Solusi Furnitur Eksterior Agar Awet Dengan Finishing Cat Kayu Ini

717

Furniture taman tidak mudah lapuk jika menggunakan proses finishing warna garden teak dengan benar.

Jika Anda adalah salah satu yang gemar menata taman, maka Anda memerlukan sebuah bangku kayu taman yang apik dan melapisi cat yang tahan cuaca. Karena furniture taman biasanya sangat rentan terhadap cuaca, hasilnya jika tidak dilapisi cat yang tepat adalah warna akan mudah menjadi keabu-abuan bahkan kayu furniture akan mudah lapuk.

Masalah tersebut dapat diatasi jika berawal dari penggunaan kayu yang khusus untuk outdoor. Tidak semua jenis kayu memiliki karakter yang sama sehingga dibutuhkan perawatan yang cukup berbeda. Untuk kayu outdoor sebaiknya adalah jenis kayu dengan ketahanan cuaca yang bagus sehingga akan lebih awet ketika digunakan untuk bagian taman. Maka dari itu, pastikan untuk selalu menggunakan jenis kayu sesuai dengan kebutuhan yakni indoor atau outdoor. Sedangkan untuk furniture garden seperti bangku taman maka disarankan menggunakan kayu keras dengan ketahanan kelas 1 atau 2 seperti kayu jati.

CS Biovarnish

Memang, kayu jati merupakan jenis kayu primadona dengan berbagai keisitimewaan yang dimilikinya. Bahkan, di luar negeri lebih memilih kayu jati untuk kebutuhan outdoor seperti rumah kayu, bangku taman, gazebo dll.  Sayangnya, kayu jati merupakan jenis kayu yang cukup langka saat ini sehingga harga jualnya pun tinggi. Kelangkaan tersebut bukan diakibatkan karena banyaknya penebangan melainkan pertumbuhan kayu jati yang lambat. Untuk dapat menggunakan kayu jati dengan kualitas terbaik maka dibutuhkan waktu pertumbuhan 50 tahun atau ratusan tahun. Sedangkan saat ini, untuk memenuhi kebutuhan pasar maka kayu jati yang digunakan hanya cukup mencapai pertumbuhan 15 hingga 25 tahun.

Anda dapat menggunakan alternatif kayu lain pengganti dari kayu jati. Berikut kayu khusus outdoor yang dapat menjadi altenatif pengganti kayu jati:

  1. Kayu Merbau. Kayu ini memiliki serat yang lurus dan padat sehingga biasanya banyak digunakan untuk daun pintu atau jendela. Kayu ini juga dapat digunakan untuk furniture asalkan dilapisi dengan cat agar tampilannya lebih menarik. Untuk pengalahan, Anda harus hati-hati karena kayu ini mudah bengkok sedangkan untuk perawatan termasuk jenis kayu yang tidak membutuhkan perawatan ekstra. Warna dari kayu merbau pada umumnya kecoklatan kemerah-merahan namun adapula yang cenderung gelap sehingga paling cocok jika untuk warna natural adalah warna natural kayu yang gelap.
  2. Kayu Bengkirai. Kayu yang satu ini dikenal dengan ketahanannya yang bagus terhadap perubahan cuaca, air dan serangga. Saking kuatnya, kayu ini biasanya digunakan untuk keperluan decking atau lantai kayu baik indoor atau outdoor. Namun, warna dari kayu ini cenderung gelap untuk kayu terasnya sedangkan bagian kayu gubal cenderung terang yakni warna krem.
  3. Kayu Ulin. Kayu ini disebut juga dengan kayu besi karena ketahanannya yang bagus. Warna kayu ulin cenderung cerah seperti coklat muda sehingga dapat ditimpa dengan tampilan warna finishing apapun. Konon, jenis kayu ini ketika terkena air akan semakin bagus sehingga banyak digunakan untuk kebutuhan outdoor
  4. Kayu Damar Laut. Kayu damar laut termasuk jenis kayu keras yang cocok digunakan untuk kebutuhan outdoor karena tahan cuaca. Warna dasar kayu ini cenderung akan lebih gelap jika digunakan untuk luar ruangan maka dari itu akan lebih baik jika menggunakan tampilan warna finishing yang gelap. Sayangnya, untuk pengolahan jenis kayu ini Anda harus lebih hati-hati karena kayu tergolong keras dan mudah retak
  5. Kayu Meranti Merah. Kayu ini sangat cocok digunakan untuk kebutuhan outdoor ataupun material bangunan. Sebab, kayu meranti merah jenis kayu yang cukup kuat dan awet. Selain itu, kayu ini juga tahan cuaca sehingga tidak mudah mengalami penyusutan atau pemuaian. Pada umumnya, kayu meranti banyak digunakan sebagai parket, lantai kayu, kusen, daun jendela/pintu dll.

Namun, apabila Anda menginginkan untuk penggunaan jenis kayu lain selain kayu diatas maka dibutuhkan perawatan lebih karena cenderung rentan rusak. Biasanya, kayu ketika terpapar cuaca setiap hari dengan perubahan cuaca yang tidak menentu terlebih saat cuaca ekstrim akan membuat kayu mudah lapuk. Seperti yang dijelaskan diatas, agar kayu tidak mudah lapuk dan tahan lama maka langkah yang perlu dilakukan untuk mengantisipasi permasalahan tersebut adalah lakukan finishing warna garden teak. Apabila Anda lakukan finishing dengan asal-asalan maka yang dihasilkan furniture tidak maksimal baik dari warna dan kualitas ketahanan kayu. Finishing warna garden teak yang tepat sangat berpengaruh terhadap warna yang dihasilkan.

Finishing Warna Garden Teak Yang Tepat Menghasilkan Warna Maksimal

Untuk melindungi permukaan hingga bagian serat dalam kayu secara optimal. Anda dapat menggunakan jenis cat kayu yang tahan cuaca dan aman digunakan. Ya, tidak semua jenis kayu aman digunakan sehingga cukup sulit untuk didapatkan. Cat kayu yang aman jauh lebih ramah lingkungan dan tidak menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Selama ini, jenis cat kayu yang ada mengandung bahan-bahan kimia berbahaya yang justru membahayakan kesehatan dan lingkungan sekitar.

Biovarnish adalah solusi bagi Anda untuk finishing outdoor dan aman digunakan. Sebab, Biovarnish dilengkapi dengan formula bahan-bahan kimia yang aman dan kandungan VOC-nya yang rendah. Nah, menariknya adalah Biovarnish merupakan cat kayu water based yang sedang naik daun, loh. Tentu Anda tidak asing lagi dengan cat water based, bukan? Cat kayu ini sedang tren di kalangan buyer mancanegara karena kandungan bahannya yang aman dan ramah lingkungan. Memang di Indonesia belum terlalu familiar namun banyak produsen lokal yang telah mengembangkan cat water based. Nah, Bioindustries adalah produsen cat lokal yang menjadi pelopor cat water based di Indonesia.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan ketahanan kayu yang bagus, langkah ini bisa Anda lakukan. Berikut langkah-langkah finishing warna garden teak:

  1. Amplas terlebih dahulu permukaan furniture agar bersih dari kotoran yang menempel pada kayu. Jika ada lubang atau cacat kayu, gunakan dempul untuk meratakan permukaan kayu. Kemudian amplas kembali hingga permukaan kayu kembali rata.
  2. Jika Anda menginginkan hasil close pore atau ingin menyamarkan cacat kayu maka Anda dapat menggunakan Biovarnish Wood Filler. Caranya, larutkan terlebih dahulu dengan air lalu aplikasikan dengan pisau palet atau sejenisnya. Lalu diamkan selama 20-30 menit dalam suhu ruangan. Jika sudah kering, amplas dengan kertas amplas alumunium oxide no. 240
  3. Aplikasikan Biovarnish ke seluruh permukaan atas untuk mendapatkan warna yang diinginkan. Tunggu hingga kering kemudia lihat warna yang dihasilkan. Jika warna belum maksimal, amplas permukaan kayu hingga halus  kemudian aplikasikan kembali Biovarnish. Lakukan langkah ini sampai Anda mendapat warna yang sesuai. Lalu keringkan dalam suhu ruangan selama 60 menit dan apabila sudah kering sentuh maka amplas ambang menggunakan kertas amplass alumunium oxide no. 400.
  4. Aplikasikan topcoat setelah Biovarnish mengering. Gunakan Biovarnish Clear Coat sesuai takaran ( 2 bahan clearcoat: 1 bahan air). Tunggu hingga kering dan dapatkan hasil warna yang ditampilkan. Biarkan mengering pada suhu kamar, kira-kira 20 menit untuk mendapatkan kering sentuh. Untuk mendapatkan kering packing, biarkan media kayu yang telah difinishing selama 24 jam. Sedangkan untuk mendapatkan kering full curing, diamkan selama 7×24 jam. Sebelum kering sentuh didapatkan, tidak disarankan melakukan pengeringan menggunakan oven ataupun dijemur langsung di bawah sinar matahari.

Langkah-langkah di atas menggunakan cat aman dan ramah lingkungan Bio Industries. Bahan-bahan yang digunakan terutama Biovarnish pun sesuai dengan standarisasi keamanan Internasional seperti US-Environmental Protection Agency (EPA) dan standard regulasi dari European Chemicals Agency (ECHA)REACH. Sehingga dipastikan aman bagi kesehatan tubuh dan tidak mencemari lingkungan. Bahkan cat water based tersebut memiliki VOC yang sangat rendah dan tidak beracun.

Penggunaan cat yang aman merupakan salah satu langkah tindak lajut dari gerakan go green. Untuk menjaga lingkungan dan menghindari pencemaran lingkungan, gunakan cat water based sebagai pilihan utama Anda. Satu kali Anda aplikasikan, Anda telah ikut serta dalam menjaga bumi dari dampak pemanasan global. Apakah Anda ingin ikut serta menjaga lingkungan dengan cat water based? Anda dapat menghubingi Customer Service Bio Industries untuk pemesanan dan menanyakan lebih lanjut cat water based tersebut, via telpon pada kontak hotline yang sudah tertera pada website. Atau Anda dapat mengunjungi Office Centre Bioindustries di Jl. Sidikan No. 94, Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta
Menggunakan cat water based berarti Anda telah menjaga lingkungan. Gunakan cat aman ketika finishing warna garden teak demi menjaga kesehatan dan lingkungan sekitar. Bumi Sehat Anda pun Sehat. Semoga Bermanfaat!

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here