Cat Kayu Mengkilap Terbaik Dengan Tampilan Natural Kayu Di Indonesia

1360

Apakah Anda ingin mengubah tampilan furniture yang sudah usang tampak lebih baru? Anda bisa mengecatnya untuk memberikan kesan mengkilap.

Furniture hingga saat ini menjadi kebutuhan pokok yang harus ada di dalam rumah ataupun tempat hunian, resto, café dll. Dengan penggunaan furniture, ruangan akan lebih hidup dan terisi.

Furniture yang digunakan pun bermacam-macam namun yang paling umum adalah furniture yang terbuat dari material kayu. Kenapa kayu menjadi material paling diminati masyarakat?

CS Biovarnish

Meskipun kayu termasuk material serat alam yang rawan rusak namun bahan material ini justru sangat kokoh dan mudah untuk dibentuk. Nah, khususnya untuk tampilan natural kayu, serat kayu menjadi andalan karena memberikan nilai estetis.

Setiap kayu pun memiliki corak serat dan karakter yang berbeda-beda sehingga Anda harus lebih selektif ketika memilih kayu sebagai furniture. Kayu yang paling umum digunakan untuk furniture adalah kayu jati, kayu mahoni, kayu sonokeling, kayu sengon, kayu akasia, kayu pinus dll.

Tidak semua jenis kayu tersebut memiliki ketahanan yang bagus sehingga dibutuhkan treatment dan lapisan cat yang tepat. Lalu bagaimana jika furniture yang digunakan sudah usang dan tidak mengetahui jenis kayu yang digunakan?

Ada beberapa hal yang harus Anda lakukan, diantaranya:

  • Cek kembali kondisi furniture tersebut, apakah terdapat cacat atau bekas dari serangga
  • Kayu yang bagus tidak akan mudah lapuk meskipun sudah digunakan dalam kurun waktu yang lama
  • Sedangkan kayu dengan kualitas rendah biasanya akan mudah ‘bubukan’ akibat serangga bubuk atau bahkan terserang rayap. Sebab, kayu tersebut lebih lunak sehingga mudah serangga menyerang
  • Sebelum mengaplikasikan cat sebaiknya amplas terlebih dahulu permukaan kayu tersebut agar cat dapat melekat kuat
  • Sedangkan apabila terdapat beberapa bagian kayu yang sudah cacat maka aplikasikan dempul terlebih dahulu agar hasil finishing akhir terkesan sama rata dan optimal
  • Pastikan untuk memilih cat dengan proteksi yang baik agar furniture kayu dapat bertahan lama
  • Meskipun sudah diaplikasikan cat, alangkah baiknya tetap merawat furniture secara optimal agar tidak mudah rusak

Salah satu cat kayu untuk refinishing furniture yang mulai usang adalah dengan cat kayu mengkilap untuk mendapatkan hasil akhir glossy atau menyerupai kaca. Tampilan ini masih banyak dijumpai dengan warna natural kayu, agar serat kayunya lebih tampak.

Cat kayu yang bagus akan mempengaruhi hasil akhir dari finishing tersebut. Maka dari itu,pentingnya memilih cat kayu dengan kualitas yang baik agar hasilnya lebih optimal.

Tidak hanya berhenti pada kualitas finishing saja, namun juga perhatikan dari segi bahan yang digunakan. Terdapat beberapa cat yang saat ini menggunakan bahan-bahan yang lebih ramah lingkungan sehingga aman dan nyaman ketika diaplikasikan ataupun akan digunakan.

Cat Kayu Mengkilap Baik Untuk Finishing Yang Aman

Finishing yang aman untuk digunakan tidak bisa dijumpai pada cat solvent based. Apa itu cat solvent based? Cat solvent based merupakan cat kayu yang terbuat dari solvent atau minyak. Pada umumnya, cat ini harus dilarutkan dengan thinner atau spiritus.

Fakta lain membuktikan cat kayu solvent ini berbahaya adalah cat tersebut terdapat kandungan bahan kimia berbahaya seperti arcenic, timbal atau merkuri. Dampaknya pun sangat berbahaya bagi kesehatan maupun lingkungan.

Namun Anda tidak perlu khawatir karena saat ini telah ada cat kayu yang lebih ramah lingkungan. Cat tersebut diformulasikan menggunakan bahan-bahan yang aman dan alami agar tidak berbahaya bagi kesehatan atau lingkungan.

Cat dengan kandungan bahan yang aman ini adalah cat water based. Cat kayu dengan bahan dasar air tersebut termasuk aman karena penggunaan air sebagai bahan dasar serta pelarutnya. Selain itu, kandungan bahan serta VOC pada cat aman dan sangat rendah.

Cat kayu mengkilap dengan bahan water based sudah mulai dijumpai di toko-toko cat, namun banyak diantara produsen mebel lebih memilih cat solvent based karena ragu dengan cat water based.

Sebenarnya cat water based jauh lebih aman, murah dan kualitasnya tidak kalah bagus dengan cat solvent based. Cat kayu mengkilap dengan bahan dasar air lebih murah, sebab yang biasanya Anda membeli cat dan pelarutnya seperti thinner maka tidak berlaku pada cat water based.

Anda hanya perlu membeli catnya saja tanpa membeli bahan pelarutnya sebab bisa Anda dapatkan di sekitar lingkungan Anda. cat water based yang sudah terpercaya dengan kualitas dan keamanan bahannya adalah Biovarnish.

Terlebih Biovarnish merupakan cat kayu khusus untuk tampilan natural kayu dengan varian cat yang lengkap mulai untuk basecoat, maincoat hingga topcoat. Sehingga Anda tidak perlu bingung mencari cat yang sesuai dengan kebutuhan finishing.

Cat Kayu Biovarnish di Indonesia

Cat kayu mengkilap Biovarnish sangat cocok diaplikasikan untuk furniture, perabotan ataupun kerajinan berbahan serat alam. Sebab cat ini diformulasikan dengan daya rekat film yang kuat, cepat kering dan tarikan kuasnya yang ringan.

Bahan yang digunakan Biovarnish tidak mengandung bahan kimia berbahaya sebab telah disesuaikan dengan standar keamanan internasional seperti ECHA-Reach dan US-EPA.

Untuk tahap dasar Biovarnish, Anda dapat memperhatikan langkah finishing dibawah ini:

  1. Setelah memperhatikan kondisi kayu furniture dan siap untuk di refinishing maka aplikasikan Biovarnish Wood Filler untuk menyamarkan cacat kayu. Jika cacat kayu terlalu besar, Anda dapat mencampur dempul kayu ini dengan serbuk kayu. Tunggu hingga kering, kemudian amplas dengan kertas amplas no. 320
  2. Sebagai pewarnaan, aplikasikan Biovarnish Wood Stain. Pilih tampilan warna yang diinginkan karena Biovarnish terdapat 20 varian warna. Larutkan terlebih dahulu dengan air lalu aduk hingga homogen. Gunakan kuas atau spray gun untuk mengaplikasikan ke permukaan kayu. Jika Anda seorang pemula, sebaiknya gunakankuas spons atau kuas yang sudah terlapisi kain katun. Diamkan selama satu jam di tempat yang teduh tanpa harus dikeringkan dibawah sinar matahari langsung. Jika sudah kering sentuh, amplas ambang dengan kertas amplas no. 400
  3. Untuk mengunci warna natural kayu, aplikasikan Biovarnish Clear Coat Gloss yang sudah dilarutkan dengan air. Setelah diaplikasikan, diamkan selama 24 jam agar kering sempurna dan furniture siap untuk digunakan kembali

Hanya cukup dalam kurun waktu sehari saja Anda sudah mendapatkan tampilan furniture Anda kembali seperti baru. Anda pun tidak perlu khawatir cat tidak kering karena Biovarnish hanya cukup didiamkan dalam suhu ruangan saja.

Maka dari itu, Biovarnish merupakan cat kayu semua kalangan karena mudah diaplikasikan, cepat kering dan menghemat biaya pengeluaran Anda. Sangat cocok bagi Anda yang memiliki proyek finishing dalam partai besar ataupun untuk diekspor ke luar negeri.

Biovarnish selalu dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan dari para aplikator. Adakalanya, tren finishing juga mempengaruhi kualitas cat nantinya. Dengan uji coba yang selalu dikembangkan, Biovarnish kini dapat digunakan untuk berbagai finishing serat alam.

Tidak hanya digunakan untuk finishing indoor saja, Biovarnish juga sangat cocok untuk finishing outdoor karena dilengkapi dengan fitur tahan cuaca serta memiliki elastisitas yang baik.

Dengan elastisitas cat yang bagus membuat Biovarnish tidak mudah flacking. Flacking (cat retak/pecah) disebabkan oleh proses oksidasi yang membuat cat akan lebih cepat mengelupas dari permukaan kayu.

Dengan daya rekatnya yang kuat dan elastisitasnya yang bagus membuat Biovarnish dapat menyesuaikan kondisi dari kayu yang terlapisinya. Hal ini lah yang membuat tampilan furniture dengan Biovarnish dapat bertahan lama sehingga akan memperpanjang waktu untuk refinishing.

Karena Biovarnish adalah cat water based maka cat ini juga tidak cepat memudar dikarenakan cat water based tidak terdapat kandungan minyak yang membuatnya menguap.

Kelebihan lain cat water based ini lah yang membuat banyak orang mulai melirik cat tersebut. Wajar saja jika minat dari cat ini semakin meningkat dan perkembangannya pun lebih cepat dibandingkan cat solvent based.

Cat solvent based lebih unggul dimata masyarakat karena cat ini lebih mudah didapatkan dan dipandang lebih terjangkau. Memang lebih terjangkau karena terdiri dari berbagai merk yang menawarkan cat sesuai dengan sasaran pasar.

Sayangnya, cat solvent based tersebut masih memerlukan pelarut seperti thinner. Meskipun hanya digunakan sedikit, faktanya dampak yang ditimbulkan tetap saja sangat berbahaya.

Biovarnish adalah solusi tepat bagi Anda yang ingin mencoba cat water based. Ssaat ini, Biovarnish sudah didapatkan di berbagai toko offline ataupun online. Penasaran dimana harus membeli varian produk Biovarnish?

Untuk informasi dan pemesanan, silahkan menghubungi nomor kontak yang sudah tercantum pada website ini. Anda juga dapat berkonsultasi mengenai finishing, informasi segala permasalahan perkayuan ataupun pembelian produk Biovarnish melalui e-mail [email protected].

Selain itu, Biovarnish juga sudah dijual di market place kesayangan Anda yakni

BukaLapak: https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries

TokoPedia : https://www.tokopedia.com/biopaint102

Shopee : https://www.shopee.co.id/biovarnish.official

Sedangka untuk pembelian secara offline, Anda dapat mengunjungi toko-toko retail cat di daerah Anda. Atau Anda dapat mengunjungi kantor Bioindustries di Jl. Sidikan No. 94, Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta.

Pastikan untuk selalu menggunakan produk yang ramah lingkungan untuk menjaga lingkungan sekitar Anda tetap sehat dan aman.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here