Bagaimana Cara Finishing Solid Opaque Lebih Cepat dan Terkesan Unik?

85

Untuk proyek DIY tentu saja proses yang cepat menjadi pilihan yang menarik terlebih jika hasilnya menakjubkan dan sesuai dengan yang dikehendaki.

Proyek DIY adalah proyek yang seringkali diterapkan oleh masyarakat untuk menciptakan perabotan atau furniture dengan hasil yang unik dan berbeda. Bagi yang newbie, tentu saja berpatokan dengan tutorial video online untuk menciptakan sesuatu agar lebih mudah. Namun, bagi seorang yang sudah terbiasa dalam proyek DIY tentu saja sudah mengetahui persiapan apa saja yang harus dilakukan dan pola apa yang akan dibentuk.

Salah satu proyek DIY yang sering dilakukan oleh masyarakat modern saat ini adalah furniture seperti rak, kursi, meja dan lain sebagainya. Karena furniture-furniture tersebut, para penghobi kayu telah mengetahui pola dasar dari furniture tersebut maka dari itu proyek DIY seringkali adalah furniture. Kendala yang sering terjadi adalah perhitungan yang kurang tepat dan proses finishing yang kurang tepat. Adakalanya proses finishing yang membutuhkan waktu yang lama sehingga aplikasi yang dilakukan secara sekedarnya saja. Faktanya, untuk hasil yang optimal maka dibutuhkan tahap finishing yang tepat dan sesuai.

CS Biovarnish

Jika Anda ingin memberikan sentuhan natural kayu maka Anda dapat menggunakan cat kayu seperti wood stain. Namun, untuk finishing yang sederhana memang plitur adalah pilihan yang direkomendasikan. Selain prosesnya yang cukup cepat dan harganya yang terjangkau, plitur juga menghasilkan tampilan yang menarik. Namun, tetap saja tahap finishing yang dilakukan harus dilakukan dengan benar. Jika dilakukan secara asal maka kemungkinan yang terjadi adalah warna tidak rata dan cenderung kasar.

Begitu pula jika Anda menginginkan tampilan soolid opaque. Biasanya, untuk menciptakan tampilan solid lebih menggunakan cat duco. Cat tersebut sudah umum digunakan jika untuk finishing solid opaque. Sama halnya dengan penggunaan plitur, cat duco memerlukan tahap yang cukup panjang jika menginginkan hasil layaknya oleh aplikator profesional.

Cat Kayu Yang Tepat Untuk Proyek DIY

Mempelajari Furnitur Kayu yang Berkualitas
Proyek DIY Sederhana Degan BioDuco Chalk Paint

Untuk hasil warna yang memuaskan selama proyek DIY dilakukan, tentu saja cat menjadi sorotan yang harus diperhatikan. Dengan banyaknya merk dagang cat pasti cukup sulit untuk memilih cat yang sesuai dengan kebutuhan. Langkah praktis yang biasanya dilakukan adalah mendengar atau melihat testimoni merk cat tersebut sehingga menemukan cat yang akan digunakan. Sayangnya, cat yang dipilih belum tentu sesuai dengan hasil yang diinginkan.

Untuk mekomparasikan antara cat satu dengan merk cat yang lain akan membutuhkan waktu yang lama, bukan? Anda bisa mengkomparasikan antara cat solvent dan cat water based karena cat tersebut pada umumnya berbeda jika dilihat dari segi bahan yang digunakan. Umumnya, masyarakat Indonesia lebih menggunakan cat solvent based karena cat ini paling banyak dijumpai dan harganya pun terjangkau. Disisi lain, cat water based justru sangat populer di luar negeri karena beberapa faktor.

Terlepas dari cat solvent atau cat water based, kini telah hadir solusi terbaik bagi Anda yang menginginkan hasil yang unik dan berkualitas yakni chalk paint. Cat ini hadir dengan fitur yang banyak dimiliki oleh cat solvent based namun kandungan bahannya mirip dengan cat water based. Pertama kali munculnya chalk paint sudah menjadi pusat perhatian karena cat ini lebih sederhana ketika diaplikasikan, begitu pula dengan persiapan ataupun tahapan finishingnya.

Chalk paint atau cat kapur terbuat dari air dan latex sehingga cat tersebut akan dengan mudah dihapus menggunakan air apabila Anda mengalami kesalahan finishing. Chalk paint ini berbeda dengan chalkboard paint, loh. Chalkboard paint adalah cat yang digunakan untuk melapisi papan yang khusus digunakan untuk menulis menggunakan kapur. Sedangkan chalk paint merupakan cat yang khusus untuk finishing furniture atau sejenisnya dengan hasil akhir matte dan terkesan berlapis kapur maka dari itu cat tersebut disebut dengan chalk paint atau cat kapur.

Anda tidak perlu khawatir, untuk penggunaan chalk paint tidak harus lagi untuk mengimpor merk dagang luar negeri. Sebab kini telah hadir chalk paint yang diproduksi oleh perusahaan cat lokal dengan kualitas yang bagus layaknya merk dagang dari luar negeri tersebut. Chalk paint tersebut adalah BioDuco Chalk Paint yang notabene terbuat dari air serta latex dan diformulasikan khusus sesuai dengan standar regulasi keamanan internasional yakni US-EPA (Enviromental Protection Agency) dan ECHA-Reach.

Dengan penggunaan bahan yang telah disesuaikan standar regulasi internasional tentu saja bahan kimia dan kandungan VOC pada cat sangat ditekan agar aman dan tidak membahayakan kesehatan maupun lingkungan. Maka dari itu, chalk paint ini sangat cocok bagi Anda yang sedang membuat proyek mainan anak-anak. Sebab, BioDuco Chalk Paint ini tidak beracun, ramah digunakan dan nyaman karena tidak mengeluarkan bau menyengat.

Finishing Chalk Paint Untuk Proyek DIY

Chalk paint merupakan primer coat dengan pigmen warna solid opaque. Untuk mengaplikasikan cat ini maka Anda tidak perlu cat solid untuk mendapatkan warna finishing sesuai dengan kebutuhan. Dengan chalk paint, selain sudah mendapatkan tampilan warna, pori-pori kayu dapat tertutup dengan baik sehingga hasil warna lebih tajam jika dibandingkan Anda hanya menggunakan cat solid. BioDuco Chalk Paint menjadi chalk paint yang direkomendasikan karena warna solid dengan daya tutup yang sangat baik, memiliki transparansi warna yang bagus dan daya rekatnya yang kuat.

BioDuco Chalk Paint terdiri dari 20 varian warna yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Wanra-warna tersebut merupakan warna pastel yang cantik dan cocok untuk finishing furniture. Untuk finishing menggunakan chalk paint cukup berbeda dengan cat kayu pada umumnya. Jika pada umumnya fokus pada hasil yang sempurna sedangkan chalk paint lebih pada hasil yang natural. Terlebih jika digunakan tampilan klasik atau antik, menggunakan chalk paint sangat direkomendasikan karena hasilnya lebih berkarakter. Anda cukup hanya menggunakan ujung kuas ketika mengaplikasikannya karena dengan tekanan kuas yang ringan akan lebih memberikan hasil finishing yang menarik untuk dilihat.

Bagi Anda yang menginginkan hasil yang lebih cepat namun memberikan tampilan yang bagus maka perhatikan langkah-langkah finishing dibawah ini:

  • Pastikan media yang akan digunakan telah siap untuk difinishing. Alangkah baiknya untuk mengamplasnya terlebih dahulu untuk menghilangkan noda atau sisa minyak. Setelah diamplas, bersihkan sisa debu pengamplasan tersebut
  • Aplikasikan BioDuco Chalk Paint. Larutkan terlebih dahulu menggunakan air dengan perbandingan 2 bahan: 1 air lalu aduk hingga larutan tersebut homogen
  • Tunggu hingga cat tersebut kering kurang lebih selama 1 jam. Setelah kering, amplas permukaan media yang sudah di cat tersebut menggunakan kertas amplas no. 320
  • Aplikasikan wax. Anda bisa menggunakan Biopolish Beeswax yang merupakan wax kayu yang ramah lingkungan dan food grade. Cukup disapukan ke seluruh permukaan lapisan media yang sudah terlapisi cat tersebut menggunakan lap kain katun.

Furniture yang telah terlapisi diatas telah siap untuk digunakan tanpa harus didiamkan di luar ruangan karena tidak mengalami penguapan. Karena tanpa mengalami penguapan, tampilan cat pada furniture tersebut dapat tahan lama dan tidak mudah memudar.

Dimanakah bisa mendapatkan varian produk finishing diatas? Anda cukup menghubungi kontak hotline yang sudah tercantum pada website. Atau Anda juga dapat menghubungi via e-mail: [email protected] Dan atau kunjungi Bio Office di Jl. Sidikan No. 94, Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here