Teknik Aplikasi Cat Kayu Terbaik Pada Meja Teras Agar Kayu Lebih Awet

909

Meja teras kayu akan dapat bertahan lebih lama jika diaplikasikan cat kayu eksterior berkualitas baik dan bahannya yang aman.

Teras merupakan bagian rumah yang memiliki fungsi cukup krusial. Sebagian penghuni akan memanfaatkan teras sebagai tempat bersantai atau menerima tamu sementara.

Adakalanya teras pada hunian rumah juga dialihfungsikan menjadi ruang tamu. Fungsi ruang tamu pada teras ini banyak diaplikasikan pada hunian dengan konsep minimalis atau lahan terbatas.

CS Biovarnish

Karena bagian ini merupakan tempat yang bersinggungan langsung dengan bagian luar maka teras cukup sering terpapar sinar matahari atau terkena percikan air hujan.

Karena faktor pengaruh cuaca tersebut, furniture yang digunakan pun harus dilengkapi dengan tahan terhadap perubahan cuaca (weather resistance). Terlebih jika furniture seperti meja teras tersebut menggunakan material dari kayu.

Pasalnya kayu merupakan material yang cukup rawan rusak apabila selalu terpapar sinar matahari ataupun air hujan. Meskipun terdapat diantaranya yang memiliki ketahanan yang bagus terhadap cuaca.

Bagaimana menjaga meja teras kayu tersebut agar tahan terhadap cuaca? Maka dibutuhkan cat untuk melapisi bagian permukaan luar dari kayu tersebut. Cat dengan kualitas yang bagus tentu aja selalu dilengkapi dengan fitur tahan cuaca.

Sayangnya, tidak semua cat dapat melindungi dengan baik meskipun sudah dilengkapi dengan fitur tahan cuaca. Cat kurun waktu tertentu justru cat akan memudar dan bahkan mengalami flacking.

Peristiwa ini justru membahayakan kayu karena kerusakan akan dengan mudah dan cepat terjadi. Salah satu cat yang tidak mudah flacking saat ini adalah cat water based.

Cat water based memang terbuat dari air namun cat ini tidak mudah luntur apalagi jika bersinggungan langsung dengan air. Karena cat water based ini diformulasikan khusus untuk finishing furniture.

Sehingga dengan teknologi terkini serta menggunakan bahan tertentu yang ramah lingkungan membuat kualitas cat water based tidak kalah baik dengan cat solvent based berkualitas.

Untuk mencairkan cat water based pun juga lebih sederhana dan Anda tidak perlu membeli di toko cat atau bangunan. Anda hanya cukup menggunakan air saja namun perlu diperhatikan bahwa air yang digunakan harus bersih.

Air yang bersih untuk mencairkan cat water based akan mempertahankan kualitas warna sehingga ketika diaplikasikan terlihat tajam. Maka dari itu, tidak disarankan untuk menggunakan air keruh atau kotor agar tidak mempengaruhi kualitas warna.

Lapisan cat sangat penting untuk furniture atau perabotan terlebih furniture eksterior seperti meja teras. Selain memperindah tampilan meja teras, cat juga dapat melindungi kayu dari penyebab kerusakan seperti debu, sinar matahari, air, jamur atau pun faktor lainnya.

Cat kayu terbaik tentu akan memberikan tampilan serta perlindungan pada furniture dengan baik. Maka pilih cat kayu yang memiliki daya rekat film yang kuat serta proteksi pada kayu yang bagus.

Finishing Meja Teras Dengan Cat Kayu Terbaik Yang Aman

Tahapan finishing selalu tidak lepas dari lapisan cat, justru cat menjadi point terpenting ketika digunakan untuk finishing furniture. Cat kayu dengan kualitas terbaik banyak tersedia di pasaran.

Anda akan cukup memakan waktu lama apabila membandingkan kualitas cat satu dengan cat yang lainnya. Karena setiap cat pasti menawarkan berbagai penawaran yang berbeda.

Cukup perbandingkan antara cat solvent based dengan cat water based, adapun perbedaan keduanya sebagai berikut

Cat Solvent Based Cat Water Based
Kandungan Bahan Minyak Air
Pelarut Pelarut Organik (Thinner, spirtus atau methanol) Air
Tingkat Glossy Up to 100% Up to 85%
Ketahanan Cat Mudah memudar karena cat mudah menguap Lebih tahan lama karena tidak terdapat kandungan minyak
Kecepatan Kering Membutuhkan waktu ≥24 jam (tanpa sinar matahari) Membutuhkan waktu maksimal 60 menit tanpa sinar matahari
Proses Pengeringan Harus dikeringkan dibawah sinar matahari Tanpa membutuhkan sinar matahari

Setelah mengetahui perbedaan diatas, jenis cat apakah yang akan Anda gunakan?

Saat ini, cat kayu yang sedang populer adalah cat water based. Meskipun sebagian masyarakat belum mengenal cat water based namun eksistensi cat ini mulai tampak ke permukaan.

Banyak masyarakat belum memilih cat water based karena keterbiasan atau trust to product yakni cat solvent based menghasilkan kualitas yang baik. Pasalnya, justru cat solvent based kini tidak disarankan penggunaannya. Kenapa demikian?

Cat solvent based memiliki bau yang menyengat sehingga cukup mengganggu lingkungan sekitar. Cat tersebut mudah menguap sehingga kandungan uap pada cat terdapat beberapa senyawa berbahaya.

Senyawa yang menguap tersebut dikenal dengan VOC. Disayangkan, banyak orang yang mengabaikan akan perihal kandungan VOC pada suatu produk. Faktanya, VOC ini justru sangat berbahaya bagi kesehatan ataupun lingkungan.

Regulasi United State Enviromental Protection Agency (EPA) pun membahas mengenai VOC. Dalam artikelnya di laman websitenya epa.gov menyebutkan bahwa VOC merupakan senyawa organik yang mudah menguap dan beracun sehingga tidak baik terhadap kesehatan.

Maka dari itu, cat water based kini hadir untuk menggantikan fungsi dari cat solvent based tersebut. Wajar saja jika fitur ataupun kualitas cat pun hampir sama.

Cat kayu terbaik yang aman merupakan cat kayu dengan bahan dasar air atau dikenal dengan cat water based. Salah satunya adalah Biovarnish yang diformulasikan sebagai pengganti cat solvent based seperti plitur atau pernis dengan tampilan natural kayu.

  • Pra-Finishing

Hal pokok yang perlu diperhatikan sebelum finishing adalah media kayu yang digunakan. Kondisi kayu akan mempengaruhi hasil atau bahkan selama proses finishing berlangsung.

Akan lebih baik jika kayu tersebut dilapisi dengan obat anti rayap ataupun obat anti jamur agar dapat terlindungi secara optimal. Setelahnya, Anda dapat mengamplasnya hingga permukaan kayu lebih rata dan bersih.

  • Finishing
  1. Aplikasikan Biovarnish Wood Filler. Larutkan terlebih dahulu filler kayu tersebut dengan air lalu aduk hingga tercampur merata. Lalu, aplikasikan menggunakan pisau palet atau sejenisnya ke permukaan kayu. Diamkan selama 20-30 menit dan apabila sudah kering, amplas dengan kertas amplas grit 320
  2. Aplikasikan Biovarnish Liquid Stain. Larutkan dengan air agar intensitas warna cat tidak terlalu gelap dan kental. Kuaskan atau semprotkan ke seluruh permukaan kayu secara merata. Diamkan selama 60 menit dan apabila sudah kering sentuh maka amplas ambang menggunakan kertas amplas grit 400
  3. Aplikasikan Biovarnish Sanding Sealer yang sudah dilarutkan air. Semprotkan ke seluruh permukaan kayu secara merata. Diamkan selama 60 menit lalu amplas ambang dengan kertas amplas grit 400 apabila sudah kering sentuh
  4. Untuk mengunci warna sekaligus memberikan tampilan akhir, aplikasikan Biovarnish Clear Coat yang sudah dilarutkan air. Aplikasikan ke seluruh permukaan kayu secara merata lalu diamkan selama 24 jam atau semalaman untuk hasil optimal dan siap packing.
  • Pasca Finishing

Untuk mempertahankan kualitas cat, rawat secara rutin dengan membersihkan debu pada permukaan kayu setiap harinya. Selain itu, Anda dapat mengaplikasikan poles kayu setiap sebulan atau dua minggu sekali untuk mendapatkan perlindungan optimal sekaligus meremajakan tampilan warna furniture.

Cat Kayu Water Based Biovarnish

Cat kayu terbaik Biovarnish merupakan cat kayu dengan water based acrylic yang telah disesuaikan dengan standar regulasi keamanan bahan kimia internasional seperti US EPA dan ECHA. Sehingga Biovarnish tidak mengandung bahan kimia berbahaya, tidak beracun, dan tidak berbau.

Karena cat water based ini tidak mengeluarkan bau cat yang menyengat sehingga Anda dapat mengaplikasikan dimanapun. Apabila di ruangan tertutup, sebaiknya tetap menjaga sirkulasi udara tetap berjalan dengan baik.

Dengan demikian, cat ini tidak memberikan dampak buruk pada kesehatan dan lingkungan. Bahkan cat water based ini juga tidak berbahaya bagi bayi ataupun anak-anak sehingga dapat diaplikasikan pada furniture bayi dan mainan anak-anak.

Biovarnish sangat cocok digunakan untuk finishing dengan tampilan natural baik pada furnture interior ataupun eksterior. Dilengkapi fitur tahan air dan tahan cuaca membuat cat ini tidak mudah luntur dan tidak flacking meskipun sudah lama diaplikasikan.

Cat ini tidak hanya dapat digunakan pada kayu saja namun juga dapat diaplikasikan pada furniture dengan media MDF, plywood, bambu, rotan atau pun serat alam lainnya.

Biovarnish dilengkapi dengan 20 warna kayu yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan finishing Anda. Pastikan untuk selalu menggunakan varian produk Biovarnish untuk hasil yang optimal serta hasil warna yang tajam.

Dimana bisa membeli Biovarnish?

Silahkan menghubungi kontak hotline yang sudah tercantum pada laman website ini. Atau Anda juga dapat membeli langsung via e-mail yakni [email protected].

Jika Anda ingin berkonsultasi langsung mengenai finishing ataupun mengambil produk langsung secara offline, Anda dapat berkunjung ke Bio Centre yang terletak di Jl. Sidikan No. 94, Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta. Atau Anda dapat melakukan pembelian offline di agen-agen Bio Industries terdekat.

Nah, jika Anda terbiasa melakukan pembelian di marketplace, Biovarnish kini telah hadir di beberapa marketplace kesayangan Anda.

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/biopaint102

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries

Shopee: https://shopee.co.id/biovarnish.official

Gunakan produk-produk yang ramah lingkungan untuk mengurangi pencemaran lingkungan akibat senyawa kimia berbahaya. Tidak hanya Biovarnish, Bio Industries juga memiliki produk perkayuan yang ramah lingkungan lainnya diantaranya adalah produk bleaching kayu, treatment kayu seperti obat anti rayap atau obat anti jamur ataupun poles kayu.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here