Cara Mudah Mengecat Rak Dinding Hanya Dengan Kuas

599
Cara Mudah Mengecat Rak Dinding Hanya Dengan Kuas

Anda bingung bagaimana caranya membuat dinding rumah Anda menarik dan terlihat indah? Ada banyak solusi untuk membuat dinding rumah Anda agar tidak terlihat kosong. Anda bisa memberi hiasan seperti foto keluarga, cermin, lukisan, atau rak dinding yang difungsikan untuk menyimpan buku atau souvenir lainnya. Tetapi alangkah lebih berfungsi jika dinding Anda dihiasi dengan rak dinding. Karena rak dinding bisa Anda gunakan untuk menyimpan buku, hiasan seperti gelas kaca atau souvenir-souvenir lainnya.

Rak dinding yang akan Anda jadikan hiasan, sebaiknya memiliki nilai lebih dibanding dengan hiasan dinding lainnya. Agar rak dinding Anda terlihat menarik dan memperlihatkan sisi keindahannya. Rak dinding dari bahan dasar kayu, pilihan tepat untuk Anda memberikan nila estetika sebagai hiasan dinding Anda.

CS Biovarnish

Jika Anda akan membeli, sebaiknya Anda memilih bahan baku dan jenis finishing yang tidak akan mmebuat kecewa Anda dihari kemudian. Karena biasanya pembeli hanya akan sekedar membeli tanpa memilih bahan baku dan jenis finishing yang digunakan. Padahal itu diperlukan untuk mengetahui seberapa awet dan kuat rak yang Anda beli. Atau, Anda bisa membuat sendiri rak dinding rumah Anda? Wah pastinya lebih puas.

Sebelum Anda membuat rak dinding rumah Anda, sebaiknya Anda memperhatikan hal-hal seperti bahan baku yang digunakan, desain, dan juga finsihing yang akan digunakan untuk mempercantik rak dinding Anda.

Cara Mudah Mengecat Rak Dinding Hanya Dengan Kuas

Memilih Bahan Yang Baik Untuk Kayu

Dalam hal memilih bahan, alangkah lebih baik jika menggunakan bahan dasar kayu. Karena kayu lebih mudah diproses dan memiliki nilai estetika yang tidak didapatkan jika menggunakan bahan lainnya seperti aluminium, besi ataupun plastik. Memilih jenis kayu yang akan digunakan juga akan mempengaruhi kualitas rak dinding Anda. Jenis kayu apa saja yang bisa digunakan untuk rak dinding?

  1. Kayu jati, siapa yang tidak mengenal kayu jenis ini? Kayu yang terkenal dengan keawetan dan ketahannya terhadap serangga dan rayap ini sangat populer untuk pembuatan furniture. Kualitas kayu jati ini menjadi nilai utama pemilihan furniture berbahan dasar kayu. Untuk harga memang kayu jati ini terhitung mahal. Namun dengan kualitas yang didaptakan rasanya untuk harga tidak akan menjadi masalah.
  2. Kayu sonokeling. Kayu ini tergolong kayu dengan keawetan dikelas nomor II dan III. Kayu ini juga memiliki kekuatan terhadap serangan rayap dan juga jamur. Tanpa ibat untuk rayap dan jamur kayu ini akan tetap bertahan lama. Tekstur atau pola serat pada kayu Sonokeling sangat indah dengan warna ungu bercoret-coret hitam atau kadang berwarna hitam keunguan berbelang dengan coklat kemerahan.
  3. Kayu sungkai. Kayu yang satu ini memiliki warna putih kekuning-kuningan. Tekstur yang agak kasar agak kesat, dan juga memiliki keawetan di kelas II dan kekuatan di kelas III. Pengerjaan kayu sungkai ini uga mudah sehingga disukai para pengrajin furniture.
  4. Kayu mahoni. Kayu ini banyak dipilih karena selain kualitasnya cukup baik, harganya juga jauh lebih murah jika dibandingkan dengan harga kayu jati. Selain mampu menjaga kualitas furniture yang dibuat, dengan menggunakan kayu mahoni, para pengrajin furniture juga bisa lebih menghemat biaya produksi. Kayu mahonidikenal sebagai jenis kayu pertukangan yang baik.

Cara Mudah Mengecat Rak Dinding Hanya Dengan Kuas

Memilih Desain Sesuai Keinginan

Jika Anda akan membuat rak dinding untuk menghiasi dinding rumah Anda, sebaiknya pilih desain yang unik dan menarik. Desain yang tidak biasa ditemukan jika Anda membeli rak dinsing di toko. Untuk pemilihan rak dinding sebaiknya menggunakan ukuran dinding yang akan ditempel rak tersebut. Pastikan rak dinsing tersebut tidak menjadikan ruangan Anda menjadi sempit, tidak menarik bahkan terlihat penuh. Dan untuk isi rak sebaiknya diisi dengan hiasan seperti barang pecah belah dengan ukuran kecil, frame foto keluarga dan lain sebagainya. Atau Anda juga menempatkan sedikit buku bacaan atau majalah di rak dinding Anda. Pasti rak dinsing Anda menjadi rak yang multifungsi nantinya.

Memilih Bahan Finishing Yang Tepat

Memilih cat untuk finishing rak dinding Anda juga jangan sampai dilewatkan. Karena memilih cat finsihing ini menentukan hasil dari rak dinding Anda. Pemilihan cat finishing dengan warna natural transparan akan membuat tampilan rak dinding Anda semakin menarik dan terihat mewah. Cat dengan bahan dasar water based sangat dianjurkan untuk finsihing pada rak dinding Anda. Karena cat waterbased tidak akan meracuni kesehatan dan mencemari lingkungan dalam jangka panjang. Pastinya lebih aman dan ramah lingkungan jika digunakan dalam jangka panjang.

Cara Mudah Mengecat Rak Dinding Hanya Dengan Kuas

Jika Anda akan menggunakan cat natural transparan dengan bahan dasar waterbased, Anda bisa memilih cat Biovarnish sebagai cat finsihing rak dinding Anda. Cat ini bisa diaplikasikan menggunakan kuas spons yang membuat hasil akhir rak dinding Anda semakin sempurna.

Langkah-langkah untuk finishing

  1. Sebelum memulai finsihing, Anda harus mempersiapkan bahan-bahan yaitu satu set cat Biovarnish yang terdiri dari Biovarnish Wood Filler, Biovarnish Wood Stain, Biovarnish Clear Coat, pisau palet atau kain bal, amplas aluminium oxide nomor 240 dan nomor 400, kuas spons dan air sebagai pengencer.
  2. Setelah bahan siap, pastikan rak kayu Anda sudah bersih dari debu, kotoran maupun air. Agar cat bisa menempel sempurna pada permukaan kayu. Jika sudah, bisa lakukan proses finsihing rak dinsing Anda.
  3. Langkah pertama. Campurkan Biovarnish Wood Filler dengan sedikit air untuk mengencerkan dan usapkan sedikit ke permukaan kayu secara merata meggunakan kain bal atau pisau palet. Tunggu sampai kering sekitar 20-40 menit. Lalu amplas sampai terlihat permukaan kayu menggunakan amplas aluminium oxide nomor 240 sampai permukaan halus.
  4. Langkah kedua. Jika kayu sudah halus, campurkan Biovarnish Wood Stain dan air dengan perbandingan 4 cat : 1 air. Aduk hingga rata, lalu kuaskan menggunakan kuas spons searah serat kayu, lalu tunggu hingga kering. Setelah kering Anda bisa amplas ambang menggunakan amplas nomor 400. Jika dalam proses pewarnaan ini dirasa warna masih kurang, Anda bisa melakukan proses ini berulang untuk mendapatkan warna yang Anda inginkan.
  5. Langkah terakhir. Campurkan Biovarnish Celar Coat dan air dengan perbanidngan 4 cat : 1 air. Aaduk hingga rata. Lalu kuaskan tipis-tipis searah serat kayu menggunakan kuas spons. Langkah terkahir ini tidak perlu diamplas hanya cukup dibersihkan menggunakan kain bersih setelah kering. Untuk pengeringan Anda bisa diamkan selama semalam untuk mendapatkan hasil yang memuaskan dan permukaan yang sudah benar-benar kering.

Selamat, Anda sudah berhasil membuat rak dinsding dengan finsihing natural transparan menggunakan kuas spons. Penggunaan kuas spons ini memudahkan Anda untuk mengaplikasikan cat ke kayu dan juga tidak menimbulkan bekas seperti jika Anda menggunakan kuas bulu. Untuk perawatan kayu Anda bisa membersihkan rak setiap hari dengan kemoceng atau kain bersih. Atau Anda juga bisa menggunakan pemoles kayu linseed oil untuk hasil yang lebih bagus lagi. Terimakasih, semoga bermanfaat.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here