Finishing Dinding Kayu Ini Teranyata Dapat Mengurangi Pemanasan Global

785

Hunian dengan dinding kayu akan memberikan kesan mewah namun akan nyaman apabila finishing dinding kayu menggunakan cat yang aman pada dinding kayu tersebut

Apa yang Anda lakukan jika mendengar pemanasan global? Mematikan AC? Tidak menebang pohon sembarangan? Lalu? Ada yang bisa Anda lakukan di kehidupan sehari-hari, yaitu dengan penggunaan cat aman dan ramah lingkungan. Cat tersebut digunakan mulai dari furniture yang Anda gunakan, seperti dinding rumah. Selain mencegah pemanasan global tersebut finishing dinding kayu aman dan ramah lingkungan dapat digunakan untuk merawat permukaan kayu dari berbagai gangguan, seperti jamur ataupun debu

Kayu yang digunakan untuk dinding memang sangat rentang terkena serangan jamur dan serangga, maka dari itu harus melalui tahapan treatment guna mencegah dari serangan-serangan tersebut. Pada tahap tersebut gunakan anti jamur dan anti serangga lalu kemudian aplikasikan finishing dinding kayu untuk merawat dan memperindah permukaan kayu.

CS Biovarnish

Sebelum membahas tentang finishing untuk dinding kayu akan lebih baik jika mengenal kayu yang biasanya digunakan untuk dinding kayu. Bagian lantai dan dinding pada suatu hunian biasanya lebih lembat dibandingkan bagian ruangan yang lain. Maka dari itu, kayu apabila digunakan untuk dinding kayu disarankan dilapisi obat anti jamur yang biasa menyerang kayu. Pada umumnya, kayu merupakan material serat alam yang rentan terhadap serangan jamur atau serangga namun ada juga loh kayu yang tahan terhadap serangan jamur, serangga, udara lembab atau cuaca yakni kayu jati.

Kayu jati memang dikenal dengan ketahanan dan keawetannya yang baik terlebih jika kayu tersebut merupakan kayu jati tua dengan umur diatas 25 tahun. Kandungan minyak alami pada kayu jati tersebutlah yang membuat kayu jati dapat terlindungi dengan optimal. Karena seratnya yang halus dan rapi, kayu jati biasanya juga digunakan untuk furniture. Pada umumnya, dari segi tampilan finishing lebih menerapkan warna-warna kayu agar serat kayu tetap terlihat.

Untuk menciptakan tampilan natural kayu maka dibutuhkan cat yang sesuai dengan kebutuhan seperti pernis atau plitur. Sejak dahulu, penggunaan plitur sudah digunakan untuk finishing natural kayu. Dengan warna kayu serta tidak menutup serat kayu itu sendiri membuat tampilan terkesan lebih alami dan elegan. Saat ini, plitur sudah banyak Anda jumpai dipasaran dengan merk dan harga yang beragam. Namun jika dilihat dari bahan baku, plitur dibedakan menjadi dua macam yakni plitur solvent based dan plitur water based.

Plitur solvent based biasnaya menggunakan pelarut organik seperti thinner atau spiritus sedangkan untuk plitur water based hanya cukup menggunakan air. Dari segi tampilan, plitur solvent based lebih mengkilap karena terdapat kandungan minyak didalamnya. Sedangkan plitur water based belum mencapai optimal melainkan pada angka 80%. Meskipun hanya 80%, justru cat water based lebih tahan lama karena tidak mengalami penguapan disebabkan oleh kandungan minyak.

Gunakan Finishing Dinding Kayu Aman dan Ramah Lingkungan

Seperti yang sudah diulas di atas, bahwa global warming mulai mengkhawatirkan karena mulai mencairnya air di kutub utara. Maka dari itu, diharapkan seluruh manusia di dunia menggunakan atau memanfaatkan barang dengan bijak. Salah satunya menggunakan finishing dinding kayu yang aman dan ramah lingkungan seperti cat water based. Penggunaan cat water based untuk melindungi dan merawat permukaan agar tampil lebih indah. Dinding memiliki kelembaban yang tinggi sehingga harus dirawat secara rutin dan tepat. Berikut tips yang bisa Anda lakukan pada dinding kayu Anda:

  1. Pastikan permukaan telah benar-benar bersih. Gunakan sikat kawat atau amplas gerinda untuk membersihkan kotoran, sisa lapisan cat atau warna hitam abu2 bekas jamur / lumut dan kotoran permukaan kayu lapuk.
  2. Oleskan / kuaskan campuran larutan anti jamur kayu (wood fungicide) dan anti serangga kayu (Permethrin)pada permukaan kayu sebelum di cat atau di coating. Hal ini diperlukan, untuk mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri serta mencegah serangan-serangga kayu seperti rayap atau teter.
  3. Gunakan wood varnish atau cat kayu yang didesain khusus untuk finishing kayu interior.Lapisan cat atau coating ini diperlukan untuk melindungi kayu dari proses pelapukan atau pembusukan.

Penggunaan wood varnish tersebut merupakan salah satu langkah untuk finishing dinding kayu.  Salah satu produk plitur atau pernis kayu yang terbuat dari water based adalah Biovarnish. Produk tersebut khusus digunakan untuk finishing natural kayu pada semua media finishing dari serat alam. Meskipun diaplikasikan pada media finishing yang berbeda tetap akan menampilan warna yang tajam optimal. Berikut langkah-langkah lebih selengkapnya:

  1. Pastikan permukaan kayu sudah halus, jika belum maka kayu diamplas hingga benar-benar halus dan permukaan kayu tersebut sudah bersih.
  2. Aplikasikan Biovarnish Wood Stain yang sudah dilarutkan dengan air agar tidak terlalu kental dan pekt. Kemudian gunakan kuas yang sudah dilapisi kain agar serat kuas tidak tertinggal atau meninggalkan bekas kuas.
  3. Jika warna yang dihasilkan kurang memuaskan, Anda dapat mengaplikasikan kembali Biovarnish. Lalu diamkan selama 60 menit dalam suhu ruangan tanpa harus dikeringkan dibawah sinar matahari  langsung. Sebelum Anda melangkah untuk mengaplikasikannya sebaiknya amplas terlebih dahulu permukaan hingga halus kemudian aplikasikan Biovarnish. Amplas ambang permukaan kayu yang sudah terlapisi Biovarnish menggunakan kertas amplas alumunium oxide no. 400
  4. Tunggu hingga kering, kemudian dapat Anda aplikasikan clearcoat untuk menampilkan gloss atau matte. Gunakan Biovarnish Clear Coat sesuai dengan takaran 2 bahan clearcoat: 1 bahan air.
  5. Kemudian tunggu hingga kering selama semalaman dan lihat hasil yang ditampilkan.

Pasca finishing, dinding kayu tersebut tidak akan mengeluarkan bau yang menyengat karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya dan rendah VOC. Dengan demikian, anggota keluarga akan lebih terasa nyaman karena tidak mencium bau cat yang menyengat dan tidak mengeluarkan bahan-bahan kimia berbahaya. Sebab, Biovarnish merupakan cat kayu yang diformulasikan khusus sesuai dengan standar regulasi keamanan bahan kimia internasional yakni US Enviromental Protection Agency (EPA) dan European Chemical Agency (ECHA) Reach. Regulasi tersebut merupakan rujukan akan batas penggunaan bahan kimia dan VOC pada suatu produk termasuk produk finishing.

Produk Biovarnish merupakan cat yang aman dan ramah lingkungan dari Bio Industries. Bio industries merupakan perusahaan yang mengembangkan khusus cat water based di Indonesia. Global Warming adalah salah satu faktor yang menyebabkan cat water based ini terus berkembang. Sebagian belahan dunia seperti benua Amerika dan Eropa telah menggunakan cat water based sejak belasan atau puluhan tahun yang lalu karena cat water based merupakan cat yang tidak mencemari lingkungan serta tidak mengganggu kesehatan. Bahkan negara-negara di benua tersebut sudah tidak menggunakan cat solvent based atau cat dengan bahan kimia tinggi karena sifatnya yang beracun, mencemari lingkungan dan dapat memicu pemanasan global. Maka dari itu, disarankan menggunakan cat water based.

Biovarnish sangat cocok bagi Anda yang sedang memiliki bisnis mebeling atau kerajinan karena tidak hanya dapat digunakan pada material kayu saja melainkan juga material serat alam lainnya. Selain itu, proses finishingnya yang cepat dan tidak bergantung pada cuaca akan lebih efisien waktu dan tenaga. Penggunaan Biovarnish akan lebih memudahkan Anda dalam mendapatkan hasil finishing yang diinginkan dan Anda pun akan mendapatkan keuntungan karena aplikasinya yang sederhana dan prosesnya yang cepat.

Untuk menjaga tampilan dinding kayu terjaga dengan baik maka sebaiknya untuk merawat dinding kayu tersebut secara rutin. Anda dapat merawat dinding kayu dengan membersihkannya secara rutin dari debu baik dengan kemoceng atau lap setengah basah. Selain itu, agar tampilan cat kayu tetap tajam maka oleskan poles kayu secara rutin setidaknya sebulan sekali. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya cat memudar lebih cepat, bahkan dengan mengaplikasikan poles kayu secara rutin akan meremajakan kayu sehingga tampilan cat pun lebih awet dan melindungi kayu dengan optimal.

Apakah Anda tidak ingin berkenan melindungi bumi dari pemanasan global? Inginkah hidup dengan menghirup racun setiap saat? Bergerak sekarang juga dan segera hubungi Bio Industries via telp pada kontak hotline yang sudah tertera pada website ini untuk pemesanan atau informasi lebih lanjutnya. Jika Anda ingin membeli produk cat water based tersebut secara langsung, Anda dapat mengunjungi kantor Bio Industries di Jl. Sidikan No.94, Yogyakarta.

Mari jaga bumi mulai dari menggunakan bahan ramah lingkungan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, Anda akan mencegah dampak pemanasan global. Semoga ulasan-ulasan singkat mengenai finishing dinding kayu dapat menginspirasi Anda untuk memilih dan menggunakan cat yang aman dan ramah lingkungan.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here