Cat kayu untuk Finishing Ceiling kayu Agar Hasil Warna Kayu Tajam

1134

Ceiling rumah yang berbahan kayu akan menjadi lebih menarik apabila menggunakan cat kayu Biovarnish pada saat pengerjaan finishingnya.

Bagian atap rumah merupakan salah satu bagian yang utama dan memiliki fungsi yang amat sentral di setiap rumah. Bagian ini akan menutupi dan melindungi semua konstruksi rumah.

Pada rumah yang terbuat dari bahan kayu, bagian atap atau ceiling yang dibuat dari bahan yang sama akan memiliki fungsi lain, yaitu sebagai penguat pada tampilan yang dikejar pada desain rumah secara keseluruhan.

CS Biovarnish

Umumnya, ceiling ini telah diterapkan pada hunian dengan konsep tradisional Jawa atau disebut sebagai rumah Joglo. Penggunaan ceiling kayu terbukti memperkuat karakter pada rumah tersebut.

Tidak hanya memberikan kesan kuat pada suatu hunian namun bersamaan dengan hal tersebut juga mampu memberikan rasa keteduhan bagi penghuni rumah.

Karena ceiling merupakan konstruksi yang berada di langit-langit tentu saja kekokohan dan ketahanan material yang digunakan perlu dipertimbangkan. Pasalnya, langit-langit rumah adalah tempat yang lebih lembab.

Kondisi lembab ada suatu benda dapat memicu masalah seperti jamur atau rayap. Maka dari itu, dahulu kayu yang sering digunakan adalah kayu jati yang tahan terhadap serangan jamur ataupun rayap.

Bagi Anda yang memperhatikan rumah Joglo tua maka akan cukup heran bahwa ceiling dalam rumah tersebut tetap kokoh meskipun terdapat bekas tetes air akibat atap rumah yang bocor.

Wajar saja jika rumah Joglo dengan usia mencapai satu abad pun tetap diminati karena kekokohan material, arsitektur serta nilai seni yang terpancarkan. Dan untuk mengembalikan warna klasik rumah Joglo maka aplikasikan pelitur pada ceiling dan beberapa bagian konstruksi berbahan kayu lainnya.

Finishing ceiling kayu

Ceiling kayu umumnya dalam bentuk lembaran dengan panjang kurang lebih 3 meter dan memiliki ukuran lebar yang sama. Untuk memasang ceiling ini membutuhkan paku sehingga ceiling tidak akan lepas.

Untuk pemasangan ceiling biasanya tergantung bentuk dari atap itu sendiri. Terdapat bagian atap yang datar dan adapula yang membentuk segitiga. Jika langit-langit datar maka umumnya dipasang secara horizontal. Sedangkan bentuk langit-langit segitiga umumnya mengikuti pola langit-langit tersebut.

Hingga saat ini, ceiling masih memiliki minat di hati masyarakat. Bahkan penerapan ceiling pun juga digunakan pada langit-langit dengan konsep modern.

Tidak sedikit ceiling ini justru memberikan kesan yang hangat ketika diaplikasikan pada hunian modern. Dan untuk mempertajam tampilannya maka tidak terlepas dari pelitur.

Aga menjadikan beberapa fungsi ceiling tersebut menjadi lebih maksimal maka salah satu caranya adalah dengan melakukan pengerjaan finishing yang dikerjakan dengan baik.

cat-kayu-untuk-finishing-ceiling rumah
Ceiling rumah yang berbahan kayu akan menjadi lebih menarik apabila menggunakan cat kayu Biovarnish pada saat pengerjaan finishingnya.

Pengerjaan finishing ini tidak hanya sekadar mengaplikasikan cat pada permukaan kayunya secara asal begitu saja melainkan juga memperhatikan beberapa teknik selama proses finishing berlangsung.

Umumnya, finishing dilakukan ketika ceiling sudah terpasang. Meskipun cukup melelahkan namun hal tersebut lebih memberikan hasil finishing yang rapi dan tajam.

Selain dibutuhkan kemampuan pengrajin yang mumpuni, dibutuhkan juga bahan finishing yang berkualitas tinggi. Bahan finishing seperti cat kayu yang berkualitas tinggi berguna untuk memastikan bahwa ceiling akan tetap berfungsi sebagaimana mestinya sekaligus memiliki tampilan yang sangat menarik.

Untuk menjaga kualitas tampilan ceiling dan tetap aman digunakan maka Anda dapat menggunakan cat water based. Cat ini sudah dapat Anda jumpai di pasaran tanpa harus menunggu import dari luar negeri.

Kebutuhan cat water based saat ini lebih banyak diminati karena kandungan bahannya yang aman. Emisi gas buang yang terdapat pada cat ini hampir 0 sehingga tidak menyebabkan polusi udara.

Apakah bisa cat mengeluarkan emisi gas buang? Tentu saja, cat mengandung VOC yang selama ini berbahaya bagi lingkungan. Di Indonesia, kadar konsentrasi VOC diatur maksimal 3 ppm. Selebih dari itu dapat menyebabkan masalah gangguan kesehatan serius dan bahkan meninggal.

Tidak hanya motor saja yang mengeluarkan gas monoksida yang menyebabkan seseorang beracun, kandungan bahan dalam cat pun juga dapat menyebabkan beracun, iritasi, alergi dll.

Maka dari itu, saat ini banyak negara yang telah menerapkan standar emisi gas buang yang aman. Jika kendaraan bermotor menyesuaikan dengan standar Euro, sedangkan cat menyesuaikan dengan standar regulasi EPA.

Dengan demikian, segala macam produk yang dapat memberikan dampak buruk pada lingkungan ditekan untuk menurunkan polusi pada lingkungan saat ini.

Salah satu produk yang memiliki kandungan VOC rendah bahkan mendekati nol adalah Biovarnish. Cat water based satu ini diformulasikan khusus sesuai dengan standar keamanan internasional.

Kandungan bahan kimia pada cat tidak membahayakan lingkungan ataupun kesehatan. Bahkan cat ini juga aman jika digunakan untuk finishing pada furniture dan mainan anak-anak.

Untuk kebutuhan ceiling atau langit-langit rumah maka Anda dapat menggunakan serangkaian finishing Biovarnish dibawah ini beserta cara aplikasinya!

  1. Ampelas terlebih dahulu bagian permukaan ceiling tersebut guna meratakan permukaan kayu serta membersihkan dari noda
  2. Aplikasikan Biovarnish Wood Filler apabila terdapat bagian yang cacat. Encerka terlebih dahulu lalu aplikasikan pada bagian yang cacat. Tunggu selama 30 menit dan apabila sudah kering, ampelas dengan kertas ampelas no. 320
  3. Aplikasikan Biovarnish Wood Stain yang sudah diencerkan ke seluruh permukaan ceiling. Tunggu selama satu jam dan apabila sudah kering sentuh maka ampelas ambang menggunakan kertas ampelas no. 400
  4. Sebagai tahap akhir, aplikasikan Biovarnish Clear Coat yang sudah dilarutkan dengan air. Kemudian diamkan hingga lapisan cat pada ceiling tersebut kering dengan sendirinya.

Biovarnish tidak mengeluarkan bau cat yang menyengat serta tidak beracun sehingga ketika diaplikasikan pada ruangan tetap aman sehingga penghuni rumah tetap merasa nyaman.

Untuk menjaga tampilan ceiling tetap tajam, Anda dapat melakukan refinishing secara berkala. Langkah ini berlaku untuk semua jenis bahan finishing yang digunakan karena umumnya cat hanya memberikan warna tajam optimal kurang lebih 5 tahun.

Terlebih lagi jika Anda menggunakan cat solvent notabene lebih mudah menguap dan membuat warna menjadi lebih cepat kusam sehingga intensitas refinishingnya pun lebih cepat dibandingkan cat water based.

Untuk perawatan rutin, bersihkan secara rutin dari debu atau kotoran yang selalu menempel pada ceiling. Karena debu pada permukaan kayu akan menyebabkan tampilannya lebih cepat kusam.

Cara Pesan Cat Water Based Biovarnish

Cat kayu Biovarnish dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan finishing ceiling dengan berbagai fungsinya. Produk ini merupakan cat kayu water based. Kandungan air yang menjadi bahan utama dari Biovarnish membuatnya memiliki kemampuan untuk menghasilkan lapisan finishing yang mempunyai daya rekat tinggi.

Kemampuan seperti ini sangat dibutuhkan untuk ceiling kayu karena bagian ini akan sangat rentan terkena percikan air yang akan membuat lapisan finishing lebih cepat rusak apabila daya rekatnya lemah.

Biovarnish akan dapat menghasilkan tampilan natural yang menarik pada ceiling. Karakter warna dari cat kayu ini cenderung transparan dan tajam untuk menampilkan serat asli kayu dengan lebih baik. Nuansa tradisional dan alami dalam ruangan rumah bisa muncul dengan pemakaian produk ini.

Biovarnish juga produk yang aman dan ramah lingkungan karena kadar zat beracunnya sangat rendah, jauh di bawah ketentuan standar regulasi keamanan bahan finishing kayu yang berlaku di negara-negara maju.

Untuk membeli produk Biovarnish, dapat langsung menghubungi via email di [email protected] atau juga by phone melalui kontak hotline yang sudah tercantum pada website ini. Sedangkan untuk pembelian online juga dapat dilakukan via marketplace kesayangan Anda dibawah ini!

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/biopaint102

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries

Shopee: https://shopee.co.id/Biovarnish.official

Nah, bagi Anda yang lebih menyukai pembelian secara offline dapat langsung membeli produk Biovarnish di beberapa agen resmi Bio Industries. Dan apabila Anda berada di area Yogyakarta dan sekitarnya, dapat langsung mengunjungi Bio Office yang terletak di Jl. Sidikan No.94, Sorosuta, Umbulharjo, Yogyakarta.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here