Finishing Cat Natural Kayu Untuk Patio Furniture Yang Tahan Cuaca

705

Outdoor furniture seperti patio furniture membutuhkan perlindungan serta penampilan dari cat kayu yang tepat dan jangan sampai salah pilih.

Patio furniture mungkin Anda masih jarang mendengarnya. Furniture yang berada di taman ini sangat penting fungsinya terlebih Anda yang menyukai situasi tenang untuk minum teh sambil menikmati suasana yang segar.

Patio furniture biasanya terbuat dari bahan yang tentunya tahan terhadap perubahan cuaca seperti material kayu, plastik dan alumunium. Masing-masing material tersebut memang tahan terhadap perubahan cuaca tetapi dalam jangka waktu panjang pun akan memiliki umur yang akhirnya rusak juga.

CS Biovarnish

Agar tahan lebih lama lagi masing-masing material harus diberikan pelindung seperti material kayu misalnya yang notabene lebih rentan lapuk. Karena tidak semua jenis kayu tahap terhadap perubahan cuaca.

Umumnya, kayu yang memiliki ketahanan yang baik dan cocok untuk garden furniture seperti patio furniture adalah kayu jati. Bahkan di Eropa ataupun negara dengan empat musim lebih memanfaatkan kayu jati untuk outdoor dibandingkan untuk indoor.

Material kayu jati memiliki elastisitas yang baik dalam mengatasi perubahan cuaca. Sehingga kayu tersebut tidak mudah memuai ataupun menyusut ketika sedang mengalami perubahan cuaca.

Hal ini akan sangat baik bagi cat yang melapisinya karena cat kayu tersebut tidak akan mudah mengalami flacking. Apa itu flacking? Flacking adalah proses kimiawi pada cat karena proses oksidasi sehingga membuat cat lebih mudah retak atau mengelupas.

Perlindungan dari cat ini sangat efektif menutup pori-pori kayu yang menjadi kelemahan utama material kayu. Pada bagian pori-pori yang tidak tertutup maka kelembapan udara atau air hujan akan diserap dan patio furniture akan menyimpan air di dalamnya.

Air tersebut akan menimbulkan jamur dan lumut. Jika hal tersebut dibiarkan saja maka patio furniture akan rusak. Hal tersebut harus dicegah sejak dini dengan menggunakan cat kayu.

Patio Furniture

Apa itu patio? Patio sendiri adalah istilah yang digunakan untuk taman yang ada di dalam rumah atau di tengah halaman rumah. Patio sendiri banyak terdapat di negara Arab Saudi atau negara tandus seperti Amerika.

Taman digunakan sebagai oasis di tengah rumah sehinggga terlindung dari keringnya pasir gurung yang sangat gersang. Keberadaan dari patio sendiri membantu penyegaran udara di dalam rumah. Maka tidak heran disebut oasis mini.  Patio berisi tanaman seperti rumput, kolam dan air terjun dan juga tanaman di dalam pot.

cat-kayu-untuk-patio-furniture

Berkembangnya patio ke daerah lain tidak hanya menjadi taman mini tetapi taman yang berukuran cukup besar. Di Jepang misalnya, kebanyakan rumah bangsawan Jepang memiliki taman yang berukuran luas. Taman tersebut akan memiliki furniture yang berfungsi sebagai tempat untuk menikmati keindahan taman. Berbagai jenis patio furniture diciptakan seperti berikut ini:

  1. Patio Lounge Set, konsep furniture yang digunakan adalah sifat santai berisi dari sofa dan coffee table dengan bantalan empuk. Loung set ini tidak terlalu tinggi untuk ukurannya bahkan terkadang terdapat kursi santai.
  2. Patio Coversation Set, patio ini lebih sedikit formal. Digunakan untuk tempat minum teh atau menjamu tamu dengan keadaan santai. Bedanya dengan lounge set adalah terdapat arm chair dan kursi memiliki ukuran lebih tinggi dibandingkan dengan lounge set,
  3. Patio Dining set, furniture dining set bisa juga di konsep untuk di taman. Tentu saja konsep makan bersama di ruangan terbuka akan memberikan suasana lebih segar. Maka furniture yang digunakan pun memiliki desain yang fleksible tidak kaku seperti furniture indoor.

Finishing patio furniture ini dibutuhkan yang dapat memberikan penampilan elegan tetapi tetap santai. Warna yang diusung agar menyatu dengan alam adalah warna natural. Warna natural ini tentu saja yang akan memberikan transparansi tinggi agar serat kayu terlihat dengan baik.

Pemilihan cat kayu yang tepat tentu saja akan sangat mempengaruhi. Jika tadi di atas sudah dijelaskan mengenai pentingnya cat kayu dalam segi perlindungan maka dari segi warna pun harus dipehatikan.

Karena patio furniture lebih digunakan untuk bagian outdoor maka dalam memilih cat pun harus lebih selektif. Pastikan cat tersebut memiliki fleksibilitas yang baik sehingga dapat tahap terhadap perubahan cuaca.

Baca Juga : inilah cat kayu transparan tahan cuaca yang perlu anda tahu

Gunakan Cat Biovarnish Untuk Finishing Patio Furniture

Jika dalam segi perlindungan dan juga segi pewarnaan maka cat yang tepat tidak lain adalah cat Biovarnish. Baik furniture outdoor dan juga furniture indoor sangat baik jika menggunakan cat ini.

Biovarnish diformulasikan khusus sebagai cat yang dapat digunakan untuk outdoor atau indoor. Selain itu, dilengkapi pula dengan fitur-fitur mumpuni yang dapat menjaga kualitas tampilan cat pada permukaan media finishing seperti patio.

Biovarnish sendiri merupakan cat kayu yang menggunakan bahan pelarut air. Cat tersebut justru lebih mudah digunakan karena Anda tidak perlu membeli pelarut lain untuk mendapatkan intensitas warna serta menurunkan kekentalan cat.

Sama seperti pelitur yang memberikan warna natural pada furniture kayu. Biovarnish memiliki banyak pilihan warna natural kayu seperti teak atau mahogany bahkan hasilnya lebih baik karena menggunakan air sebagai bahan pencampurnya.

Benar sekali cat kayu Biovarnish adalah cat kayu water based yang aman digunakan dan lebih baik daripada pelitur yang menggunakan bahan pencampur thinner. Bahkan cat ini telah sesuai dengan standar regulasi keamanan internasional.

Patio furniture yang harus dilindungi karena terletak di luar sehingga terkena perubahan cuaca secara langsung akan dilindungi cat Biovarnish ini. Semua jenis kayu akan diberikan perlindungan karena lapisan film yang kuat dan fleksibel sehingga tarik ulur cat karena perubahan cuaca tidak akan berpengaruh.

Hasil warna natural transparan tidak akan mudah pudar. Patio furniture membutuhkan perlindungan dan pewarnaan yang transparan, pilihlah cat kayu Biovarnish sebagai cat andalan keluarga.

Berikut tahap finishing natural kayu pada patio furniture:

  1. Untuk memberikan hasil finishing yang halus dan rapi sebaiknya ampelas terlebih dahulu permukaan patio dengan kertas ampelas no. 240 atau 320
  2. Gunakan Biovarnish Wood Filler untuk menutup pori-pori kayu atau menyamarkan cacat pada kayu. Encerkan terlebih dahulu dengan air kemudian gunakan kuas atau pisau palet untuk mengaplikasikannya. Setelah diaplikasikan, tunggu hingga kering selama 20-30 menit. Jika sudah kering, ampelas dengan kertas ampelas no. 400
  3. Aplikasikan Biovarnish Wood Stain yang sebelumnya telah diencerkan dengan air untuk menurunkan intensitas warna. Aplikasikan dengan kuas atau semprot ke seluruh permukaan kayu secara merata. Diamkan selama 60 menit atau cat sudah kering sentuh, ampelas ambang dengan kertas ampelas no. 400 apabila sudah kering sentuh.
  4. Aplikasikan Biovarnish Clear Coat untuk menciptakan tampilan gloss atau matte pada patio. Setelah diaplikasikan, diamkan selama semalaman atau cat di permukaan patio benar-benar kering.
  5. Patio sudah siap untuk digunakan

Cara Pemesanan

Untuk mendapatkan berbagai penawaran menarik ataupun mengetahui informasi lebih detail mengenai produk dapat menghubungi via email di [email protected].

Atau Anda dapat menghubungi by phone melalui kontak hotline yang sudah tercantum pada website ini. Nah, jika menginginkan pemesanan Biovarnish lebih mudah dan praktis, langsung saja check out di marketplace kesayangan Anda dibawah ini!

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/biopaint102

Shopee: https://shopee.co.id/Biovarnish.official

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here