Aplikasi Cat Kayu Aman Pada Dinding Bambu Agar Terlindungi Optimal

1298

Dinding bambu sangat sering digunakan di Indonesia sampai saat ini. Agar lebih eye-catching gunakan cat kayu aman yang tepat.

Bambu juga bisa dikatakan sebagai media yang serbaguna karena memang dapat dimanfaatkan sebagai furniture, konstruksi berat ataupun ringan dan bahkan kerajinan.

Pada umumnya, masyarakat dahulu sering menggunakan bambu sebagai dinding dengan cara dianyam. Namun, desain furniture atau dekorasi dengan bambu saat ini telah berkembang dan bahkan sering digunakan untuk hunian modern.

CS Biovarnish

Tentu saja mengalami berbagai inovasi yang membuat bambu tersebut semakin diminati oleh konsumen bukan hanya untuk konstruksi ataupun furniture. Di tangan pengrajin, bambu bisa menjadi sebuah karya seni untuk hiasan rumah yang lebih artistik.

Terdapat banyak macam jenis bambu yang dapat digunakan untuk kerajinan. Lalu bagaimana agar bambu tersebut dapat awet digunakan dan tetap menampilkan estetika yang bagus.

Untuk menciptakan tampilan dinding bambu lebih menarik, lapisi cat kayu aman agar dapat melekat dengan baik serta tidak menyebabkan bau yang menyengat.

Ada beberapa cara agar bambu tersebut lebih awet selain dengan pengaplikasian cat diantaranya adalah

  • Untuk menjaga kualitas bambu dan terhindar dari serangan rayap atau jamur maka aplikasikan obat pengawetan khusus bambu. Cara yang dilakukan pun untuk pencegahan diantaranya adalah perendaman dan vakum tekan.
  • Oleskan wax pada bambu secara rutin untuk menjaga tampilan warna bambu tetap mengkilap sehingga terkesan baru.
  • Bersihkan dinding bambu dari debu agar tampilannya tetap tajam dan terlindungi dengan baik

Seperti halnya dengan furniture atau konstruksi berbahan kayu atau serat alam lainnya, bambu juga perlu dirawat secara berkala dan rutin untuk menjaga kualitas tampilan dan kekuatan bambu itu sendiri.

Kenapa harus menggunakan bambu bukan dengan serat alam yang lain? Tentu saja ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan begitu pula mengenai selera oleh setiap orang.

Nah, ada beberapa fakta unik yang dimiliki bambu untuk kepentingan konstruksi bangunan ataupun furniture. Berikut ulasannya!

  1. Bambu lebih tahan dibandingkan beton dan besi. Meskipun bambu adalah material yang rentan terhadap rayap dan mudah terbakar namun ada fakta unik dari bambu tersebut. Bambu memiliki daya tarik yang lebih kuat dibandingkan besi dan memiliki daya tahan terhadap hantaman yang kuat dibandingkan beton. Wajar saja jika bambu dapat dimanfaatkan sebagai konstruksi bangunan mulai dari yang ringan hingga yang berat.
  2. Bambu merupakan tanaman yang tumbuhnya sangat cepat. Dalam waktu sehari, bambu mampu tumbuh sekitar 4cm. Bahkan bambu dapat mencapai ketinggian sekitar 50m. Maka dari itu, bambu menjadi alternatif pengganti kayu yang notabene kayu memiliki masa panen yang lebih lama dan harga jualnya yang lebih tinggi.
  3. Ya, bambu adalah tanaman yang dapat digunakan untuk berbagai macam kegunaan bagi manusia. Bahkan sejak dahulu, bambu digunakan sebagai konstruksi bangunan tetap semi permanen.

Menarik, bukan? Tanaman yang satu ini memiliki peran dan kegunaan yang begitu banyak. Bahkan tanaman bambu juga mudah dijumpai di Indonesia baik di perkebunan, hutan hingga area sekitar sungai

Cat Kayu Aman Yang Tidak Berbau

Sebelum melalui tahap finishing, alangkah baiknya untuk memberikan obat pengawetan pada bambu. Pasalnya, hampir semua jenis bambu rentan terhadap rayap tanah, rayap kayu kering dan kumbang bubuk.

Sehingga ketika bambu langsung digunakan sebagai material konstruksi bangunan atau furniture tanpa melewati pengawetan maka ketanahannya pun sangat rendah dan rentan terserang rayap.

Seperti yang diketahui bahwa Indonesia memiliki cuaca ekstrem setiap tahunnya. Hal tersebut akan berpengaruh pada kelembaban udara di sekitar ruangan termasuk pada bambu.

Kelembaban ini mampu memicu kehadiran rayap untuk mencari makan. Bahkan untuk rayap tanah dapat menembus beton untuk mencapai sasaran makanannya. Jarak yang ditempuh untuk rayap ini ke objek makanannya cukup jauh yakni sekitar 200 meter.

Kekhawatiran ini lah yang sering dijumpai oleh para penghuni rumah dengan konstruksi yang terbuat dari bambu ataupun kayu. Dahulu, untuk melindungi bambu dan kayu maka orang akan menyiram minyak tanah atau solar sebelum ditancapkan ke tanah.

Untuk pengawetan pada bambu, Anda dapat menggunakan obat pengawetan yang dicampur dengan solar agar hasilnya pun optimal dan bambu benar-benar terlindungi.

Untuk pengawetan yang dapat dilakukan sebelum finishing adalah dengan cara perendaman. Cara ini paling hemat dibandingkan dengan cara tekanan udara sebab Anda hanya membutuhkan drum sebagai tempat merendam kayu.

Apabila sudah direndam dan obat pengawetan tersebut benar-benar meresap ke dalam bambu maka keringkan bambu hingga keadaan batang tidak basah. Sebab, kondisi bambu yang basah akan sangat mempengaruhi hasil finishing.

Apabila bambu sudah kering maka langkah selanjutnya adalah melalui proses finishing guna mempercantik bambu tersebut. Selain itu, cat juga akan melindungi bambu secara langsung.

Seringkali kita menjumpai bahwa cat kayu setelah diaplikasikan pada bambu atau media lainnya sering menimbulkan bau yang sangat menyengat. Bau tersebut biasanya muncul pada cat kayu dengan bahan solvent based atau cat dengan pelarut thinner atau sejenisnya.

Justru cat yang dapat menimbulkan bau menyengat sangat berbahaya karena mengandung bahan kimia serta kandungan VOC yang sangat tinggi. Untuk kadar maksimal VOC di udara menurut peraturan menteri kesehatan RI adalah 3 ppm sehingga dalam jangka 8 jam dapat bergantian dengan udara baru.

Kandungan senyawa kimia dalam rumah dapat memicu berbagai macam penyakit bahkan di negara maju, angka kematian akibat pencemaran dalam rumah mencapai 50%.

Agar tampilan dinding bambu tampil lebih cemerlang dan tidak berbau menyengat, gunakan cat kayu aman Biovarnish. Untuk mempermudah finishing, perhatikan langkah-langkah finishing dengan Biovarnish berikut:

  1. Ampelas permukaan bambu untuk menghilangkan kotoran seperti bulu atau pun debu
  2. Gunakan Biovarnish Wood Filler untuk menutup dan menyamarkan cacat pada bambu. Encerkan dengan air terlebih dahulu kemudian setelah diaplikasikan, diamkan kurang lebih 20 menit. Jika sudah kering, ampelas dengan kertas ampelas no. 320
  3. Aplikasikan Biovarnish Wood Stain menggunakan kuas ke seluruh permukaan bambu termasuk cela-cela dinding bambu tersebut. Tunggu hingga cat tersebut kering sentuh selama 60 menit kemudian ampelas halus menggunakan kertas ampelas no. 400
  4. Aplikasikan Biovarnish Clear Coat agar tampilan akhir lebih cemerlang. Setelah diaplikasikan ke seluruh permukaan bambu, diamkan saja cat tersebut mengering kurang lebih selama semalaman.

Cat Kayu Water Based Biovarnish di Indonesia

Biovarnish merupakan cat kayu aman yang dikembangkan untuk menggantikan cat kayu solvent based seperti plitur atau pernis. Cat ini memiliki tampilan tajam yang cemerlang dan tingkat gloss yang baik yakni 80%.

Cat Tersebut sangat aman digunakan karena menggunakan bahan water based acrylic bahkan cat tersebut telah disesuaikan dengan standar regulasi keamanan bahan kimia internasional seperti US Enviromental Protection Agency dan European Chemical Agency.

Sesuai dengan standar keamanan internasional tersebut, Biovarnish bahkan juga aman jika digunakan untuk finishing pada furniture atau mainan anak-anak. Sebab, cat tersebut tidak mengeluarkan racun serta tidak berbau menyengat.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa cat kayu yang aman adalah cat yang tidak atau mengandung rendah VOC. Seperti halnya cat water based yang tidak mengalami proses penguapan sehingga tidak mengeluarkan zat kimia beracun.

Bio Industries adalah salah satu manufaktur asli Indonesia yang mengembangkan produk finishing yang aman dan ramah lingkungan, salah satunya adalah Biovarnish.

Dan Biovarnish terdiri dari berbagai macam produk finishing. Pada tahap diatas sudah disebutkan bahwa Biovarnish terdapat Biovarnish Wood Filler, Biovarnish Wood Stain, Biovarnish Clear dan selain itu adalah Biovarnish Liquid Stain (Wood stain khusus industri), Biovarnish Sanding Sealer dan Biovarnish Glaze.

Selain Biovarnish, Bio Industries juga mengembangkan cat duco yang dinamakan dengan BioDuco. Selain itu juga mengeluarkan cat khusus heavy duty seperti PU.

Tidak hanya produk finishing, Bio Industries juga mengembangkan produk khusus perkayuan lainnya seperti obat anti rayap, obat anti jamur, poles kayu dan bahan bleaching kayu.

Untuk proses finishing, Anda dapat mengaplikasikan saat dimanapun atau kapanpun. Karena cat ini cepat kering meskipun tanpa dikeringkan dibawah sinar matahari. Maka dari itu, saat musim penghujan pun tidak perlu cemas karena cat tidak kering.

Penasaran dimana membeli produk Bio Industries seperti cat Biovarnish. Langsung saja menghubungi kontak hotline yang tercantum pada website ini. Atau dapat melalui email di [email protected] untuk menanyakan lebih detail tentang produk sekaligus tips finishing.

Sedangkan jika ingin membeli produk dengan cara yang lebih cepat dan praktis maka Anda dapat langsung membeli produk Bio Industries via marketplace dibawah ini!

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/catwaterbased

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/biopaint102

Shopee: https://shopee.co.id/Biovarnish.official

Sedangkan untuk pembelian secara offline, Anda dapat membeli produk Biovarnish di toko retail cat terdekat dengan daerah Anda atau melalui agen-agen resmi Bio Industries.

Dan bagi Anda yang berada di Yogyakarta, dapat langsung mengunjungi Bio Office yang terletak di Jl. Sidikan No. 94, Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here