Cara Kreasi Ruangan Minimalis Dengan Warna Furniture Pastel

81

Memiliki rumah minimalis tapi bingung untuk menata ruangannya? Anda dapat memanfaatkan furniture-furniture dengan warna pastel agar ruangan tampak lebih bersih, luas dan freash.

Hunian dengan ruangan yang minimalis saat ini sedang tren dikalangan masyarakat Indonesia. Dengan ruangan yang tidak begitu luas namun memiliki kesan yang lebih hidup ketika digunakan. Nah, untuk memberikan nuansa agar ruangan minimalis tersebut lebih hidup maka dibutuhkan furniture serta aksesoris yang tepat. Sebab, ketika Anda memiliki furniture ataupun kebanyakan aksesoris justru membuat ruangan tersebut semakin berantakan dan membuat ruangan semakin sempit.

Sedangkan untuk furniture, sebaiknya gunakan furniture dengan size yang tidak terlalu besar dan berat. Sebab, furniture tipe ini justru memberikan ruangan terkesan penuh dan tidak nyaman untuk dilihat. Anda bisa memilih furniture dengan size minimalis dan kaki-kakinya yang ramping. Furniture tipe ini juga sedang tren dikalangan masyarakat modern karena desainnya yang minimalis dan memiliki nilai seni yang bagus.

Tips Menata Ruangan Minimalis Dengan Pilihan Warna Furniture Yang Tepat

Finishing Clear Finish BioDuco Chalk Paint
  • Gunakan Furniture Warna Putih
CS Biovarnish

Furniture warna putih memberikan nuansa lebih minimalis modern. Selain itu, furniture ini juga akan menghidupkan suasana dan membuat ruangan terkesan lebih bersih serta tekesan luas. Saat ini, furniture dengan tampilan white solid sudah banyak diminati oleh masyarakat.

  • Warna Furniture Pastel

Siapa yang tidak suka dengan warna pastel khususnya bagi seorang perempuan. Warna pastel pada furniture akan memberikan warna yang menarik dan terkesan lebih hidup. Tentu saja, Anda harus menyesuaikan dengan aksesoris dan warna cat pada ruangan Anda. Warna-warna pastel saat ini telah tersedia cukup banyak warna dan pada umumnya memberikan nuansa yang lebih menenangkan.

  • Kesan Shabby Chic

Tidak hanya menciptakan tampilan yang modern saja, Anda juga bisa loh menerapkan furniture klasik seperti tampilan shabby chic. Tampilan ini pada umumnya lebih concern pada warna yang sedikit memudar. Dan warna-warna yang umumnya digunakan untuk furniture shabby chic adalah warna white solid. Karena bertujuan untuk memberikan kesan klasik maka Anda bisa menggunakan furniture dengan ukiran seperti furniture kabinet.

  • Kesan American Victorian

Hampir sama dengan shabby chic namun tampilan ini lebih fokus pada warna-warna yang lusuh. Untuk membeli furniture ini memang cukup merogoh kantong yang cukup dalam karena prosesnya yang sedikit rumit dan lama namun memberikan nilai estetika yang tinggi. Jika Anda menyukai tampilan ini namun belum memiliki uang lebih, Anda bisa loh melakukan finishing secara DIY.  Anda cukup menyiapkan cat, kuas serta amplas atau pisau scrape untuk menciptakan kesan klasik pada furniture.

Untuk ruangan minimalis memang tidak semuanya harus menggunakan furniture minimalis. Anda bisa menerapkan kesan klasik pada ruangan Anda apabila tahu tata letak furniture yang tepat. Tipsnya adalah jangan meletakkan furniture terlalu banyak. Anda bisa meletakkan sofa dan kabinet jika untuk ruangan tamu dan ditambah dengan aksesoris seperti bingkai hiasan dinding.

Intinya, baik menggunakan furniture desain minimalis atau klasik jika digunakan untuk ruangan minimalis adalah tidak menggunakan furniture terlalu banyak dan gunakan tampilan-tampilan yang kontras antara komponen satu dengan yang lainnya.

Cat Yang Tepat Untuk Finishing Furniture Warna Solid Opaque

Jika melihat dari berbagai tips pemilihan furniture untuk ruangan minimalis diatas maka dapat disimpulkan bahwa warna yang cocok adalah warna solid opaque. Warna solid opaque kini cukup populer dikalangan urban karena memberikan nuansa yang artistik. Namun tidak sedikit pula yang mengkombinasikan dengan tampilan lain seperti tampilan natural kayu.

Nah, untuk menciptakan tampilan solid opaque pada furniture maka dibutuhkan cat warna solid. Cat ini memang khusus digunakan untuk finishing warna-warna solid pada furniture atau perabotan. Dan cat paling umum untuk finishing solid opaque adalah cat duco. Kelebihan cat ini adalah memiliki tampila warna yang beragam. Namun, keluhan yang sering dirasakan oleh aplikator adalah prosesnya yang cukup panjang. Untuk hasil yang lebih halus maka membutuhkan tahapan finishing yang rinci dan melalui pengamplasan yang sangat halus.

Pada umumnya, furniture dengan finishing solid opaque memakan waktu yang cukup lama. Hal ini dikarenakan bukan hanya dari cat yang digunakan melainkan juga proses pengeringannya. Untuk mendapatkan kekeringan yang pas, maka membutuhkan waktu berjam-jam bahkan lebih dari sehari apabila tidak terdapat sinar matahari.

Namun, adapula cat yang lebih sederhana untuk digunakan dan bahkan proses pengeringannya yang lebih cepat yakni cat kapur atau chalk paint. Di Indonesia, chalk paint memang masih jarang ditemui meskipun demikian chalk paint telah digemari oleh pecinta kayu atau finishing karena hasilnya yang unik dan membuat furniture lebih memiliki karakter. Kenapa demikia? Sebab, chalk paint memberikan kesan akhir finishing matte dengan tampilan layaknya terpoles kapur. Maka dari itu, keberadaan chalk paint hingga saat ini masih diburu oleh penghobi kayu.

BioDuco Chalk Paint merupakan salah satu chalk paint yang dapat Anda gunakan di Indonesia. Selain hasilnya yang tajam dan layaknya chalk paint dari luar negeri, harga chalk paint ini juga lebih terjangkau. Kualitas BioDuco Chalk paint seperti halnya dari merk dagang luar negeri karena menggunakan bahan-bahan yang sudah disesuaikan dengan regulasi internasional yakni US-EPA (Enviromental Protection Agency) dan ECHA-Reach.

BioDuco Chalk Paint tidak hanya cocok untuk finishing furniture ataupun perabotan saja melainkan juga anak-anak karena sudah aman, tidak beracun dan terdiri dari 20 warna pastel yang pastinya disukai oleh anak-anak. Dengan berbagai uji percobaan, chalk paint ini dilengkapi dengan fitur-fitur unggulan sehingga kualitasnya pun terjamin. Adapun fitur-fitur BioDuco Chalk Paint sebagai berikut:

  • Daya rekat yang kuat
  • Warna solid dengan daya tutup yang baik
  • Transparansi warna yang bagus
  • Good film hardness and flexibility
  • Cepat kering
  • Tidak mudah ‘mbleber’ (No sagging)

Untuk menciptakan tampilan solid maka Anda dapat mengaplikasikan BioDuco Chalk Paint dan BioDuco Topcoat sehingga hasilnya akan lebih optimal. Nah, sedangkan untuk tampilan klasik seperti shabby chic ataupun American Victorian maka Anda membutuhkan beberapa tahapan finishing yang cukup berbeda dengan tampilan solid pada umumnya.

Sebelum memasuki tahap finishing untuk menciptakan tampilan klasik maka terlebih dahulu mengetahui teknik yang digunakan. Untuk memberikan kesan klasik seperti shabby chic atau American victorian maka teknik yang digunakan adalah teknik distress. Teknik distress merupakan teknik finishing untuk memberikan sentuhan tampilan lusuh seperti warna memudar, beberapa bagian yang terkelupas atau sejenisnya. Untuk menciptakan tampilan tersebut maka dibutuhkan beberapa alat seperti kertas amplas atau benda tumpul seperti pisau scrape. Langsung saja, berikut tahap finishing klasik solid opaque dengan chalk paint:

  1. Sebaiknya, kayu yang digunakan benar-benar bersih sehingga tidak berpengaruh pada hasil warna ketika diaplikasikan cat
  2. Gunakan BioDuco Chalk Paint yang sebelumnya telah dilarutkan dengan kuas. Sapukan kuas ke seluruh permukaan kayu secara merata. Anda cukup menggunakan ujung kuas saja agar hasilnya lebih ringan namun tetap memberikan hasil yang bagus. Lalu diamkan selama 1 jam.
  3. Untuk menciptakan tampilan usang pada furniture maka amplas bagian yang ingin terkesan usang. Atau Anda juga mengikisnya menggunakan pisau palet agar cat tersebut terkesan pudar atau hilang. Jika terdapat ukiran, maka Anda dapat mengamplas kasar pada sisi-sis tepi ukiran sehingga terlihat serat kayunya. Jika sudah menciptakan tampilan lusuh tersebut, amplas kembali menggunakan kertas amplas yang lebih halus. Anda bisa menggunakan kertas amplas no. 320
  4. Untuk mengunci coating diatas, aplikasikan BioDuco Topcoat matte/gloss yang sudah dilarutkan dengan air
  5. Untuk hasil yang lebih bagus apabila belum mendapatkan kesan yang diinginkan maka Anda dapat mengulangi prosedur finishing diatas

Cara Pemesanan

Untuk mendapatkan berbagai produk yang sudah disebutkan diatas maka Anda dapat menghubungi kontak hotline yang sudah tercantum pada website atau Anda juga dapat menghubungi via e-mail: [email protected]

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here