Kursi Tamu Tampil Baru, Momen Lebaran Semakin Manis. Gunakan Cat Warna untuk Model Kursi Kayu Minimalis Milik Anda.

111

Lebaran sebentar lagi menyambut umat muslim di dunia, tentunya berbagai persiapan pun mulai dilakukan. Salah satu yang sering menjadi perhatian adalah penataan ruang tamu atau pertemuan yang mana menjadi tempat berkumpul keluarga. Namun, bagaimana jadinya jika tampilan kursi yang Anda miliki di rumah justru tampak jelek dan tidak menarik? Proses usia furniture menjadi salah satu pemicu cat mulai mengusam dan memudar sehingga tampilan kursi Anda pun tidak menarik lagi untuk dipandang.

Biasanya, tampilan kursi yang sangat mudah dikenali ketika mulai mengusam adalah tampilan natural kayu. Karena, tujuan pengecatan dengan tampilan natural kayu pada umumnya adalah untuk mempertajam tampilan yang ada.  Nah, aapabila tampilan natural kayu ini mulai memudar maka fungsinya sebagai proteksi pada kayu pun juga berkurang. Ya, cat memiliki fungsi untuk memperindah tampilan dan melindungi kayu agar tidak mudah mengalami cacat diakibatkan oleh faktor eksternal seperti gesekan benda tumpul, melindungi kayu dari kelembaban udara yang bisa memicu jamur dan lain sebagainya.

Jika kursi minamalis miliki Anda ingin terlihat bagus kembali maka yang harus Anda lakukan adalah mengecatnya kembali . Mengecat kembali kursi kayu yang ada pada rumah Anda akan mengembalikan tampilannya layaknya baru saja dibeli dari toko mebel.  Namun, untuk mengecat kembali kursi kayu tersebut tidak lantas langsung diaplikasikan begitu saja  pada permukaan kursi yang masih menyisakan cat. Jika hal ini dilakukan maka pengaplikasian cat tersebut dianggap sia-sia karena pada dasarnya cat tersebut memilik peran untuk melindungi kayu dan memberikan tampilan yang lebih tajam. Sedangkan cat yang sudah kusam, tingkat kualitasnya berkurang dan sangat mudah mengelupas. Maka dari itu, disarankan apabila melakukan refinishing atau pengecetan kembali maka diamplas terlebih dahulu permukaan kayu yang digunakan.

CS Biovarnish

Cat warna untuk model kursi kayu minimalis mampu memberikan hasil yang optimal apabila dilakukan dengan cara yang benar. Nah, biasanya yang sering terjadi adalah sebagian masyarakat mengaplikasikan wood stain langsung bahkan tanpa dilarutkan. Padahal, fungsi pelarut pada cat tidak hanya digunakan untuk mengencerkan cat saja melainkan juga bertujuan untuk menurunkan intensitas warna pada cat. Sehingga ketika diaplikasikan ke permukaan kayu tidak terlalu tua dan Anda pun bisa menentukan tingkat warna yang sesuai dengan yang Anda kehendaki.

Mamilih Cat Warna untuk Model Kursi Kayu Minimalis Yang Benar

Cat kayu dengan tampilan natural kayu saat ini mudah untuk dijumpai bahkan terdiri dari puluhan merk. Dari sekian merk cat kayu, sudah kah Anda menemukan cat yang benar-benar sesuai dengan yang Anda inginkan? Memang sangat dengan mudah jika menanyakan tampilan natural kayu yang cocok untuk kursi Anda namun belum tentu cat yang sudah direkomendasikan tersebut akan memberikan hasil yang optimal. Sebelum membeli, alangkah baiknya untuk mengenal cat kayu yang akan Anda beli untuk kursi kayu di rumah Anda.

Pasalnya, cat kayu yang banyak digunakan hingga saat ini adalah cat kayu dengan pelarut organik yang mana cat tersebut harus melalui tahap yang panjang karena proses pengeringannya yang lama. Bagi seorang yang ahli dalam bidang finishing, aplikasi cat kayu semacam ini justru memakan banyak waktu sehingga pekerjaan pun kadangkala tidak on time.  Terlebih cat kayu yang sudah diaplikasikan pada media finishing harus dikeringkan dibawah sinar matahari atau menggunakan lampu LED dengan tingkat sinar ultraviolet yang cukup tinggi. Sedangkan bagi seorang yang masih awam, tentu belum mengetahui tingkat kekeringan yang pas untuk furniture. Terlebih, masyarakat pada umumnya masih bergantung dengan sinar matahari untuk proses pengeringan sehingga akan mengalami masalah apabila sewaktu-waktu turun hujan.  Sebab, kering yang kurang optimal kadangkala membuat tampilan cat kurang optimal.

Sedangkan dari sisi tampilan cat kayu natural, Anda bisa menyesuaikan dengan media finishing yang digunakan. Pasalnya, tampilan dasar media kayu bermacam-macam sehingga tidak semua tampilan akan menghasilkan warna yang sama ketika diaplikasikan di kayu yang berbeda. Misalkan saja kayu sonokeling yang memiliki tampilan dasar belang dan cenderung gelap. Tentu memberikan tampilan warna kayu jati kurang tepat, sebaiknya untuk memilih tampilan yang sama gelap misalkan walnut brown yang notabene memberikan kesan coklat asli kayu. Sedangkan tampilan kayu jati pada umumnya terang sehingga tampak sia-sia jika digunakan untuk finishing pada kayu sonokeling.

Yang perlu Anda ketahui adalah cat kayu dengan pelarut thinner atau spiritus justru lebih cepat mengusam karena terjadi penguapan. Penguapan ini membuat tingkat kilap cat berkurang sehingga dalam kurang lebih 5 tahun saja, kemungkinan besar  furniture harus refinishing. Agar tampilan kursi bisa bertahan lama dan tidak mengalami penguapan maka Anda bisa menggunakan cat dengan pelarut air. Cat kayu dengan pelarut air ini tidak mengalami penguapan karena tidak terkandung minyak didalamnya.

4 Tahap Mengembalikan Tampilan Natural Kayu Pada Kursi

Untuk mengembalikan tampilan natural kayu pada kursi minimalis yang mulai mengusam tidak cukup hanya menggunakan satu cat saja. Terlebih apabila hanya menggunakan satu varian produk finishing saja justru daya proteksi pada kayu tidak maksimal. Dalam proses finishing, justru tahapan finishing yang lengkap terdiri dari 3 tahap yakni basecoat, maincoat dan topcoat.

Basecoat merupakan tahapan dasar yang bertujuan untuk menyamarkan cacat pada kayu dan digunakan untuk menutup pori-pori kayu. Biasanya pada tahap basecoat menggunakan filler kayu atau dempul kayu, Anda bisa menyesuaikan produk finishing ini sesuai dengan kebutuhan. Maincoat, coating yang bertujuan untuk memberikan tampilan warna pada kayu. Nah, biasanya produk finishing yang digunakan dikenal dengan pernis, plitur, NC atau melamin untuk tampilan natural kayu. Sedangkan untuk tampilan solid biasanya dikenal dengan cat duco. Nah, untuk tahap akhir biasanya menggunakan topcoat agar tampilan furniture terkesan doff, matte atau gloss.

Untuk memenuhi kebutuhan proses finishing tanpa harus pusing mencari cat untuk menyesuaikan di setiap tahapnya, kini tersedia cat water based dengan varian produk finishing yang lengkap yakni Biovarnish. Tidak hanya cat tersebut memberikan hasil yang berkualitas melainkan cat kayu ini juga aman untuk diaplikasikan. Sebab, Biovarnish cat warna untuk model kursi kayu minimalis ini menggunakan bahan yang sudah disesuaikan standar keamanan baik bahan kimia dan tingkat VOC dari US EPA dan ECHA Reach.

Berikut 4 tahapan finishing untuk memberikan hasil akhir natural kayu yang optimal dengan varian produk Biovarnish:

  1. Gunakan Biovarnish Wood Filler. Anda bisa mengaplikasikan ke seluruh permukaan kayu yang mana sebelumnya sudah dilarutkan dengan air. Kemudian, keringkan di tempat yang teduh tanpa harus terpapar sinar matahari langsung selama kurang lebih 30 menit. Dan apabila sudah dirasa kering sentuh, amplas seluruh permukaan kayu mengguankan kertas amplas alumunium oxide no. 240
  2. Gunakan Biovarnish Liquid Stain sesuai tampilan warna yang Anda inginkan. Larutkan terlebih dahulu kemudian aduk hingga tidak meninggalkan endapan. Kuaskan atau semprotkan ke seluruh permukaan kayu secara merata. Untuk mendapatkan hasil optimal, diamkan selama 60 menit di tempat yang teduh. Dan kemudian amplas ambang menggunakan kertas amplas alumunium oxide no. 400 apabila sudah kering sentuh
  3. Untuk mempertajam lapisan coating, aplikasikan Biovarnish Sanding Sealer dengan langkah yang sama pada langkah no. 2
  4. Gunakan Biovarnish Clear Coat dan tentukan tampilan yang diinginkan yakni matte atau gloss. Seperti pada tahap sebelumnya, larutkan dengan air kemudian aplikasikan ke seluruh permukaan kayu hingga merata. Kemudian diamkan selama semalaman agar hasil optimal dan siap digunakan.
beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here