Warna Natural Tajam Pada Furniture Dengan Aplikasi Cat Kayu Jati

2574

Furniture yang memiliki warna natural kayu lebih terkesan hangat dan menangkan. Anda dapat mengaplikasikan cat kayu jati yang memiliki daya rekat film yang kuat.

Furniture yang menggunakan media kayu jati memang banyak kita jumpai di daerah-daerah Indonesia. Kayu jati dipilih karena teksturnya yang kuat, seratnya yang rapi serat kuat. Bahkan kayu jati lebih unggul daripada kayu-kayu yang lainnya.

Untuk memberikan lapisan furniture kayu jati maka gunakan catkayu jati yang memiliki daya rekat film yang kuat serta transparansi warnanya yang bagus.

CS Biovarnish

Baca Juga : cat kayu yang paling bagus untuk finishing kayu jati

Macam-Macam Furniture Cocok Warna Kayu Jati

Furniture memang sudah menjadi suatu kebutuhan sehingga tidak bisa lepas dari sebuah bangunan. Pengguaan furniture pun tergantung dari kebutuhan bangunan tersebut. Baik dari dimensi, tampilan hingga gaya yang diusung oleh suatu bangunan rumah.

Sebab, tidak semua model rumah akan cocok diterapkan furniture tertentu. Seperti halnya jika menggunakan furniture klasik penuh ukiran diletakkan di rumah minimalis. Hal ini sangat tidak cocok karena secara umum furniture klasik memiliki ukuran yang besar dan ukiran memberikan kesan yang ramai.

Oleh karena itu, penghuni rumah harus mengetahui konsep rumah yang diusung dan gaya apa yang akan ditampilan dalam suatu ruangan rumah tersebut.

Alangkah baiknya untuk selalu mencari referensi furniture sesuai dengan konsep rumah yang diusung. Sudah banyak referensi di internet mengenai home décor sehingga akan mempermudah pilihan Anda.

Salah satu furniture yang paling banyak diterapkan untuk suatu bangunan adalah furniture dengan warna natural kayu jati. Warna kayu ini cocok diterapkan ke dalam konsep apapun sehingga wajar saja jika warna kayu jati banyak dipilih untuk finishing furniture.

cat-untuk-furniture-kayu-jati

Furniture Indoor

Furniture indoor terdiri dari banyak model seperti stool, dining room, kitchennete, nakas, lemari dan masih banyak lagi. Tentu saja, model yang dimiliki furniture indoor banyak macamnya, mulai dari yang klasik hingga modern.

Nah, warna jati memiliki kesan natural warna yang tidak terlalu tua atau pun muda sehingga cocok jika diterapkan pada furniture indoor. Terlebih, warna natural kayu jati juga sangat elegan dan mewah sehingga furniture yang dilapisi warna ini akan terkesan lebih menarik.

Karena digunakan untuk indoor maka proses finishing tidak hanya menggunakan pewarnaan cat kayu jati saja melainkan juga cat pendukung lainnya seperti sanding sealer dan topcoat.

Tujuan pengaplikasian cat tersebut adalah agar cat tidak cepat pudar sehingga warna jati akan tetap awet dan menarik. Anda dapat melihat tutorial finishing jika ingin mengecat kembali furniture di rumah Anda.

Furniture Outdoor

Furniture outdoor adalah furniture yang sering digunakan untuk luar ruangan seperti di taman, halaman belakang rumah, balkon, rooftop atau pun teras. Tidak sedikit furniture outdoor menggunakan material kayu sehingga dibutuhkan finishing yang lebih optimal.

Furniture outdoor yang menggunakan kayu memang rawan rusak karena intensitas resiko masalah cuaca akan lebih banyak. Ya, cuaca menjadi faktor utama kerusakan dari furniture kayu sehingga membuat kayu lebih cepat rusak baik dikarenakan kayu lembab, membusuk, jamur atau pun rayap.

Oleh karena itu, kayu dan cat yang digunakan untuk furniture outdoor harus memiliki ketahanan yang lebih bagus dibandingkan untuk kebutuhan indoor. Cat yang digunakan untuk furniture outdoor harus memiliki fitur weather resistance atau tahan cuaca sehingga cat dapat tahan terhadap perubahan cuaca.

Finishing Furniture Dengan Cat Kayu Jati

Pada penjelasan di atas, furniture baik indoor maupun outdoor harus dilapisi finishing. Bukan hanya memberikan tampilan warna kayu seperti kayu jati saja melainkan guna melindungi kayu dari kerusakan langsung seperti gesekan benda tumpul dan lain sebagainya.

Finishing merupakan tahap akhir untuk memberikan tampilan yang menarik pada furniture. Lapisan cat kayu jati yang digunakan tidak hanya untuk memperindah saja namun juga sebagai pelindung kayu dari kerusakan yang diakibatkan oleh debu, jamur dan sebagainya.

Cat kayu jati yang bagus untuk finishing adalah cat yang memiliki transparansi warna yang bagus agar warna asli kayu tersebut tajam namun tetap memperlihatkan serat kayunya yang indah.

Salah satu cat kayu yang memiliki fitur dengan transparansi warna yang bagus adalah Biovarnish. Bahkan cat tersebut juga sangat aman digunakan karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

Penting bagi Anda yang ingin mencari cat kayu yang dapat digunakan untuk indoor atau pun outdoor. Biovarnish menjadi pilihan yang sangat direkomendasikan. Selain dapat digunakan indoor atau pun outdoor, Biovarnish memiliki tampilan yang tajam dan bahkan tampilan kilap mencapai 80%.

Biovarnish merupakan cat water based sehingga tingkat kilap yang dicapai berbeda halnya dengan cat solvent based. Hal ini dikarenakan tidak adanya kandungan minyak dalam cat tersebut sehingga tingkap kilap dibawah presentase dari cat solvent based.

Meskipun demikian, presentased 80% pada cat water based sudah dikategorikan sangat baik. Jika Anda menginginkan tingkat kilap yang lebih tinggi maka Anda dapat mengaplikasikan beberapa layer cat pada furniture sehingga mendapatkan tingkat kilap yang diinginkan.

Adapun cara aplikasi cat kayu jati Biovarnish, sebagai berikut:

  1. Ampelas permukaan kayu hingga benar-benar bersih guna tidak ada noda dan serta permukaan kayu sama rata. Hal ini akan mempermudah cat diaplikasikan serta tampilan warna dapat terkesan lebih tajam.
  2. Aplikasikan Biovarnish Wood Filler ke seluruh permukaan kayu menggunakan pisau palet untuk menutup pori-pori kayu. Langkah ini sangat cocok diterapkan pada kayu yang memiliki pori-pori yang cukup besar. Meskipun pori-pori kayu tidak besar, Anda tetap dapat mengaplikasikan Biovarnsih Wood Filler sehingga ketika ditimpa cat selanjutnya maka warna cat akan cepat keluar. Setelah diaplikasikan, diamkan selama 20-30 menit kemudian ampelas menggunakan grid 320 apabila sudah kering.
  3. Aplikasikan Biovarnish Wood Stainmenggunakan kuas ke seluruh permukaan kayu. Pastikan untuk mengaplikasikan secara merata sehingga warna akan seragam. Setelah diaplikasikan ke seluruh permukaan kayu, tunggu hingga kering kurang lebih 60 menit. Apabila sudah kering sentuh, ampelas ambang menggunakan kertas ampelas grid 400
  4. Aplikasikan Biovarnish Clear Coat guna mengunci warna serta memberikasn sentuhan akhir yakni matte atau gloss. Tunggu 30 menit pertama, perhatikan tampilan cat tersebut. Apabila kurang sesuai maka Anda dapat mengaplikasikannya kembali. Lakukan hingga mendapatkan tampilan yang diinginkan. Setelah mendapatkan tampilan yang diinginkan, diamkan selama semalaman dan furniture siap untuk digunakan.

Baca Juga : bagaimana caranya agar warna cat kayu yang bagus bertahan lama

Berbeda halnya dengan cat solvent based yang harus dikeringkan dibawah sinar matahari. Cat Biovarnish hanya cukup diangin-anginkan atau didiamkan saja di dalam suhu ruangan. Meskipun demikian, cat kayu akan cepat kering dan mendapatkan hasil yang optimal.

Saat ini, sebagian industri cat di Indonesia telah mengembangkan cat kayu yang menggunakan kandungan bahan yang aman. Cat tersebut merupakan cat water based atau cat dengan bahan dasa serta pelarut air.

Biovarnish merupakan salah satu cat water based yang menggunakan kandungan bahan yang aman. Sebab, kandungan dalam cat telah disesuaikan dengan standarisasi keamanan internasional seperti US Enviromental Protection Agency dan European Chemical Agency.

Untuk informasi lebih detai mengenai cat kayu jati Biovarnish silahkan menghubungi kontak hotline yang tercantum pada website ini. Anda juga dapat memesan produk Biovarnish di marketplace di bawah ini:

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/biopaint102

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/catwaterbased

Shopee: https://shopee.co.id/biovarnish.official

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here