Ide Konsep Smart Living pada Hunian Agar Lebih Nyaman

1
Tips Memadukan Warna Cat Tembok dengan Furniture
Ruang keluarga dengan dinding biru dan sofa putih

Menciptakan nuansa yang nyaman dan modern adalah salah satu bentuk smart living yang perlu ditingkatkan di setiap rumah.

Pada industri modern, konsep yang mengusung ‘smart’ tampaknya sangat mempengaruhi gaya hidup setiap orang. Bukan hanya teknologi saja yang mengusung konsep smart tetapi juga tata kota, perekonomian bahkan hunian tinggal.

Anda yang disibukkan dengan aktivitas yang padat selayaknya untuk menerapkan smart living pada kehidupan sehari-hari Anda. Hal ini bukan hanya sekadar praktis dan nyaman tetapi juga memberikan nuansa yang lebih modern dan kekinian.

CS Biovarnish

Mengusung smart living pada suatu hunian berkiblat dari adanya perkembangan konsep tata kota saat ini yakni smart city. Konsep ini mengusung berbagai komponen mulai dari tata kota, keunggulan, lokasi wisata, perekonomian dan lain sebagainya.

Ide Hunian dengan Konsep Smart Living

Smart living bukan hanya sekadar menciptakan ruangan yang nyaman bagi satu orang saja. Smart living bahkan bisa berkembang menjadi seatu komunitas bahkan satu kawasan. Ya, kini telah banyak tempat kawasan yang wisatanya misalnya menyajikan keindahan dan desain yang inovatif serta nyaman. Hal ini merupakan salah satu bentuk menciptakan ruang yang smart living.

Untuk rumah, tidak perlu jauh-jauh untuk mengimplementasikan hidup smart living ini. Anda bisa memulai dari hunian rumah Anda sendiri. Bagaimana caranya? Berikut ide-ide konsep smart living yang dapat Anda ciptakan di rumah.

  • Ruang yang Terbuka

Mungkin cara ini sangat tepat diterapkan untuk hunian minimalis. Namun begitu, faktanya, cara ini bisa diterapkan untuk gaya ruangan jenis apapun. Menciptakan ruangan yang terbuka akan membuat ruangan terasa lebih lega dan luas. Sangat cocok bagi Anda yang seharian pergi atau beraktivitas di luar rumah.

Melihat ruang yang lega dan luas akan membuat hati terasa lebih tenang dan nyaman untuk beristirahat. Tentu saja, cara ini harus diikuti dengan peletakan furniture yang tepat. Disarankan untuk tidak menggunakan banyak furniture sehingga konsep ruang terbuka menjadi lebih optimal.

  • Storage Vertikal

Salah satu yang menarik adalah jika Anda dapat menerapkan storage vertikal pada ruangan. Selain lebih ringkas, storage ini mampu menampung banyak barang di rumah Anda, sehingga ruangan terasa lebih tertata dan rapi.

Agar tidak terkesan monoton dan membosankan, Anda dapat memainkan warna pada storage ini sehingga akan membuat ruangan terkesan lebih hidup.

  • Terapkan Rak Gantung

Untuk menghemat ruang, tidak ada salahnya jika Anda menggunakan rak gantung atau rak dinding. Rak ini sangat hemat tempat, terutama jika ruangan Anda cukup sempit. Jenis rak gantung ini umumnya menggunakan area yang jarang digunakan.

Selain lebih menghemat tempat, rak gantung atau rak dinding akan membuat ruangan terasa lebih hidup, loh. Anda juga dapat meletakkan tanaman sebagai penghias di rak tersebut.

  • Mezanin Lebih Optimalkan Tempat

Jika ruangan terasa kurang, Anda dapat memanfaatkan mezanin sebagai ruang tambahan. Mezanin biasanya juga diterapkan di rumah hunian di Korea. Selain lebih praktis, mezanin juga menambah ruangan terasa industrial.

Mezanin ini tentunya harus disesuaikan dengan tinggi ruangan. Anda dapat mengoptimalkan penggunaan mezanin sebagai ruang tambahan seperti ruang baca, game, santai dan lain sebagainya.

  • Paduan Warna yang Seimbang

Jika menginginkan ruangan terasa lega dan menarik maka paduan warna yang Anda mainkan harus selaras. Hindari penggunaan warna yang berbeda dengan sangat mencolok sebab dapat memperlihatkan ruang terasa membosankan dan kurang nyaman. Warna yang terlalu menabrak justru cocok diterapkan bagi ruangan untuk kerja karena mampu memancarkan semangat.

Dari sekian ide smart living pada ruangan rumah di atas, manakah yang Anda terapkan pada rumah Anda? Tidak harus semua dilakukan, Anda dapat menerapkan beberapa konsep di atas sesuai kenyamanan Anda.

Jika dilihat dari penjelasan diatas, unsur warna yang diusung pada ruangan tersebut cenderung pastel atau warna-warna yang tidak terlalu mencolok mulai dari furniture, tembok ataupun aksesorisnya. Tidak mudah untuk menciptakan warna yang selaras seperti diatas akan tetapi Anda bisa menciptakan sendiri loh di rumah.

Warna Pastel untuk Furniture Smart Living

Furniture-furniture yang digunakan untuk memperkuat nuansa ruangan agar smart living adalah furniture yang lebih ramah lingkungan dan warnanya yang tidak terlalu mencolok. Umumnya, warna yang banyak digunakan adalah warna-warna putih.

Kenapa warna putih lebih banyak diterapkan? Sebab, warna putih memberikan kesan ruangan terasa lega dan bersih. Ya, bukan hanya tembok, warna putih banyak sekali diterapkan pada furniture-furniture di suatu hunian.

Untuk menciptakan ruang yang smart living, hal ini cukup selaras dengan gerakan yang ramah lingkungan. Agar tidak melenceng dari gerakan ramah lingkungan dan smart living, sebaiknya gunakan cat kayu yang ramah lingkungan yakni cat water based.

Cat water based adalah cat kayu yang tergolong sebagai cat yang ramah lingkungan. Salah satu cat water based di Indonesia adalah BioDuco. Cat ini khusus digunakan untuk finishing warna-warna solid pada furniture ataupun perabotan.

Untuk membeli produk BioDuco, Anda dapat langsung menghubungi kontak yang tercantum pada website ini. BioDuco juga telah tersedia di toko kesayangan pada marketplace Anda berikut ini.

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/bioduco-official

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here