Cat Kayu Yang Tepat Untuk Finishing Eksterior Agar Tahan Lama

759

Rumah minimalis saat ini banyak menggunakan furniture eksterior guna meminimalisir penggunaan furniture yang banyak. Adakalnya orang menggunakan bagian teras tidak hanya sekedar digunakan untuk bersantai melainkan juga untuk menerima tamu.

Furniture yang dibutuhkan tentu saja harus bagus untuk menunjang tampilan luar ruangan rumah. Furniture eksterior yang banyak digunakan pun biasanya menggunakan material dari kayu.

Furniture eksterior sangat rentan terhadap paparan sinar matahari, ataupun embun air hujan. Apabila terpapar sinar matahari dan air hujan secara terus-menerus maka dapat mengakibatkan kayu mudah lapuk dan kusam.

CS Biovarnish

Kayu merupakan salah satu material furniture yang mudah rusak. Meskipun kayu adalah media serat alam yang paling kokoh penggunaannya. Namun tetap saja, kayu juga mudah rusak jika tidak dirawat dengan baik.

Sedangkan kayu dibendakan menjadi dua macam menurut kekuatannya yakni kayu lunak dan kayu keras. Kayu lunak adalah jenis kayu yang tidak direkomendasikan untuk furniture karena ketahannya yang sangat rendah. Selama ini, salah satu kayu lunak yang dapat digunakan sebagai furniture adalah kayu jati belanda.

Sedangkan kayu keras merupakan jenis kayu yang paling banyak digunakan untuk kebutuhan furniture ataupun bahan konstruksi rumah. Sayangnya, ada beberapa jenis kayu keras yang membutuhkan perlakuan khusus karena mudah retak.

Untuk menjaga keawetan kayu, maka diperlukan lapisan cat yang tepat. Lapisan cat ini akan melindungi bagian luar kayu dari paparan sinar matahari, air hujan ataupun embun sehingga furniture dapat lebih tahan lama.

Cat kayu yang bagus digunakan untuk furniture eksterior adalah cat yang memang diformulasikan tahan air atau tahan cuaca. Sehingga furniture eksterior akan terlindungi optimal.

Baca Juga : cat bambu tahan air yang tepat untuk furniture eksterior

Finishing Funiture Eksterior Menggunakan Cat Kayu Yang Aman

Finishing sangat diperlukan guna memaksimalkan fungsi dari furniture tersebut. Selain untuk mempercantik furniture juga betujuan untuk melindungi furniture dari gangguan luar seperti jamur ataupun cuaca.

Banyak cat yang dapat memberikan sentuhan menarik pada furniture. Namun, tampilan yang menarik saja pun tidak cukup. Dibutuhkan cat kayu dengan kualitas yang bagus agar proteksi cat bekerja secara maksimal.

Sayangnya, untuk menggunakan cat dengan proteksi yang optimal dan memiliki kualitas yang bagus akan berpengaruh pada harga yang ditawarkan. Hal tersebut menjadi salah satu penyebab orang mengurungkan untuk membeli produk dengan kualitas yang bagus.

Meskipun cat yang bagus tersebut mampu memberikan hasil yang optimal, terdapat satu hal yang harus diperhatikan yakni keamanan bahan pada cat tersebut.

Dalam memilih cat kayu exterior, tidak hanya melihat dari segi kualitas sangat penting Anda melihat bahan finishing dari segi keamanan bahan. Sebab keamanan bahan finishing dapat melindungi Anda atau pun pekerja Anda dari gangguan penyakit selain itu tidak mencemari lingkungan.

Cat apakah yang bahannya aman? Cat yang aman dan ramah lingkungan bukanlah dari cat solvent based. Cat ini merupakan inovasi baru yang saat ini berkembann di Indonesia yaitu cat water based.

Salah satu cara ketika Anda harus menggunakan cat adalah dengan mengetahui perbedaan cat solvent based dan cat water based. Nah, untuk cat water based ini adalah salah satu jenis cat yang cukup populer akhir-akhir ini.

Memang masih banyak orang awam yang belum mengetahui cat kayu tersebut. Adapula yang masih meragukan kualitas serta hasil cat water based karena sudah terbiasa penggunaan cat solvent based.

Cat water based merupakan cat yang menggunakan air sebagai bahan dasar dan pelarutnya. Air yang digunakan sebaiknya adalah air bersih agar tidak mempengaruhi hasil warna finishing.

Cat water based memang baru populer beberapa dekade ini di Indonesia karena minimnya informasi cat tersebut. Selain itu, 10 tahun terakhir ini banyak buyer mancanegara lebih concern terhadap penggunaan cat water based dibandingkan cat solvent based.

Maka dari itu, banyak pengusaha mebeling atau kerajinan tangan saat ini mulai beralih kepada cat water based karena kebutuhan untuk memenuhi standar keamanan dari konsumen.

Tren penggunaan cat water based ini faktanya tidak hanya menyasar pasar internasional saja, kini mulai banyak masyarakat yang menyadari pentingnya penggunaan cat water based.

Sayangnya, masih banyak orang yang masih menggunakan cat solvent based karena sudah terbiasa dan hasilnya yang optimal terlebih untuk tampilan gloss. Meskipun demikian, masih banyak pula kekurangan-kekurangan cat solvent based yang belum Anda ketahui.

Faktanya bahwa cat solvent based merupakan jenis cat yang terdapat kandungan minyak didalamnya. Minyak inilah yang menyebabkan tampilan gloss pada furniture terlihat layaknya kaca. Sayangnya, karena minyak juga lah yang menyebabkan ketahanan cat tidak tahan lama karena mengalami proses penguapan.

Selain itu, cat solvent pada umumnya mengeluarkan bau yang menyengat meskipun adapula beberapa cat yang mulai tidak berbau menyengat. Namun tetap saja berbahaya karena cat mengalami penguapan.

Cat yang mengalami penguapan biasanya memiliki kandungan VOC yang tinggi sehingga kandungan racun di udara pun juga tinggi. Hal ini tidak boleh dianggap sepele karena jangka panjang dari dampak cat tersebut bisa menyebabkan masalah gangguan kesehatan kronis seperti kanker dan pada lingkungan seperti meningkatnya panas pada permukaan bumi karena lapisan ozon yang semakin rusak.

Karena kandungan bahan berbahaya pada cat solvent ini lah yang menyebabkan banyak buyer mancanegara beralih ke cat water based. Pasalnya, banyak masyarakat dunia yang mulai sadar untuk menjaga lingkungan.

Cat water based jauh lebih aman karena tidak menggunakan bahan kimia berbahaya, selain itu juga rendah VOC. Salah satu cat water based yang aman dan kualitasnya yang sudah terjamin adalah Biovarnish.

Biovarnish bukan produk mancanegara melainkan produk lokal dengan kualitas terbaik. Bahkan kualitas Biovarnish hampir sama dengan kualitas merk dagang cat water based dari luar negeri.

Sebab, penggunaan bahan pada cat water based Biovarnish tidak hanya sekedar menyesuaikan standar keamanan yang ditetapkan di Indonesia saja melainkan menggunakan standar regulasi keamanan internasional.

Sehingga cat tersebut sudah dijamin tidak beracun dan tidak terkandung bahan kimia berbahaya seperti cadmium, arsenic, timbal, merkuri dll. Wajar saja jika cat water based saat ini sangat direkomendasikan untuk finishing.

Biovarnish merupakan cat kayu khusus untuk tampilan natural kayu. Warna-warna Biovarnish juga lengkap karena cat ini memiliki 20 varian warna yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan.

Apakah aplikasi cat water based seperti Biovarnish dan cat solvent based berbeda? Secara umum, aplikasi kedua cat tersebut hampir sama. Namun, penggunaan cat water based lebih efisien waktu karena lebih cepat kering.

Untuk mempermudah aplikasi Biovarnish sebagai finishing furniture, berikut langkah-langkah aplikasi cat yang tepat:

  1. Ampelas permukaan media untuk menghilangkan kotoran atau sisa minyak
  2. Gunakan Biovarnish Wood Filler untuk menyamarkan cacat kayu atau menutup pori-pori kayu. Sebaiknya larutkan terlebih dengan air, hal ini sesuaikan dengan kebutuhan. Lalu aplikasikan ke kayu dengan pisau scrape. Diamkan selama 30 menit, cukup didiamkan saja tanpa harus dikeringkan dibawah sinar matahari. Setelah kering, amplas dengan kertas amplas no. 340 atau 320
  3. Aplikasikan Biovarnish Wood Stain yang sudah dicampur air (2:1) menggunakan kuas. Tunggu hingga kering kurang lebih selama satu jam. Apabila sudah kering sentuh, amplas ambang dengan kertas amplas no. 400
  4. Aplikasikan Biovarnish Clear Coat untuk mengunci warna sekaligus mengoptimalkan tampilan cat. Setelah dilarutkan dengan air, aplikasikan ke seluruh permukaan kayu. Kemudian diamkan selama semalaman untuk hasil optimal.

Cat Kayu Biovarnish Ternama di Indonesia

Biovarnish merupakan inovasi cat water based yang aman dan ramah lingkungan. Bahan yang digunakan telah disesuaikan dengan standarisasi keamanan internasional seperti regulasi US-EPA dan ECHA-Reachn, sehingga tidak mengandung bahan kimia berbahaya dan juga rendah VOC.

Karena kandungan bahannya yang aman tersebut menjadikan Biovarnish sebagai cat yang aman digunakan untuk furniture bayi ataupun mainan anak-anak. Sebab, tidak menyebabkan masalah kesehatan bagi bayi ataupun anak-anak.

Karena dilengkapi dengan fitur-fitur unggulan, Biovarnish dapat digunakan untuk media finishing selain pada kayu. Cat tersebut sangat juga cocok digunakan pada furniture berbahan alam seperti bambu, rotan, enceng gondok ataupun serat alam lainnya.

Gunakan cat yang aman guna menjaga keamanan lingkungan dan kesehatan orang di sekitar Anda. Cat kayu aman cenderung sangat dianjurkan sebagai finishing  terlebih jika furniture memiliki sasaran pasar internasional.

Penggunaan Biovarnish akan lebih menghemat pengeluaran Anda karena penggunaannya yang lebih hemat. Hal ini dikarenakan Anda tidak perlu membeli pelarut seperti thinner melainkan hanya cukup menggunakan air bersih.

Tidak hanya itu saja, dengan Biovarnish akan memudahkan kinerja Anda Karenna proses finishingnya yang cepat. Bukan pengaplikasian catnya saja yang mudah melainkan juga cepat kering.

Biovarnish tidak bergantung pada cuaca untuk proses pengeringan sehingga dapat diaplikasikan kapan saja. Dalam kurun waktu sehari saja, Anda dapat langsung menggunakan furniture yang sudah terlapisi Biovarnish.

Biovarnish aman langsung digunakan karena tidak mengalami proses penguapan. Maka dari itu, furniture dengan lapisan cat Biovarnish akan lebih aman dan nyaman digunakan.

Dengan berbagai keunggulan Biovarnish, masih ragu untuk menggunakan cat water based satu ini? Menariknya, Biovarnish terdiri dari berbagai cat yang akan memenuhi kebutuhan finishing Anda.

Produk finishing Biovarnish terdiri dari berbagai macam mulai untuk basecoat, maincoat dan topcoat. Adapun produk Biovarnish yakni Biovarnish Wood Filler, Biovarnish Wood Stain, Biovarnsih Liquid stain, Biovarnish Sanding Sealer, Biovarnish Glaze dan Biovarnish Clear Coat.

Dimana tempat yang menjual Biovarnish? Untuk Informasi dan pembeliam cat kayu Biovarnish, dapat langsung menghubungi kontak hotline pada website atau melalui e-mail [email protected]

Anda juga dapat melakukan pembelian varian produk Biovarnish melalui marketplace di

BukaLapak https://www.bukalapak.com/u/catwaterbased

TokoPedia : https://www.tokopedia.com/biopaint102

Shopee: https://shopee.co.id/biovarnish.official

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here