Menjaga Tampilan Kayu Jati Belanda Pada Living Room Set Agar Awet

341

Siapa sih yang nggak ingin ruang tamu terlihat nyaman? Semua penghuni rumah tentunya menginginkan setiap ruangan yang ada di dalam rumah terkesan nyaman seperti pada ruang tamu. Hingga saat ini, ruang tamu memiliki kesan hangat dan nyaman ketika digunakan untuk menjamu tamu. Maka dari itu, biasanya penghuni rumah akan menggunakan furniture serta berbagai ornamen atau aksesoris untuk menghias ruang tersebut.

Furniture yang sering digunakan pada ruang tamu tergantu dari selera setiap penghuni rumah. Karena terdapat berbagai macam jenis furniture yang bisa diterapkan pada ruang tersebut. Nah, jika Anda menginginkan kesan minimalis namun juga terkesan artistik maka bisa menggunakan living room set dari bahan palet kayu jati.

Kalangan milenial saat ini sangat menyukai hal-hal yang memberikan kesan seni namun tetap minimalis. Furniture dengan palet kayu jati adalah salah satu tren yang hingga saat ini masih banyak diterapkan di berbagai hunian rumah, resto maupun penginapan. Hal ini dikarenakan kesannya yang natural dan hangat ketika diaplikasikan menjadi furniture atau ornamen saja.

CS Biovarnish

Kenapa harus kayu jati belanda? Kayu jati belanda merupakan jenis kayu yang ideal digunakan untuk memberikan kesan hangat nan elegan pada ruangan. Hal ini dikarenakan memiliki kemiripan dengan kayu jati yang memiliki serat kayu yang rapi dan tampilannya yang indah. Menariknya adalah kayu jati belanda lebih ekonomis daripada kayu jati yang dikenal sebagai kayu kelas kakap. Untuk memberikan kesan alami kayu jati maka dibutuhkan finishing.

Finishing pada furniture yang menggunakan kayu jati belanda tidak hanya digunakan untuk kesan menarik pada kayu saja melainkan juga difungsikan untuk melindungi kayu agar tidak mudah rusak. Ya, jenis kayu belanda memang cukup berbeda dengan kayu jati karena kayu jati belanda merupakan jenis kayu lunak sehingga membutuhkan perlindungan lebih terlebih jika digunakan pada ruangan yang terbuka atau terpapar sinar matahari langsung.

Pilih Finishing Yang Sesuai Untuk Living Room Set Berbahan Kayu Jati Belanda

Memilih finishing untuk melapisi permukaan furniture cukup lah penting mengingat lapisan coating pada permukaan kayu tidak hanya memberikan kesan yang indah melainkan juga berfungsi untuk melindungi kayu agar tidak mudah rusak dan bisa bertahan lebih lama. Melihat dari segi material yang digunakan pada furniture yakni kayu jati belanda maka tampilan yang menarik untuk digunakan adalah transparan kayu.

Dari jaman dahulu hingga saat ini, untuk mendapatkan tampilan natural kayu biasanya menggunakan  plitur atau pernis. Kedua bahan finishing tersebut dikenal sebagai cat yang menghasilkan tampilan transparan dengan tingkat kilap yang maksimal. Seiring perkembangan jaman, cat dengan tampilan transparan kayu juga mengalami perkembangan. Meskipun masih banyak dijumpai jenis cat kayu seperti plitur maupun pernis namun kini telah hadir cat kayu yang jauh lebih aman dan ramah lingkungan yakni cat water based.

Plitur atau pernis merupakan jenis cat kayu solvent yang mana memiliki kandungan bahan kimia yang membahayakan kesehatan dan lingkungan. Sedangkan cat water based merupakan jenis cat yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya dan bahkan tidak mengandung VOC apabila diaplikasikan ke permukaan kayu. Nah, salah satu cat water based yang direkomendasikan adalah Biovarnish.

Bingung bagaimana cara aplikasi cat water based seperti Biovarnish? Sebenarnya, teknik aplikasi cat water based maupun cat solvent based tidak lah cukup berbeda, daripada pusing untuk menerapkannya. Berikut langkah-langkah aplikasi Biovarnish pada kayu jati belanda:

  • Siapkan media yang akan digunakan (kayu jati belanda). Amplas permukaan kayu apabila masih tertinggal noda atau kotoran yang menempel. Kemudian seka menggunakan kain bersih dari sisa-sisa pengamplasan
  • Campurkan Biovarnish wood filler, gunakan seri ramin untuk hasil tampilan cerah. Aplikasikan menggunakan pisau pallet searah dengan serat kayu. Kemudian keringkan di tempat teduh kurang lebih 20 menit. Apabila sudah kering, amplas permukaan kayu yang sudah difiller menggunakan kertas amplas no. 240
  • Gunakan Biovarnish Wood Stain warna yellow fox atau candy brown. Campurkan Biovarnish Wood Stain dan air dengan perbandingan 4 bahan: 1 air lalu aduk hingga menyatu sempurna. Aplikasikan larutan Biovarnish tersebut menggunakan kuas ke seluruh permukaan kayu. Kemudian keringkan di tempat teduh kurang lebih 60 menit. Apabila sudah kering, amplas ambang dengan kertas amplas no. 400
  • Untuk tampilan semakin maksimal, aplikasikan Biovarnish Clear Coat. Sama seperti halnya dengan Biovarnish Wood Stain, campurkan air dengan perbandingan 4 bahan: 1 air. Kemudian aplikasikan menggunakan kuas lalu keringkan di tempat teduh kurang lebih 20 menit saja untuk hasil kering sentuh.

Biovarnih Cat Kayu Yang Ramah Lingkungan

Jika selama ini Anda masih menggunakan cat kayu dengan pelarut thinner atau sejenisnya, maka dipastikan bahwa cat tersebut merupakan jenis cat solvent based. Jenis cat kayu ini memang sudah lama digunakan untuk melapisi furniture berbahan kayu. Namun sayangnya, jenis cat kayu memiliki bau yang sangat menyengat dan cukup membahayakan kesehatan serta lingkungan sebab kandungan bahannya yang berbahaya. Ya, cat solvent based pada umumnya mengandung bahan kimia berbahaya dan memiliki VOC yang sangat tinggi. Hal ini lah yang bisa memicu berbagai masalah kesehatan seperti gangguan pernafasan, gangguan pencernaan, iritasi, gangguan sistem syaraf hingga kanker. Bahkan untuk lingkungan bisa menyebabkan polusi maupun menjadi salah satu pemicu pemanasan global.

Berbeda halnya dengan jenis cat water based termasuk Biovarnish. Sebab, Biovarnish merupakan cat kayu yang ramah lingkungan dan menggunakan bahan kimia yang tidak berbahaya. Menariknya adalah Biovarnish diformulasikan menggunakan bahan-bahan yang sudah disesuaikan dengan standar keamanan internasional seperti US Enviromental Protection Agency dan ECHA-REACH. Sehingga cat ini sudah dipastikan non-toxic, tidak berbau dan tidak mengandung VOC.

Dengan tidak adanya kandungan VOC pada bahan finishing tersebut, Biovarnish sangat cocok diaplikasikan dimanapun dan pada bahan apapun. Bahkan tidak hanya untuk kebutuhan furniture rumah tangga bahkan Biovarnish juga sangat baik digunakan untuk wooden toys. Dengan demikian , Biovarnish sudah dipastikan tidak membahayakan anak-anak asalkan penggunaannya selalu diawasi.

Tidak hanya bisa digunakan pada bahan kayu saja, Biovarnish juga diformulasikan untuk berbagai bahan serat alam seperti bambu, rotan, enceng gondok, pelepah pisang atau bahan-bahan yang sering digunakan oleh pengrajin yang menggunakan bahan serat alam. Hal ini dikarenakan Biovarnish memiliki daya rekat yang kuat dan transparansi cat yang baik.

Masih tetap menggunakan cat yang berbahaya untuk keluarga atau lingkungan sekitar Anda? Gunakan sejak dini bahan-bahan yang ramah lingkungan demi kenyamanan dan keamanan orang-orang dan lingkungan sekitar Anda.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here