Lapisan Cat Outdoor Terbaik Untuk Kursi Teras Kayu Tanpa Flacking

192

Flacking sering terjadi pada furniture karena proses oksidasi. Untuk mencegah terjadinya flacking lebih cepat maka dibutuhkan lapisan cat outdoor terbaik untuk kursi teras kayu.

Furniture outdoor seperti kursi teras kayu rawan rusak akibat flacking, perubahan cuaca, perbedaan kelembaban udara ataupun serangan jamur dan rayap. Flacking atau lapisan cat kayu yang retak membuat kayu cepat rusak dan keropos. Flacking ini terjadi karena adanya proses oksidasi dan biasanya cat sudah melekat terlalu lama dan selalu terpapar cahaya matahari atau air hujan. Jika elastisitas cat kayu yang digunakan pada kursi teras kayu tidak bagus maka cat akan lebih cepat flacking. Maka dari itu, pentingnya untuk memastikan dan mengetahui cat outdoor sebelum diaplikasikan pada permukaan kursi teras kayu.

Terjadinya lapisan cat retak atau mengelupas ini sering terjadi jadi harus segera mungkin untuk refinishing. Sebab, lapisan cat yang retak tersebut akan mengurangi perlindungan terhadap kayu. Sednagkan kayu yang tidak terlindungi dengan optimal maka kayu akan mudah keropos ataupun terserang rayap. Tentu tidak ingin kursi teras kayu di rumah Anda terbuang percuma karena terlambat di refinishing, bukan? Pastikan untuk memilih lapisan cat kayu yang memiliki daya rekat film yang kuat sehingga cat tidak mudah mengelupas. Caranya adalah dengan mengetahui fitur-fitur yang terdapat pada cat tersebut.

CS Biovarnish

Pentingnya untuk mengkomparasikan antara merk cat yang satu dengan yang lain bertujuan untuk mendapatkan kualitas cat yang terbaik. Sehingga ketika diaplikasikan ke permukaan kayu akan terlihat lebih tajam, halus dan rapi. Tentunya untuk menciptakan hasil finishing natural yang optimal membutuhkan tahap finishing yang benar dan tepat. Pasalnya, masih banyak orang yang hanya mengaplikasikan dengan cara yang asal sehingga hasilnya pun terlihat kasar dan kurang rapi. Kesalahan yang sering dilakukan pada umumnya adalah mengaplikasikan cat dengan tekanan kuas yang kuat dan hanya menggunakan satu jenis cat kayu saja.

Meskipun menggunakan plitur dan topcoat sebagai lapisan kursi teras kayu sudah memberikan hasil yang bagus namun ketahanannya kurang baik. Cat tersebut akan lebih cepat memudar dan apabila menginginkan hasil  yang optimal maka aplikasikan sanding sealer sebagai lapisan cat kayu. Sebab, cat kayu ini berfungsi untuk memperkuat cat kayu sebelumnya. Bagaimana kah sanding sealer yang berkualitas bagus?

Sanding Sealer Lapisan Cat Outdoor Terbaik Untuk Kursi Teras Kayu

Lapisan Cat Outdoor Terbaik Untuk Kursi Teras Kayu

Sanding sealer merupakan cat kayu (maincoat) khusus untuk tampilan transparan kayu berfungsi sebagai memperhalus tekstur permukaan kayu. Sandinng sealer juga dapat berfungsi untuk menutup pori-pori pada kayu. Fungsi tersebut hampir mirip dengan filler kayu yang paling jelas membedakan adalah sanding sealer digunakan untuk menutup pori-pori halus pada kayu yang ukurannya cenderung kecil sedangkan filler kayu digunakan untuk menutup pori serat kayu yang besar dan kasar.  Jika digunakan untuk menutup pori-pori kayu dan memotong bulu-bulu halus biasanya digunakan sebagai lapisan dasar atau lapisan cat sebelum colouring (wood stain). Sedangkan jika berfungsi untuk memperkuat dan mempertajam coating pada umumnya diaplikasikan setelah wood stain.

Untuk menciptakan tampilan natural kayu pada kursi teras kayu memang cukup sederhana untuk hasil yang optimal. Akan lebih baik jika Anda menggunakan sanding sealer yang terbuat dari bahan dasar air. Sebab, cat kayu tersebut lebih cepat kering sehingga akan mempermudah serta mempercepat proses finishing. Cat berbahan dasar air atau cat water based cukup dibanderol dengan harga yang tinggi karena kelangkaan dan masih sedikitnya produsen cat yang mengembangkan cat tersebut. Hal tersebut yang menjadi keraguan ketika harus menggunakan cat water based. Disisi lain, bagi seorang yang masih awam tentu kepercayaan hasil finishing menjadi faktor lain yang dipertimbangkan.

Biovarnish menjadi salah satu cat kayu water based yang direkomendasikan dan harganya pun terjangkau. Anda tidak perlu menggunakan pelarut thinner atau pelarut organik lainnya namun hanya cukup menggunakan air ketika untuk mengencerkan cat. Tentu penggunaan pelarut air lebih hemat dibandingkan menggunakan pelarut organik yang harus membeli setiap kalengnya, bukan? Selain itu, cat kayu water based juga lebih cepat dibandingkan cat kayu konvensional. Untuk Biovarnish, proses pengeringan cat seperti sanding sealer hanya memakan waktu kurang lebih 60 menit lalu dapat dilanjutkan dengan aplikasi cat kayu lainnya.

Finishing Natural Kayu Pada Kursi Teras Menggunakan Biovarnish

Biovarnish terdiri dari berbagai varian produk finishing natural kayu yakni Biovarnish Wood Filler, Biovarnish Sanding Sealer, Biovarnish Liquid Stain, Biovarnish Wood Stain dan Biovarnish Clear Coat. Dengan produk finishing yang lengkap tersebut akan mempermudah proses finishing Anda karena Anda tidak perlu bingung dalam menentukan jenis cat kayu yang akan digunakan di setiap tahapnya. Biovarnish sangat cocok untuk finishing yang dilakukan oleh aplikator profesional atau bahkan yang masih belajar finishing sekalipun. Sebab, Biovarnish mudah diaplikasikan baik dengan cara kuas atau semprot. Nah, catatan bagi Anda yang sedang belajar finishing maka sebaiknya gunakan kuas sponge atau kuas yang sudah terlapisi dengan kain untuk menghidari terjadinya brush mark atau bekas kuas.

Cat kayu ini juga tergolong cat yang aman dan ramah lingkungan karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya dan rendah VOC. Hal ini dibuktikan dengan bahan-bahan Biovarnish yang diformulasikan khusus sesuai dengan standar regulasi keamanan bahan kimia dan VOC Internasional yakni US Enviromental Protection Agency (EPA) dan European Chemical Agency (ECHA) Reach. Karena sudah disesuaikan dengan regulasi internasional ini lah membuat Biovarnish tidak kalah berkualitas dengan cat kayu water based dari luar negeri.

Untuk kursi teras kayu yang harus di cat ulang juga cocok menggunakan Biovarnish karena ketahanannya yang baik. Berikut tahap finishing natural kayu pada kursi teras menggunakan Biovarnish:

  1. Sebaiknya kursi teras diamplas terlebih dahulu sebelum kayu dilapisi cat. Penamplasan bertujuan untuk menghilangkan sisa-sisa cat kayu lama yang masih menempel. Sebab, cat kayu lama akan mengganggu daya rekat cat sekaligus membuat warna tidak sama rata.
  2. Aplikasikan Biovarnish Wood Filler apabila terdapat bagian yang cacat.
  3. Aplikasikan Biovarnish Liquid Stain sesuai dengan warna yang diinginkan. Larutkan terlebih dahulu dengan air lalu aduk hingga larutan tersebut tercampur dengan baik. Pastikan cat kayu sudah diaplikasikan merata, kemudian diamkan kurang lebih 60 menit dalam suhu ruangan. Setelah kering sentuh, amplas permukaan kursi teras tersebut menggunakan kertas amplas alumunium oxide no. 400
  4. Gunakan Biovarnish Sanding Sealer untuk mempertajam tampilan cat. Setelah dilarutkan dengan air, aplikasikan ke seluruh permukaan kayu hingga merata. Lalu diamkan kurang lebih 60 menit hingga cat tersebut kering sentuh. Setelah kering, amplas ambang menggunakan kertas amplas alumunium oxide no. 400
  5. Aplikasikan Biovarnish Clear Coat matte atau gloss pada permukaan kayu sebagai tahap akhir. Lalu diamkan selama semalam atau lapisan cat pada kursi teras benar-benar kering. Setelah kering, kursi teras sudah dapat digunakan.

Nah, itulah lapisan cat kayu yang mampu mempertahankan tampilan kayu pada outdoor menggunakan Biovarnish. Perlu diingat bahwa ketika setelah finishing pada furniture interior ataupun eksterior, furniture tersebut dapat langsung digunakan tanpa harus diangin-anginkan terlebih dahulu. Sebab, Biovarnish tidak mengalami penguapan, tidak mengeluarkan bau dan tidak beracun sehingga aman untuk digunakan.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here