Finishing Cat Rumah Minimalis agar Tampak Modern

12

Rumah minimalis umum di kalangan masyarakat. Rumah tipe ini banyak diminati karena harganya terjangkau dan dapat dimodifikasi sesuai dengan keinginan. Umumnya, rumah minimalis yang kini banyak dibangun atau dipasarkan di lokasi perumahan adalah tipe 21.

Gaya khas rumah minimalis banyak mengalami perubahan tren. Sekarang ini, rumah minimalis lebih difokuskan pada desain interior agar terlihat lebih modern dan kekinian. Dengan peletakan dan penggunaan furniture atau hiasan dinding yang tepat, rumah minimalus terkesan lebih lega.

Setiap orang pasti akan membayangkan bahwa tipe rumah minimalis cenderung sempit dan minim ruangan. Namun, akan sangat berbeda jika Anda mengetahui trik khusus peletakan furniture, hiasan dinding sampai cat yang perlu digunakan untuk finishing rumah Anda. Kesan rumah sempit akan segera hilang karena penataan dan pemilihan cat dan cara aplikasinya.

CS Biovarnish

Segala hal yang mencangkup desain interior faktanya juga sangat berpengaruh kepada nuansa ruangan yang akan diciptakan. Wajar saja, tidak sedikit orang selalu mencari desain interior minimalis yang bagus untuk huniannya. Jika Anda memiliki uang berlebih, tidak ada salahnya menyewa desainer interior untuk membuat konsep ruangan pada rumah Anda.

Tips Finishing Mebel Minimalis agar Berhasil

Di sisi lain, untuk memilih rumah minimalis tidak boleh sekedar memilih saja, loh. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

1. Pilih tipe rumah sesuai dengan kebutuhan

Idealnya, rumah minimalis yang baik untuk ditinggali adalah tipe 21 ke atas. Tipe tersebut biasanya mencangkup 2 kamar, toilet luar, ruang tamu serta dapur. Tipe 21 di atas tersebut cucup cocok ditinggali karena mencangkup semua kebutuhan sebagai hunian.

Agar hunian minimalis ini terasa nyaman, alangkah baiknya untuk merenovasi bagian interior dengan meletakkan furniture secukupnya. Anda dapat meletakkan satu atau dua furniture saja. Selebihnya, untuk menghindari rumah Anda terlihat sesak dan sempit, Anda dapat bereksperimen melalui trik peletakan hiasan atau aksesoris rumah.

2. Pertimbangkan waktu mendatang

Penting bagi Anda yang sedang mencari rumah seperti di perumahan untuk mempertimbangkan hal yang mungkin akan terjadi di masa mendatang. Sebaiknya pastikan ke developer bahwa rumah yang akan Anda huni tersebut dapat direnovasi atau diperluas. Seperti halnya tipe 21, umumnya tipe ini hanya cocok ditambah satu lantai lagi. Untuk menjadikan rumah tersebut lebih dari dua lantai maka konstruksi bangunan harus lebih kuat dari biasanya.

3. Sesuaikan dengan bujet yang Anda miliki

Untuk menentukan hunian minimalis, pastikan sesuai dengan keuangan Anda. Kini sudah banyak rumah bersubsidi bagi Anda yang memiliki keuangan yang cukup untuk keseharian Anda. Rumah tersebut umumnya menerapkan tipe 21 namun tetap nyaman digunakan.

Dengan memperhatikan pemilihan rumah minimalis diatas, Anda akan dengan mudah merenovasi bagian ruangan sesuai dengan keinginan Anda. Sudah banyak contoh-contoh desain interior yang bagus untuk hunian rumah minimalis. Selebihnya, Anda dapat memadukan antara furniture dan aksesoris yang tepat.

Pemilihan Furniture dan Hiasan yang Cocok untuk Rumah Minimalis

Melek dengan desain interior rumah sangat penting agar Anda dapat memilih dan memilah furniture dan aksesoris rumah yang tepat. Saat ini, tren aksesoris rumah dari kayu yang umum digunakan untuk menampilkan kesan kekinian adalah kayu jati belanda.

Aksen warna kayu jati belanda yang terang membuat kesan ruangan menjadi terlihat bersih. Selain itu, kayu tersebut juga ringan dan mudah dibentuk. Penggunaan kayu jati belanda ini umumnya untuk bagian interior saja karena karakternya yang tidak tahan dengan kondisi luar ruangan. Kayu jati belanda terutama tidak tahan dengan paparan sinar matahari langsung ataupun air hujan.

Kayu jati belanda umum digunakan sebagai rak dinding, rak sudut ataupun sofa. Sedangkan untuk hiasan dinding, umumnya kayu jati belanda digunakan sebagai bingkai foto atau bingkai kaca.

Penggunaan furniture dan hiasan dinding seperti yang dijelaskan di atas sangat mempengeruhi tampilan interior rumah Anda. Untuk lebih jelas mengenai tips pemilihan furniture dan hiasan yang cocok untuk rumah minimalis dapat anda simak beruikut ini.

  • Untuk ruang tamu, Anda dapat menggunakan satu set sofa seperti sofa panjang, satu bangku sofa dan meja. Selebihnya Anda dapat menggunakan stool. Anda juga dapat menambahkan rak sudut di antara sofa tersebut. Anda dapat mengaplikasikan rak dinding jika ruangan terasa sangat sempit. Jika ruangan tamu sekaligus dijadikan sebagai ruang keluarga, Anda dapat meletakan set tv pada sudut searah dengan sofa set.
  • Gunakan minimal aksesoris seperti tanaman mini, miniatur ataupun hiasan dinding berupa bingkai dengan gambar sesuai dengan kesukaan Anda. Pastikan untuk tidak menaruh aksesoris terlalu banyak karena dapat menciptakan kesan menjadi berantakan.
  • Pilih cat tembok yang terang atau kalem seperti warna pastel. Warna pastel terkesan lebih manis dan indah, warna tersebut sangat cocok diterapkan untuk ruangan pada hunian minimalis karena memberikan kesan yang tenang namun tetep elegan.

Sudahkah Anda menerapkan beberapa konsep diatas? Jika belum, dapat Anda mulai dari sekarang. Anda dapat mengubah satu per satu sesuai dengan bujet yang Anda miliki. Perlahan tapi pasti, ruangan akan mulai terkesan rapi dan kekinian.

Selain menciptakan ruangan yang menarik dalam rumah Anda yang minimalis, hal yang tidak kalah penting adalah soal kenyamanan. Anda dapat muai menciptakan kenyamanan dengan memperhatikan setiap sisi interior ruangan Anda.

Meskipun kini banyak cat yang bagus, faktanya, banyak cat yang digunakan oleh developer perumahan yang tidak cukup memperhatikan lingkungan, terutama kebutuhan pengguna rumah tersebut kelak. Anda dapat membuktikan hal ini dengan cukup simpel.

Periksalah, apakah cat yang selama ini diaplikasikan dalam rumah dan perabotan rumah Anda menimbulkan bau yang menyengat? Apakah cat Anda tidak berbau namun tetap membuat Anda merasa pusing, mual dll? Artinya, cat tersebut cukup berbahaya digunakan terutama untuk kebutuhan interior.

Penggunaan cat yang aman sangat tepat jika dapat diaplikasikan pada ruangan Anda dengan tepat. Selain memberikan kesan menyenangkan dan mampu mengubah nuansa ruangan, pernapasan Anda tidak akan terganggu dengan voc yang tinggi dan kandungan zat kimia berbahaya lainnya dari komposisi cat.

Bukan hanya cat untuk tembok saja, Anda juga perlu memperhatikan cat yang akan digunakan untuk furniture ataupun hiasan rumah. Memang banyak furniture ataupun hiasan yang tinggal pasang namun tidak semua aman digunakan.

Banyak dari hiasan atau furniture rumah yang dijual bebas di pasaran menggunakan cat mengandung zat arsenic yang berbahaya bagi lingkungan dan kesehatan. Bau dari cat ini biasanya cukup mengganggu.

Saat ini, ada alternatif agar ruangan, hiasan dan furniture Anda bisa aman. Anda dapat memilih menggunakan cat berbahan dan berpelarut air. Cat air ini diformulasikan khusus seperti cat pada umumnya namun bahan dasar yang digunakan adalah air. Cat berbahan dasar air ini dikenal dengan cat water based.

Salah satu brand cat water based terbaik di Indonesia adalah Biovarnish. Biovarnish ini diformulasikan khusus untuk pengganti cat konvensional pada umumnya. Kandungan bahan yang digunakan disesuaikan dengan standar keamanan berdasarkan regulasi internasional dari US-EPA dan ECHA.

Mengenal Lebih Dekat Cat Water Based Biovarnish

Biovarnish memiliki produk khusus cat mulai dari top coat, sanding sealer dempul kayu sampai dengan plitur. Semua produk finishing tersebut menggunakan bahan-bahan yang sudah teruji dan sesuai standar keamanan yang tinggi sesuai regulasi dari US-EPA dan ECHA.

Anda dapat memulai penataan perabotan rumah minimalis Anda dengan menutup atau menyamarkan cacatnya denga Biovarnish Wood Filler. Hal ini bisa lakukan jika Anda ingin bereksperimen DIY terhadap perabotan Anda.

Anda bisa melanjutkan dengan menggunakan Biovarnish Liquid Stain atau Biovarnish Wood Stain. Kedua produk ini sama saja, hanya berbeda tekstur.

Jika Anda menginginkan yang lebih praktis maka Anda dapat menggunakam Biovarnish Liquid Stain karena teksturnya yang cair. Setelah mengaplikasikan Biovarnis Wood Stain, Anda dapat mengaplikasikan Biovarnish Sanding Sealer.

Rekomendasi produk finishing terakhir dari Biovarnish untuk warna natural kayu adalah Biovarnish Clear Coat. Biovarnish Clear Coat seperti halnya topcoat pada umumnya. Fungsi dan kegunaannya adalah mengunci coating serta warna cat sehingga hasilnya optimal.

Untuk Biovarnish Clear Coat ini, tersedia tampilan matte dan gloss yang dapat Anda sesuaikan dengan hasil finishing yang diinginkan.

Untuk mendapatkan produk ramah lingkungan ini, Anda bisa langsung menghubungi kontak hotline yang tercantum pada halaman website ini atau dapat menghubungi via e-mail di [email protected]

Untuk pembelian yang lebih praktis dan mudah, kini Biovarnish telah tersedia di beberapa link marketplace berikut ini.

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/bioindustries

Shopee: https://shopee.co.id/biovarnish.official

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here