Cat Kayu Transparan Outdoor Untuk Kursi Taman Agar Tidak Flacking

108

Memiliki taman atau bahkan ruang yang terbuka seperti rooftrop dimanfaatkan untuk relaksasi atau bersantai. Terlebih manusia urban saat ini yang jauh menghabiskan waktunya di luar ruangan sehingga ada kalanya untuk menikmati waktu luang dilakukan dengan bersantai di taman atau rooftop dengan melakukan aktivitas tertentu baik bermain hp, membaca buku sambil mendengarkan musik atau yang lainnya.

Untuk menunjang kenyamanan dalam melakukan aktivitas di taman maka gunakan furniture yang tepat yakni kursi taman. Tentu desain kursi taman setiap orang berbeda-beda dalam masalah selera namun tampilan yang paling digunakan pada kursi adalah tampilan natural kayu. Tampilan ini mungkin di pandang sudah biasa namun nyatanya banyak pula yang menyukai tampilan yang satu ini. Sebab, tampilan natural kayu ketika diterapkan di furniture akan memberikan kesan alami dan elegan meskipun desain furniture tersebut selalu berbeda-beda. Nah, bisa Anda jumpai pada desain modern yang ternyata warna natural kayu tetap diterapkan. Hal ini membuktikan bahwa  tampilan natural kayu mampu diterapkan pada jenis furniture apapun baik interior maupun eksterior.

Kursi taman merupakan furniture eksterior yang mana furniture tersebut lebih sering berinteraksi langsung dengan masalah cuaca. Terlebih di Indonesia yang seringkali mengalami musim ekstrim sehingga dibutuhkan cat kayu yang mampu memberikan perlindungan secara maksimal pada media yang dilapisinya. Sebab, baik paparan sinar matahari maupun air hujan bisa membuat media tersebut rusak alhasil kayu mudah membusuk. Kelembaban yang berubah-ubah pada kayu membuat kayu tersebut mudah membusuk dan diserang jamur atau rayap.

CS Biovarnish

Jamur dan rayap merupakan musuh bagi setiap penghuni, pengrajin atau pengusaha mebeling. Bagi seorang pengusaha atau seorang yang berkecimpung dalam bidang perkayuan mungkin sudah memahami cara yang tepat untuk mencegah terjadinya serangan jamur atau rayap, lalu bagaimana dengan orang yang masih awam dalam hal tersebut? Nah, bagi Anda yang belum tahu apa saja yang harus dilakukan untuk mencegah terjadinya serangan jamur dan rayap, ada baiknya Anda memilih cat kayu yang tepat. Jika sudah menggunakan cat kayu yang tepat maka Anda bisa mengaplikasikan obat anti jamur dan obat anti rayap.

 Masalah-masalah yang ditemui pada furniture eksterior jauh lebih banyak seperti adanya perubahan warna karena pergantian cuaca, terserang jamur dan rayap dan cat mengalami flacking. Cat yang mengelupas atau pun memudar akan jauh lebih beresiko mengalami kerusakan sebab hal itu lah yang menjadi penyebab utama dari terserangnya jamur dan rayap. Maka dari itu, gunakan cat kayu yang memiliki fitur tahan air, weather resistance dan elastisitas cat kayu yang baik. Sehingga proteksi pada furniture akan jauh lebih optimal.

Refinishing Menggunakan Cat Kayu Transparan Outdoor untuk Kursi Taman

Untuk mendapatkan cat kayu dengan berbagai fitur lengkap tentu tidak mudah karena setiap cat kayu memiliki uggulan masing-masing.  Terlebih cat kayu dengan tampilan transparan sudah banyak tersedia dengan berbagai merk. Daripada salah dalam memilih cat kayu yang kurang tepat untuk furniture Anda, sebaiknya kenali terlebih dahulu cat yang ingin Anda gunakan agar hasilnya pun optimal ketika diaplikasikan ke permukaan kursi taman Anda.

Banyak orang mengerahkan ke orang lain ketika tampilan kursi taman sudah mulai usang atau sedikit mengalami kerusakan. Namun, adakalanya orang mengabaikan masalah ini sehingga kursi taman yang digunakan pun cepat rusak dan lapuk jadi jangan salahkan apabila kursi taman Anda tidak bisa bertahan lama sebagai mestinya. Memang ada baiknya merawat furniture secara rutin untuk mengurangi masalah-masalah yang sering muncul pada furniture eksterior sebelum furniture tersebut mulai rusak atau tampilannya berubah.

Jika ternyata furniture mulai mengusam ataupun mengalami masalah-masalah yang disebutkan diatas maka segara refinishing atau pengecatan ulang pada furniture tersebut. Selain akan melindungi kayu lebih baik, refinishing juga akan meremajakan tampilan kursi taman kayu. Bahkan, apabila Anda melakukan refinishing sendiri di rumah maka Anda bisa menentukan tampilan lain yang sesuai dengan selera Anda. Tentu, agar hasilnya bisa menyerupai layaknya furniture yang di jual di toko mebeling atau dari tangan profesional maka Anda harus melakukan finishing dengan cara yang tepat.

Lalu cat kayu transparan outdoor untuk kursi taman apa yang baik? Semakin majunya teknologi dan masyarakat dunia yang mengedepankan penggunaan produk yang ramahh lingkungan maka ada baiknya Anda memulai untuk menggunakan cat kayu water based. Cat kayu ini memang baru di Indonesia dan bahkan di negara-negara lain. Munculnya cat kayu ini dilatarbelakangi oleh banyaknya cat kayu yang ternyata menggunakan bahan kimia berbahaya. Bahkan kandungan VOC di udara yang notabene berasal dari cat justru mampu menyebabka pelebaran lapisan ozon. Maka dari itu, penggunaan cat water based ini bertujuan untuk mengurangi polusi udara yang sebagian disebabkan oleh cat kayu deengan kandungan bahan kimia berbahaya.

Biovarnish merupakan cat kayu water based yang kami sarankan untuk Anda karena kualitas dan kandungan bahannya yang sudah terstandar keamanannya. Kualitas cat kayu water based ini hampir sama dengan cat water based dari luar negeri karena bahan yang digunakan sudah teruji laboratorium dan bahkan bahan-bahan yang terkandung dalam cat sudah disesuaikan dengan standar regulasi keamanan bahan kimia internasional yakni US Enviromental Protection Agency (EPA) dan European Chemical Agency (ECHA) Reach.

Berikut refinishing yang tepat menggunakan cat kayu transparan untuk kursi taman:

  1. Amplas seluruh permukaan kayu untuk menghilangkan sisa debu yang tersisa sekaligus memperhalus permukaan kayu agar mempermudahkan proses refinishing
  2. Gunakan Biovarnish Wood Filler bertujuan untuk menyamarkan bagian kayu yang cacat dan sekaligus bertujuan untuk menutup pori-pori kayu agar tampilan cat lebih cepat keluar. Sebelum mengaplikasikan, larutkan terlebih dahulu menggunakan air secukupnya kemudian aduk hingga tercampur dengan baik. Setelah itu, aplikasikan ke seluruh permukaan kayu dan bagian yang mengalami cacat menggunakan pisau palet atau sejenisnya. Lalu diamkan saja selama 20-30 menit di tempat yang teduh, Anda tidak perlu mengeringkannya dibawah sinar matahari meskipun akan lebih cepat kering. Jika sudah kering, amplas ambang menggunakan kertas amplas alumunium oxide no. 240
  3. Gunakan Biovarnish Liquid Stain untuk pewarnaan pada furniture, sebelumnya tentukan tampilan warna yang diinginkan sebab Biovarnish menyediakan 20 varian warna yang bisa Anda pilih sesuai selera Anda. Caranya, larutkan Biovarnish Liquid stain menggunakan air agar cat lebih encer dan sekaligus menurunkan intensitas warna agar saat diaplikasikan layer pertama pada permukaan kayu jatuhnya tidak terlalu tua. Kemudian kuaskan ke seluruh permukaan kayu searah dengan serat kayu tersebut. Jika sudah diaplikasikan secara merata, diamkan di tempat teduh kurnag lebih 60 menit. Apabila sudah kering sentuh, amplas ambang dengan kertas amplas alumuniium oxide no. 400
  4. Gunakan Biovarnish Sanding Sealer untuk mempertajam coating sebelumnya. Lakukan pengaplikasian seperti pada langkah no. 3
  5. Untuk tahap akhir, gunakan Biovarnish Clear Coat untuk mengunci warna dan memberikan efek akhir pada kursi yakni matte atau gloss. Aplikasikan ke seluruh permukaan kayu menggunakan kuas atau semprot. Lalu diamkan selama semalaman untuk hasil optimal.
beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here