Distributor Cat Dasar Kayu Ramah Lingkungan dan Aman Biovarnish

703

Cat dasar kayu ramah lingkungan bukanlah cat dengan bahan dasar solvent melainkan water based yang terbukti rendah VOC sesuai EPA.

Pernah kah Anda mengecat sesuatu? Jika pernah, cat apa yang Anda gunakan? Pada umumnya, orang-orang akan menyebutkan merk namun tidak sedikit pula yang menyebutkan jenisnya seperti plitur. Pasalnya, tidak semua jenis cat kayu aman untuk digunakan. Adakalanya, cat tersebut menyebabkan berbagai masalah kesehatan terutama bagi Anda yang sensitif terhadap bahan kimia.

Cat dasar kayu ramah lingkungan merupakan cat yang aman untuk digunakan dan tidak mengakibatkan alergi. Cat ini berbahan dasar alami maka dari itu, cat tersebut dikatakan sebagai cat yang ramah lingkungan. Dengan menggunakan cat dasar kayu ramah lingkungan ini, perabotan rumah tangga seperti pintu, almari, kursi, dan meja kayu akan lebih awet dan tidak berbau. Dengan begitu, barang-barang yang ada di lemari Anda seperti baju dan celana tidak berbau apek. Cat dasar kayu ramah lingkungan merupakan cat yang sangat direkomendasikan sebagai cat dasar kayu pada perabotan rumah tangga karena tidak berdampak buruk pada kesehatan mau.pun lingkungan.

Cat Dasar Kayu Ramah Lingkungan Yang Paling Aman

CS Biovarnish

Dengan menggunakan cat dasar kayu ramah lingkungan maka perabotan rumah tangga berbahan kayu menjadi lebih aman dari kerusakan. Apabila perabotan rumah tangga kayu tidak dilapisi menggunakan cat dasar ini, resiko yang terjadi adalah perabotan kayu Anda menjadi lebih mudah lapuk karena kelembaban udara dan cuaca. Gunakanlah cat dasar kayu ramah lingkungan supaya perabotan rumah tangga kayu Anda menjadi lebih awet dan tahan lama. Dengan menggunakan cat dasar kayu ramah lingkungan ini, tidak akan ada rayap yang berani mendekat sehingga perabotan Anda menjadi lebih awet.

Tahu kah Anda jenis cat apakah yang aman dan ramah lingkungan? Hingga saat ini, faktanya masih banyak cat kayu yang mengandung bahan-bahan kimia berbahaya sehingga menyebabkan beberapa masalah kesehatan seperti sesak nafas, iritasi kulit ataupun alergi. Pada umumnya, kandungan cat yang berbahaya tersebut diantaranya adalah arsenic, timbal atau merkuri. Kandungan timbal pernah di larang penggunaannya karena menyebabkan penyakit serius seperti cacat lahir ataupun polip. Dan untuk merkuri pada suatu cat juga berbahaya seperti halnya digunakan pada bahan make up. Sayangnya, bahan-bahan kimia seperti ini masih saja digunakan untuk bahan cat. Selain itu, cat tersebut mengeluarkan bau cat yang menyengat sehingga membuat sebagian orang merasa pusing atau sesak nafas.

Menurut EPA, cat yang tidak ramah lingkungan tersebut juga mengandung VOC yang tinggi. Orang pada umumnya belum tentu mengetahui tentang VOC dan dampak yang dihasilkan. Bahwasannya VOC merupakan senyawa organik  mudah menguap yang diemisikan menjadi gas dan berasal dari cairan atau padatan. Kandungan VOC tersebut dapat berdampak buruk pada kesehatan dalam jangka pendek ataupun dalam jangka panjang. Jangka panjang kandungan tersebut ketika masuk ke dalam tubuh bisa menyebabkan gangguan pernafasan, gangguan  sistem syaraf dan bahkan kanker.

Maka dari itu, banyak negara terutama negara maju mulai membatasi atau melarang penggunaan cat kayu dengan kandungan VOC yang tinggi. Salah satu cat kayu yang mengandung VOC tinggi adalah cat solvent based atau cat kayu yang menggunakan bahan dasar solvent atau minyak.  Cat ini banyak dijumpai di pasaran, sayangnya masyarakat Indonesia masih banyak yang menggunakannya. Adakah cat kayu yang lebih ramah lingkungan dibandingkan cat solvent based?

Anda tidak perlu khawatir karena cat kayu ramah lingkungan kini mulai merambah pasar Indonesia. Cat ramah lingkungan tersebut adalah cat water based atau cat dengan bahan dasar air. Cat kayu water based diklaim ramah lingkungan karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya dan rendah VOC. Cat water based memang tergolong baru di bidang finishing di Indonesia. Namun, apabila Anda seorang aplikator atau masuk ranah mebeling tentu cat water based sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Mungkin dulu akan kesulitan ketika harus menggunakan cat water based karena minat buyer mancanegara kebanyakan adalah finishing cat water based sehingga harus mengimpor cat water based dari luar negeri. Namun, saat ini Anda bisa mendapatkan cat water based dengan kualitas yang tidak kalah dengan cat water based luar negeri

Cat Dasar Kayu Ramah Lingkungan Yang Paling Di Rekomendasikan

Bio Industries merupakan salah satu produsen cat kayu yang bergerak khusus untuk menciptakan dan mengembangkan cat water based di Indonesia. Bahkan produsen cat lokal ini menjadi pelopor cat water based di Indonesia karena keberadaannya sejak tahun 2000-an awal. Dengan lamanya produsen cat tersebut menciptakan cat water based yang berkualitas. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai perkembangan kualitas bahan untuk memenuhi minat pasar dan tentunya sesuai dengan standar keamanan.

Cat water based yang masih langka terutama dengan produk finishing yang lengkap tentu akan mempersulit aplikator agar mempermudah proses finishing. Adakalanya untuk menyiasati produk finishing tertentu menggunakan cat solvent based kemudian dilanjutkan dengan cat water based. Jika demikian, hasil finishing justru tidak optimal karena cat pada media tersebut mesih mengandung minyak. Faktanya, minyak yang digunakan pada cat justru mengandung VOC dan lebih cepat memudar.

Untuk hasil yang optimal, Anda disarankan untuk menggunakan produk-produk finishing secara lengkap. Mulai dari tahai pengaplikasian basecoat, maincoat dan topcoat. Maka dari itu, Biov Industries menawarkan produ-produk finishing yang lengkap sesuai dengan setiap finishing. Dengan mengaplikasikan produk finishing berkualitas dan aman maka furniture tersebut tetap aman dan nyaman digunakan.

Bio Industries menawarkan beberapa produk finishing yang ramah lingkungan dan terbuat dari water based acrylic. Adapun produk-produk finishing Bio Industries sebagai berikut:

  1. Biovarnish. Cat kayu yang khusus digunakan untuk warna natural kayu dan dapat diaplikasikan ke media finishing serat apapun. Biovarnish terdiri dari beberapa varian produk diantaranya adalah Biovarnish Wood Filler, Biovarnish Liquid Stain, Biovarnish Wood Stain, Biovarnish Sanding Sealer, Biovarnish Clear Coat dan Biovarnish Glaze. Untuk Biovarnish Wood Filler terdiri dari 4 warna yakni warna kayu jati, kayu ramin, kayu sungkai dan kayu mahoni. Sedangkan untuk wood stain atau colouring, Biovarnish terdiri dari 20 varian yang dapat Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan mulai dari warna kayu terang hingga yang gelap.
  2. BioColours Biothane. Cat kayu yang khusus berfungsi sebagai topcoat untuk media finishing heavy duty. Dengan ketahanan yang kuat, cat tersebut mampu melindungi kayu dari berbagai perubahan cuaca ekstrem. Biasanya cat ini digunakan untuk lapisan furniture outdoor seperti di pantai, decking dll
  3. BioDuco. Cat kayu khusus digunakan untuk finishing kayu untuk warna solid. Seperti halnya dengan Biovarnish, cat kayu tersebut juga terdapat beberapa produk finishing untuk memenuhi setiap tahap finishing. Diantara produk finishing BioDuco adalah BioDuco Wood Putty, BioDuco Primer Coat, BioDuco Solid, BioDuco, Clear Coat dan BioDuco Chalk Paint
  4. Orchid Enamel Paint. Cat yang khusus digunakan untuk finishing pada kayu dan besi serta hasil finishing warna solid.

Semua produk finishing ini aman digunakan karena bahan-bahan yang digunakan telah disesuaikan dengan standar regulasi keamanan bahan kimia internasional yakni United State Enviromental Protection Agency (EPA) untuk batas kandungan VOC. Selain itu, juga disesuikan dengan European Chemical Agency (ECHA) Reach untuk batas penggunaan bahan-bahan kimia. Karena kandungan bahannya yang aman, cat-cat tersebut juga aman digunakan untuk finishing pada mainan anak-anak, furniture bayi ataupun furniture yang khusus bersinggungan dengan bahan makanan seperti kitchenmete.

Produk finishing Bio Industries sangat cocok untuk finishing media apapun karena dilengkapi dengan daya rekat film yang kuat. Bahkan akan lebih menghemat pengeluaran Anda karena tidak perlu membutuhkan pelarut organik seperti thinner, spiritus dan minyak turunannya lainnya melainkan hanya cukup dilarutkan dengan air.

Cat dasar kayu ramah lingkungan yang di jual di website ini merupakan cat dasar kayu yang sangat direkomendasikan, karena selain kualitasnya yang baik juga harganya yang terjangkau. Anda bisa mendapatkan harga yang sangat terjangkau apabila anda membeli dalam jumlah banyak dan anda bisa menghubungi via telp. pada kontak hotline yang tercantum pada website. Atau Anda dapat memsan langsung melalui marketplace Bio Industries yakni https://www.tokopedia.com/bioindustries atau https://www.bukalapak/u/store_bioindustries. Jika Anda sedang berada di Yogyakarta, Anda dapat mengunjungi kantor kami di Jl. Sidikan no.94, Yogykarta.

Cat dasar kayu ramah lingkungan merupakan cat yang sangat di anjurkan untuk di gunakan karena dengan menggunakan cat dasar ini maka perabotan anda menjadi lebih awet. Pastikan untuk menggunakan produk-produk ramah lingkungan guna mengurangi dampak buruk terhadap kesehatan dan lingkungan.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here