7 Model Tangga Kayu untuk Percantik Rumah Hunian

2
Tips Cara Mengecat Besi dengan dengan Kuas Paling Mudah

Memberikan kesan menarik pada rumah adalah keinginan setiap pemilik rumah. Salah satunya adalah dengan desain tangga kayu yang cocok dengan rumah tersebut.

Rumah yang bertingkat tidak lepas dari adanya tangga. Seringnya, tangga ini diletakkan di bagian depan atau bagian belakang rumah. Namun, jika rumah Anda tergolong sempit maka harus mempertimbangkan jenis tangga yang akan digunakan.

Selain karena fungsinya, tangga juga dapat diperhatikan tampilannya yang estetik. Nah, bagi rumah Anda yang sempit maka hal yang harus diperhatikan adalah dimensi tangga, model tangga serta material yang digunakan.

CS Biovarnish

Untuk hunian rumah yang sempit, alangkah baiknya untuk menghindari penggunaan material beton. Pasalnya, beton memberikan kesan ruang menjadi lebih sempit karena beton berukuran besar dan berupa blok per blok. Disarankan untuk menggunakan jenis tangga dari kayu. Selain karena kayu terkesan lebih efisien tempat, material tersebut juga memberikan kesan yang estetik dan unik.

7 Model Anak Tangga Kayu yang Cantik untuk Rumah

Tangga yang terbuat dari kayu memberikan kesan rumah lebih elegan dan eksotis. Tidak hanya itu, tampilan kayu juga menciptakan ruang semakin berkelas. Wajar saja, jika tangga kayu tidak hanya diterapkan pada rumah minimalis melainkan juga rumah dengan lahan yang luas mulai dari model klasik hingga modern.

Inspirasi 7 Ide Desain Tangga Interior Yang Elegan

Ada berbagai macam model anak kayu yang bisa Anda jadikan referensi rumah Anda, terutama model tangga yang cocok diaplikasikan pada rumah dengan gaya minimalis:

  • Tangg Kayu Putih

Salah satu referensi yang cocok untuk rumah dengan gaya minimalis adalah penggunaan kayu putih. Warna putih sangat cocok untuk rumah minimalis karena memberikan kesan ruang yang lebih lega dan bersih. Begitu pula ketika diterapkan pada tangga sehingga akan mendukung kesan lega pada ruangan minimalis.

Material tangga warna putih tersebut bisa menggunakan kayu solid, particle board atau pun kayu campuran. Untuk menambah kesan yang natural, Anda dapat menggunakan railing dari kayu tanpa coating atau warna natural kayu.

  • Tangga Kayu Lemari

Untuk mendukung ruang yang lebih praktis seperti halnya dengan tujuan dari fungsi minimalis maka Anda dapat menggunakan tangga kayu lemari, yaitu tangga yang juga dimanfaatkan sebagai lemari untuk menyimpan barang seperti buku ataupun benda hiasan.

Anak tangga ini umumnya didesain lurus dengan model yang sederhana. Namun, tangga ini sangat efektif buat rumah yang cenderung sempit dan ingin terkesan praktis. Dengan adanya lemari bawah tangga menjadi lebih hemat tempat.

  • Tangga Kayu Melayang

Nah, jika menginginkan desain rumah yang unik namun tetap terkesan minimalis dan modern maka Anda dapat menggunakan tangga kayu melayang. Tangga ini umumnya disambung langsung dengan tembok di satu sisinya. Berbeda dengan tangga kayu lainnya yang menggunakan railing, tangga ini justru tanpa railing sehingga terkesan berjalan di balok yang melayang.

  • Tangga dengan Laci Tersembunyi

Tangga dengan laci tersembunyi memiliki fungsi yang sama dengan tangga lemari yakni terdapat tempat untuk penyimpanan. Namun, yang membedakan dengan tangga lemari adalah tangga tersebut memiliki tempat penyimpanan di antara anak tangga sebagai laci. Jumlah anak tangga yang banyak akan membuat ruang penyimpanan lebih menarik karena Anda tidak perlu mencari tempat penyimpanan lagi.

  • Tangga Kayu Lipat

Jika Anda memiliki ruang yang tidak begitu luas, apalagi untuk menempatkan tangga maka tidak ada salahnya jika Anda memasang tangga kayu lipat. Tangga ini sangat banyak diterapkan untuk rumah dengan yang sempit.

Tangga model ini masih sedikit diterapkan di Indonesia sehingga Anda mungkin tertarik untuk menggunakan model tangga yang satu ini.

  • Tangga Railing Kaca

Tangga kayu ini hampir mirip dengan tangga kayu melayang namun yang membedakan adalah tangga ini menggunakan railing berupa railing kaca. Seperti yang diketahui, kaca akan memberikan kesan ruang yang luas sehingga dengan menerapkan kaca di tangga akan menciptakan ruang yang lebih lega.

  • Tangga Menyatu Dengan Dinding

Tangga yang menyatu dengan dinding ini adalah tangga yang diciptakan pada lorong yang disambungkan ke lantai dua sehingga tangga tersebut dimodifikasi langsung menyatu dengan dinding yang satu dengan yang lainnya. Oleh karena diletakkan di antara dinding, Anda dapat menambahkan lampu di antara anak tangga untuk memberikan kesan ruang yang lebih estetik sekaligus sebagai penerang.

Tips Finishing Tangga Kayu yang Benar dan Ramah Lingkungan

Ketika tangga sudah dipasang menyatu, proses proses selanjutnya adalah finishing. Umumnya, cat kayu mengeluarkan bau yang sangat menyengat sehingga membuat penghuni rumah merasa kurang nyaman. Oleh karena itu, saat proses finishing alangkah baiknya untuk menggunakan masker dan kaca mata untuk menghindari rasa perih dan pusing.

Sebagai alternatif lain, Anda dapat menggunakan cat kayu yang tidak mengeluarkan bau menyengat namun tetap aman digunakan. Cat tersebut adalah cat water based yang dikenal sebagai cat kayu yang ramah lingkungan. Cat ini sangat cocok untuk finishing di tempat indoor seperti tangga tersebut.

Nah, cat water based yang direkomendasikan untuk finishing tangga adalah Biothane 2K. Cat kayu ini mengandung hardener sehingga ketika digunakan untuk melangkah, anak tangga tidak akan lecet karena gesekan, tahan air dan heavy duty lainnya.

Untuk proses finishing, ada dua cat kayu yang digunakan yakni Biovarnish Sanding Sealer dan Biothane 2K.

Bagi Anda yang penasaran dan ingin mencoba menggunakan Biovarnish dan Biothane 2K, langsung saja order melalui kontak hotline yang terdapat di website ini. Atau dapat langsung order melalui marketplace di bawah ini:

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/bioindustries

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries

Shopee: https://shopee.co.id/biovarnish.official

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here