Begini Jadinya Alat Memanah yang Tidak Terawat

168
Begini Jadinya Alat Memanah yang Tidak Terawat

Anda sering melakukan olah raga panahan? Maka perawatan adalah paling utama dalam menjaga kondisi peralatan memanah mulai dari busur, tali busur hingga anak panah. Jika Anda tidak menggunakna peralatan panah yang terawat dengan baik maka gangguan ketika Anda melakukan olah raga panahan tidak bisa dihindari.

Memulai dalam perawatan alat panahan sangat penting. Alat yang tidak digunakan dan hanya disimpan akan rusak. Alat yang digunakan terus menerus juga akan rusak. Ada banyak tipe kerusakan yang akan Anda hadapi tanpa adanya perawatan.

Bagaimana tampilan dari busur dan anak panah Anda ketika rusak? Berikut ini beberapa kerusakan yang akan terjadi:

  1. Jamur
CS Biovarnish

Kondisi busur dan anak panah yang berjamur akan membuat Anda harus menghilangkannya. Seringkali jamur tidak dapat hilang karena Anda telat membersihkannya. Jika sudah dibersihkan maka jamur akan muncul lagi dalam waktu dekat.

Mengapa demikian? Jamur tumbuh pada busur dan juga anak panah yang terbuat dari kayu. Ketika proses penyimpanan, Anda menempatkan busur dan anak panah di tempat yang lembab. Misalnya setelah Anda melakukan kegiatan panahan di pagi hari kemudian Anda langsung memasukan ke dalam tas.

Busur dan anak panah Anda akan kotor karena terkena udara pagi yang dingin sehingga kelembaban pun masuk ke dalam pori kayu. Kelembaban tersebut akan memicu tumbuhnya jamur. Maka sebaiknya setelah menggunakan busur dan panah Anda wajib membersihkan dengan lap sebelum memasukannya ke dalam tas.

Kelembaban dan kotoran yang menempel akan hilang sehingga jamur yang memicu rayap tidak akan timbul.

  1. Karat

Sama seperti jamur, karat dapat tumbuh pada busur dan anak panah yang terbuat dari fiberglass dan aluminium. Karat dapat tumbuh dan akan muncul dengan cepat ketika area penyimpanan lembab dengan tinggi. Selain itu area karat dapat bertambah luas walaupun Anda sudah mulai membersihkannya.

Nah untuk menjaga agar alat panahan Anda tidak terkena karat maka memilih tempat yang kering dan bersih untuk penyimpanan sangat dianjurkan. Pastikan hardcase atau softcase tempat Anda menyimpan anak panah dan busur tetap kering.

  1. Tali busur aus

Begini Jadinya Alat Memanah yang Tidak TerawatJangan salah, tali busur yang tidak dirawat dapat aus dan rusak. Sama seperti karet yang sudah mengeras dan tidak lentur lagi. Tali busur akan rusak dan keras jika Anda tidak menggunakan beeswax dalam perawatannya.

Menggunakan beeswax dan menggosokannya ke tali busur akan membuat tali busur tetap lentur dan juga nyaman digunaan. Jadi Anda bisa menggunakan perawatan beeswax pada tali busur setiap satu minggu sekali.

  1. Busur tidak center

Penyimpanan dan peletakan bsuur akan sangat penting, selian jamur dan juga karat busur yang digunakan bisa tidak center lagi. Seringnya Anda meletakan busur secara sembarangan membuat busur menjadi tidak center lagi.

Ketepatan akan berkuran ketika busur yang digunakan sudah tidak center lagi. Masalah ini muncul karena Anda meletakan busur terlalu lama di dalam mobil. Suhu udara di dalam mobil berbeda dan menimbulkan penyusutan pada busur yang menimbulkan kerusakan pada center.

Selain meletakan di dalam mobil, busur juga akan rusak jika Anda semabarangan bahkan terlalu lama menyandarkan busur pada dinding. Busur yang terlalu lama berdiri dan tidak seimbang karena menumpu pada satu bagian saja dapat melengkung.

Sebaiknya setelah menggunakan Anda menyimpan di dalam tempat yang tepat. Jika Anda ingin menyandarkan beli dudukan busur sehingga busur tetap terjaga keseimbangannya.

 

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here