Pentingnya Cat Kayu Mengkilap Pada Tas Rotan Agar Terlindungi

1981

Kebutuhan tas rotan dalam menambah devisa negara membutuhkan kualitas yang tidak sembarangan seperti penggunaan cat kayu mengkilap yang tepat.

Indonesia yang merupakan negara tropis memiliki kekayaan alam yang tidak terhingga salah satunya adalah serat alam. Berbagai macam serat alam tumbuh baik di negara torpis dengan curah hujan tertinggi sepanjang tahun ini.

Contohnya saja seperti pohon penghasil kayu, bambu, rotan , pisang, dll. Dari semua itu yang paling banyak meningkatkan devisa negara adalah kayu dan rotan. Kayu kebanyakan dibuat menjadi furniture atau home decor.

CS Biovarnish

Sedangkan untuk rotan biasa digunakan sebagai material karejinan seperti tas. Material pembuatan tas rotan tidak tergantung pada rotan semua tetapi mengkombinasikan antara kain, kulit, dan juga rotan. Desain yang menarik tergantung dari pembuatnya.

Variasi harga tas rotan tergandung desain dan juga meterial rotan yang digunakan. Kerumitan desain tas biasanya akan memiliki harga yang tinggi tetapi untuk ukuran ekspor terbilang cukup murah. Negara yang paling sering menjadi tujuan ekspor tas rotan tidak lain adalah Amerika.

Kebanyakan masyarakat Amerika menyukai barang etnik seperti tas rotan ini. Tampilan dengan cat kayu mengkilap tentu akan sangat mendukung tas ini bernilai jual tinggi. Kabanyakan masyarakat luar negeri juga menyukai barang mewah dan tas rotan pun dapat dibuat terlihat mewah.

Bagusnya Produk Rotan Untuk Tas

cat-untu-kerajinan-tas-rotan

Rotan merupakan tanaman yang mudah dijumpai di Indonesia. Bahkan sebagian besar tanaman rotan banyak tumbuh di lingkungan hutan di Indonesia. Wajar saja, pengrajin rotan sangat banyak dijumpai di Indonesia.

Dahulu, rotan tidak hanya dimanfaatkan sebagai kerajinan tangan saja melainkan juga sebagai makanan dan konstruksi rumah. Meskipun tidak cukup untuk hunian rumah namun rotan sangat mudah dijangkau dan dijumpai di hutan-hutan Indonesia.

Sayangnya, keberadaan rotan saat ini mulai menipis karena menyempitnya lahan hutan yang digeser menjadi lahan hunian. Jika Anda berkecimpung dalam bidang kerajinan tangan dari rotan maka membutuhkan lahan untuk menanam rotan.

Rotan secara umum memang tanaman yang mudah tumbuh di tempat yang lembab sehingga dibutuhkan perawatan ketika Anda ingin menanam guna material kerajinan tangan.

Jika Anda akan memanfaatkan material rotan sebagai bidang usaha jangan berpikir dua kali. Karena sudah banyak industri rotan sebagai kerajinan dan sudah masuk ke pasar ekspor.

Jangan sampai menyia-nyiakan kesempatan emas ini untuk berkecimpung di dunia kerajinan ekspor. Banyak keuntungan dan kemudahan dalam mengolah rotan menjadi produk kerajinan.Berikut ini beberapa kelebihan yang bisa dimanfaatkan dari rotan.

  1. Dari segi harga murah. Melihat potensi dan banyakanya material rotan yang tesedia, maka harga jual rotan pun tidak terlalu tinggi. Anda bahkan bisa mendapatkan rotan batang dengan harga 30.000 per meternya.
  2. Stok banyak, dengan tumbuh di negara tropis dengan mudah, rotan tentu tersedia sangat banyak di alam. Anda tidak perlu khawatir tentang kelangkaan material rotan karena sampai saat ini pun masih dilestarikan.
  3. Proses pembuatan mudah, rotan memiliki bentuk dan kelenturan yang tinggi. Kelenturan tentu memebuat rotan dapat dibentuk menjadi apa saja. Selain itu juga rotan yang lentur tidak mudah patah sehingga minim gagal ketika pembuatan.
  4. Dalam hal kekuatan rotan memiliki daya tahan yang baik terhadap perubahan cuaca sehingga tidak mudah rusak terlebih jika diberikan perlindungan dari cat kayu.
  5. Dalam hal finishing yaitu memberikan tampilan serta perlindungan, cat kayu mengkilapadalah produk yang tepat. Mengapa mengkilap? Kebanyakan konsumen menyukai benda dengan tingkat kemewahan yang baik salah satunya benda berkilau.

Tas rotan sangat diminati banyak konsumen baik dalam hingga luar negeri. Karena materialnya yang terbuat dari bahan alam membuat tas rotan tergolong sebagai produk yang ramah lingkungan.

Faktor ramah lingkungan juga menjadi sangat penting bagi konsumen mancanegara. Karena saat ini bukan hanya sekadar tampilan dan desainnya saja yang unik melainkan juga dari segi keamanan produk tersebut.

Jika Anda menyasar pasar internasional, faktor keamanan ini harus sangat Anda perhatikan. Salah satunya dari produk finishing yang Anda gunakan. Jika Anda memperhatikan segi keamanan agar lebih mudah lolos di pasar internasional maka gunakan cat yang rendah atau bahkan tanpa kandungan VOC di dalamnya.

Tampilan Akhir Tas Rotan Dengan Cat Kayu Mengkilap

Jika Anda mendapatkan hasil yang menarik dalam produk tas rotan, maka selalu bertumpu pada proses finishingnya. Jika masyarakat asing menyukai tampilan yang etnik tentu saja cat kayu yang memiliki warna natural akan sangat baik dan juga menarik.

Warna rotan yang sudah kering adalah cokelat dengan serat yang hasil. Anda bisa memanfaatkan keberadaan cat kayu mengkilap dengan pilihan warna natural untuk melakukan finishingnya. Belum lagi ditambah dengan kombinasi antara kulit dan juga kain perca atau kain dengan motif yang paling banyak disukai. Dijamin tas rotan Anda akan laku di pasaran.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, produk finishing yang harus Anda perhatikan guna memudahkan Anda memasarkan tas rotan adalah cat yang digunakan harus aman.

Aman di sini adalah cat tersebut memiliki kandungan VOC yang rendah dan tidak mengandung bahan-bahan kimia berbahaya. VOC merupakan senyawa organik yang mudah menguap dan beracun sehingga membahayakan kesehatan dan lingkungan.

Tampilan mengkilap ini umumnya sangat mudah dijumpai pada cat kayu yang memiliki kandungan VOC yang tinggi seperti pelitur, NC atau pun melamin. Ya, cat tersebut termasuk dengan kandungan VOC yang tinggi karena masih mengandung beberapa senyawa kimia berbahaya seperti cadmium, arsenic atau pun timbal. Di sisi lain, cat tersebut menggunakan bahan pelarut seperti thinner notabene sebagai pelarut dengan kandungan VOC yang tinggi.

Saat ini, cat dengan kandungan VOC yang rendah sudah dapat Anda jumpai di pasaran. Meskipun harganya lebih mahal sedikit dibandingkan dengan cat Yang disebutkan di atas, cat dengan kandungan VOC tersebut lebih irit karena bahan pelarut yang digunakan hanya cukup menggunakan air saja sehingga Anda tidak perlu membeli thinner terlebih jika digunakan finishing dalam kapasitas yang banyak.

Kini, produsen cat lokal mulai banyak yang mengembangkan cat water based ini. Ya, cat water based merupakan cat kayu yang ramah lingkungan dan rendah VOC sehingga sangat direkomendasikan.

Karena kebutuhan pengrajin yang cukup banyak terhadap produk finishing rendah VOC, oleh karenanya banyak yang mulai mengembangkan cat water based tersebut.

Salah satu cat water based lokal yang berkualitas dan tidak kalah dengan cat water based brand luar negeri adalah Biovarnish. Cat ini khusus digunakan untuk finishing natural kayu dan memiliki dua tampilan akhir yakni matte dan gloss.

Jika digunakan untuk menciptakan tampilan yang mengkilap, Anda dapat mengaplikasikan Biovarnish Clear Coat gloss. Untuk tingkat tampilan gloss diciptakan sekitar 80-85%. Presentase tersebut sudah sangat baik jika digunakan untuk tampilan gloss oleh cat water based.

Tampilan kilap yang selama ini terlihat seperti kaca pada furniture umumnya dipengaruhi oleh kandungan minyak. Karena cat water based tidak mengandung minyak di dalamnya, presentase 80-85% tingkat gloss pada Biovarnish sudah tergolong bagus.

Meskipun terlihat semi gloss atau satin, Anda dapat menimpali Biovarnish Clear Coat beberapa layer cat hingga tampilan gloss sudah seperti yang Anda inginkan.

Menariknya dari cat water based adalah tingkat kilap akan lebih tahan lama. Jika umumnya akan cepat memudar tingkat kilap dalam kurun waktu beberapa tahun, berbeda dengan cat water based. Hal ini dikarenakan cat water based tidak mengalami proses penguapan.

Untuk menciptakan tampilan natural transparan yang mengkilap, berikut tahap-tahapnya:

  • Setelah diampelas agar cat dapat melekat dengan sempurna, bersihkan sisa-sisa debu pengampelasan
  • Aplikasikan Biovarnish Sanding Sealer yang sudah dilarutkan dengan air hingga cat larut dengan kekentalan yang pas. Kemudian diamkan selama 60 menit dan cukup didiamkan dalam suhu ruangan saja. Kemudian ampelas ambang menggunakan kertas ampelas grid 400 apabila sudah kering sentuh.
  • Untuk tampilan gloss, aplikasikan Biovarnish Clear Coat gloss yang sebelumnya sudah dilarutkan dengan air. Aplikasikan secara merata hingga permukaan kayu benar-benar merata. Kemudian diamkan selama 24 jam dan tas rotan pun sudah siap untuk dipasarkan atau digunakan.

Anda tidak perlu mengeringkan atau pun mendiamkan tas rotan yang sudah diaplikasikan cat Biovarnish karena sudah dapat langsung digunakan tanpa adanya bau yang menyengat.

Untuk order cat Biovarnish, silahkan hubungi kontak hotline yang sudah tertera pada website ini. Jika ingin order yang lebih praktis maka silahkan melakukan pemesanan melalui marketplace dibawah ini:

Shopee: https://shopee.co.id/biovarnish.official

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/catwaterbased

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/biopaint102

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here