menikmati pemandangan sekaligus bersantai, Anda dapat menggunakan beberapa ide taman berikut ini.

  • Taman Dengan Lampu Hias

Lampu hias taman di atas rumah Anda akan menambah kesan romantis dan hangat. Seperti halnya ketika Anda sedang berkunjung ke café dengan tempat terbuka. Umumnya, lampu hias semacam ini disematkan pada café yang terbuka dengan alam.

Dengan lampu hias akan menambah kesan malam yang syahdu selagi menikmati pemandangan alam di sekitar rumah Anda. Selain itu, Anda dapat memasang hidden lighting pada bagian tanaman rumah Anda.

  • Taman Dengan Gazebo

Bukan hanya sekadar memberikan tanaman saja, Anda dapat menambahkan gazebo di area taman di atap rumah Anda untuk menemani waktu Anda bersantai. Bukan hanya sekadar menikmati pemandangan saja, Anda juga dapat melakukan aktivitas lain di gazebo ini seperti belajar, bekerja atau bahkan hanya sekadar mengobrol dengan anggota keluarga Anda.

Dengan penggunaan gazebo untuk berkumpul bersama keluarga, akan semakin menarik apabila ditambahkan panggangan di area taman tersebut. Anda dapat menikmati pesat barbeque bersama anggota keluarga atau pun teman-teman Anda.

  • Taman Dengan Kursi

Taman akan menarik dan berfungsi optimal jika dilengkapi furnitur di sekitarnya. Oleh karena itu, Anda dapat menambahkan kursi di beberapa spot seperti high back chair, low chair atau kursi lipat di beberapa sisi taman yang lainnya.

Lebih menarik lagi jika taman tersebut menggunakan lantai kayu dan dilengkapi beberapa bantal di bawah sehingga Anda akan lebih menikmati waktu bersantai Anda. Selain itu, Anda juga dapat menbahkan kursi ayun di taman tersebut. Kursi ayun sangat cocok diterapkan pada taman guna bersantai menghabisi waktu selepas aktivitas padat Anda.

  • Taman Dengan Penghalang Angin

Bagi Anda yang tinggal di tempat yang memiliki cuaca ekstrem sehingga angin yang berhembus sangat kencang namun tetap ingin memiliki taman di atas rumah maka harus mengantisipasi dengan menyediakan penghalang angin.

Anda dapat membuat penghalang angin seperti tembok atau pagar di sekitar rooftop. Selain penggunaan gazebo atau hardscaping untuk mengatasi masalah cuaca seperti air hujan atau teriknya panas matahari maka penghalang angin dapat mencegah adanya angin kencang atau badai.

  • Taman dan Kolam Renang

Bagi Anda yang memiliki area atap yang cukup luas, tidak ada salahnya menerapkan kolam renang. Selain itu, Anda dapat menaruh beberapa bangku untuk bersantai setelah berenang.

Penggunaan lantai kayu juga sangat pas jika diterapkan di samping kolam renang, sehingga menambah kesan mewah di atas atap rumah Anda.

Finishing Lantai Kayu Pada Taman di Atas Rumah

Lantai kayu sangat cocok diterapkan pada taman di atas rumah. Selain menambah kesan indah, lantai kayu juga terkesan lebih mewah. Ya, lantai kayu tidak hanya bagus diterapkan untuk indoor saja melainkan juga outdoor. Lantai kayu untuk outdoor tentu saja menggunakan kayu yang berkualitas dan dibutuhkan lapisan cat khusus.

Anda dapat menggunakan cat kayu Biothane untuk melapisi lantai kayu pada taman atas rumah. Selain tampilan kayu lebih tajam, Biothane juga dapat melindungi kayu dengan optimal karena diformulasikan khusus untuk outdoor dan finishing pada media heavy duty.

Adapun tahap finishing menggunakan Biothane untuk lantai kayu pada taman atas rumah, sebagai berikut.

  • Pastikan kayu yang akan digunakan telah diampelas sehingga permukaannya lebih halus dan bersih. Dengan demikian, lantai kayu tersebut siap untuk difinishing.
  • Aplikasikan Biovarnish Wood Filler yang sudah dilarutkan dengan air untuk menyamarkan cacat pada kayu misalkan lubang, kayu retak dan lain sebagainya. Setelah diaplikasikan, diamkan selama 20-30 menit. Ampelas menggunakan kertas ampelas no. 320 hingga serat kayu terlihat.
  • Untuk pewarnaan, pilih warna Biovarnish Wood Stain untuk mengecat lantai kayu. Larutkan dengan air kemudian aplikasikan ke seluruh permukaan kayu secara merata. Diamkan selama 60 menit, apabila sudah kering sentuh maka ampelas ambang menggunakan kertas ampelas no. 400
  • Aplikasikan Biothane yang sebelumnya sudah dilarutkan air ke seluruh permukaan lantai kayu. Pastikan mengaplikasikannya searah serat kayu sehingga tampilannya dapat seragam. Kemudian diamkan selama semalaman sebelum lantai kayu siap digunakan.

Penggunaan produk finishing lebih efektif dan efisien karena tidak membutuhkan waktu yang lama serta lebih irit. Jika Anda gunakan untuk finishing dengan kapasitas media yang banyak akan lebih hemat karena cat ini hanya cukup menggunakan pelarut air saja.

Namun, air yang digunakan harus bersih sehingga tidak mengganggu konsentrasi cat tersebut. Selain itu, cat ini tidak harus dikeringkan di bawah sinar matahari langsung, tapi cukup dikeringkan di tempat yang teduh.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here