Tips Finishing Gardena Teak Untuk Furniture Kursi Kayu Taman

362

Jika tampilan kursi kayu taman Anda mulai memudar dan tampak tidak bagus lagi, langkah apa yang akan Anda lakukan? Jangan sampai furniture dibiarkan dan akhirnya semakin rusak karena tidak terdapat lapisan cat yang melindungi kayu dari cuaca maupun faktor perusak lainnya. Apabila tampilan furniture baik furniture interior maupun eksterior sudah memudar maupun terdapat bagian yang rusak maka sebaiknya segera mungkin untuk melakukan finishing.

Khusus untuk kursi kayu taman yang notabene merupakan furniture eksterior maka cat yang harus digunakan adalah cat yang memiliki fitur weather resistance. Sebab, cat dengan fitur tersebut memiliki daya proteksi yang baik terhadap kayu sehingga hasilnya pun lebih bertahan lama dan optimal. Nah, apabila Anda ingin melakukan refinishing pada kursi taman dan kayu yang digunakan bukanlah jenis kayu jati, Anda bisa menggunakan tampilan kayu jati agar terkesan lebih elegan. Tampilan garden teak merupakan tampilan paling diminati oleh masyarakat pada furniture eksterior.

Kenapa cat yang digunakan untuk furniture eksterior sangat penting memiliki fitur weather resistance? Cat yang digunakan untuk finishing furniture eksterior tidak boleh sekedar menggunakan cat karena proteksi cat tersebut tidak bekerja pada furniture eksterior melainkan hanya sekedar memberikan warna meskipun tidak akan bertahan lama. Cat yang dibutuhkan untuk furniture eksterior harus memiliki fitur weather resistance karena bertujuan agar kayu tidak mudah rusak ketika harus terpapar sinar matahari setiap hari ataupun air hujan. Selain itu, cat tersebut juga akan melindungi kayu dari berbagai faktor kerusakan yang bisa terjadi karena kelembaban udara diantaranya adalah jamur atau serangga perusak kayu.

CS Biovarnish

Cat kayu yang bisa Anda gunakan diantaranya adalah plitur yang mana cat ini bisa digunakan untuk bagian luar maupun furniture interior. Penggunaan plitur saat ini sangat mudah dan sederhana sehingga Anda tidak akan mengalami kesulitan. Penggunaan plitur dalam bidang finishing sudah tidak asing lagi bahkan plitur menjadi cat kayu yang paling banyak digunakan karena kemudahan yang dimiliki serta harganya yang terjangkau.

Perkembangan teknologi membuat plitur menjadi lebih sederhana yang dahulunya masih dalam bentuk serlak sedangkan saat ini dengan tekstur liquid. Namun, untuk proses pengaplikasian tetap saja membutuhkan pelarut untuk melarutkan cat agar tidak terlalu kental dan sekaligus menurunkan intensitas warna cat tersebut. Saat ini, pelarut dibagi menjadi dua jenis yakni pelarut organik seperti thinner atau spiritus dan pelarut air. Keduanya memiliki fungsi yang sama namun bahan plitur yang digunakan cukup berbeda.

Plitur dengan pelarut organik biasanya memiliki bau yang menyengat ketika diaplikasikan, selain itu juga tidak boleh langsung digunakan atau masuk ke dalam ruang yang tertutup. Hal ini dikarenakan cat tersebut memiliki senyawa kimia yang berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan. Kandungan VOC yang dimiliki plitur berpelarut thinner pada umumnya sangat tinggi sehingga sangat tidak disarankan oleh regulasi keamanan bahan kimia.

Sedangkan plitur dengan pelarut air justru sebaliknya, cat ini bisa Anda langsung gunakan karena tidak mengeluarkan bau yang menyengat dan aman ketika langsung digunakan dalam ruangan yang tertutup. Sebab, cat berpelarut air pada umumnya rendah VOC dan tidak menggunakan bahan-bahan kimia yang berbahaya. Bahkan, cat berpelarut air sebagian besar sudah menguasai pangsa pasar dunia, contohnya saja di Amerika yang mana cat berpelarut air sudah menguasi 80% pangsa pasar di benua tersebut.

Finishing Gardena Teak Untuk Kursi Kayu Taman Menggunakan Plitur Berpelarut air

Dengan berkembangnya teknologi dalam bidang finishing, kini telah hadir cat kayu yang lebih ramah lingkungan yakni cat berpelarut air atau juga dikenal dengan cat water based. Cat ini hanya menggunakan pelarut air dan pengeringannya cenderung lebih cepat dari cat berpelarut organik karena cat water based tidak harus dikeringkan dibawah sinar matahari namun hanya cukup di tempat yang teduh. Meskipun dikeringkan dibawah sinar matahari jauh lebih cepat namun praktik di lapangan membuktikan bahwa cat water based justru tidak akan memberikan hasil yang optimal.

Di Indonesia, cat berpelarut air masih tergolong cat yang langka karena produksi cat ini tidak lah banyak. Sehingga wajar saja ketika membeli merk cat berpelarut di toko-toko cat masih bisa dihitung dengan jari. Namun, Anda tidak perlu khawati karena cat berpelarut air bisa Anda dapatkan disini. Cat berpelarut untuk finishing gardena teak yang bisa Anda gunakan adalah Biovarnish. Bahkan Biovarnish terdiri dari berbagai varian produk finishing yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pada umumnya, cat berpelarut air masih tersedia dalam satu varian produk saja yakni cat kayunya saja. Berbeda halnya dengan Biovarnish yang menawarkan produk finishing mulai dari filler kayu, wood stain, sanding sealer, cat glaze dan top coat.

Biovarnish wood stain juga memiliki varian warna gardena teak yang bisa Anda gunakan pada kursi kayu taman Anda. Cat kayu berpelarut air ini terdiri dari fitur-fitur yang mampu melindungi kayu secara maksimal diantaranya adalah tahan air dan tahan cuaca. Selain itu, akan memberikan warna yang menarik karena memiliki daya rekat yang kuat serta transparansi warna yang tajam. Sedangkan dari segi keamanan, Biovarnish merupakan cat kayu yang menggunakan bahan-bahan yang sudah disesuaikan dengan standar regulasi keamanan bahan kimia internasional seperti US Enviromental Protection Agency (EPA) dan European Chemical Agency (ECHA) Reach sehingga kandungan VOC dalam cat dibatasi dan tidak menyebabkan berbagai masalah lingkungan maupun kesehatan bagi yang mengaplikasikannya.

Berikut langkah-langkah finishing kursi kayu taman untuk tampilan gardena teak menggunakan Biovarnish:

  1. Amplas seluruh permukaan kursi kayu untuk menghilangkan sisa cat yang masih menempel
  2. Bersihkan sisa debu amplas yang masih terdapat pada permukaan kayu
  3. Gunakan Biovarnish Wood Filler untuk menutup pori-pori agar tampilannya lebih tajam dan optimal. Campurkan air kemudian aduk hingga homogen. Aplikasikan menggunakan pisau pallet ke seluruh permukaan kayu. Diamkan kayu yang sudah diaplikasikan filler kayu tersebut selama 30 menit. Dan apabila sudah kering, amplas menggunakan kertas amplas alumunium oxide no. 240
  4. Gunakan Biovvarnish Wood Stain warna Gardena Teak.Campurkan air dengan perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian aduk hingga homogen. Aplikasikan ke seluruh permukaan kayu menggunakan kuas atau spray gun. Diamkan kayu selama 60 menit di tempat yang teduh lalu amplas ambang menggunakan kertas amplas alumunium oxide no. 400 apabila sudah kering
  5. Gunakan Biovarnish Clear Coat, karena digunakan untuk bagian taman atau eksterior maka sebaiknya gunakan tampilan matte. Campurkan air dan aduk hingga homogen kemudian aplikasikan ke seluruh permukaan kayu. Diamkan kayu yang sudah diaplikasikan clear coat selama semalam.
  6. Kursi kayu taman pun siap digunakan.

Untuk mendapatkan varian produk finishing yang aman ini, Anda bisa menghubungi kontak yang tertera pada website ini. Atau kunjungi langsung ke Bio Office yang terletak di Jln. Sidikan No. 94, Sorosutan, Yogyakarta atau juga di wilayah lain yakni Jepara dan Cirebon.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here