Cara Menutup Pori Serat Kayu Aplikasi Cat Pintu Rumah Tampak Natural

161

Pintu rumah sudah menjadi kebutuhan suatu hunian sebagai penyekat ruangan satu dengan yang lain. Baik pintu yang digunakan untuk penyekat antar ruang ataupun pintu depan, harus menggunakan kayu berkualitas baik. Kayu tersebut tidak mudah memuai atau menyusut agar memudahkan ketika menutup pintu. Sebab, perubahan cuaca dapat menyebabkan kayu menyusut atau memuai sehingga akan menyulitkan ketika menutup pintu. Tidak semua jenis pintu memiliki elastisitas yang baik sedangkan jenis kayu yang sering digunakan untuk pintu adalah kayu jati.

Kayu jati banyak dipilih sebagai pintu kayu karena memiliki elastisitas yang baik. Selain itu, kayu jati dipilih menjadi  sebagai pintu karena kualitas dan tampilannya yang bagus. Wajar apabila kayu jati memiliki harga pasar yang tinggi karena kualitas yang ditawarkan dan minat pasar yang tinggi. Saat ini, kayu jati bisa didapatkan dengan harga terjangkau namun cukup berkualitas karena dipanen lebih cepat dibandingkan kayu jati yang dipanen dalam kurun waktu puluhan tahun.

Meskipun kayu jati memiliki tampilan dasar kayu yang baik, akan lebih baik jika mempertajam kayu dengan mengaplikasikan cat. Cat juga bertujuan untuk menutup pori kayu agar dapat terlindungi dengan baik hingga ke bagian dalam serat. Ini lah yang menjadi fungsi dari penggunaan cat selain sebagai memperindah tampilan pintu. Pastikan untuk menggunakan cat kayu yang memiliki elastisitas yang baik meskipun kayu yang digunakan pun juga memiliki elastisitas yang baik. Sebab, cat kayu yang selalu terpapar langsung dengan cuaca dan mengalami perubahan suhu akan lebih mudah teroksidasi. Jika cat tersebut tidak cukup baik dalam hal elastisitasnya maka akan dengan mudah mengalami flacking.

CS Biovarnish

Salah satu cat kayu yang memiliki elastisitas yang baik adalah Biovarnish. Cat kayu ini sangat tepat untuk menutup pori serat kayu aplikasi cat kayu pintu rumah karena hasilnya yang optimal, tidak mudah flacking dan bahkan lebih ramah lingkungan. Kenapa cat Biovarnish lebih ramah lingkungan? Sebab, cat kayu tersebut terbuat dari bahan dasar air dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

Finishing Natural Kayu untuk Menutup Pori Serat kayu Aplikasi Cat Pintu Rumah

Untuk menutup pori serat aplikasi cat pintu rumah dengan cat kayu yang ramah lingkungan, Anda bisa menggunakan Biovarnish Sanding Sealer. Sanding sealer biasanya banyak diterapkan oleh penghob, pengrajin ataupun dalam bidang industri mebeling untuk memperhalus tekstur permukaan kayu sehingga hasilnya lebih optimal dan tajam. Selain itu, penggunaan sanding sealer juga bertujuan untuk menutup pori sekaligus memotong bulu-bulu halus kayu yang kadang kala sulit dipotong meskipun sudah diaplikasikan filler kayu.

Biovarnish Sanding Sealer bisa digunakan baik tanpa ataupun menerapkan liquid stain sebagai pewarnaan. Untuk menciptakan tampilan transparan, Anda bisa menggunakan sanding sealer langsung tanpa harus mengaplikasikan liquid stain. Nah, berikut cara aplikasi Biovarnish sanding sealer ketika digunakan setelah pengaplikasian liquid stain:

  • Setelah liquid stain kering, amplas permukaan pintu kayu tersebut sebelum diaplikasikan Biovarnish Sanding Sealer.
  • Larutkan Biovarnish Sanding Sealer dengan air lalu aduk hingga homogen. Kemudian aplikasikan ke seluruh permukaan kayu hingga benar-benar merata baik dengan cara kuas atau semprot. Diamkan dalam suhu ruangan kurang lebih 60 menit tanpa harus dikeringkan dibawah sinar matahari langsung. Setelah kering sentuh, amplas ambang seluruh permukaan kayu tersebut.
  • Untuk hasil akhir matte atau gloss sekaligus mengunci coating sebelumnya, aplikasikan Biovarnish Clear Coat. Sebelumnya, larutkan dengan air terlebih dahulu kemudian diaduk hingga larutan tersebut tercampur. Lalu kuaskan atau semprotkan ke seluruh permukaan kayu searah dengan serat. Lalu diamkan selama semalam hingga benar-benar permukaan pintu kayu tersebut kering.

Pasca finishing, pintu kayu yang sudah difinishing tersebut dapat langsung digunakan tanpa harud didiamkan di luar ruangan terlebih dahulu karena cat tersebut tidak mengeluarkan bau menyengat dan bahan kimia berbahaya sehingga akan lebih nyaman digunakan.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here