Jangan Pakai Cat Rak Sudut Ruangan Sebelum Mengetahui Bahaya Ini

816

Rak sudut akan terlihat menawan jika dilapisi dengan cat rak sudut ruangan warna natural kayu yang aman dan ramah lingkungan.

Apakah bagian sudut ruangan Anda masih kosong? Akan lebih baik jika memanfaatkan sudut ruangan tersebut dengan meletakkan furniture, seperti rak sudut ruangan. Bagian sudut ruangan pada umumnya banyak tak terpakai sehingga cukup memberikan ruang. Terutama, jika Anda tinggal di hunian rumah minimalis. Akan sayang rasanya jika bagian sudut ruangan dibiarkan begitu saja. Dengan menggunakan rak sudut maka Anda bisa meminimalisir penggunaan rak yang berukuran besar pada suatu ruangan. Dengan demikian ruangan tersebut akan lebih terasa lega dibandingkan sebelumnya. Ruangan yang sempit menuntut Anda untuk lebih jeli memilih furniture yang tepat untuk hunian Anda. Jika salah memilih, tentu akan membuat ruangan Anda tampak sangat sempit. Untuk mengantisipasi tersebut, lebih baik gunakan rak sudut ruangan untuk menaruh barang-barang Anda.

Penggunaan rak sudut ruangan bisa menjadi pilihan Anda untuk menampilkan ruangan tidak sempit, selain itu dapat memberikan kesan lebih indah. Anda juga dapat menambahkan aksesoris ruangan yang sesuai pada rak sudut ruangan tersebut untuk memoles kesan unik pada ruangan Anda. Terlebih jika rak sudut tersebut merupaakan furniture yang menggunakan material dari serat alam seperti kayu. Seperti yang sudah dikenal secara umum, kayu merupakan material yang paling sering digunakan. Kenapa kayu lebih banyak digunakan untuk furniture? Sebab, kayu merupakan material yang mudah didapatkan, mudah dibentuk dan memiliki tampilan yang indah.

CS Biovarnish

Kayu dengan tampilan warna yang menarik serta corak serat yang istimewa memberikan perbedaan yang nyata dengan material furniture lainnya. Wajar saja jika furniture yang menggunakan material kayu pada umumnya berwarna kecoklatan. Hal tersebut bukan semata warna menginginkan kesan coklat kayu melainkan tetap mempertahan kesan kayu baik dari segi warna ataupun corak serat yang dimilikinya. Untuk rak sudut, material yang paling populer digunakan diantaranya adalah kayu jati, kayu jati belanda, kayu sengon, kayu akasia dan jenis kayu-kayu keras dengan kualitas yang baik.

Saat ini, kayu yang paling populer untuk rak sudut atau furniture minimalis adalah kayu dari jati belanda. Dari segi corak, kayu ini memang mirip dengan kayu jati namun yang cukup membedakan adalah dari ketahanan dan keawetan yang dimilikinya. Kayu jati belanda merupakan jenis kayu lunak sehingga ketahanan dan keawetannya cukup lemah sehingga kayu ini biasanya digunakan untuk kebutuhan furniture indoor.

Maka dari itu, warna cat rak sudut ruangani menggunakan kayu jati belanda juga harus Anda sesuaikan. Karena warna sangat mempengaruhi penampilan ruangan sehingga Anda harus pintar-pintar memilih cat rak sudut ruangan yang tepat.

Cat Rak Sudut Ruangan Yang Natural dan Kaem Menjadi Pilihan

Memilih Furniture Kayu Minimalis Pada Kamar Tidur AnakSalah satu faktor yang mempengaruhi keindahan rak sudut ruangan adalah warna yang ditampilkan. Jika Anda ahli dalam mengkolaborasikan macam warna, Anda dapat menggunakan cat dengan warna putih atau kalem seperti pastel. Karena dengan menggunakan warna putih atau pastel dapat menimbulkan ruangan tampak lebih luas dan apik. Namun, jika Anda menyukai warna yang lebih gelap silahkan menggunakan warna cat rak sudut ruangan dengan warna hitam atau abu-abu. Jika menggunakan warna gelap, Anda harus memadukan cat tembok yang Anda gunakan. Lebih baik tembok memiliki warna yang lebih bersih seperti warna putih.

Ada salah satu yang perlu Anda perhatikan yaitu bahan yang digunakan pada cat. Cat aman dan ramah lingkungan saat ini telah dicari oleh industri furniture ataupun masyarakat luas. Jika Anda masih menggunakan cat solvent based lebih baik Anda kurangi penggunaan cat tersebut. Karena dampak yang ditimbulkan bersinggungan dengan kesehatan Anda. Jika Anda menghirup gas yang ditimbulkan oleh cat solvent based secara terus-terusan akan mengakibatkan Anda gangguan hati atau gangguan sistem syaraf bahkan terjangkit kanker karena cat solvent based mengandung bahan yang berbahaya bagi tubuh seperti timbal dan merkuri. Apabila cat tersebut terhirup oleh anak-anak atau Anda sendiri dalam jangka waktu yang sebentar berdampak iritasi kulit, pusing-pusing dan mata pedih.

Cat solvent based pada umumnya mengalami penguapan dan inilah yang menyebabkan cat tersebut mengeluarkan bau yang menyengat. Karena kandungan VOC yang tinggi, selain mengeluarkan bau menyengat juga mengeluarkan senyawa kimia berbahaya seperti yang sudah dijelaskan diatas. Maka dari itu, sebelum furniture tersebut digunakan disarankan untuk diangin-anginkan terlebih dahulu di tempat terbuka yang notabene udara akan tetap berganti. Apabila dimasukkan ke dalam ruangan langsung maka bau cat serta senyawa kimia pada cat tersebut akan berada di sekeliling ruangan terlebih jika ruangan tersebut memiliki sirkulasi udara yang tidak bagus. Anda bisa menggunakan cat kayu yang lebih ramah lingkungan dibandingkan cat solvent based.

Cat yang ramah lingkungan yang telah dikenal di dunia adalah cat water based atau cat berpelarut air. Bahkan sebagian di belahan dunia seperti Eropa dan Amerika telah menggunakan cat water based karena keamanannya. Cat tersebut tidak berbau dan memunculkan VOC sangat dibawah randah dibawah rata-rata keamanan sehingga dipastikan tidak berbahaya. Salah satu cat water based dengan tampilan solid yang dapat Anda jumpai di Indonesia adalah cat orchid Enamel. Cat tersebut cat berbahan water based acrylic yang aman dan ramah lingkungan.

Orchid Enamel merupakan produk cat water based yang diproduksi oleh produsen cat lokal di Indonesia. Bahkan cat kayu ini menggunakan bahan-bahan yang sudah disesuaikan dengan standar regulasi keamanan bahan kimia internasional seperti US Enviromental Protection Agency (EPA) dan European Chemical Agency (ECHA) Reach. Sehingga, kualitas dari cat solid ramah lingkungan ini pun tidak diragukan lagi karena tidak berkualitas dengan cat water based yang berasal dari luar negeri.

Untuk teknik finishing, Anda dapat mengaplikasikan cat water based tersebut menggunakan metode semprot atau kuas. Untuk metode kuas, akan lebih baik jika Anda menggunakan kuas sponge atau kuas yang sudah terlapisi kain katun. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah terjadinya brush mark sehingga hasilnya akan lebih halus dan rapi. Cara ini juga disarankan bagi Anda yang sedang belajar mengecat sehingga ketika diaplikasikan tidak meninggalkan bekas kuas dan ketebalannya pun dapat diatur.

Berikut teknik finishing rak sudut ruangan menggunakan orchid Enamel:

  • Amplas terlebih dahulu permukaan kayu yang akan digunakan untuk rak sudut ruangan. Pengamplasan tersebut bertujuan untuk membersihkan permukaan kayu serta meratakan permukaannya sehingga hasilnya akan lebih bagus dan coating dapat melekat dengan baik
  • Jika menginginkan hasil warna yang lebih cepat dan tajam maka Anda dapat menggunakan BioColoursi Wood Putty. Dempul ini bertujuan untuk mengisi pori sekaligus menyemarakan cacat pada kayu. Pada umumnya, kayu jati belanda memiliki mata kayu dan kantung minyak yang banyak. Keadaan tersebut dapat menyebabkan perubahan warna saat finishing karena pada umumnya bagian tersebut berawarna lebih gelap
  • Aplikasikan Orchid Enamel yang sudah dilarutkan dengan air yakni 20% dari cat.
  • Kemudian kuaskan ke seluruh permukaan kayu secara merata dan sebaiknya aplikasikan searah dengan serat kayu.
  • Aplikasikan ke seluruh permukaan kayu hingga warna kayu terututup dengan baik kurang lebih 2 hingga 4 layer.
  • Lalu diamkan hingga lapisan cat tersebut kering sentuh
  • Untuk hasil yang optimal, Anda juga dapat mengaplikasikan BioDuco Topcoat.

Jika Anda tertarik dengan cat berbahan yang aman, mulai sekarang lebih baik gunakan cat water based. Anda dapat memesan atau mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai Orchid Enamel atau cat water based lainnya dengan menghubungi Customer Service Bio Industries via telp pada kontak hotline yang terdapat pada website ini. Atau untuk informasi lebih mendetail mengenai cat water based seperti Orchid Enamel silahkan datang langsung ke kantor Bio Industries di Jl. Sidikan No.94, Yogkayarta.

Jadi, selain untuk menampilkan keindahan ruangan Anda, rak sudut ruang dapat menggunakan cat yang sesuai dan aman. Pastikan Anda dan keluarga menggunakan cat rak sudut ruangan yang bebas racun agar tidak meracuni tubuh Anda dan keluarga Anda secara perlahan. Semoga dengan penjelasan singkat mengenai cat rak sudut ruangan yang tepat dan aman, akan memudahkan Anda untuk memilih desain furniture serta cat yang tepat untuk ruangan hunian minimalis Anda.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here