Cara Aplikasi Cat Kayu Cepat Kering dan Lebih Ramah Lingkungan

704

Cat cepat kering dipilih oleh produsen kayu untuk menghasilkan hasil yang cepat dan efisien waktu. Salah satunya gunakan cat aman dan ramah lingkungan.

Kegagalan mencapai target saat produksi pada industri kayu seperti mebel salah satunya adalah faktor waktu. Cepat keringnya cat saat finishing merupakan faktor penting oleh produsen untuk memenuhi kebutuhan customer. Apa jadinya apabila cat yang mengering tidak tepat pada waktunya? Tentu saja akan mengalami kerugian diantaranya customer menolak karena tidak sesuai dengan perjanjian, pengiriman yang terlambat dan masih banyak lagi. Maka dari itu, cat cepat kering sangat dibutuhkan untuk kebutuhan finishing produsen industri kayu. Namun, hasil finishing belum tentu menghasilkan warna dan tampilan yang bagus meskipun cat tersebut merupakan cat cepat kering.

Dalam memilih cat cepat kering yang ditawarkan pada pasaran juga diperlukan kecermatan. Alangkah baiknya menanyakan kualitas dan kegunaan dari cat yang terdapat di pasaran. Biasanya cat berpelarut minyak atau cat solvent based ditawarkan oleh penjual cat meskipun penjual cat menawarkan cat solvent based, Anda tetap harus cermat dan teliti saat memilih cat. Pasalnya, cat solvent based di Indonesia terdiri dari puluhan hingga ratusan merk sehingga Anda harus mengetahui terlebih dahulu keunggulan fitur pada setiap cat.

CS Biovarnish

Jika dilihat dari merk cat tentu saja membutuhkan waktu yang lama untuk mengetahui cat manakah yang sesuai dengan kebutuhan dan selera dari aplikator. Tidak cukup sehari dua hari melainkan hingga berminggu-minggu jika ingin mendapatkan cat berkualitas bagus. Pada akhirnya harus menyerah dengan cat kayu yang sudah terkenal di pasaran padahal jika ditelisik maka kemungkinan terdapat cat yang lebih berkualitas. Kualitas dan harga cat kayu pada umumnya dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya adalah bahan baku yang digunakan, proses produksi, brand dan fitur-fitur unggulan yang ditawarkan.

Untuk lebih sederhana, Anda dapat memilah dan membandingkan cat satu dengan cat yang lain berdasarkan bahan yang digunakan. Saat ini, cat kayu dibedakan menjadi dua jenis berdasarkan bahannya yakni cat solvent based dan cat water based. Cat solvent based merupakan jenis cat kayu yang menggunakan bahan solvent atau minyak dengan pelarut organik seperti thinner atau spiritus. Cat kayu ini paling umum dijumpai di pasaran dan bahkan terdiri dari puluhan merk. Dengan persaingan yang ketat dan jumlah merk yang begitu banyak di pasaran maka harga jualnya pun beragam namun tetap terjangkau. Sayangnya, untuk mengaplikasikan cat ini maka Anda membutuhkan pelarut yakni thinner atau spiritus. Maka Anda juga mengeluarkan biaya untuk membeli bahan pelarutnya. Sebab, apabila cat tidak dilarutkan justru hasilnya terlihat tidak optimal seperti warna terlalu tebal.

Sedangkan cat kayu water based merupakan cat kayu yang menggunakan bahan serta pelarut dari air. Disarankan untuk menggunakan pelarut air dengan pH normal yakni pH 7 agar tidak berpengaruh pada warna. Saat ini, cat water based sudah mulai dijumpai di toko-toko cat atau toko bangunan. Bahkan perkembangan cat water based lebih cepat dibandingkan dengan cat solvent based. Sayangnya, masih sedikit masyarakat yang menyadari akan pentingnya penggunaan cat water based. Alasan sedikitnya peminat cat water based oleh masyarakat diantaranya adalah belum mengetahui informasi mengenai cat water based, belum terbiasa dengan cat water based dan masih meragukan hasil finishing dari cat water based. Maka dari itu, masih banyak masyarakat yang belum memahami manfaat penggunaan cat water based.

Gunakan Cat Cepat Kering Ramah Lingkungan Untuk Aplikasi Finishing

Tips Cara Mengecat Pintu Baru untuk Hasil yang HalusAnda tentu sudah familiar dengan cat solvent based, bukan? Cat solvent based terdiri dari berbagai macam jenis mulai dari plitur, pernis atau cat duco. Kami yakin Anda menyadari akan hal tersebut namun faktanya masih sedikit orang yang menyadari mana kah cat kayu yang tidak aman bagi kesehatan dan lingkungan. Apakah Anda tahu, ternyata cat solvent tidak baik untuk kesehatan dan lingkungan? Cat solvent based merupakan cat dengan VOC yang menguap di udara sangat tinggi sehingga akan sangat mengganggu kesehatan apabila masuk ke dalam tubuh selain itu juga akan mencemari udara. Pada manusia, apabila gas yang keluar dari cat terhirup dan mengendap di tubuh akan mengakibatkan gangguan sistem syaraf, kinerja hati atau bahkan kanker. Sedangkan untuk lingkungan, VOC yang tinggi adalah salah satu faktor melebarnya lapisan ozon. Sedangkan lapisan ini lah yang melindungi bumi dari sinar ultraviolet matahari.

Sedangkan cat aman dan ramah lingkungan adalah cat water based. VOC yang menguap di udara sangat rendah bahkan dibawah batas keamanan sehingga sangat aman untuk lingkungan ataupun makhluk hidup. Maka dari itu, penggunaan cat water based merupakan salah satu langkah dari gerakan Go Green. Bahannya yang dapat larut dalam air membuat cat tersebut dikatakan ramah lingkungan serta tidak mencemari udara.

Aplikasi cat water based tidak jauh berbeda dengan cat solvent based bahkan Anda tidak membutuhkan waktu yang lama untuk pengeringan, namun juga ada baiknya jika pengeringan dilakukan dalam waktu yang lama untuk mendapatkan hasil lebih maksimal.

Mengenal Cat Water Based Orchid Enamel Paint

Salah satu cat cepat kering water based yang dapat Anda gunakan adalah cat Orchid Enamel paint. Cat tersebut merupakan cat warna solid yang dapat digunakan pada furniture eksterior ataupun interior seperti kusen, bambu, jendela, pintu dan sebagainya. Keunggulan dari cat tersebut adlaah memiliki kerekatan film yang kuat, kelenturan yang bagus, tahan cuaca, anti jamur serta mudah diaplikasikan. Orchid Enamel merupakan cat water based yang dipastikan aman karena bahan-bahan yang digunakan sudah diformulasikan khusus sesuai dengan standar regulasi United State Enviromental Protection Agency (EPA) dan European Chemical Agency (ECHA) Reach.

Untuk mendapatkan tampilan warna solid yang optimal dengan Orchid Enamel, berikut langkah-langkah finishing yang perlu Anda perhatikan:

  • Amplas terlebih permukaan media finishing agar lebih halus dan rata sehingga akan mempermudah proses finishing
  • Apabila media finishing yang digunakan berupa kayu atau serat alam dan menginginkan hasil close pore maka Anda dapat mengaplikasikan BioColours Primer Coat dan kemudian dilanjutkan dengan Orchid Enamel
  • Namun apabila menginginkan hasil finishing open pore maka dapat langsung diaplikasikan Orchid Enamel. Jika menginginkan hasil ini maka Anda membutuhkan beberapa layer cat agar warna tertutup dengan optimal.
  • Sebelum diaplikasikan, Anda cukup membutuhkan komponen 20%air dari cat Orchid lalu aduk hingga homogen. Takaran tersebut sangat dianjurkan agar cat Orchid tidak terlalu kental atau pun cair sehingga saat diaplikasikan film menempel dengan erat dan rapi.
  • Aplikasikan 4 kali atau lebih untuk menghasilkan warna yang makasimal.
  • Anda tidak perlu mengaplikasikan topcoat sebagai hasil akhirnya, karena cat Orchid menghasilkan media dengan doff atau glossy atau cat bisa dikatakan bahwa cat Orchid telah terkandung topcoat di dalamnya.

Seusai finishing, furniture atau perabotan yang sudah terlapisi Orchid Enamel dapat langsung digunakan karena tidak cat tidak mengeluarkan bau yang menyengat. Bahkan tidak beracun sehingga penghuni rumah akan merasa lebih aman dan nyaman.

Bio Industries tidak hanya menawarkan Orchid Enamel saja melainkan juga produk cat water based lainnya yakni BioColours dan Biovarnish. Anda tertarik menggunakan cat water based? Segera angkat telp Anda dan hubungi Customer Service Bio Industries kami via telp pada kontak yang sudah tercantum pada website ini. Atau Anda dapat mengunjungi kantor Bio Industries di Jl. Sidikan, No.94, Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta. Dan atau Anda memesan langsung melalui marketplace Bio Industries yakni https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries atau https://www.tokopedia.com/catkayu.

Demikian ulasan singkat mengenai cat cepat kering untuk kebutuhan finishing, semoga menjadi rujukan sebelum memilih cat. Alangkah baiknya gunakan cat water based yang aman dan ramah lingkungan.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here