Cara Finishing Yang Tepat Menggunakan Cat Aman Untuk Tableware

883

Tableware merupakan peralatan makan yang perlu diperhatikan keamanan bahan yang digunakan. Lakukan finishing aman untuk tableware yang tepat dan aman

Makanan yang tidak higienis pasti menyebabkan masalah untuk pencernaan seperti mual atau diare. Kemungkinan bukandisebabkan dari makanan melainkan dari peralatan makan yang digunakan. Tableware atau peralatan makanan yang paling banyak digunakan oleh masyarakat adalah kaca atau melamin namun adapula yang terbuat dari seng. Selain dari material tersebut, tableware ternyata adapula yang menggunakan material yang ramah lingkungan yakni kayu. Salah satu tableware yang paling populer menggunakan material kayu adalah sumpit. Seiring dengan waktu dan merebaknya penggunaan produk ramah lingkungan maka peralatan makan seperti sendok, garpu, mangkok, piring dll juga menerapkan penggunaan kayu sebagai material dasarnya.

Meskipun penggunaan kayu pada tableware akan tetapi Anda tetap harus menjaga kehigienisan material tersebut. Kayu pada umumnya mengandung minyak apabila kayu tersebut tidak dikeringkan dengan tingkat kekeringan tertentu. Standar kekeringan dari kayu untuk kebutuhan furniture, perabotan ataupun tableware adalah MC 12%. Dengan demikian, tableware kayu akan lebih aman digunakan. Meskipun tableware menggunakan kayu bukan berarti kayu tersebut tanpa finishing, loh. Justru finishing ini bertujuan untuk menjaga kayu dari berbagai faktor kerusakan yang bisa menjaga ketahanan kayu lebih tahan lama.

CS Biovarnish

Untuk melakukan finishing aman untuk tableware bukan berarti menggunakan cat melainkan hanya cukup menggunakan poles kayu. Namun, poles kayu yang digunakan pun juga harus diperhatikan karena terdapat poles kayu yang tidak disarankan untuk finishing tableware. Sedangkan poles kayu untuk tableware disarankan menggunakan poles kayu yang food grade.

Aplikasi Mudah Finishing Aman Untuk Tableware

Finishing Kerajinan dari Bambu dengan PernisTableware kayu yang dipoles akan lebih tahan lama dibandingkan yang tidak sama sekali. Kadangkala, kayu tersebut akan lebih mudah retak jika direndam ke dalam air atau hanya dibiarkan seiring waktu. Hal tersebut akan berpengaruh pada ketahanan kayu karena serat kayu tersebut tidak terlindungi dengan baik. Tidak menginginkan tableware Anda mudah rusak karena kelembaban udara atau pun gangguan lainnya, kan?

Salah satu produk poles kayu yang dapat melindungi tableware terlindungi dengan baik adalah Biopolish Beeswax. Poles kayu ini merupakan poles kayu dengan fitur food grade yang khusus digunakan untuk menjaga atau melindungi produk kayu yang bersinggungan langsung dengan bahan makanan, minuman atau cairan lainnya. Biopolish Beeswax dapat dilakukan beberapa olesan pada permukaan kayu bahkan perlindungannya jauh lebih optimal. Sebab, poles kayu ini dapat meresap ke dalam serat kayu sehingga tidak hanya sekedar melindungi bagian permukaannya saja. Dengan perlindungan hingga kedalam serat kayu maka Anda tidak perlu khawatir akan serangan jamur atau serangga seperti teter.

Kayu merupakan salah satu material yang sangat rawan terhadap perubahan cuaca, kelembaban, jamur dan serangga sehingga dibutuhkan lapisan finishing untuk melindungi kayu dengan baik. Maka dari itu, Biopolish Beeswax dapat melindungi secara optimal karena mampu meresap ke dalam serat kayu.

Adapun finishing menggunakan Biopolish Beeswax sebagai berikut:

Pertama, Ampelas terlebih dahulu kayu secara keseluruhan guna menghilangkan kotoran, debu atau minyak yang masih menempel pada permukaan kayu.

Kedua, Oleskan Biopolish Beeswax dengan kain secara menyeluruh permukaan kayu. Tunggu hingga kering kurang lebih 3 jam agar efektik digunakan. Agar hasil optimal, oleskan Biopolish Beeswax setiap seminggu sekali atau sesuai dengan kebutuhan Anda.

Semakin sering kayu dipoles Biopolish Beeswax maka warna kayu akan terlihat tajam. Pada awalnya, kayu akan menua karena proses penyerapan ke dalam serat kayu namun seiring waktu kayu tersebut tampak lebih tajam seperti halnya dilapisi cat kayu. Namun, jika diraba ataupun di cium permukaan tableware kayu justru tidak terdapat lapisan cat dan tidak berbau.

Biopolish Beeswax merupakan perawatan kayu berbahan sarang tanpa campuran bahan kimia sehingga dijamin aman dan ramah lingkungan. Cocok sekali diaplikasikan pada tableware, peralatan dapur atau furniture yang bersentuhan langsung dengan makanan (food grade). Tujuan Finishing Aman untuk tableware dengan Biopolish Beeswax ini guna mempertahankan fleksibilitas kayu serta membuat kayu tidak mudah cepat lapuk.  Kayu yang dioleskan Biopolish Beeswax akan bertahan lebih lama karena mampu menyerap ke dalam pori-pori sehingga akan menjaga kayu lebih lama.

Rawat Tableware dengan Beeswax agar tidak mudah lapuk serta menjaga keamanan keluarga atau orang sekitar Anda dari bahan yang berbahaya seperti cat yang digunakan. Adakah cat kayu yang aman dan tidak berbahaya? Saat ini, cat kayu yang aman sudah mudah dijumpai di pasaran. Cat kayu tersebut berbeda dengan cat solvent based notabene menggunakan pelarut organik seperti thinner atau spiritus melainkan hanya cukup menggunakan air. Maka dari itu, cat kayu tersebut disebut dengan cat water based.

Indonesia merupakan salah satu negara yang saat ini mulai mengembangkan cat water based. Seperti yang diketahui bahwa Indonesia merupakan negara yang aktif memproduksi  berbagai kerajinan, perabotan atau mebeling kayu. Maka dari itu, penggunaan cat sudah menjadi kebutuhan dalam finishing produk kayu. Terlebih saat ini, banyak buyer mancanegara justru sangat memperhatikan keamanan lapisan cat. Cat water based memang lebih aman dibandingkan cat solvent based karena cat tersebut tidak mengandung bahan-bahan kimia berbahaya dan rendah VOC.

Produsen cat yang mengembangkan cat water based dan menjadi pelopor cat water based di Indonesia adalah Bio Industries. Produsen cat tersebut menawarkan berbagai produk ramah lingkungan untuk kebutuhan treatment, finishing hingga perawatan rutin kayu.  Cat kayu untuk melapisi furniture dapur atau perabotan yang bersinggungan dengan makanan seperti keranjang buah dll adalah Biovarnish. Cat kayu tersebut khusus dikembangkan untuk finishing natural transparan kayu namun tetap aman digunakan.

Biovarnish terbuat dari water based acrylic yang diformulasikan khusus sesuai dengan standar regulasi keamanan bahan kimia seperti US Enviromental Protection Agency (EPA) dan Euroepan Chemical Agency (ECHA) Reach. Sehingga kandungan bahan kimia dan VOC pada cat dibatasi agar bagi kesehatan serta lingkungan.

Untuk finishing natural transparan, Anda dapat mengaplikasikan Biovarnish Sanding Sealer dan Biovarnish Clear Coat. Adapun tahap finishing sebagai berikut:

  • amplas terlebih dahulu permukaan kayu hingga benar-benar bersih dan rata agar mempermudah proses finishing
  • larutkan Biovarnish Sanding Sealer dan air dengan takaran 2 bahan: 1 air lalu aduk hingga homogen. Semprotkan ke seluruh permukaan kayu hingga merata. Anda juga dapat menggunakan cara kuas namun disarankan untuk menggunakan kuas sponge atau kuas yang sudah terlapisi kain katun agar hasilnya lebih halus dan meminimalisir terjadinya brush mark. Lalu diamkan dalam suhu ruangan kurang lebih 60 menit atau hingga kering sentuh. Jika sudah kering sentuh, amplas ambang menggunakan kertas amplas alumunium oxide no. 400
  • Gunakan Biovarnish Clear Coat matte yang sudah dilarutkan dengan air. Kemudian aplikasikan ke seluruh permukaan kayu hingga merata. Lalu diamkan selama semalaman dan media yang sudah difinishing sudah dapat digunakan.

Untuk kebutuhan finishing aman untuk tableware, segera hubungi Customer Service Bio Industries via telp. pada kontak yang tertera pada website. Dan atau melakukan pemesanan melalui marketplace Bioindustries yakni https://www.tokopedia.com/bioindustries atau https://www.bukalapak.com/u/catwaterbased. Jika Anda berada di area Jogja dan sekitarnya maka Anda dapat mengunjungi kantor Bio Induistries di Jl. Sidikan No.94, Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta.

Bio Industries tidak hanya menyediakan perawatan kayu seperti Beeswax, namun juga menyediakan segala macam bahan finishing untuk kebutuhan furniture, handicraft atau pun mainan anak-anak. Cat yang ditawarkan merupakan cat water based yang aman dan ramah lingkungan. Seperti plitur Biovarnish. Jika menginginkan tampilan warna solid, Anda dapat menggunakan cat Orchid Enamel Paint yang aman dan ramah lingkungan. Dan juga menawarkan produk warna solid lainnya yakni BioDuco.

Sedangkan untuk treatment kayu atau serat alam, Bio Industries menawarkan BioCide SPF, BioCide Wood Fungicide dan BioCide Insecticide yang mana digunakan untuk melindungi kayu atau serat alam dari serangan jamur dan serangga. Disisi lain, Bio Industries juga menawarkan produk bleaching kayu yang ramah lingkungan yakni White Agent (WA 250) yang notabene menciptakan tampilan cerah natural pada kayu. Berbeda dengan H2O2 yang justru memutihkan kayu dengan hasil putih pucat. Selain itu, H2O2 juga cukup keras kandungan kimia yang terdapat didalamnya sehingga Anda harus cukup hati-hati jika akan menggunakannya. Dan meskipun WA 250 juga termasuk bleaching kayu dengan kandungan kimia tertentu namun lebih ramah lingkungan bahkan tidak menyebabkan masalah iritasi pada kulit normal.

Lakukan Finishing aman untuk tableware Anda demi keamanan kesehatan dan lingkungan. Perawatan tableware sangat perlu dilakukan agar terhindar dari racun serta menjaga tampilannya agar tetap tampil alami.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here